BREAKING NEWS

Uniknya Indonesia

Taman Nasional

Sumatera Utara

Paket Wisata

Wisata Sejarah

Event more news

Latest Updates


10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Tradisi Unik Ramadhan Di berbagai Negara - NusaPedia - Tradisi Unik Ramadhan Di berbagai Negara - Seperti yang kita tahu, bulan Ramadhan akan menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Biasanya nih, akan banyak sekali hal- hal yang hanya akan muncul saat bulan Ramadhan. Seperti di Indonesia, kita akan melihat adanya pasar tumpah yang ada di pinggir-pinggir jalan yang biasanya menjual makanan, ada juga kelompok yang membagikan takjil gratis, ataupun yang membangunkan sahur. Sama sepertinya di Indonesia, penduduk muslim yang berada di negara lain pun memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Biar agan ngga penasaran, NusaPedia sudah mengumpulkan 10 tradisi Ramadhan yang terdapat di berbagai negara di dunia.

1.Arab saudi

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Kita mulai dari pusatnya umat muslim dunia ya, yaitu Arab Saudi.Arab Saudi memiliki sebuah meriam Ramadhan yang digunakan sebagai tanda masuknya bulan suci Ramadhan di Makkah Al-Mukarramah. Saat sudah memasuki bulan Ramadhan, meriam ini juga akan dibunyikan sebagai tanda berbuka puasa, waktunya sahur, waktu Imsak, dan juga akan dibunyikan pada akhir masa Ramadhan sebagai tanda masuknya tanggal 1 Syawal.

Wah, kebayang nggak sih, meriahnya kalau ada suara-suara meriam gitu,?Selama Ramadhan, meriam ini akan diletakkan di salah sebuah gunung yang juga bernama Gunung Meriam. Setelah Ramadhan berlalu, meriam tersebut akan dikembalikan lagi ke Aziziyah, disimpan hingga bulan Ramadhan berikutnya tiba.Tradisi unik lain saat Ramadhan di Arab Saudi adalah digelarnya taplak meja sepanjang 12.000 meter di areal Masjidil Haram untuk berbuka bersama warga Arab Saudi. Tak kurang setengah juta riyal Arab Saudi, atau setara dengan Rp 1.2 miliar, dikeluarkan oleh kerajaan Arab Saudi dan juga para donatur tetap untuk menggelar acara berbuka bersama ini setiap harinya.Wah!

2.Jepang 

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Seperti yang kita tahu jika Jepang merupakan negara yang mayoritas warganya beragama Shinto dan umat Muslim menjadi minoritas. Walaupun sebagai warna minoritas, tapi kaum Muslim di negara ini menyambut Ramadhan dengan penuh kebahagiaan yaitu dengan menyusun kegiatan selama Ramadhan. Mereka juga menerbitkan jadwal puasa dan menyebarkannya ke rumah-rumah jamaahnya, restoran halal, dan juga masjid-masjid di Jepang.

3.Inggris

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Tradisi Ramadhan di Inggris Raya juga hampir sama dengan Jepang,Mereka akan siap-siap untuk berbagi dengan sesama, terutama mereka yang kurang beruntun gUmat muslim di Inggris akan bersama-sama memberikan santunan berupa penyediaan makanan-makanan gratis untuk berbuka bagi para tuna wisma serta berbagai kegiatan sosial lainnya. 

Selain itu, mereka juga biasanya mengadakan lomba membaca Al Quran, yang boleh diikuti baik oleh orang dewasa hingga anak-anak. Di bulan Ramadhan, kita akan makin sering mendengar lantunan ayat suci Al Quran dari segala penjuru negara yang penduduknya mayoritas bukan muslim ini.

4. Rusia

  10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Jika lama waktu berpuasa di Indonesia rata-rata 13 jam dalam satu hari, berbeda halnya dengan Rusia. Umat muslim di Rusia harus menempuh 17 jam setiap hari. Meskipun lebih lama, umat Muslim di Rusia mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan dan makanan khas. Lebih dari 20 juta muslim di Rusia biasa berkumpul di 8000 masjid dan menyantap khingalsh atau galnash saat adzan magrib tiba. Khingals adalah roti yang diisi dengan keju. Sedangkan Galnash adalah Roti yang terbuat dari gandum. Muslim di Rusia Selatan mempunyai minuman hasil fermentasi tapi tidak mengandung alcohol. Minuman wajib bulan Ramadhan ala Rusia ini disebut kvass.

5.India

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Warga negara India memang tidak mayoritas beragama Islam, namun suasana Ramadhan tetap kental terasa di beberapa daerah. Mereka menyebut Ramadhan dengan Ramazan.Penduduk muslim India punya tradisi untuk membersihkan rumah menjelang Ramadhan. Hmmm, hampir sama ya dengan Indonesia. Acara bersih-bersih rumah ini tentu saja punya tujuan agar saat bulan Ramadhan tiba, mereka bisa beribadah dengan khidmat,Tradisi unik lain menjelang Ramadhan adalah tradisi para pria yang menghias mata mereka dengan celak, atau yang sering disebut kohl.

Selama Ramadhan, penduduk muslim India akan berbuka puasa dengan mengonsumsi minuman khusus yang terbuat dari kacang-kacangan di saat sahur,Minuman ini disebut harir. Untuk berbuka, mereka akan mengonsumsi buah-buahan, kurma ataupun jus. Tak ketinggalan ada hidangan khas yang disebut ganghui, yaitu sejenis sup yang dibuat dari terigu, beras, dan potongan-potongan daging. Menu favorit orang-orang India juga ada,yaitu bihun.

6.Mesir

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Saat Ramadhan menjelang tiba, para penduduk Mesir memasang lampu fanous, yang sering disebut sebagai lentera Ramadhan, yaitu lampu gantung yang indah sekali di dinding luar rumah mereka. Karena itu, kalau di sini orang berbondong-bondong beli sirup menjelang Ramadhan, di Mesir orang akan berbelanja lampu fanous saat Ramadhan hampir tiba.

Lampu fanous ini ternyata mempunyai arti tersendiri lho, yaitu selain sebagai ungkapan kegembiraan menyambut Ramadhan, lampu ini juga merupakan simbol bulan Ramadhan itu sendiri yang merupakan sumber cahaya kehidupan kita.Setelah setahun kita selalu sibuk dengan urusan-urusan duniawi, datanglah bulan Ramadhan dengan lampu-lampunya yang bakal mengawal langkah kita menuju jalan yang lebih terang, yang dalam bahasa Al Quran disebut dengan nama “Taqwa”.

7.Austria

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Untuk menentukan jatuhnya awal Ramadhan, Austria sepakat mengikuti jadwal Arab Saudi. Sebelum memasuki bulan suci, Muslim di Austria biasanya menggelar kampanye pengumpulan paket lebaran untuk keluarga miskin dan hadiah lebaran untuk anak-anak yatim piatu di Palestina. 
Kampanye yang diberi nama Feeding Fasting Palestinians itu diatur oleh berbagai organisasi kemanusiaan Palestina yang ada di Austria. Bahkan, kampanyenya mendapatkan sambutan positif dari umat Muslim Austria.

8.Palestina


10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Di Palestina, ada iftar atar, yaitu buka puasa massal yang dihadiri oleh tak kurang dari 3.000 orang penduduk Palestina. Mereka berkumpul dan kemudian bersama-sama menikmati hidangan berbuka dengan falafel, yaitu sejenis kudapan yang terbuat dari sejenis kacang-kacangan yang disebut chickpea yang rasanya manis.Selama bulan Ramadhan pula, para penduduk menambahkan lampu-lampu di rumah dan di sepanjang jalanan kota, hingga membuat suasana begitu indah dan syahdu.

9.Yordania


10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Selama bulan puasa, warga muslim di Yordania biasa menghias jalan dengan berbagai lampu warna-warni. Selain itu, mereka juga mempunyai peraturan untuk makan dalam satu meja saat berbuka puasa, baik dengan orang yan dikenal atau tidak. 
Untuk hidangan, masyarakat Yordania biasa mengonsumsi Mansaf dan Qatayef. Mansaf merupakan olahan daging domba dengan rempah-rempah. Sedangkan Qatayef merupakan kudapan sejenis pancake dengan kayu manis yang diisi kenari atau gula.

10.United State Of America

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Budaya warga muslim di USA saat Ramadhan tidak kalah uniknya. Mereka terbiasa untuk berbuka puasa dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan datang ke masjid untuk potluck. Potluck merupakan anjuran untuk membawa makanan bagi siapapun yang datang. Cara ke dua lebih mirip dengan makan bersama tetangga. 

Entah tetangga mereka muslim atau non muslim, mereka sering berkumpul di satu rumah untuk makan besar saat waktu berbuka tiba.Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikanya. Setiap Negara mempunyai caranya masing-masing untuk menyambut bulan suci. Tidak ada yang paling benar dan tidak ada yang salah. Bersama dalam perbedaan masih menjadi hal yang paling utama. 

Bahaya Mendaki Gunung Saat Menstruasi

https://www.nusapedia.com/2018/05/bahaya-mendaki-gunung-saat-menstruasi.html

Saat ini dunia petualangan mendaki gunung tak hanya digandrungi kaum lelaki saja, perempuan pun makin banyak yang menyukai kegiatan ini. Bahkan, sampai ada seloroh di kalangan pendaki, “Dahulu pendaki gondrong itu menyeramkan, sekarang pendaki gondrong cantik-cantik.” Maksudnya dahulu pendaki gondrong umumnya laki-laki, sekarang wanita.Tengok saja di media sosial Instagram.

Bukan hal aneh banyak kita jumpai foto-foto eksis perempuan berada di puncak gunung, berlatar pemandangan pegunungan, di tenda, atau membawa ransel yang berukuran besar. Namuan sebagaimana kodrat perempuan, yang tak bisa dihindari adalah menstrusai. Apa jadinya jika perempuan mengalami menstruasi tapi ingin mendaki, apakah diperbolehkan? Banyak yang mengatakan wanita yang mengalami menstruasi atau haid dilarang mendaki karena hal-hal yang berkaitan dengan mistis, seperti mudah kesurupan.

Tapi sebelum kita mempercayai hal tersebut, mari kita pahami bagaimana kondisi perempuan saat menstruasi. Dan apakah kondisi tersebut baik untuk mendaki gunung? Saat mengalami menstruasi perempuan akan mudah lelah, lemas dan pusing dikarenakan tubuh kehilangan sebagian zat besi. Dinding rahim yang meluruhkan darah pun akan melemah, sehingga mudah mengalami kram perut dan sakit punggung. Hal ini akan sangat berbahaya jika ia melakukan aktifitas berat seperti mendaki, terlebih jika membawa beban berat. Itu akan menyulitkan dan menyiksa dirinya sendiri.

Saat mengalami menstruasi perempuan akan mudah lelah, lemas dan pusing dikarenakan tubuh kehilangan sebagian zat besi. Dinding rahim yang meluruhkan darah pun akan melemah, sehingga mudah mengalami kram perut dan sakit punggung. Hal ini akan sangat berbahaya jika ia melakukan aktifitas berat seperti mendaki, terlebih jika membawa beban berat. Perempuan yang sedang menstruasi harus rajin menjaga kebersihan, terutama area kewanitaan, karena mudah terserang bakteri. Saat mendaki, kadang bisa berhari-hari tidak mandi karena air terbatas. Hal itu yang dikhawatirkan menjadi sumber berkembangnya bakteri.

Selain itu, mood juga akan terpengaruh. Biasanya akan lebih sensitif dan mudah marah. Perempuan yang sedang menstruasi pun harus rajin menjaga kebersihan, terutama kebersihan area kewanitaannya karena mudah terserang bakteri. Saat mendaki, kadang bisa berhari-hari tidak mandi karena air terbatas. Hal itu yang dikhawatirkan menjadi sumber berkembangnya bakteri. Jadi sangat tidak baik perempuan menstruasi mendaki. Tunggulah sampai menstruasinya selesai dan tubuh kembali normal.

Biasanya menstruasi terjadi setiap 4 minggu sekali (masa datang bulan). Meski terkadang ada yang lebih cepat atau lebih lambat. Jika perempuan sudah mengetahui masa datang bulannya, perhitungkanlah waktu pendakian.

Lalu bagaimana jika menstruasi terlanjur terjadi saat mendaki?

Jika sudah terlanjur menstruasi saat mendaki alias saat berada di gunung, segeralah istirahat. Hal ini pulalah yang membuat perempuan harus membawa perlengkapan pribadi tambahan yakni pembalut sebagai jaga-jaga.

Lepaskan barang bawaan yang memiliki beban. Mintalah teman seperjalanan untuk membawa perlengkapan. Namun jika kamu merasa masih kuat, bawalah sebagian yang bisa kamu bawa. Bersihkan area kewanitaan dan pastikan tidak kotor. 

Kompres perut dengan air hangat untuk menenangkan perut, jika perlu pijat perlahan ke arah bawah. Minum obat anti-nyeri atau pereda sakit kepala. Perbanyak makan-makanan berprotein, berenergi, dan berzat gizi tinggi. 

Sampaikan kepada kawan-kawanmu atau pendaki perempuan lain jika ada, bahwa kamu mengalami menstruasi, supaya mereka memahami kondisimu. Jangan sembunyikan.Sebaiknya jangan lanjutkan pendakian. Istirahat yang cukup dan turunlah setelah tubuh nyaman. Jangan memaksakan tubuh mendaki, demi keamananmu.Itulah penjelasan mengapa perempuan yang sedang menstruasi jangan mendaki gunung. Hal itu dikarenakan kesehatan, sama sekali bukan karena hal mistis.

Berikut adalah beberapa tips melakukan kegiatan alam bebas, khususnya pendakian gunung di masa haid :
 

1. Bawalah Suplemen dan Pereda Nyeri

Ketika haid, wanita akan kehilangan darah sekaligus zat besi yang akan berpengaruh pada metabolisme tubuh dan ini membuat lebih rentan kelelahan. Bawalah suplemen untuk menjaga kebugaran dan juga pereda nyeri. Mempersiapkan pereda nyeri ketika hendak melakukan perjalanan di masa haid bisa mengantisipasi kram perut.

2. Jangan Malu

Pria tentu mengerti tentang haid dan pemimpin perjalanan telah diberitahu dan dilatih untuk menghadapi situasi seperti ini. Setiap pria tentu akan mengerti tentang hal ini dan dia tidak akan menjauh, tetapi akan tetap peduli. Jika ragu, berbicaralah dan meminta solusi.

3. Tetaplah Terhidrasi

Berada di alam bebas pegunungan tentu membutuhkan banyak air. Namun untuk masa haid, tentu membutuhkan lebih banyak air. Beristirahatlah jika lelah, jangan terlalu memaksakan diri dengan kemampuan fisik dan tetaplah terhidrasi. Buatlah perjalanan menjadi seenjoy mungkin.

4. Menjaga Kebersihan

Jagalah kebersihan yang layak. Bawalah pembalut yang cukup dan menggantinya secara berkala untuk mencegah proliferasi kuman, hand sanitizer, serta pakaian yang cukup. Pastikan kebersihan tidak terganggu dalam kondisi apapun.

Berenang di sebuah danau gunung bukan pilihan yang tepat untuk membasuh keringat dan kotoran dari aktivitas hiking, mengingat danau merupakan sumber air melimpah bagi para pendaki. Bawalah tissu basah wangi sebanyak-banyaknya. Menggunakan tissu basah bisa membersihkan apapun yang diperlukan.

5. Buang Pembalut Dengan Benar

Jangan meninggalkan pembalut di sekitar alam karena akan mencemari lingkungan. Membawa turun sampah haid tentu membuat hidung 'menggeliat' ngeri dengan bau yang akan menjadi bayang-bayang setiap waktu, apalagi jika perjalanan masih berakhir dalam waktu beberapa hari. Hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk meninggalkan sampah di alam. 
Bawalah ziplock, yaitu plastik kemasan yang ada clip'nya dan biasa digunakan untuk plastik obat. Masukkan bekas pembalut dalam ziplock agar aman dari debu, kuman dan bakteri, sekaligus mencegah bau tersebar keluar.

6. Jauhkan Pikiran Negatif

Perubahan lingkungan, ketinggian dan kegiatan fisik bisa menyebabkan bergesernya masa haid. Haid bisa datang lebih cepat atau lebih lambat. Persiapkan semuanya untuk mengantisipasi haid yang datang mendadak dalam waktu masa haid, tapi anda tidak perlu kuatir berlebihan jika haid tak kunjung datang pada masa 'pastinya'.
Tetap berfikirlah positif meski banyak mitos seperti hewan buas akan mudah mencium bau darah, wanita haid rawan kerasukan, hingga gangguan mistis pada kelompok perjalanan akibat adanya wanita haid dalam kelompok. Mitos-mitos tersebut akan membuat pikiran terganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan, berakibat adanya sugesti-sugesti negatif yang bisa merugikan diri sendiri maupun kelompok. Tetaplah tenang dan berdoa.

7. Taati Prosedur Pendakian

Secara ilmiah, melakukan kegiatan alam bebas seperti pendakian gunung ketika haid cukup mengganggu kenyamanan pendakian, meski hal ini tetap bisa nyaman dilakukan dengan beberapa hal diatas. Secara adat budaya dan kepercayaan masyarakat setempat, haid benar-benar bisa membatalkan perjalanan anda.

Beberapa gunung di Indonesia melarang wanita haid untuk mendaki gunung karena berhubungan dengan hal mistis. Peraturan seperti ini wajib ditaati oleh semua para pendaki untuk mencegah hal-hal mistis yang mungkin bisa mengganggu. Gunung Arjuno dan Gunung Agung adalah contoh gunung yang disakralkan dimana pendaki wanita yang sedang haid dilarang keras melakukan pendakian karena alasan mistis. Carilah info atau bertanyalah pada penduduk sekitar tentang prosedur pendakian sebelum melakukan pendakian jauh-jauh hari.
Selain faktor mistis, berkurangnya kondisi fisik, biologis dan emosi yang cenderung labil dari wanita haid, maka sebagian besar pos pendakian gunung melarang wanita haid untuk melakukan pendakian karena dikawatirkan akan membahayakan diri sendiri.

Jakarta dengan 5 spot foto instagramable yang harus banget kamu ketahui!

Jakarta merupakan ibu kota Negara kita, Indonesia. Jakarta yang disebut juga sebagai kota Metropolitan, dipenuhi oleh deretan bangunan gedung perkantoran. Jalanan di kota Jakarta seakan-akan tidak mengenal kata sepi dari berbagai kendaraan dan juga lalu lalang penduduk kota ini. Padat dan Macet telah melekat dan menjadi ciri khas dari kota Jakarta.

Namun jangan bersedih hati dan bermuram durja, dibalik suasana macet dan juga padat, Jakarta juga banyak memiliki tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk menambah koleksi foto-foto kamu.Dimana ajasih tempat-tempat "Instagramable" di Jakarta? ayo kita jelajahi.

1.Art:1 New Museum and Art Space

https://www.nusapedia.com/2018/05/jakarta-dengan-5-spot-foto.html

Art Museum juga menarik banget nih untuk kamu kunjungin! Banyak banget karya-karya dari seniman-seniman indonesia maupun luar negeri yang dipamerkan di art museum. Salah satu art museum yang bisa kamu kunjungin yaitu Art:1 New Museum yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tetapi jika ingin berkunjung ke Art museum harus melihat jadwal pamerannya ya, biar tahu juga ada apa aja instalasi-instalasi seni yang di pamerkan dan waktu pameran nya berapa lama.

2.Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa berlokasi tidak jauh dari kawasan Kota Tua, dahulu kala banyak sekali Negara Asing (seperti Cina, India, Arab, dsb) yang datang ke Indonesia melalui pelabuhan ini untuk keperluan berdagang. Walaupun saat ini pelabuhan Sunda Kelapa tidak seramai dahulu, tetapi sampai sekarang pelabuhan ini masih digunakan dan beroperasi sebagai dermaga transportasi laut. Pelabuhan Sunda Kelapa cocok juga untuk kamu yang mau hunting foto yang bernuansa ala ala vintage.

3.Kota Tua

Kota Tua Jakarta

Kalau kamu mau mencari spot foto dengan suasana vintage dan klasik, Kota Tua bisa menjadi jawabannya. Jika kita menelusuri kawasan Kota Tua, banyak banget nih spot foto yang bisa kamu dapetin disini. Tempat paling iconicdi Kota Tua ialah Museum Fatahillah yang dahulunya digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan juga penjara oleh Belanda. Kalau kamu ke Kota Tua, jangan lupa untuk mencoba berkeliling dan berfoto dengan sepeda ontel yang terletak persis di depan Museum Fatahillah yaah..

4.Kawasan Ekowisata Mangrove

kawasan Eko wisata mangrove

Selain bangunan unik, Jakarta juga punya wisata alam nih guys, bertempat di kawasan Pantai Indah Kapuk, kawasan Ekowisata Mangrove ini menawarkan keindahan alam yang hijau buat kamu yang ingin melepas penat di kota Jakarta. Disini kamu bisa menelusuri hutan bakau dan juga danau dengan perahu sewa. Setiap sudut di kawasan ekowisata ini bisa banget jadi objek-objek foto menarik kamu.

5.  DPD Golkar Cikini

dpd golkar cikini

Kantor DPD Golkar ini terletak di Jl.Pegangsaan Barat No.4 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat tepatnya disamping stasiun kereta api cikini. Saat sahabat Nusapedia masuk kesini, kamu akan terkesima dengan arsitektur bangunan nya. Tampilan gedung ini sangat eye catchydan juga pas banget untuk kamu yang lagi hunting foto-foto instagramable. Di depan bangunan juga terdapat taman buatan yang rumputnya terbuat dari bahan sintetis yang nyaman. Must visit!

7 Lokasi Wisata di Batu Malang yang Tak Bikin Kantong Jebol

Tempat Wisata di Batu Malang – Kontributor NusaPedia - Tempat Wisata di Batu Malang - Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang.

wisata batu malang

Apakah destinasi wisata yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar Kota Batu Malang? Sebagian besar orang akan menjawab Batu Secret Zoo, Jatim Park, atau Museum Angkut, ya. Sebenarnya tak salah jika ingin pergi ke sana, tetapi kamu tahu kan kalau entrance fee-nya mahal? Jika kamu tetap ingin menikmati liburan di Kota Batu, tetapi sedang menghemat budget, beberapa pilihan tempat wisata di bawah ini bisa jadi pertimbangan kamu.

Kota ini memiliki potensi keindahan alam tersendiri. Jadi, tidak salah kalau banyak tempat wisata di Batu yang khusus didirikan untuk keluarga.Sebut saja Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, Jatim Park 1 & 2 serta masih banyak lokasi menarik lainnya. Dengan alam keren yang berlanskap bukit serta keragaman flora dan fauna, banyak tempat wisata alam yang kemudian bermunculan dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat lokal ataupun bekerja sama dengan pemerintah kota.

Nah, jika kalian sudah pernah berwisata ke wahana bermain kota Batu seperti yang sudah disebutkan di atas, tidak ada salahnya juga untuk berkunjung ke wisata alternatif yang lebih menonjolkan keindahan alam.
Tidak punya petunjuk tentang wisata alam di Batu yang Instagramworthy? Well, jangan khawatir, kami punya daftarnya.

1.Bukit Bulu Coban Rais

wisata kota malang

Lokasi Bukit Bulu ini berdekatan dengan air terjun Coban Rais. Menikmati gemercik suara air terjun di ketinggian bukit memang sebuah pengalaman berwisata yang menyenangkan. Apalagi untuk masuk ke Bukit Bulu Coba Rondo kamu hanya perlu menyiapkan 7.500 rupiah dan 2.000 rupiah saja untuk parkir.Spot foto yang sedang diminati wisatawan belakangan ini adalah papan kayu tinggi berbentuk hati yang pastinya akan menambah kece feeds instagram kamu. Kabar baiknya kamu tak perlu membayar lagi untuk berfoto di spot tersebut.

2.Labirin Coban Rondo

wisata kota malang

Labirin Coban Rondo terletak di satu kawasan dengan tempat wisata Air Terjun Coban Rondo yang sudah terkenal itu. Jadi, kamu bisa mendatangi dua objek wisata di satu tempat, irit kan? Dengan bermodal 10.000 rupiah saja, kamu bisa menikmati asyiknya melintasi Labirin Coban Rondo dengan foto kece yang kekinian.

Mungkin kalian sudah tidak asing ya dengan wisata alam Coban Rondo yang ada di daerah Malang ? yup memang wisata alam yang satu ini sudah dikenal masyarakat luas ya, dan bahkan wisawatan dari luar kota Malang pun juga banyak yang berkunjung kesana.

Namun, jika dulunya air terjun Coban Rondo ini hanya menyediakan wisata air terjun saja, saat ini sudah banyak renovasi yang menjadikan air terjun ini makin menarik lagi, salah satunya adalah Taman Labirin yang sekarang sedang nge-hits dikalangan anak muda.

Taman Labirin Coban Rondo Malang ini disusun dengan memanfaatkan tanaman hijau yang memiliki tinggi sekitar 2 meter yang dibentuk menyerupai sebuah dinding, sehingga pengunjung pun akan tetap merasakan sejuk didalam sana.Menarik ya, untuk dicoba.

3.Omah Kayu

wisata kota malang

Suasana sejuk dan lingkungan yang asri melingkupi tempat wisata ini. Sebenarnya Omah Kayu merupakan sebuah penginapan, harga sewa per malamnya sekitar 350-450 ribu rupiah. Cukup mahal ya? Tapi jangan khawatir, untuk dapat menikmati suasana Omah Kayu kamu hanya cukup merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah saja dan tak harus menginap di sini.

4.Masjid Tiban

wisata kota malang

Salah satu objek wisata yang tengah naik daun ini menyajikan keindahan arsitektur masjid yang menawan. Masjid ini didominasi warna biru dan putih dengan perpaduan gaya khas Timur Tengah dan Tiongkok. Biaya masuknya? Tentu saja gratis.

5.Pemandian Air Panas Cangar

wisata kota malang

Salah satu kegiatan yang cocok dilakukan di udara dingin di Kota Batu adalah berendam di air panas. Cukup dengan 10.000 rupiah saja kamu bisa menikmati santainya berendam di air panas sekaligus menikmati udara dingin Kota Batu. Selain kolam untuk berendam, pemandian air panas ini menyediakan wahana permainan anak, flying fox, pendopo, dan warung makan.

6.Goa Pinus

wisata kota malang

Goa Pinus bukan merupakan goa alam yang memiliki stalaktit dan stalakmit. Sebelumnya goa ini merupakan penambangan pasir, namun telah lama ditinggalnya. Kreativitas pengelolanya menjadikan lokasi ini sebagai objek wisata yang menarik.Cukup dengan bermodalkan 5.000 rupiah saja, kamu dapat menikmati sejuknya udara Kota Batu di gardu pandang. Selain itu, pengelolanya sengaja menyediakan beragam spot foto yang tentu sayang untuk kamu lewatkan.

7.Alun-alun Kota Batu

wisata kota malang

Kalau kamu benar-benar sedang mengirit biaya, datanglah ke Alun-alun Kota Batu. Karena merupakan alun-alun kota, tak ada biaya masuk yang dibebankan kepada pengunjung. Meskipun gratis, tetapi alun-alun ini menyediakan playground anak-anak, air mancur, ruang informasi yang unik berbentuk stroberi, toilet yang bentuknya menyerupai apel, dan bianglala permanen.Lalu, kalau ingin menggunakan wahana permainan itu apakah harus bayar lagi? Iya, kamu harus bayar, tapi tenang karena cukup dengan 3.000 rupiah saja kamu bisa menaiki bianglala dan melihat keindahan Kota Batu dari ketinggian pada malam hari.