BREAKING NEWS

Mengenal 10 Kuliner Extreme Yang Ada Di Indonesia


Kuliner Extreme Indonesia
Kuliner Extreme Di Indonesia - Sahabat TravelEsia.Indonesia memanglah surga Wisata kuliner dunia,mengapa tidak.indonesia merupakan pusat jajan tradisional dengan keanekaragaman rasa dan selera.indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa memiliki cita rasa khas masakan dan menu panganan yang selalu saja menanti untuk sahabat TravelEsia Jajaki

Kuliner Extreme Indonesia

Tapi Tunggu Dahulu Sahabat TravelEsia.Kali Ini TravelEsia Ingin Memberikan informasi mengenai Wisata kuliner yang pastinya membuat Sahabat TravelEsia Terkejut bahkan Enggan Untuk Menikmati Kuliner Yang Satu Ini

Berikut 10 Kuliner Extreme Yang Ada Di Indonesia Yang TravelEsia Rangkumkan Untuk Anda

1.Bothok Tawon

 Kuliner Extreme IndonesiaBothok tawon menggunakan bahan dasar sarang tawon atau lebah. Rasanya ada yang pedas, manis dan asam segar. Bothok tawon masih bisa ditemui di daerah pedesaan jawa timur.

Bothok adalah makanan khas Jawa yang awalnya terbuat dari ampas/bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya (santan). Pada awalnya bothok yang terbuat dari ampas kelapa ini dimasak, agar ampas kelapa yang masih bergizi ini tidak dibuang. Oleh karena itu ampas kelapa ini kemudian dibumbui dengan cabai, garam, merica dan daun salam, dibungkus dalam daun pisang, yang kemudian dikukus dalam uap panas. Bothok pada saat ini dimodifikasi juga dengan petai cina, tahu, teri, udang atau bahkan larva tawon/lebah (dikenal sebagai bothok tawon).

2.Lawar Bali
Kuliner Extreme Indonesia
Lawar adalah makanan tradisional khas Bali yang bahannya dari daging babi, darah babi yang masih segar, parutan kelapa dan bumbu-bumbunya. Lawar pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, tetapi saat ini telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan bahkan hotel-hotel berbintang di Bali

Sajian yang satu ini lebih mirip dengan trancam ala jawa timur, hanya saja lawar khas Bali ini ditambahkan dengan ayam dengan bumbu yang sedikit berbeda. Bagi anda yang suka dengan citarasa segar, maka Lawar khas Bali ini, sangat cocok bagi anda.

Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari.

3.Rujak Cingur
Kuliner Extreme Indonesia
Tak lengkap rasanya, berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi makanan khas yang satu ini. Terdiri dari lontong, tahu, tempe, cingur, irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, mangga muda, krai (sejenis ketimun khas Surabaya), bengkoang, dan nenas serta tak ketinggalan beberapa jenis sayur-mayur seperti kecambah/tauge, kangkung, dan kacang panjang.

Disebut rujak cingur karena bumbu yang digunakan adalah campuran petis udang dan cingur. Bumbu inilah yang digunakan untuk mencampur semua bahan-bahan di atas. Menikmati seporsi rujak cingur akan lebih sempurna bila disertai dengan kerupuk.Untuk melestarikan makanan khas ini, pada rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Surabaya, setiap Mei, selalu diadakan Festival Rujak Cingur.

4,Rempeyek Laron
Kuliner Extreme Indonesia
Pernah tahu hewan yang terbang bergerombol setelah hujan reda, biasanya kita temui dekat lampu depan rumah. Namanya laron, hasil metamorfosis dari rayap kayu. 

Oleh penduduk setempat dijadikan bahan rempeyek. Rempeyek sendiri adalah kerupuk sederhana yang terbuat dari tepung beras dengan bumbu kaya rempah. Untuk Anda yang terbiasa makan maka akan ketagihan merasakannya karena snagat gurih, diketahui pula Laron sangat kaya protein. 

Namun bagi Anda yang beum pernah mencoba, jangan kaget jika mendadak Anda jadi gatal-gatal karena alergi.

5.Kelelawar Goreng Bumbu
Kuliner Extreme Indonesia
Kelelawar goreng bumbu kecap sambal pedas, merupakan masakan khas dari manado. Mungkin di daerah lain juga ada tapi dengan bahan kelelawar buah atau codhot.

Sahabat TravelEsia Namun tidak perlu khawatir codot yang disajikan disini sudah tidak mengeluarkan bau busuk lagi. Sang pemilik warung, Subiyanto mengaku memiliki tips khusus untuk menghilangkan bau busuk tersebut. ”Pertama Codot - codot ini sebelum diolah terlebih terdahulu dipisahkan antara badan dan kedua sayapnya dan tidak itu saja codot juga harus dikuliti karena banyak kulit tipis yang menempel, kemudian direbus dengan bumbu jahe dan laos.
Makanan extrim ini sangat diminati dari berbagai kalangan yang mempercanyai khasiat dari hewan tersebut. Selain rasanya yang gurih dan renyah, codot goreng juga memiliki khasiat ntuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asma, gatal-gatal atau alergi pada kulit, hingga menjaga stamina bagi pria dan wanita.

6.Ulat Sagu
Kuliner Extreme Indonesia
Ulat sagu bisa ditemui pada pohon sagu yang sudah mati ada juga di pohon kelapa yang telah mati. Sebenarnya ulat sagu merupakan perubahan sebelum menjadi kumbang. Biasanya langsung dimakan mentah-mentah sebagai jamu dan obat kuat, khas dari papua atau NTB.

Papua menyimpan banyak keunikan mulai dari budaya, cara berburu, adat istiadat serta kulinernya. Jika Anda berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk mencicipi kuliner unik yang satu ini, yaitu ulat sagu. Mendengar namanya saja sudah membuat Anda geli.

ulat sagu menjadi makanan khas Papua. Makanan khas suku Kamoro ini dipercaya mengandung vitamin tinggi. Ulat ini merupakan larva dari kumbang merah kelapa. Cara mendapatkannya hanya dengan menebang pohon sagu, kemudian batangnya dibiarkan membusuk.

7.Tokek goreng
Kuliner Extreme Indonesia
Digunakan sebagai jamu untuk masalah penyakit kulit. Tokek bisa kita temui hidup di rumah-rumah, ada juga yang ditangkarkan.adakah diantara Sahabat TravelEsia yang suka makanan ekstrim? Kalau ada, berarti pas banget nih.

Tokek banyak dicari orang karena dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Karena banyak yang mencari, binatang ini pun harganya mahal. Apa saja khasiat daging tokek yang konon bisa menyembuhkan penyakit itu?

Khasiat daging tokek yang dikonsumsi sebagai makanan atau dalam bentuk bubuk dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, asma dan juga meningkatkan stamina kaum laki-laki. Tapi hingga kini belum ada penelitian secara farmakologi yang mampu menunjukkan khasiat dari pengobatan menggunakan tokek tersebut.

8.Tikus Panggang
Kuliner Extreme Indonesia
Ayo mau cobain makanan khas tikus bakar mentega ini, konon katanya rasanya tidak kalah lho dengan ayam bakar, widih lezat dong kalau begitu, entahlah mungkin bagi yang telah mencobanya tikus bakar mentega ini enak. Lihat saja mereka sedang memanggangnya ini. Seperti kelihatan makanan ini enak dan lezat saja.

Bermacam macam jenis makanan terdapat di Thailand, termasuk juga makanan yang rada nyeleneh, seperti halnya di Pasar Tomohon Minahasa yang menjual Tikus Bakar sebagai makanan disana. begitu pula di Thailand, terdapat tikus hutan yang djadikan sebagai makanan. apakah pengunjung artikel unik aneh menarik berminat untuk mencicipi? Katanya tikus yang dimakan bukan dari kalangan tikus got atau tikus rumah yang menjijikkan itu namun tikus-tikus ini diambil dari hutan yang belum terkontaminasi dengan sampah-sampah manusia.

 9.Keripik Teripang
Kuliner Extreme Indonesia
Camilan Madura kripik Teripang laut ini merupakan  hidangan yang  spesial selain rasanya yang nikmat, gurih, renyah, dan enak, teripang  laut banyak khasiatnya buat kesehatan, di negara  China teripang  atau Gamat telah dipakai sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu untuk membantu mengatasi keluhan seperti menyembuhkan luka, memperlancar sirkulasi darah, meredakan rasa sakit di persendian, Demikian juga negara tetangga Malaysia  sejak ratusan tahun yang lalu telah menggunakan teripang untuk pengobatan seperti luka bakar , radang sendi, astma, . teripang  adalah hewan yang hidupnya di dasar lautan biasanya masyarakat menyebutnya Gamat, Sea cucumber atau timun laut

Teripang/gamat kaya akan grow factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel rusak. kandungan protein hingga 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibiotik. Karena itu juga teripang/gamat kerap disebut Imunomodulator. Lantaran kandungan kologen yang tinggi, teripang atau gamat ampuh melakukan regenerasi sel secara singkat.Penyakit degeneratif yaitu penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi organ yang diakibatkan adanya kerusakan sel-sel jaringan yang luas, dengan kemampuan yang dimiliki teripang/gamat untuk memacu regenerasi sel yang tinggi maka teripang/gamat dapat berfungsi mencegah dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai macam penyakit.

10.Sate biawak
Konon penderita penyakit hepatitis dan liver dapat disembuhkan dengan memakan daging kelinci, sedangkan daging biawak dapat menyembuhkan penyakit gatal kulit. Obat tradisional Jawa ini cukup masyur bagi mereka yang sudah merasakan khasiat menjajaki sate biawak dan kelinci.

Tak hanya bagi penderita penyakit saja, pecinta kuliner juga ingin menikmati daging biawak dan kelinci yang tergolong empuk dan lezat. Sebagian besar, penderita penyakit itu biasa memilih dengan hidangan tusukan sate panas kelinci dan biawak.

"Makan daging biawak memang menyembuhkan penyakit gatal-gatal kulit. Daging biawak mengandung minyak yang biasanya dijual botolan.Bagi penggemarnya, daging hewan reptil ini menjadi menu makanan istimewa.

Sebuah warung di bilangan Jakarta Selatan, menyajikan makanan yang terbilang cukup mengerikan. Semua makanan yang dijual terbuat dari daging bahkan isi perut binatang yang tidak lazim kita konsumsi. Seperti empedu ular, darah ular, sate ular, otak monyet, dan salah satunya sate daging biawak.


Bagaimana Sahabat TravelEsia apakah Kuliner Extreme Di Indonesia ini Sudah Menambah Pengetahuan Anda mengenai wawasan kuliner Nusantara.Semoga Artikel Kuliner Extreme Di Indonesia Ini Dapat Menambah Wawasan Anda Mengenai Wisata Kuliner Indonesia.nantikan Artikel Wisata TravelEsia Berikutnya

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg