BREAKING NEWS

10 Sungai Terpanjang Di Indonesia


Sungai Terpanjang Di Indonesia - 10 Sungai Terpanjang Di Indonesia Merupakan Pembahasan Nusapedia Kali Ini.Indonesia Memiliki 5.590 Mulai Dari Pulau Sumatera Hingga Papua.Sahabat Nusapedia akan membahas mengenai 10 Sungai Terpanjang Di Indonesia

Sungai Terpanjang di indonesia

Sungai Terpanjang Di Indonesia

Kehidupan masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peranan sungai, karena merupakan salah satu sumber penghidupan, mulai dari pertanian hingga perdagangan.

Dari sekian banyak sungai yang ada di Indonesia, beberapa sungai memiliki panjang yang mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer

Sebagai negara yang 2/3 luas wilayahnya adalah lautan, tentu Indonesia memiliki sungai-sungai, baik itu sungai panjang maupun pendek, sungai besar maupun kecil.Berikut 10 Sungai Terpanjang Di Indonesia Versi Nusapedia

10. Sungai Seruyan, Kalimantan Tengah (350 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaTerletak di  Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sungai Seruyan menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang yang mencapai 350 km. Lebar sungai mencapai 300 meter dengan kedalaman rata-rata 6 meter.

Sungai Seruyan (sebelumnya bernama Seroejan) adalah sebuah sungai yang melintasi dan mengalir di wilayah Kabupaten Seruyan, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Sungai yang mengalir dari utara ke selatan dan bermuara ke Laut Jawa ini memiliki panjang 350 Km dan yang dapat dilayari 300 Km, kedalaman rata-rata 6 m dan lebar rata-rata adalah 300 m dengan anak sungai yaitu : Anak Sungai Danau Sembuluh Anak Sungai Manjul Anak Sungai Salau Anak Sungai Pukun Anak Sungai S. Kale Anak Sungai Kalua Anak Sungai Lanan Anak Sungai Bai Anak Sungai Bahan Anak Sungai Kulai Anak Sungai Seruyan.

9. Sungai Indragiri, Riau (500 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaSungai Indragiri memiliki panjang sekitar 500 km. Aliran Sungai Indragiri berasal dari dua sungai yaitu Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar yang akhirnya menyatu dan menjadi Sungai Indragiri. 

Kembali ke Pulau Sumatera, ada Sungai Indragiri yang mengalir sejauh kurang lebih 500 km. Aliran Sungai Indragiri berasal dari 2 sungai yang berbeda yaitu Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar. Kedua sungai tersebut menyatu menjadi Sungai Indragiri yang alirannya berakhir di Selat Malaka. Aliran Sungai Indragiri lebih banyak melewati dataran rendah dan rawa-rawa yang ketinggiannya hanya sekitar 5 sampai 400 meter di atas permukaan laut.

8. Sungai Digul, Papua (525 km)

Sungai Terpanjang di indonesiaSungai terpanjang di Indonesia selanjutnya yaitu Sungai Digul di Papua. Sungai ini membentang sepanjang 525 km yang mengalir dari pegunungan Maoke dan bermuara di Laut Arafuru. Tanah Merah merupakan sebuah areal yang terletak di tepi Sungai Digul yang memiliki fungsi sebagai tempat tahanan perang pada zaman penjajahan Belanda.

Sungai Digul ini memiliki beberapa anak sungai diantaranya adalah anak sungai Mappi yang menghubungkan Kabupaten Mappi dengan Boven Digul dan juga anak sungai Mandobo yang menghubungkan Tanah Merah dengan Kecamatan Mandobo. 

Luas sungai ini akan melebar jika musim penghujan datang dan air sungainya akan menjadi keruh yang disebabkan tipe tanah yang berlumpur. Sedangkan pada musim kemarau air sungai  jernih.
Banyak tumbuhan pakis dan tanaman-tanaman  merambat lainnya yang tumbuh didekat sungai ini. Didalam sungai terdapat hewan air tawar seperti buaya, kura-kura dan berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan gurameh, ikan mujair, ikan lele, ikan gabus dan kura-kura. 

Sungai ini digunakan sebagai sarana transportasi yang menghubungkan satu daerah ke daerah yang lain. Digunakan sebagai sarana transportasi juga karena didekat sungai ini terdapat dua perusahaan yaitu Perusahaan Sawit dan Perusahaan Kayu untuk pembuatan Tripleks.Dampak yang mungkin terjadi jika limbah pabrik tersebut ada didalam sungai dan tidak ada penanganan yang serius maka kemungkinan 10-20 tahun kemudian hewan-hewan yang berada dalam air sungai tersebut terancam akan punah.   

7. Bengawan Solo, Jawa Tengah (548,53 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaBengawan Solo menjadi salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa sekaligus salah satu terpanjang di Indonesia.  Panjang sungai ini yaiut sekitar 548,53 km dan mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bengawan Solo memiliki dua hulu yaitu di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, yang selanjutnya bermuara di Gersik.

Sungai Bengawan solo banyak dijadikan sumber kehidupan oleh masyarakat jawa tengah,mulai dari transportasi sungai,perairan sungai maupun untuk memenuhi kehidupan sehari-hari seperti mandi dan keperluan rumah tangga lainnya

6. Sungai Mamberamo, Papua (670 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaTidak hanya Sungai Digul, Papua juga memiliki sungai terpanjang lainnya yaitu Sungai Mamberamo. Terletak di Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Papua, sungai yang dikenal dengan julukan 'Amazonnya Papu' memiliki panjang sekitar 670 km. Julukan tersebut diberikan kepada sungai ini karena kaya akan keanekaragaman hayati.

Sungai memberamo adalah salah satu sungai terbesar di Papua. Secara garis besar Memberamo melewati tiga kawasan kecamatan di daerah Papua tersebut, yaitu : memberamo Hulu, Tengah, dan Hilir. Sungai memberamo dipapua ini masih sangat terkenal dengan keindahan dan kealamiannya.

Secara geologis, Mamberamo dan kawasan yang berada disekitarnya terlihat sangat menarik karena tersusun oleh endapan batuan sedimen yang tebalnya mencapai ribuan meter serta terpotong-potong oleh struktur geologi yang rumit. 

Juga karena masih dipengaruhi oleh tekanan tektonik aktif, di beberapa tempat muncul fenomena alam berupa keluarnya semburan lumpur dari dalam bumi (mudvocano). Fenomena ini mudah dikenali dari penampakan di lapangan yang jika diamati dari udara bentuknya berupa kumpulan lumpur dan pasir berwarna abu-abu berbentuk sirkuler dengan diameter lebih dari 50 m yang muncul di tengah-tengah hutan lebat. 

5. Sungai Musi, Sumatera Selatan (750 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaSungai yang terletak di Sumatera Selatan ini memiliki panjang 750 km. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Di sungai ini juga ada sebuah jembatan yang melintas di atas sungai dan menjadi ikon Kota Palembang yaitu Jembatan Ampera.

Dikenal sebagai sungai yang dilintasi Jembatan Ampera yang legendaris di Palembang, pada kenyataannya, Sungai Musi menyandang predikat sungai terpanjang di Pulau Sumatera, yaitu sekitar 750 kilometer. Jarak tersebut hampir sama antara jarak Kota Bandung di Jawa Barat dengan Kota Malang di Jawa Timur. Berawal dari hulunya di Kepahiang, Bengkulu, Sungai Musi mengalir jauh melalui Sumatera Selatan dan membelah Palembang menjadi Seberang Ilir di sebelah utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai ini membentuk delta dan distributari di daerah Kota Sungsang.

Bagi Palembang, sungai ini adalah pantai yang memanjang, tempat berlabuhnya kegiatan perekonomian juga penenang ketegangan usai pekerjaan. Airnya yang bergelombang dapat mengembalikan kesegaran jiwa, dan ketegangan raga mengendur di depan keagungannya. Kegiatan rekreasi sudah biasa dipusatkan di tepiannya, mulai dari tempat duduk-duduk, hingga café-café dan restoran. Lebih menyenangkan lagi, ditepian sungai ini tersedia perahu jelajah yang menghadirkan pandangan orang lalu saat mengarungi Musi.

4. Batanghari, Sumatera Barat dan Jambi (800 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaSungai Batanghari dikenal juga dengan sebutan Sungai Hari yang memiliki panjang sekitar 800 km. Mata air Batanghari berasal dari Gunung Rasan, dan aliran sungai bermuara di Muara Sebak. Aliran Sungai Batanghari dari hulu samapi ke muaranya menyimpan banyak catatan sejarah, salah satunya yang berkaitan dengan peradaban Melayu.

Hampir semua sungai baik sungai sungai induk maupun sungai bermuara di Sungai Banghari. Dari Sungai Batang Tebo dan Sungai Batang Tembesi mempunyai daerah cakupan meliput hampir semua wilayah Provinsi Jambi. Hanya satu kabupaten yang agak jauh dari daerah aliran sungai Batanghari dan cabangnya yaitu Kabupaten Kerinci yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Barat. Provinsi Jambi diketahui mempunyai 22 sungai yang terdiri dari 12 sungai induk dan 10 anak sungai. Sedangkan alur sungai sebanyak 13 sungai dengan 10 sungai induk dan 3 anak sungai sesuai dengan daerah kegiatan.

3. Sungai Barito, Kalimantan Selatan (909 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaKalimantan memang banyak menyimpan kekayaan alam salah satunya Sungai Barito yang terletak di Kalimantan Selatan. Sungai Barito menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang sekitar 909 km. 

Aliran sungai ini berasal dari Pegunungan Muler dan bermuara di Laut Jawa. Tidak hanya panjang, Sungai Barito juga memiliki lebar yang sangat luas yaitu sekitar 650 meter sama 800 meter. Tapi, dibagian muara Sungai Barito bisa mencapai 1.000 meter. belum belum sah datang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan bila belum mengunjungi pasar terapung Sungai Barito. Pasar tradisional yang mungkin hanya ada satu-satunya di Tanah Air itu sudah menjadi salah satu obyek wisata andalan di daerah tersebut.

Oleh karena, siapa saja yang datang ke Banjarmasin, selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke pasar terapung yang berada di Sungai Barito yang membelah kota tersebut.Yang uniknya lagi, pasar terapung tersebut hanya ada pada pagi hari yakni mulau pukul 06.30 sampai 08.00 WITA. Kalau sudah melewati jam tersebut, maka sudah tidak ada lagi.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur (920 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaLagi-lagi di Kalimantan, Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang ke-2 di Indonesia dengan panjang 920 km. Bagian hulu Sungai Mahakam berada di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan bagian mulut sungai berada di Selat Makassar. 

Sejak dulu hingga sekarang, Sungai Mahakam memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat sekitarnya.


Di Samarinda, tepian Sungai Mahakam dimanfaatkan sebagai area publik yang menjadi tempat bersantai, khususnya pada sore hari. Pemerintah daerah setempat sudah menata sedemikian rupa, sehingga masyarakat tampak nyaman berada di tempat itu.

Menjelang sore hari, kita akan melihat puluhan pedagang membuka lapak-lapak makanan dan minuman, berikut tempat duduk untuk bersantai. Persewaan mainan pun tersedia bagi mereka yang ingin memanjakan anak-anaknya. Makanan yang dijajakan, sebenarnya tak terlalu banyak, seperti bakso, mie ayam, nasi goreng, mie goreng, dan jagung bakar. Tapi, suasana menjadi salah satu hal yang dijual di kawasan itu.

Menjelang matahari terbenam, kawasan tepian Mahakam akan semakin ramai dikunjungi. Sebab, menikmati senja di tepian menjadi daya tarik tersendiri. Bagi yang ingin menikmati suasana lain, beberapa rumah makan yang terletak di kawasan perbukitan juga menawarkan keeksotisan sebuah sungai yang bisa dinikmati dari ketinggian.

Di kawasan tepian kota ini, kita juga bisa menemukan sentra penjualan amplang dan oleh-oleh khas Kalimantan (Borneo) Timur, juga puluhan penjual telur penyu. Telur penyu, konon berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit.

Di Kota Tenggarong, Sungai Mahakam juga bisa dinikmati dari sebuah pulau yang berada ditengah sungai yang melintasi kota tersebut. Pulau itu adalah Pulau Kumala, yang telah dikelola menjadi sebuah taman wisata. Beragam wahana bisa dinikmati dengan tiket masuk yang sangat terjangkau.

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat (1.178 km)
Sungai Terpanjang di indonesiaInilah sungai terpanjang di Indonesia yang lagi-lagi berada di Kalimantan. Sungai Kapuas terletak di Kalimantan Barat ini memiliki panjang sekitar 1.178 km yang banyak menyimpan berbagai jenis ikan. Sekitar 700 jenis ikan, 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah hidup di sungai ini.

Sungai ini dulu menjadi satu-satunya jalur penghubung antar kabupaten yang ada di Kalimantan Barat bahkan hingga kini menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat lokal yang berdiam disepanjang tepian sungai kapuas. Aktivitas sehari-hari masyarakat menjadi pemandangan yang menarik pada kesempatan menyusuri sungai kapuas, orang-orang bersampan dan menggunakan speedboat menjadi pemandangan biasa karena memang sungai kapuas menjadi alternatif transportasi satu-satunya bagi beberapa pemukiman yang belum tersentuh jalan darat.

Jadi Bagaimana Sahabat Nusapedia Apakah Artikel Mengenai 10 Sungai Terpanjang Di Indonesia , 10 Museum Tertua Di Indonesia , 10 Danau Terdalam Di Indonesia ,10 Bangunan Paling Bersejarah di Indonesia ,10 Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia dan 10 Kuliner Extreme Yang Ada Di Indonesia Sudah Menambah Khasanah Anda Mengenai Keindahan Sejarah Dan Bangunan-bangunan Di Indonesia.Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg