BREAKING NEWS

10 Danau Terdalam Di Indonesia


Danau Terdalam Di Indonesia  - Sahabat TravelEsia Apakah Anda Tahu Danau Terdalam Di Indonesia .Kali Ini TravelEsia Ingin Memberikan Informasi Mengenai 10 Danau Terdalam Di Indonesia Versi TravelEsia.Indikator Penilaian Diambil dari Berbagai sumber dengan indikator penilaian berdasarkan topografi dan geografi alam yang diambil berdasarkan data statistik terbaru.
Danau Terdalam di Indonesia

Danau Terdalam Di Indonesia

Versi TravelEsia dimana indikator penilaian tersebut di rangkum menjadi sebuah reverensi.

ini merupakan artikel tentang daftar paling besar di Indonesia. Danau sendiri mempunyai pengertian sebagai cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Karenanya untuk menentukan kedalamanya danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air.

Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup saat memberikan sambutan di Konferensi Nasional Danau Indonesia I (Sanur, 13/08/2009), jumlah danau di Indonesia diperkirakan sebanyak 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ).

 Berikut 10 Danau Terdalam Di Indonesia Kami rangkumkan Untuk Anda

10. Waduk Gajah Mungkur (136 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo.

Mulai dibangun di akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978.

Waduk dengan wilayah seluas kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan ini bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt. Kedalam maksimal waduk ini sekitar 136 meter.

9. Danau Maninjau (169 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 169 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

8. Danau Segara Anak (190 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat,Indonesia. Nama Segara Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut, dengan kedalaman maksimum 190 meter.

Danau Segara Anak merupakan danau kawah (kaldera) Gunung Rinjani; berada di ketinggian sekira 2.008 m dpl dengan luas mencapai 1.100 hektar dan kedalaman berkisar  160 – 230 meter. Di tengah-tengah danau, nampak anak Gunung Rinjani yang dinamakan Gunung Baru Jari (gunung baru jadi) dengan ketinggian 2.376 mdpl. Gunung ini masih terbilang aktif dan terakhir meletus pada 2009 ; sebelumnya gunung ini juga meletus tahun 2004. Oleh karenanya, saat mengunjungi danau ini dan mendaki Gunung Rinjani, Anda harus hati-hati dan memperhitungkan rutinitas gunung merapi yang masih aktif ini dengan menghubungi pihak terkait (salah satunya Balai Taman Nasional Gunung Rinjani).

Nama Segara Anak sendiri adalah berarti anak laut (segara=laut); hal ini didasarkan pada warna air danau yang kebiruan seperti warna air laut. Danau ini seolah ganjaran atas keringat dan tenaga yang terkuras setelah Anda lelah berjalan sebelum atau sesudah mendaki puncak Rinjani. Sebagai salah satu daya tarik utama Gunung Rinjani, danau ini sudah tentu menjadi jalur penting pendakian Rinjani yang merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Danau yang berwarna kebiruan ini pun kaya akan ikan yang boleh dan bebas dipancing oleh pendaki dan masyarakat lokal.

Selain keindahan danau di atas pegunungan yang memesona, Danau Segara Anak yang berjarak sekira 5 kilo meter dari puncak Rinjani ini pun menawarkan banyak daya tarik lainnya. Tidak hanya pesona alamnya yang indah, danau ini juga menawarkan sejumlah kegiatan menyenangkan yang dapat dinikmati sambil merasakan dan mengenal pesona dan cerita mistis yang meliputi Gunung Rinjani dan sekitarnya. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kegiatan dan daya tarik apa lagi yang dimiliki danau ini, baca juga bagian “Kegiatan”.

7. Danau Towuti (203 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Danau Towuti adalah sebuah danau yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kawasan Danau Towuti merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Danau Towuti, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia, dengan kedalaman maksimum 203 meter.

Danau Towuti merupakan danau terbesar di Sulawesi Selatan dan juga merupakan danau air tawar terbesar kedua se-Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau yang memiliki kedalaman maksimal 203 meter ini berada di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau Towuti sendiri berada dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Towuti
Danau seluas 56.000 hektar ini berjarak sekitar 620 kilometer dari Kota Makassar, Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan dengan rute Makassar – Parepare – Palopo – Masamba – Malili – Timampu – TWA. Danau Towuti. Kondisi jalannya relatif bagus dan bisa ditempuh dalam waktu 12 - 13 jam.

6. Danau Ranau (229 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar, dengan kedalaman maksimum 229 meter.

Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk.

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatra. Danau ini terbentuk akibat gempa bumi yang dahsyat dan letusan gunung vulkanik. Sebuah sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung vulkanik berubah menjadi jurang. Berbagai jenis tanaman termasuk semak belukar yang secara lokal dikenal sebagai Ranau, tumbuh di tepi danau dan sisa-sisa gunung menjadi Gunung Seminung, yang berdiri menjulang di samping danau yang memiliki air bersih ini.

Danau ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Propinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Sumatera Selatan. Danau ini memiliki cuaca dingin. Untuk memasuki danau ini, pengunjung harus membayar Rp1.000,00 per orang ditambah Rp4.000,00 untuk parkir.

Pulau Marisa terletak di tengah danau. Memiliki mata air panas alami. Pulau ini juga memiliki air terjun dan sawah yang luas, dan sebagian besar lahan ditutupi oleh hutan dan dihuni oleh beberapa primata.

5. Danau Singkarak (268 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan luas 107,8 km² danau ini merupakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera

Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman. Memiliki kedalaman maksimum 268 meter.
Danau Singkarak adalah sebuah danau kawah yang sangat besar di dalam pemandangan alam vulkanik yang dramatis. Tersebar di dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar, danau besar dengan luas 1000 hektar. 

Danau terluas di Sumatera dan danau terbesar kedua di pulau tersebut, setelah Danau Toba. Sebuah dunia yang tenang, pemandangan menakjubkan dan spektakuler menanti di sini. Di sini Anda dapat merangkul keindahan alam Indonesia yang sangat terkenal.

Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilih nya yang merupakan spesies ikan yang hanya hidup di danau ini saja. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana saja, bahkan di dalam akuarium  kecuali di Danau Singkarak.

4. Danau Dibawah (309 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Danau Dibawah adalah danau di Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak di 1°0′35″S 100°43′51″E / 1.00972°S 100.73083°E / -1.00972; 100.73083. 

Danau ini bersama-sama dengan Danau Diatas, yang dikenal sebagai Danau Kembar. Memiliki kedalaman maksimum 309 meter.

Danau ini terletak di Kabupaten Solok yaitu di Alahan Panjang.Danau ini terdiri dari dua buah danau,Danau Diatas terletak di pinggir jalan Padang-Muara Labuh sedangkan yang satu lagi Danau DiBawah terletak di nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya.
Salah satu objek wisata di Sumatra Barat bagian selatan, saking banyak dan luasnya keindahan alam di Sumatra Barat yang tidak akan habis kalau dijelajahi 1 hari, sehingga saya perlu membaginya menjadi 2 bagian Utara dan Selatan.

Untuk mencapai kawasan ini sangat mudah. Dari Kota Padang kita bisa naik bus antarkota dalam provinsi menuju Alahan Panjang atau Muaralabuh dengan ongkos Rp10.000.
Jarak 60 km ditempuh selama 1,5 jam dengan jalan yang berkelok-kelok. Dalam perjalanan kita dapat melihat lokasi Pabrik PT Semen Padang yang merupakan pabrik semen tertua di Sumatera dan hamparan perkebunan teh PT Perkebunan Nusantara VI Kebun Danau Kembar. Jika perjalanan ditempuh dengan kendaraan pribadi, hanya sekitar 1 jam.

3. Danau Poso (450 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. 

Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau ini terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman maksimum 450 meter.

Danau Poso memiliki pemandangan menawan dengan perbukitan dan hutan yang memagarinya. Udara sejuk di kawasan ini pastinya akan membawa kesegaran pikiran dan perasaan. Amati bagaimana air danau ini yang sangat jernih meskipun terjadi banjir pada sungai-sungai yang bermuara ke danau ini. Bahkan ada yang menyebut airnya jernih danau ini adalah sepanjang masa meskipun saat musim hujan tidak membuat airnya menjadi keruh.

Selain itu, Danau Poso memiliki keunikan lain, yaitu airnya yang berada di tepi danau berwarna hijau sedangkan di tengah danau berwarna biru. Di danau ini masyarakat setempat kadang melihat cahaya seperti lampu yang berpindah-pindah. Itu diyakini sebagai mata dari seekor naga penjaga Danau Poso.

Jika Anda seorang pecinta alam maka pastinya kunjungan ke Danau Poso menjadi pilihan yang menarik karena kawasan ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Saat cengkeh berbunga di bulan Juni hingga November maka akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh yang khas.

2. Danau Matano (590 m)

Danau Terdalam Di Indonesia
Danau Matano adalah sebuah danau yang terletak di Soroako, Kab. Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Danau ini memiliki kedalaman 590 meter

Merupakan danau terdalam ke 2 di Indonesia dan Danau terdalam ke-8 di dunia. Danau ini terletak di kordinat Ini terletak di 2 ° 29’7 “S 121 ° 20’0″ E.

Danau Matano adalah satu dari tiga danau yang ada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Lokasi ini banyak menyimpan cerita sejarah dan juga daya tarik akan keindahan panorama alam. Di Danau Matano terdapat gua bawah air serta dihuni ikan purba.

1.Danau Toba - Sumatera Utara ( 592-1130 m)

 Paket Wisata Danau TobaDanau Toba Pada saat ini Di Nobatkan Sebagai danau Terdalam Di Indonesia.Setelah sebelumnya berada di urutan ke dua sebelum danau matano.Indikator penilaian di temukan tingkat kedalam yg berfariatif dan titik terdalam danau toba berada di palung silalahi tepat di sepanjang jalur jalan menuju desa silalahi.

Kedalaman palung ini ditaksir 1130 meter di ukur menggunakan alat bantuan echo sounder.cara kerja alat ini yang itu memancarkan gelombang bunyi.ketika gelombang tersebut sampai di dasar danau,maka gelombang bunyi tersebut di pantulkan kembali dan akan di tangkap oleh alat echo sounder tersebut

Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung api super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 yang lalu. Diperkirakan sekira 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan dari perut bumi melalui gunung tersebut saat meletus.

Saat itu debu vulkanik yang ditiupkan angin telah menyebar ke separuh wilayah Bumi. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut. Menurut perkiraan, letusan gunung api super tersebut menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies mahluk hidup. Letusan Gunung Toba mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya zaman es.

Jadi Bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Artikel Mengenai 10 Danau Terdalam Di Indonesia ,10 Bangunan Paling Bersejarah di Indonesia ,10 Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia dan 10 Kuliner Extreme Yang Ada Di Indonesia Sudah Menambah Khasanah Anda Mengenai Keindahan Sejarah Dan Bangunan-bangunan Di Indonesia.Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg