BREAKING NEWS

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu : Menikmati Keindahan Panorama Bawah Laut Kepulauan Seribu


Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu - Sahabat NusaPedia Indonesia Memiliki Taman Laut Yang Indah Diantaranya Adalah Taman Laut Karimun Jawa ,Taman Laut Wakatobi , dan Yang Terakhir Taman Laut Raja Ampat.Nuansa tropis Alam Indonesia Serta Ciri khas Keramahan Masyarakat Indonesia,Selalu Saja Membuat Mereka Yang Datang Dan Berkunjung Ke indonesia Ingin Mengunjunginya Kembali.

Taman Nasional Kepulauan Seribu


merupakan salah satu perwakilan kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km sebelah Utara Jakarta.Terdapat 78 pulau besar-kecil dengan ketinggian tidak lebih dari tiga meter dpl., dan semuanya merupakan gugusan pulau karang.

Pada ratusan tahun yang lalu, pulau-pulau karang itu terbentuk di atas koloni binatang karang yang sudah mati. Koloni ini pada awalnya tumbuh pada dasar laut yang dangkal, dan lapisan atasnya muncul ke permukaan laut serta mengalami pelapukan. Kemudian di atas daratan karang itu, tumbuh jenis pioner berupa semak, beberapa jenis pohon dan terjadilah daratan. Daratan yang ada di pulau-pulau tersebut tidak sama dengan daratan yang terdiri dari tanah. Demikian juga dengan kekayaan tumbuhan dan satwanya.

Untuk Anda yang berdiam di Kota Jakarta sebenarnya tidak perlu jauh-jauh ke Bali atau berlibur ke pulau indah lainnya di Nusantara. Untuk menikmati keindahan alam tropis laut Indonesia mengapa tidak kini mencoba plesir ke Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Kawasan ini kian hari kian digemari sebagai salah satu tujuan wisata favorit wisata bahari.

Jumlah pulau di kawasan ini nyatanya tidaklah seribu melainkan sekira 342 pulau dan yang ideal untuk tempat wisata ada 20 pulau dari 45 pulau wisata umum dan wisata khusus. 6 pulau di kawasan ini telah dijadikan sebagai tujuan wisata dengan sarana dan prasarana yang memadai, yaitu: Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara, dan Pulau Sepa.

Pulau-pulau di kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu sebagian besar tidak berpenghuni dan berupa pulau pasir dengan terumbu karang bervegetasi maupun tidak. Dari keseluruhan pulau di kawasan ini diperkirakan ada 17 pulau sudah tenggelam akibat abrasi alam.  

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu mempunyai sumber daya alam khas berupa ekosistem karang yang unik yaitu terumbu karang. Pulau-pulau di kawasan ini dikelilingi terumbu karang tepian (fringing reef) dengan kedalaman 1-20 meter. Terumbu karang seniri merupakan salah satu sub sistem ekosistem perairan laut yang produktif. Beberapa jenis karang keras di sini, yaitu: seperti karang batu (massive coral), karang meja (table coral); karang kipas (gorgonia); karang daun (leaf coral); karang jamur (mushroom coral).

Umumnya, tumbuhan yang terdapat di Taman Nasional Kepulauan Seribu didominasi oleh tumbuhan pantai, seperti nyamplung (Calophyllum inophyllum), waru (Hibicus tiliaceus), pandan (Pandanus sp.), cemara laut (Casuarina equisetifolia), cangkudu (Morinda citrifolia), butun (Barringtonia asiatica), bogem (Bruguiera sp.), sukun (Artocarpus altilis), ketapang (Terminalia cattapa), dan kecundang (Cerbena adollam). 

Kekayaan kehidupan laut taman nasional ini terdiri dari karang keras/lunak sebanyak 54 jenis, 144 jenis ikan, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang seperti Rhodophyta, Chlorophyta dan Phaeophyta, 6 jenis rumput laut seperti Halodule sp., Halophila sp., dan Enhalus sp., serta 17 jenis burung pantai.

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu merupakan tempat peneluran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas). Penyu sisik dan penyu hijau yang merupakan satwa langka dan jarang ditemukan di perairan lain terutama pantai Utara Pulau Jawa, ditangkarkan di Pulau Semak Daun.

Penangkaran tersebut dimaksudkan untuk memulihkan populasi penyu yang nyaris punah. Kegiatan penangkaran meliputi penetasan telur semi alami dan perawatan anak penyu sampai siap untuk dilepas ke alam.  

Umumnya mereka yang datang ke Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu untuk menikmati keindahan alamnya dengan snorkeling atau diving. Pulau Tidung menjadi pulau yang paling lengkap fasilitasnya serta mampu menampung wisatawan dalam jumlah besar. Apabila Anda ingin mengunjungi pulau yang bernuansa alam maka Pulau Pramuka cocok untuk ekowisata dan wisata edukasi. Beberapa pulau lain yang dapat Anda sambangi, yaitu: Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Sepa, Pulau Putri, Pulau Alam Kotok, Pulau Pelangi, Pulau Pari, dan Pulau Pantara.

Sebagian besar pantai di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dilindungi hutan bakau yang menjadi rumah bagi biawak, ular cincin emas, dan piton. Fauna di kawasan ini diperkirakan ada sekira 17 jenis burung, 350 jenis ikan karang, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 101 jenis moluska, 237 jenis terumbu karang, dan 6 jenis rumput laut.

Dibalik fenomena dan rahasia alam, sebenarnya gugusan Kepulauan Seribu menyimpan keindahan alam yang sangat menawan. Simponi pulau-pulau mungil yang hijau, deburan ombak, sinar matahari yang bewarna keemasan pada waktu senja; tentunya akan menentramkan hati pengunjung yang berada di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Anda dapat melakukan beragam atraksi wisata bahari seperi jet ski, canoe, fishing, wind surfing, snorkeling, dan scuba diving. Beberapa pulau juga sudah memperlengkapi fasilitasnya dengan area jongging, tenis, volley pantai, billiard, bahkan golf. Anda dapat pula berekreasi menggunakan glass bottom boat di Pulau Putri untuk melihat beraneka ragam kekayaan bawah lautnya. 

Pulau Tidung merupakan pulau terbesar yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Beragam aktivitas dapat Anda lakukan di sini seperti snorkeling, diving, sepeda santai, memancing, fotografi, maupun berkemah. 


Pulau Bidadari menyediakan beberapa cottage  yang dibangun di antara pepohonan yang menghadap ke laut. Lokasi pulau ini juga terbilang dekat dengan Jakarta namun kurang ideal untuk snorkeling. Pulau Bidadari memiliki luas daratan 6,03 hektar dengan panorama pantai yang asri dengan hamparan pasir putih. Ada pula sisa benteng peninggalan Belanda lengkap dengan meriam tua dan prasasti di area sekitarnya.


Pulau Pramuka memiliki panorama indah laut biru serta berdekatan dengan taman laut memungkinkan snorkeling dengan ideal di sini. Pulau ini juga merupakan wilayah ekowisata untuk penelitian dan pendidikan. Di sini terdapat lokasi penangkaran penyu sisik.

Pulau Kotok menyajikan nuansa berlibur dengan konsep tradisional di lingkungan tropis. Ada pohon-pohon bakau besar, kicauan burung, dan biawak yang jinak, semua menunggu di sana. Di sini juga sempurna untuk Anda yang mencari lokasi bulan madu. 

Pulau Pelangi merupakan pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan rindang dan lebat. Di sini ada beragam fasilitas penginapan dan perlengkapan untuk diving, snorkeling, memancing, lapangan tenis, toko, klinik kesehatan, dan berbagai fasilitas lainnya. 
Pulau Sepa selain memiliki garis pantai yang indah juga menjadi favorit bagi para penyelam dan pemancing. Di sini tersedia fasilitas wisata Marine Walk dimana Anda dapat berjalan-jalan di dasar laut. Pulau Sepa juga merupakan pusat penangkaran Penyu Sisik (Eretnochelys imbricata) dimana bentuk mulutnya menyerupai paruh burung. 

Pulau Putri memiliki akuarium mini dan kolam menyatu dengan laut (Under Sea Aquarium). Fasilitas pulau ini dilengkapi juga dengan kolam renang, lapangan tenis, water bee, kano, dan banana boat. Sewa Banana Boat Rp30.000 per orangnya.

Pastikan Anda mengunjungi Pulau Pantara dimana di sini air lautnya bening dengan pulau karang yang indah. Anda dapat menjajal scuba diving, diving, snorkeling, banana boat, dan banyak lagi atraksi lainnya. Di sini ada Pantara Island Resort yang menyediakan cottages, pool, bar, meeting room, discotheque, dan beragam fasilitas hiburan lainnya.

Pulau Ayer merupakan pulau yang mempunyai sumber air tawar. Di sini tersedia fasilitas dermaga pancing, kolam renang, arena bermain anak, karaoke room, ruang meeting, restoran, jetsky, banana boat, canoe, mini market  dan market art, fun bike, volley pantai, dan lapangan basket. Anda dapat berkeliling dengan berjalan kaki atau bersepeda sembari menikmati keindahan alamnya.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Anda dapat mencapai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dari Marina Jaya Ancol dengan KM Kerapu. Harga tiketnya Rp32.000 (belum termasuk tiket masuk Ancol). Waktu tempuhnya sekira 1 jam hingga 3 jam untuk mencapai pulau terjauh. Jadwal keberangkatan dari Marina Ancol pukul 08.00 atau pukul 09.00 dan kembali dari pulau pukul 13.30 atau pukul 14.00 WIB. Speedboat tersedia juga di Marina ke Pulau Pramuka yang berangkat tiap hari pukul 08.00 dengan ongkos Rp200.000,- dan dari Pulau Pramuka ke Marina pukul 15.00.

Selain kapal cepat, tersedia transportasi lain berupa kapal kayu milik nelayan dengan berkapasitas 50 hingga 60 orang. Kapal tradisional bermesin tersebut berangkat setiap hari dari dermaga Muara Angke ke Pulau Pramuka dan Pulau Panggang dengan waktu tempuh sekitar 2,5 – 3 jam. Beberapa pemilik kapal tradisional tersebut melengkapi layanannya dengan jasa asuransi. Pulau terdekat seperti Pulau Bidadari dan Pulau Ayer dapat ditempuh sekira 20 menit.

Dari Muara Angke ke Pulau Pramuka tersedia kapal feri dengan lama perjalanan sekira 2,5 jam. Ongkos per orangnya mulai dari Rp35.000,- bergantung pulau tujuannya.
Apabila Anda tinggal di Tangerang mengapa tidak melalui Rawasaban dengan harga tiket kapal hanya Rp18.000,-.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Anda dapat menemukan beberapa akomodasi di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu terutama di 6 pulaunya, yaitu: Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Pramuka. Untuk jenis resort ada di Pulau Puteri, Pulau Sepa, Pulau Kotok, Pulau Anyer, dan Pulau Bidadari. Harga per malamnya bervariasi dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa akomodasi di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu memiliki kualitas akomodasi yang baik. Beberapa bahkan didukung meeting room, bar, restoran, karaoke, diskotek, kolam renang, lapangan tennis, volley pantai, dan toko souvenir.Beberapa pulau wisata yang tidak dijadikan resort dilengkapi dengan home stay seperti yang terdapat di Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa.

Pulau Tidung paling banyak dikunjungi wisatawan dan tersedia beragam penginapan yang dikelola penduduk setempat. Sebagian besar berupa homestay atau rumah penduduk yang diubah menjadi penginapan. Ada pula penginapan khusus yang terpisah dari rumah penduduk dengan fasilitas AC dan kamar mandi di dalam yang dapat memuat antara 4-8 orang. Harga per kamar bervariasi dan bergantung negosiasi, rata-rata Rp300.000,- hingga Rp500.000 per malam per kamarnya. Disarankan Anda memesannya jauh-jauh hari. Berikut ini beberapa pilihan akomodasi di Pulau Tidung untuk referensi Anda.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu adalah bulan Maret hingga Mei setiap tahunnya. Pada bulan November hingga Februari sering terjadi ombak yang besar jadi disarankan menghindarinya. Cuaca kurang mendukung juga terjadi bulan Mei hingga Agustus. Kepulauan Seribu meliputi ratusan pulau yang saling berdekatan sehingga ombak laut akan terpecah di pulau-pulau tersebut dan mengurangi terjangan yang lebih berbahaya. Apabila cuaca kurang mendukung maka biasannya perjalanan akan ditunda hingga cuaca memungkinkan.

Know Before You Go

  • Sangat bijak bila Anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa.
  • Krim pelindung atau tabir surya hendaknya selalu dibawa dan dipakai sesuai kebutuhan karena di daerah ini udara sangat panas walau angin berhembus cukup menyegarkan.
  • Anda perlu juga membawa pelindung anti nyamuk.
  • Kenakan sepatu atau sandal saat berjalan-jalan di pesisir pantainya untuk menghindari bulu babi yang kadang tidak terduga terinjak.
  • Pastikan Anda membawa peralatan untuk aktivitas bahari meski demikian di disni tersedia peralatan yang dapat disewa. Hal ini juga akan sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran uang di lokasi.
  • Jelas di sini tidak tersedia ATM jadi pastikan membawa uang cukup melalui perhitungan.
  • Panas Matahari pantai berbeda dengan di kota, pastikan Anda membawa krim tabir surya saat beraktivitas wisata bahari.
  • Manfaatkan perahu nelayan yang bermesin untuk berkeliling atau tanyakan informasinya lebih jelas kepada pengelola tempat wisata di beberapa pulau, yaitu: Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Puteri, Pulau Sepa, Pulau Kotok, Pulau Anyer, dan Pulau Bidadari.  
  • Sewa perahu bermesin yang memuat 20 orang harganya berkisar Rp350.000,- per hari termasuk solar dan nahkodanya. Perlu diperhatikan jarak tempuh bergantung liter solarnya, jadi bernegosiasilah dengan nyaman. Untuk kapal yang lebih besar memuat 40 orang sewanya berkisar Rp1 juta.
  • Manfaatkan waktu untuk berkeliling di Pulau Tidung dengan bersepeda. Sewanya seharga Rp15.000,- Ada juga becak bermotor seharga Rp5.000,-.
Ditetapkan Menteri Kehutanan, SK No. 6310/Kpts-II/2002
dengan luas 107.489 hektar
Letak Provinsi DKI Jakarta
Temperatur udara 21° - 34° C
Curah hujan Rata-rata 3.000 mm/tahun
Ketinggian tempat 0 – 2 meter dpl
Musim Barat November - Februari
Musim Timur Mei - Agustus
Letak geografis 5°23’ - 5°40’ LS, 106°25’ - 106°37’ BT

Jadi bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Anda tertarik Untuk Menikmati Keindahan Panorama Bawah Laut Kepulauan Seribu Ini.Jika Anda berkunjung ke DKI Jakarta Sempatkanlah Untuk Mengunjungi Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata anda.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg