BREAKING NEWS

Gunung Binaiya : Lamanya Pendakian Tergantikan Dengan Keindahan Yang Di Suguhkan


Gunung Binaiya - Gunung Binaiya - Sahabat TravelEsia.Pada Kesempatan ini TravelEsia Akan membahas potensi dan kekayaan alam yang terdapat di provinsi maluku.Pada Kesempatan Sebelumnya TravelEsia Membahas tentang keindahan dan kekayaan taman laut kepulauan banda yang memiliki potensi kekayaan hayati yang sudah terkenal di mancanegara

Gunung Binaiya
Gunung Binaiya

adalah gunung tertinggi di seluruh provinsi Maluku. Membentang di pulau Seram dan masuk dalam lingkup Taman Nasional Manusela. Gunung Binaiya masuk ke dalam Kabupaten Maluku Tengah. Provinsi Maluku. Untuk mengakses lokasi ini bisa dilakukan dari ibukota provinsi Maluku, Ambon, menggunakan jasa angkutan bis menuju Pelabuhan Tulehu. Setiba di Tulehu, dilanjutkan menyeberang selat dengan menggunakan jasa speedboat menuju Pulau Seram, tepatnya singgah di Pelabuhan Wahai, .

Dari Wahai perjalanan dilanjutkan menuju desa Kanikeh selama sekitar 6 jam. Kanikeh merupakan desa terakhir sebelum menuju puncak Gunung Binaiya. Flora yang hidup di area ini adalah bakau atau Mangrove dengan vegetasi sekitar rawa - rawa, hutan damar ( Agathis Alba ), Meranti ( Shorea sp ). Pada perbukitan bagian tengah adalah daerah Wae Nua seluas 20.000 hektar.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Gunung BinaiyaGunung Binaiya tergolong unik karena menjulang dari ketinggian 0 meter hingga 3055 meter di atas permukaan laut. Di bagian kaki gunung, banyak terdapat sungai yang membentang seluas 6 - 8 meter. selain melewati kanikeh kita juga mengambil akses melewati selatan Maluku tengah, yaitu dari tulehu kita naik Kapal cepat menuju ke kecamatan Amahai kemudian ke Masohi, ibu kota Kabupaten Maluku Tengah dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa bis ke Kecamatan Tehoru, di kecamatan Tehoru kita lanjutkan lagi ke Desa Mosso, desa Mosso adalah salah satu Gate menuju Binaya di Kecamatan Tehoru.

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Binaiya ternyata memiliki keunikan tersendiri. Vegetasi hutan tropis yang berselimut dengan lumut membuat areal disekitarnya terasa lembab.Gunung yang jarang dijamah pendaki gunung ini mempunyai tantangan tersendiri yaitu dikarenakan kita akan dihadapkan pada titik awal pendakian mulai dari 0 m dpl. 

http://4.bp.blogspot.com/--9D9EUfB3qk/U3HztP0Y5eI/AAAAAAAAGHk/oEFLZNM29jY/s1600/Taman+Nasional+Manusela+TravelEsia.jpgGunung ini berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Manusela yang mempunyai luas 189.000 ha. Curah hujan cukup tinggi di taman nasional ini, rata-rata 2000 mm per tahunnya, dan musim penghujan terjadi pada bulan November hingga April dan musim kemarau pada bulan Mei hingga Oktober. Puncak Gunung Binaiya bisa dicapai dari dua sisi yaitu sisi utara dan sisi selatan.

Jalan setapak dengan kemiringan hampir 80 derajat menjadi tantangan terbesar bagi para pendaki yang hendak meraih puncak Nusa Ina. Tidak ada jalur rata dan sumber mata air, daya tahan fisik dan semangat sebagai modal utama dalam menapaki puncaknya.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Dengan menggunakan kapal cepat (lebih kurang memakan waktu 3 jam):
Dari Ambon naik angkot kota dengan jurusan Tulehu Rp.5.000,- / orang
Di Tulehu dilanjutkan dengan kapal cepat dengan jurusan Amahai. Rp.58.00,- /orang.
Dari Amahai diteruskan dengan menumpang angkot jurusan Masohi. Rp.5.000,-/orang
dan kemudian turun di terminal Binaya, kemudian transportasi digantikan dengan Ojek motor hinga ke kantor Balai Taman Nasional.

Dengan menggunakan angkutan bus:
Dari terminal Ambon kemudian naik bus dengan jurusan Masohi ongkosnya Rp.55.000,- / orang. Bus ini berangkat jam 05.00 WIT agar bisa pas dengan keberangkatan ferry yang pertama dari pelabuhan Ferry Liang. Bus ini akan berakhir di terminal Binaya, selanjutnya sama dengan alternatif pertama perjalanan dilanjutkan dengan Ojek Motor hingga ke balai taman nasional.

Gunung Binaiya
Selanjutnya rute transportasi tergantung pada sisi jalur pendakian mana yang akan dipilih, jika pendakian akan dilakukan dari sisi Utara maka jalur transportasi sbb:
Dari terminal Binaya - Masohi naik angkot dengan tujuan Tehoru dengan ongkos sewa Rp.25.000,-/ orang Dan kemudian dari Tehoru naik longboat/katinting (charter Rp.60.000,-)

Menuju Sounulu. Sounulu ini masih berada di pulau Seram bagian Selatan.

Jika akan mendaki dari sisi Selatan maka transportasinya sbb:
Dari Terminal Binaya - Masohi naik angkot dengan tujuan Tehoru, ongkos sewanya Rp.25.000,-/orang. Dan kemudian dari Tehoru naik longboat/katinting (charter Rp.50.000,- kalau hitung perkepala Rp.10.000,-/orang) menuju Moso.

Bagaimana Dengan Rute Pendakiannya ?

Gunung Binaiya
RUTE TREKKING KE DESA KANIKE
Rute Sisi Utara
Sounulu - Desa Mangga Dua
Perjalan trekking menuju desa Mangga Dua ini membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.

Desa Mangga Dua - Desa Yahe
Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Desa Yahe dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 4 jam

Desa Yahe - Desa Piliana
Untuk mencapai Desa Piliana hanya butuh waktu perjalanan selama 1,5 jam dari Desa Yahe.

Desa Piliana - Camp 1 (1280m dpl)
Dari desa Piliana perjalanan akan mendaki terus hingga ketinggian 1280m dpl yang membutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Sebaiknya mendirikan camp 1 disini dan baru keesokan harinya melanjutkan perjalanan.

Camp 1 - Air Merah
Dari lokasi Camp 1 menuju Air Merah butuh waktu tempuh sekitar 6 jam

 Gunung BinaiyaAir Merah - Camp 2
Perjalanan dari Air Merah menuju Camp 2 butuh waktu dua setengah jam.

Camp 2 - Puncak Ina Putih (2280 m dpl)
Dari camp 2 perjalanan dilanjutkan ke Puncak Ina Putih yang berada pada ketinggian 2280 m dpl. dan membutuhkan waktu tempuh 2 jam

Puncak Ina Putih - Desa Maraina
Dari puncak Ina Putih ini kemudian turun menuju Desa Maraina yang membutuhkan waktu tempuh 6 jam. Di Desa Maraina ini adalah merupakan titik pertemuan dengan jalur dari sisi selatan.

Rute Sisi Selatan

Desa Moso - Liang Amarawele
Perjalanan dari Desa Moso hingga ke Liang Amarawele ini memakan waktu kurang lebih 8 - 10 jam, melewati medan berupa hutan lebat, beberapa kali tanjakan, sungai kecil dan jalan setapak yang berada dipinggir jurang. Sebelum sampai di Liang Amarawele kita juga akan melewati sebuah dusun yang bernama Dusun Sinahari.

Liang Amarawele - Way Kapakasitamu
dari Liang Amarawele menuju Way Kapasitamu memakan waktu kurang lebih 8-10 jam dan melewati medan hutan tertutup, beberapa tanjakan dan jalur kali kecil. Diantara jalur ini kita jugaakan melewati Liang Silahata dan Liang Malasihata.

Way Kapakasitamu - Puncak Nasalala
Dari Way Kapakasitamu perjalanan menanjak menuju Puncak Nasalala dan memakan waktu kurang lebih 5-6 jam. Selain itu sebelum puncak Nasalala sebelumnya juga akan terlewati puncak Puncak Huale.

 Gunung BinaiyaPuncak Nasalala - Desa Manusela
Dari puncak Nasalala perjalanan kemudian turun menuju desa manusela, melewati hutan bambu dan beberapa jalur air. Butuh waktu tempuh untuk sampai di desa Manusela kurang lebih 9 -10 jam.

Desa Manusela - Dusun Maraina
Perjalanan dari Desa manusela menuju dusun maraina membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Seperti yang diterangkan diatas di Dusun Maraina ini merupakan titik temu antara jalur dari sisi utara dan selatan.

Dusun Maraina - Dusun Selumena
Butuh waktu sekitar 5-6 jam untuk sampai di dusun Selumena, melewati Wai Isal dan hutan bambu. Jalan setapak sedikit relatif datar.

Dusun Selumena - Desa Kanike
Perjalanan dilajutkan dengan menyusuri sungai Wai Isal dan kemudian masuk kehutan. Waktu tempuh hingga sampai di Desa kanike adalah kurang lebih 5-6 jam.

RUTE PENDAKIAN
Desa Kanike - Way Huhu
Perjalanan pendakian dari Desa kanike hingga ke Way Huhu membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 8-9 jam, dan melewati beberapa sungai diantaranya Way Wasamata dan Way Ansela. Keadaaan medan pendakian berupa hutan yang cukup lebat dan tertutup, jalan setapaknya menanjak.

Way Huhu - Way Puku
dari Way Huhu hingga ke Way Puku membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 5 jam dan melewati daerah batas vegetasi hutan tertutup tadi mulai terbuka dan kiri kanan jalan terdapat jurang.

Way Puku - Puncak Binaiya 3027 m dpl
Dari Way Puku hingga ke puncak Binaiya 3027m dpl, hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit. Dan dari puncak Binaiya 3027m dpl jika cuaca nya tidak berkabut akan terlihat jelas gari pantai utara dan selatan dari pulau Seram ini.

Way Puku - Puncak Binaiya 3019m dpl
Dari Way Puku menuju Puncak Binaiya 3019m dpl kita sebelumnya harus turun sedikit kelembah dan baru kemudian mendaki lagi kepuncak tersebut dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Hati-hati didaerah ini karena jika berkabut jarak pandang sangat pendek sekali.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Gunung Binaiya
Gunung Binaiya terletak di wilayah pedalaman, sehingga fasilitas dan akomodasi untuk wisatawan nyaris tidak ada, kecuali hanya beberapa rumah adat penduduk yang disediakan untuk menginap para pendaki gunung yang bermalam.

Untuk Pendaki silakan mencoba dan rasakan Tracknya.Mungkin Homestay Adalah pilihan terbaik disana.selain menghemat biaya perjalanan anda juga dapat memperlajari kehidupan masyarakat di wilayah pedalaman Gunung Binaiya Yang Sangat Ramah Terhadap Para Pengunjung Yang Datang Ke Desanya dan Juga Menjelajahi Keindahan Alam Binaiya

Know Before You Go..!!!

a.Pendakian dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (Juli-September), Anda dibatasi untuk melakukan pendakian disini
b.Tidak ada ATM di sekitar Gunung Binaiya jadi siapkan uang tunai sebelum mengunjungi gunung. Sangat disarankan untuk menyimpan uang Anda di tempat yang aman, terutama saat berada di sekitar Pelabuhan Tulehu.
c.Telekomunikasi terbatas untuk provider Seluler. Anda dapat mengisi pulsa di Pelabuhan Tulehu
Gunung Binaiyad.Pendaki pemula dianjurkan lebih berhati-hati untuk keselamatan karena banyaknya jalur pendakian yang terkadang jalur tersebut juga tertimbun rumput dan lumpur serta minimnya perunjuk disana,

jadi disarankan silahkan menggunakan Tour Guide Yang Sangat memahami kondisi alam Gunung Binaiya.
Jadi Bagaimana Sahabat TravelEsia,Apakah Anda tertarik Untuk mendaki dan menjajakan kaki di Gunung Binaiya atau Kepulauan Banda
Jika Anda berkunjung ke provinsi maluku jadikanlah Gunung Binaiya dan Kepulauan Banda sebagai destinasi wisata anda

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg