BREAKING NEWS

10 Gunung Tertinggi Di Indonesia


Gunung Tertinggi Di Indonesia - 10 Gunung Tertinggi Di Indonesia merupakan judul artikel NusaPedia Kali Ini.Indonesia memiliki topografi alam yang sangat beragam mulai dari dataran rendah,lembah,rawa hingga dataran tinggi bahkan yang memiliki salju abadi seperti di jajaran pegunungan jaya wijaya
Gunung tertinggi di indonesia

Gunung Tertinggi Di Indonesia

ini NusaPedia rangkum dengan tujuan menambah khasanah ilmu pengetahuan sahabat NusaPedia Semua.Berikut 10 Gunung Tertinggi Di Indonesia Versi NusaPedia kami rangkum dari berbagai sumber.#NusaPedia Rangkum Untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan anda mengenai betapa indahnya bumi nusantara kita.

semoga informasi ini dapat di gunakan sebagai media informasi dan pembelajaran bagi sahabat NusaPedia alangkah indahnya alam indonesia yang tidak kalah dengan keindahan wisata alam lain di belahan bumi lainya

10.Gunung Binaiya ( 3027 meter) Maluku Tengah 

Gunung Binaiya adalah gunung tertinggi di seluruh provinsi Maluku. Membentang di pulau Seram dan masuk dalam lingkup Taman Nasional Manusela. Gunung Binaiya masuk ke dalam Kabupaten Maluku Tengah.

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Binaiya ternyata memiliki keunikan tersendiri. Vegetasi hutan tropis yang berselimut dengan lumut membuat areal disekitarnya terasa lembab.Gunung yang jarang dijamah pendaki gunung ini mempunyai tantangan tersendiri yaitu dikarenakan kita akan dihadapkan pada titik awal pendakian mulai dari 0 m dpl.

Gunung Binaiya tergolong unik karena menjulang dari ketinggian 0 meter hingga 3055 meter di atas permukaan laut. Di bagian kaki gunung, banyak terdapat sungai yang membentang seluas 6 - 8 meter. selain melewati kanikeh kita juga mengambil akses melewati selatan Maluku tengah, yaitu dari tulehu kita naik Kapal cepat menuju ke kecamatan Amahai kemudian ke Masohi, ibu kota Kabupaten Maluku Tengah dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa bis ke Kecamatan Tehoru, di kecamatan Tehoru kita lanjutkan lagi ke Desa Mosso, desa Mosso adalah salah satu Gate menuju Binaya di Kecamatan Tehoru.

9.Gunung Welirang (3156 Meter) Mojokerto dan Malang

Gunung tertinggi di indonesia"Welirang" atau "Walirang (nama kunanya) dalam bahasa Jawa berarti belerang. Di sekujur lerengnya ditumbuhi tetumbuhan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di bagian sekitar puncak hidup tumbuhan endemik yang dinamakan penduduk setempat sebagai manis rejo.

Gunung Welirang adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang selalu menghembuskan asap dan cairan belerang. Gunung ini merupakan kompleks gunung yang membentuk barisan. Terdapat beberapa gunung di sekitar Gunung Welirang-Arjuna diantaranya : Gn. Arjuna (3339 mdpl), Gn. Welirang (3156 mdpl), Gn. Kembar I (3051 mdpl), Gn. Kembar II (3126 mdpl), Gn. Ringgit (2477 mdpl). Gn. Welirang dapat didaki dan berbagai arah; arah Utara (Tretes dan Trawas ), dan arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta).  

Di kawasan Puncak Gunung Welirang pemandangannya sangat luar biasa indahnya. Pendaki bisa berkeliling mengelilingi kawah untuk mendaki beberapa puncak-puncak kecil. Bila cuaca bersih kita bisa memandang puncak gunung Arjuna dengan detail yang sangat jelas. Gunung Penanggungan juga jelas terlihat sangat dekat.

8. Gunung Lawu (3.265 meter), Karanganyar, Wonogiri, Magetan 

Gunung tertinggi di indonesia
Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Berada di Kota Magetan Jawa Timur menjulur hingga Karanganyar Jawa Tengah.

Ada beberapa tempat dan hal menarik di Gunung Lawu ini. Antara lain Telaga Sarangan yang memiliki legenda seorang manusia yang berubah menjadi ular raksasa karena memakan telur misterius.

Selain juga memiliki beberapa air terjun yang indah diberbagai titik lereng gunung Lawu. Bukan hanya pariwisatanya, gunung Lawu juga memilik puncak, Hargo Dumillah, yang termasuk dalam deretan puncak tertinggi di Jawa Timur.

7.Gunung Rante Mario Latimonjong (3478 Meter) Sulawesi Selatan

Gunung tertinggi di indonesia
Gunung Rante Mario latimojong 3478 MDPL adalah salah satuh puncak dari beberapa puncak di pegunungan latimojong gunung rante Mario latimojong merupakan puncak tertinggi Se-Sulawesi yang mencapai ketinggian 3478 mdpl.

Gunung Rante Mario juga merupakan gunung tersulit ke 4 di Sulawesi selatan menurut data kami setelah baliase, kambuno,dan  sinaji Gunung Rante Mario latimojong dapat di capai dengan melewati jalur Makassar,enrekang, cake, Baraka, kemudian karangan bisa juga palopo, tanah toraja, enrekang, cake Baraka dan karangan ada juga yang melalui desa angin-angin tapi jalur ini Sedikit susah dan jarang di lalui pendaki

Masih banyak orang yang dapat membedakan antara Gunung Rantemario 3478 mdpl dengan Gunung latimojong 3305 mdpl, sebenarnya kedua puncak itu berbeda Gunung Rantemario puncaknya berada pada bagian utara tepatn di daerah Karangan, Baraka (Kab Enrekang), sedangkan Gunung latimojong berada pada baguan selatan tepatnya di daerah Tibussan (kab. Luwu), keduanya adalah puncak tertinggi di Pegunungan Latimojong, ini juga di sebabkan banyaknya data-data yang kurang akurat yang tersebar

Poin Penting / Kesimpulan dari Gunung Rantemario :

Kesimpulan 1 :  Gunung Rantemario berada di negara Indonesia di daerah Asia
Kesimpulan 2 :  Tinggi / Ketinggian Gunung Rantemario adalah 3478 meter atau 11411 kaki
Kesimpulan 3 :  Gunung Rantemario adalah merupakan dataran tinggi berupa Gunung
Kesimpulan 4 :  Secara internasional Gunung Rantemario bernama Mount Rantemario

6.Gunung Semeru ( 3.676 Meter ) Kabupaten Malang dan lumajang

Gunung Semeru
Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak tertingginya Mahameru (3.676 mdpl). Salah satu rute yang sangat diminati pendaki. Biasanya pendaki akan betah digunung ini karena pemandangannya yang indah.

Terutama disekitar ranu kumbolo. Desa terakhir yang harus kita lewati untuk menuju puncak Mahameru adalah desa Ranu Pane. Untuk menuju Ranupane bisa dari kota malang atau lumajang.

Dari terminal kota malang naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Dilanjutkan dengan Jip atau Truk Sayuran yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang. Di Ranu Pane terdapat Pos pemeriksaan, warung dan pondok penginapan. Pendaki juga dapat bermalam di Pos penjagaan. Di Pos Ranu Pani juga terdapat dua buah danau yakni danau (ranu) pani (1 ha) dan ranu regulo (0,75 ha). Terletak pada ketinggian 2.200 mdpl.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut.

letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yaitu dari timur-barat dan timur laut-barat daya. Dari timur laut-barat daya inilah muncul Gunung Bromo yang termasuk gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat mengeluarkan asap letusan dan mengancam kehidupan manusia di sekitarnya (± 3.500 jiwa).

5.Gunung Rinjani ( 3.726 Meter ) Lombok - Nusa Tenggara Barat

Gunung tertinggi di indonesia
Gunung Rinjani merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan pegunungan rendah hingga pegunungan tinggi dan savana di Nusa Tenggara.

Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia (3.720 m. dpl), menyimpan berbagai misteri salah satu diantaranya yaitu tentang keberadaan Dewi Enjeni.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Dewi Enjeni adalah Ratu jin penguasa Gunung Rinjani. Mereka meyakini bahwa Dewi Enjeni lahir dari perkawinan manusia Sasak dengan jin, berparas cantik dan masih keturunan Raja Selaparang.

Gunung tertinggi di indonesia
Untuk menghormati Dewi Enjeni, masyarakat sering mengadakan upacara religius di Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, dengan melepaskan ikan-ikan kecil yang terbuat dari emas tipis ke Danau Segara Anak.

Obyek wisata pendakian Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Lombok Utara setelah obyek wisata Gili Trawangan. Obyek wisata itu dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahun terutama wisatawan minat khusus.

Pendakian  ke Gunung Rinjani yang juga terdapat Danau Segara Anak dapat melalui dua jalur resmi yakni jalur pendakian Senaru dengan waktu tempuh 7-10 jam berjalan kaki karena jaraknya kurang lebih delapan kilometer, dan jalur Sembalun dengan waktu tempuh relatif sama yakni 8-10 jam.

4.Gunung Kerinci ( 3.805 Meter ) Sumatera Barat dan Jambi

Gunung tertinggi di indonesiaGunung Kerinci merupakan gunung api tertinggi di Indonesia yang dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Keindahan dan kemegahan alamnya dijuluki sebagai "Sekepal Tanah Surga yang tercampakkan ke Bumi".

Gunung setinggi 3.805 meter diatas pemukaan laut tersebut memanjang dari utara ke selatan dengan lebar 13 km dan panjang 23 km. Kawahnya seluas 600 meter berada di sisi timur laut puncak gunung dengan air berwarna kekuningan yang memukau.

Di kawasan gunung ini tumbuh beragam flora seperti pohon mahoni, bunga raflesia, suweg raksasa (Amorphophallus titanum). Untuk fauna yang ada di dalamnya adalah tapir (Tapirus indicus), kus-kus (Tarsius bancanus), gajah, siamang, gibbon, monyet ekor panjang, dan juga ada sekira 140 jenis burung.

Gunung Kerinci termasuk salah satu gunung yang digemari pecinta alam dan pendaki dari Nusantara maupun mancanegara. Jalur pendakiannya terbilang lengkap mulai dari jalur beraspal, jalur aliran sungai kecil, jalur berbatu cadas, jalur pasir, jalur dengan rumput dan pepohonan tinggi, hingga jalur tanjakan dengan kemiringan 60 derajat.

3.Puncak Ngga Pilimsit (4.717 Meter ) Jajaran Puncak Jaya - Papua

Gunung tertinggi di indonesiaNgga Pilimsit berada di kompleks pegunungan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua dan Indonesia.

Dibanding gunung-gunung tertinggi lainnya, Gunung Ngga Pilimsit hanya lebih rendah beberapa puluh meter. Tinggi maksimal Ngga Pilimsit adalah 4.717 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung yang dulunya dikenal dengan nama Gunung Idenburg tersebut berada di bagian barat pegunungan Maoke, Papua. Ngga Pilimsit berjarak sekitar 21 km ke arah timur laut dari pemuncak tahta gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya.

Pendakian melalui jalur ini dapat dikategorikan sebagai scrambling, sehingga tim menggunakan tangan untuk membantu keseimbangan, walau belum memerlukan alat bantu sebagai pengaman. Kendati demikian, kami tetap membawa tali dan beberapa peralatan pemanjatan lain untuk keamanan. Pasalnya, dinding pendakian memiliki kenaikan elevasi kurang lebih 500 meter, dan kemungkinan ditemukan tebing-tebing vertikal setinggi 2-3 meter di sepanjang jalur.

2.Puncak Trikora ( 4.750 ) Pegunungan Sudirman - Papua

Gunung tertinggi di indonesiaMasih di Papua, Puncak Trikora (Wilhemina Peak) dapat ditemukan di sebelah timur Barisan Sudirman. Sama seperti Puncak Mandala, salah satu puncak tertinggi di Papua ini dulunya diselimuti oleh salju namun sejak tahun 1962, tak terlihat lagi salju di Puncak Trikora. Berdiri kokoh setinggi 4.750 meter

Puncak Trikora sempat dianggap sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Namun, data dari SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) menunjukkan bahwa Puncak Trikora kalah tinggi dari tetangganya, Puncak Mandala.

Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di zaman pemerintahan Belanda gunung ini dikenal dengan nama Wilhelminatop ( Puncak Wilhelmina ). 

1.Cartenz Pyramide - Puncak Jaya Wijaya ( 4.884 Meter ) Papua

Carstensz PyramidCarstenz Pyramide Atau Yang Lebih Familiar di Telinga Kita disebut dengan Nama Puncak Jayawijaya terletak di daerah tropis merupakan pegunungan yang diselimuti salju, Anda dapat meralat anggapan tersebut setelah berkunjung ke Puncak Jayawijaya , puncak tertinggi di Pegunungan Sudirman (Sudirman Range) di Provinsi Papua. Puncak Jayawijaya atau yang lebih singkat disebut Puncak Jaya, memiliki ketinggian mencapai + 4.884 meter di atas permukaan laut (dpl), sehingga memungkinkan daerah ini diselimuti oleh salju abadi.

Namun, salju abadi tersebut diperkirakan bakal menyusut, bahkan mengering. Dalam sejumlah penelitian disimpulkan bahwa endapan es di pegunungan ini dari tahun ke tahun mengalami penyusutan yang serius. Penyusutan salju di Pegunungan Sudirman ini diakibatkan oleh pemanasan global. Sehingga, bukan tidak mungkin kelak pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi pada Gunung Kilimanjaro di Tanzania.

Selain dikenal dengan nama Puncak Jaya, puncak tertinggi ini juga terkenal dengan sebutan Carstenz Pyramide, atau Puncak Carstenz. Nama tersebut diambil dari seorang petualang dari negeri Belanda, yakni Jan Carstensz, yang pertama kali melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis, tepatnya di Pulau Papua. Pengamatan tersebut dilakukan oleh Jan Carstensz melalui sebuah kapal laut pada tahun 1623. Karena belum bisa dibuktikan dengan pengamatan langsung, laporan itu dianggap mengada-ada. Sebab, bagi orang Eropa, menemukan pegunungan bersalju di tanah tropis adalah sesuatu yang hampir mustahil.

Jadi Bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Artikel Mengenai 10 Gunung Tertinggi Di Indonesia , 10 Tempat Wisata Indonesia Mirip Di Luar Negeri 10 Sungai Terpanjang Di Indonesia , 10 Museum Tertua Di Indonesia , 10 Danau Terdalam Di Indonesia ,10 Bangunan Paling Bersejarah di Indonesia ,10 Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia dan 10 Kuliner Extreme Yang Ada Di Indonesia Sudah Menambah Khasanah Anda Mengenai Keindahan Sejarah Dan Bangunan-bangunan Di Indonesia.Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai destinasi Wisata Dunia 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg