BREAKING NEWS

10 Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia


Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia
Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia - Sahabat TravelEsia Kali Ini TravelEsia Magazine Akan Membahas Mengenai 10 Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia.Pada Kesempatan Sebelumnya TravelEsia Magazine Membahas Mengenai 10 Kuliner Extreme Indonesia

Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia

Sahabat TravelEsia Indonesia punya banyak sekali tempat yang katanya angker dan menyeramkan. Kabarnya, tempat-tempat tersebut menjadi tempat tinggal dari makhluk-makhluk gaib yang tak kasat mata. Mau tahu tempat-tempat mana saja yang dianggap paling angker di Indonesia?.Berikut TravelEsia Magazine Rangkumkan Untuk Anda Mengenai 10 Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia Versi TravelEsia Magazine

10.Lawang sewu

Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia
Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, pada 27 Februari 1904. Awalnya bangunan tersebut didirikan untuk digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS. Sebelumnya kegiatan administrasi perkantoran NIS dilakukan di Stasiun Samarang NIS.

Namun pertumbuhan jaringan perkeretaapian yang cukup pesat, dengan sendirinya membutuhkan penambahan jumlah personel teknis dan bagian administrasi yang tidak sedikit seiring dengan meningkatnya aktivitas perkantoran. Salah satu akibatnya kantor pengelola di Stasiun Samarang NIS menjadi tidak lagi memadai.

NIS pun menyewa beberapa bangunan milik perseorangan sebagai jalan keluar sementara. Namun hal tersebut dirasa tidak efisien. Belum lagi dengan keberadaan lokasi Stasiun Samarang NIS yang terletak di kawasan rawa-rawa hingga urusan sanitasi dan kesehatan pun menjadi pertimbangan penting. Kemudian diputuskan untuk membangun kantor administrasi di lokasi baru

bangunan kolonial yang di bangun jaman belanda ini memang terkenal,tak hanya sebagai tempat wisata , juga ke-horor-an nya..aura mistis banyak di tempat ini.konon,jika ingin melihat para penghuni tempat ini sebaiknya datang di atas jam 11 malam,setan penghuni lantai 3 seperti noni cantik banyak menampakkan dirinya di sini.

9. Gua Kontilola - Papua

Lokasi Wisata Terseram Di IndonesiaPapua Kontilola merupakan gua horizontal dari Wamena, Papua. Namun, untuk masuk ke dalamnya Anda harus menyediakan peralatan lengkap seperti senter, sepatu boots, helm, dan pengaman lainnya. Sehingga, Anda hanya bisa sampai di aula besarnya saja jika tidak membawa perlengkapan yang lengkap.

Tak perlu kecewa, dari aula besar gua ini Anda dapat melihat suatu keajaiban yang juga menjadi misteri.

Misteri tersebut adalah beberapa lukisan yang ada di dinding gua setinggi 3 meter. Lukisan itu pun dapat Anda lihat jelas dengan mata telanjang. Anehnya, lukisan tersebut tidak menggambarkan rupa orang – orang Papua, melainkan menggambarkan manusia dengan bentuk yang aneh. Bentuknya memang menyerupai bentuk tubuh manusia. Akan tetapi, jika diperhatikan, kepalanya berbentuk bulat seperti bola dan tidak memiliki rambut. 

Matanya pun bulat sempurna, tidak seperti manusia pada umumnya. Seperti alien!Selain itu, jari tangan yang ada pada lukisan tersebut berjumlah empat. Berbeda dengan manusia yang berjari lima. Menurut masyarakat setempat, lukisan ini telah lama ada di dalam gua. Mereka pun percaya bahwa ini adalah peninggalan leluhur. 

8.Goa Jepang Di Lembang

Lokasi Wisata Terseram Di IndonesiaPada masanya (masa penjajahan Jepang) goa ini di jadikan tempat pertahanan tentara pasukan Jepang. Di sini terdapat beberapa gundukan tanah yang lebih tinggi dari permukaan yang dijadikan sebagai tempat istirahat/tidur para tentara yang dikenal juga dengan nama Tentara Dai Nippon.

Sebelum pemerintahan sipil Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang, goa ini di bangun sendiri oleh Jepang. Namun setelah Belanda menyerah, pembangunan goa diteruskan oleh orang-orang pribumi dengan kerja paksa atau dikenal dengan “Romusha”. Konon, akibat dari Romusha inilah yang menyebabkan keangkeran dari gua ini dimulai. 

Baik di siang hari maupun malem hari, di goa Jepang ini terdengar suara jeritan, rintihan serta penampakan wujud orang-orang yang dulu disiksa dan dipenjarakan oleh Jepang di goa nan gelap dan lembab ini, walaupun banyak ventilasi udara di goa ini ketika di dalam goa nafas seperti sesak nafas. Jika anda masuk ke gua ini, pasti membuat bulu kuduk merinding. 

7. Lubang Buaya,Jakarta

Lokasi Wisata Terseram Di IndonesiaLubang Buaya adalah sebuah tempat di kawasan Pondok Gede, Jakarta yang menjadi tempat pembuangan para korban Gerakan 30 September pada 30 September 1965. Secara spesifik, sumur Lubang Buaya terletak di Kelurahan Lubang Buaya di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Lubang Buaya pada terjadinya G30S saat itu merupakan pusat pelatihan milik Partai Komunis Indonesia. Saat ini di tempat tersebut berdiri Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, sebuah museum diorama, sumur tempat para korban dibuang, serta sebuah ruangan berisi relik.Konon, keangkeran disini adalah seringnya terdengar suara teriakan laki-laki yang seperti sedang disiksa dan teriakan-teriakan yang muncul dari lubang dimana jenasah-jenasah para pahlawan revolusi.

6.Kamar 308 Hotel Samudra Beach

Lokasi Wisata Terseram Di IndonesiaTidak diketahui dengan pasti sejak kapan legenda ini dikenal. Namun demikian, legenda mengenai penguasa mistik pantai selatan mencapai tingkat tertinggi pada keyakinan yang dikenal di kalangan penguasa kraton dinasti Mataram (Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta) bahwa penguasa pantai selatan, Kanjeng Ratu Kidul, merupakan "istri spiritual" bagi raja-raja di kedua kraton tersebut.
Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, sosok Ratu Kidul merupakan sosok agung yang dimuliakan dan dihormati dalam mitologi Jawa. Karena orang Jawa mengenal sebuah istilah "telu-teluning atunggal" yaitu tiga sosok yang menjadi satu kekuatan. Yaitu, Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul.

Panembahan merupakan pendiri kerajaan Mataram, yang dipertemukan oleh Ratu Kidul ketika bertiwikrama sesuai arahan Sunan Kalijaga guna memenuhi wangsit yang diterimanya membangun sebuah keraton yang sebelumnya sebuah hutan dengan nama "alas mentaok" (kini Kotagede di Daerah Istimewa Yogyakarta). Pada proses bertapa, diceritakan semua alam menjadi kacau, ombak besar, hujan badai, gempa, dan gunung meletus. Ratu Kidul setuju membantu dan melindungi Kerajaan Mataram, dan bahkan dipercaya menjadi "istri spiritual" bagi Raja-raja trah Mataram.

di kamar nomor 308 ini di tempati oleh Nyi Roro Kidul penguasa pantai laut selatan,parang tritis,suasana mistis kental dalam ruangan ini , banyak orang yang kerap berkunjug untuk meminta berkah,dan bahkan ada yang hanya menghilangkan penasaran dengan berkunjung untuk melihat-lihat saja.

5.Pulau Kumala ,Tenggarong

Lokasi Wisata Terseram di IndonesiaMungkin untuk sebagian orang masih asing dengan nama tempat yang satu ini. Pulau Kumala adalah pulau yang terletak di tengah sungai Mahakam.

Sekarang merupakan taman rekreasi perpaduan teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 81,727 ha ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter dan kereta gantung yang menghubungkan dengan wilayah seberang sungai Mahakam.

Pulau Kumala juga dilengkapi hotel dan cottage. Sebelum dibangun menjadi taman wisata, pulau itu hanyalah sebuah hutan di tengah sungai yang ditumbuhi tanaman liar, pepohonan lebat dan binatang-binatang liar. Apabila sungai Mahakam meluap, pulau ini kerap tenggelam.

Cerita seram pun bermunculan saat Pulau Kumala ini sedang dibangun menjadi teman rekreasi sekarang. Ada yang berkata pernah melihat sosok Genderuwo yang berada di sekitar pepohonan yang ada di Pulau itu. Sedangkan menurut cerita lainnya, ada yang melihat sesosok wanita yang sedang duduk sendirian di turap. Sungguh bisa membuat anda merindding ketakuatan jika melihat itu.

4. Gunung Merapi, Jawa Tengah

Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia
Gunung-gunung di Indonesia, terlebih di Pulau Jawa, sejak lama dipercaya sebagai tempat tinggal bangsa jin. Begitu pula dengan Gunung Merapi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Fenomena gaib yang sulit dijelaskan dengan ilmu pengetahuan seringkali terjadi di gunung ini. Salah satu kejadian aneh yang kerap ditemukan pendaki adalah pasar gubrah atau pasar gaib yang dipercaya sebagai pasarnya makhluk halus. Pasar ini terlihat seperti pasar biasa namun muncul di tengah-tengah gunung pada tengah malam. Di pagi hari, sisa-sisa pasar benar-benar hilang dan tak berbekas sama sekali.

3.Pantai Selatan, Pulau Jawa

Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia
Berhati-hatilah saat berkunjung ke pantai-pantai di sebelah selatan Pulau Jawa seperti Pantai Parangtritis di Yogyakarta atau Pantai Pangandaran di dekat Ciamis, Jawa Barat. Pasalnya, pantai-pantai tersebut dikenal memiliki ombak tinggi dan kuat yang kerap kali memakan korban.

Namun, warga lokal percaya bahwa fenomena korban tenggelam di pantai-pantai selatan Pulau Jawa tidak hanya disebabkan oleh arus laut yang kuat tetapi karena pengaruh makhluk lain yang tak kasat mata.

Ya, pantai selatan Pulau Jawa dipercaya dikuasai oleh makhluk gaib bernama Ratu Kidul. Wisatawan disarankan menjaga perkataan dan perbuatan selama mengunjungi pantai selatan. Selain itu, mitos yang berkembang menyebutkan bahwa wisatawan tidak boleh mengenakan pakaian warna hijau karena warna tersebut merupakan kesukaan Ratu Kidul.
Kalau ingin merasakan suasana mistis di Pantai Selatan, silakang menginap di hotel-hotel dekat Parangtritis.

2.Tana Toraja

yang berjarak 130 km dari Makassar ini, mempunyai pemandangan alam yg sangat mengagumkan dari batu granit, hijaunya petak-petak sawah dipegunungan dan juga komplek pemakaman yg dapat membuat bulu bergidik , tetapi lebih mengasyikan kalo kita dapat berwisata kesini bertepatan dengan upacara pemakaman yg biasa disebut 'Rambu tuka', Atau Rambu Solo Di Tana toraja mayat tidak dikubur melainkan di letakkan didalam tongkonan (rumah adat) diacara tersebut juga diadakan pemotongan kerbau. selain itu juga kita dapat mengunjungi bermacam jenis pemakaman disini seperti di 'Kambira' mayat bayi di pohon, 'Batu tumonga' mayat dibatu dan rantepao mayat

Beberapa kuburan di sana terlihat masih baru. Ada juga pahatan-pahatan yang baru dibuat sebagai persiapan sebagai tempat persemayaman terakhir orang-orang yang meninggal.
"Walau terlihat kecil, sebenarnya lubang di dalamnya besar sekali. Bisa menampung beberapa mayat,"

Setiap sisi tebing di bukit itu dipenuhi kuburan dengan replika manusia. Saya sempat mengitari tebing ke sisi-sisi yang berbeda dan selalu mendapati kuburan-kuburan batu yang lain., semakin ke belakang dan tersembunyi, berarti kasta atau tingkatan orang tersebut lebih rendah.

1.Gua Borallah , Huta Pungkut - Tapanuli Selatan

 Lokasi Wisata Terseram Di IndonesiaGoa ini pernah digunakan oleh para pejuang kemerdekaan RI sebagai tempat persembunyian dan rapat dalam menyusun strategi dalam mengusir penjajajah dari bumi pertiwi ini. Di antara para tokoh kemerdekaan yang pernah menggunakan gua ini tercatat ada  H. Adam Malik, Tan Malaka, H. Sujak dan pejuang kemerdekaan lainnya.

sejarah awal keberadaan Goa Borallah ada dua versi. Versi pertama mengatakan, sebelum tahun 1500 goa ini sudah ada. Saat itu tidak seorangpun manusia yang berani masuk kedalamanya. Sekitar tahun 1818 di sekitar goa sudah ada ditemukan jalan setapak, di duga orang-orang yang mendatangi goa ini dari kerajaan Majapahit yang masih beragama Hindu. Selanjutnya, sekitar tahun 1821 sudah ditemukan adanya pembukaan tambang emas secara tradisional di daerah itu.

Kemudian, sekitar tahun 1834, seorang Syekh yang bernama Dapit melalui Pagaran Siayu, Hutapungkut Julu mendatangi goa tersebut. Menurut cerita, kedatangan Syekh tersebut dalam rangkan mencari kawannya yang hilang. Saat itu yang berani masuk kedalam goa hanyalah Syekh Dapit sendirian. Setelah beliau keluar dari dalam goa, Syekh tersebut secara tiba-tiba menghilang entah kemana. Menurut cerita beberapa warga, Syekh tersebut adalah bangsa Jin yang menjelma menjadi wujud manusia. Sebelum Syekh itu menghilang, ia memberikan nama gua tersebut dengan sebutan Goa Borallah.

 Goa BorallahVersi kedua, mengatakan,”Boralla” berasal dari kata ”Berhala”. Goa ini pernah dijadikan orang terdahulu (sebelum masuknya Islam) tempat menyembah berhala. Hal ini ada juga benarnya, sebab kalau kita masuk kedalam goa, kita akan menemukan ukiran seperti patung yang menggambar laki-laki dan perempuan sedang bersanding. Mungkin inilah berhala yang dijadikan orang dulu sebagai tempat sembahannya.

Menurut keterangan Penduduk Setempat, kedua ular itu adalah penjaga goa. ”Kedua ular itu adalah penjaga goa, mereka tidak menganggu.Begitu masuk ke mulut goa, kita akan menjumpai ruangan yang besar. Selain itu, kita juga akan mendapati dua arah jalan yang satu ke sebelah kanan dan satunya lagi sebelah kiri. Penulis mencoba masuk ke arah jalan kanan, tapi begitu masuk beberapa meter yang terdengar adalah desiran air yang mengalir jauh di bawah gua tersebut. Arah jalan ini selain cukup licin, juga turunan sampai ke dasar goa

Penduduk Setempat Mengatakan, kalau kita berani terus kebawah, maka kita akan menemukan sungai yang berbentuk kolam yang sangat luas, karena luasnya tepi kolam tidak kelihatan. Posisi sungai yang berbentuk kolam ini jauh kebawah, bagi pengunjung yang masuk ke goa ini disarankan jangan melewati jalan ke arah kanan karena berbahaya, bisa-bisa tergelincir kedasar gua yang terdapat sungai. Mungkin di sinilah dulu cerita si Kaliot jatuh kedalam kolam karena ditolak Maliot saat memancing yang pada akhirnya mendarat di Bonjol. Bagi pengunjung yang datang disarankan juga membawa lampu penerangan, sebab kondisi di dalam gua sangat gelap.  

Jadi Bagaimana Sahabat TravelEsia,Apakah Informasi Mengenai 10 Lokasi Wisata Terseram Di Indonesia Sudah Menambah Khasanah Pengetahuan Buat Anda.Nantikan Artikel TravelEsia Magazine Berikutnya

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg