BREAKING NEWS

Kepulauan Wayag : Explore Keindahan Bawah Laut Raja Ampat


Kepulauan Wayag - Kepulauan Raja Ampat atau Kepulauan Wayag Pada Saat Ini Memang Menjadi Dream Destinasi Bagi Siapapun Yang Mencintai Keindahan Bawah Laut Dan Keksotisan Sebuah Negara.Lihat Saja Salah Satunya Ada Pulau Misool Di Barat Papua Dan Taman Nasional Teluk Cendrawasi Dengan Keberagaman Flora Dan Fauna Yang Di Daulat Sebagai Salah Satu Pusat Ekosistem Lautan Terbesar Di Dunia

 Kepulauan Wayag

Kepulauan Wayag

mulai terkenal sejak tahun 2009.Aktivitas paling populer yang bisa Anda lakukan di Wayag adalah mendaki puncak karang selama 30 menit dan melihat keindahan pulau-pulau kecil dari atas. Anda akan melihat karang-karang kecil itu menghampar di lautan biru jernih

Langit yang cerah seperti payung yang menjaga ketentraman pulau nan sepi ini. Karst terjal itu bagai cendawan yang berdiri tak beraturan dengan ukuran yang bermacam-macam. 

Sungguh keindahan yang tak terkira. Kepulauan Wayag adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Liburan Anda ke Raja Ampat tak sempurna jika tanpa singgah ke Kepulauan Wayag. Bagi penggemar fotografi, keindahan lanskap Wayag sayang untuk dilewatkan. Dari angle manapun, pulau ini tampak cantik. Susunan karst yang acak plus lautan yang tampak seperti beludru benar-benar menggoda lensa kamera Anda.

 Kepulauan Wayag
Keunikan adalah saripati dari sebuah daya tarik wisata. Tak banyak sebuah daya tarik wisata memiliki keindahan berbeda saat dilihat dari delapan penjuru mata angin, atau pun dari atas dan bawah permukaannya. Kepulauan Wayag adalah salah satu tujuan wisata luar biasa dengan keistimewaan itu. Kemana pun pandangan dilepaskan dengan atau tanpa  kaca mata hitam maka setiap warna dan bentuk  yang berlabuh di persepsi kita tentang Kepulauan Wayag hanya mampu memberikan satu makna, yaitu kepuasan.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini

Raja Ampat adalah sebuah wilayah kepulauan, tercatat 610 pulau masuk dalam wilayah ini dan sekitar 35 pulau yang dihuni. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat. Kepulauan Raja Ampat terletak di barat laut kepala burung Pulau Papua, dengan kurang lebih 1500 pulau kecil dan atoll serta 4 pulau besar utama, yakni Misol, Salawati, Bantata dan Waigeo. Inilah yang kemudian menjadikan Raja Ampat taman laut terbesar di Indonesia.banyak yang bilang bahwa Raja Ampat adalah tempat wisata bahari terbaik di dunia.

Mulailah tur Anda dari sini dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertical itu. Selain itu perhatikan dengan detail hewan laut yang menyapa. Bisa jadi kuda laut kerdil mendekati jemari Anda seakan ingin menyambut berjabat tangan. Mantaray dan wobbegong akan berenang bersama Anda.

Ikan tuna, giant trevaliies, snapper, dan bahkan barracudaturut menyambut Anda di bawah laut. Itu belum cukup, bagaimana apabila ada teman baru yang ramah yaitu ikan dugong ingin berenang bersama Anda. Jangan lewatkan juga mengamati sibuknya ikan-ikan kecil menjaga wilayahnya hilir-mudik. Bila Anda beruntung mungkin dapat berenang bersama penyu laut.

Keindahan Kepulauan Wayag di distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat ini salah satunya karena letaknya berada di wilayah segitiga terumbu karang dunia atau yang sering disebut dengan Coral Triangle. membuat Raja Ampat, termasuk wilayah ini, sebagai kawasan yang paling kaya dengan keragaman hayatinya di dunia.

Eksotisme  pulau ini juga bisa juga dirasakan dengan naik kapal. Dari atas kapal inilah kita bisa menemukan banyak ikan dan biota laut yang lucu dan belum pernah kita temui sebelumnya seperti penyu, ikan pari, kalabia dan masih banyak lagi

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Perjalanan yang memakan waktu empat hingga enam jam dari Waisai, Ibu kota Raja Ampat, akan memerlukan biaya sebesar Rp 5 juta hingga Rp 6 juta untuk perjalanan itu saja. Cukup mahal bila dibandingkan di kemudahan bertansportasi di Pulau Jawa, tapi tak terbandingkan dengan kepuasan yang diraup.

Untuk menuju Sorong, Anda menggunakan penerbangan Batavia Air, Wings Air, dan Express Air. Sekitar Rp 3 juta harga tiket Jakarta-Sorong pergi-pulang dengan waktu tempuh tujuh jam karena transit di Makassar sekitar dua jam.

Dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, Anda bisa berjalan kaki keluar bandara. Di luar bandara akan dijumpai jalan utama menuju kota Sorong dan pelabuhannya. Di sana banyak sekali angkutan kota warna kuning menuju Pelabuhan Sorong, cukup dengan ongkos Rp 3.000.

Di pelabuhan, Anda bisa naik kapal rakyat menuju ibu kota Raja Ampat. Kapal rakyat dengan biaya Rp 120.000 per orang berlayar tiap hari sekitar pukul 14.00 WIT. Usahakan pesawat Anda datang di Sorong sebelum pukul 12.00 WIT sehingga Anda bisa istirahat dahulu menunggu kapal berangkat.Perjalanan dengan kapal rakyat dari Sorong menuju Raja Ampat perlu waktu sekitar dua jam.Di Waisai, Pulau Waigeo, ibu kota Raja Ampat, 

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Anda bisa mencari hotel-hotel dengan harga Rp 300.000-Rp 400.000 per malam. Untuk keperluan diving dan eksplorasi berlayar ke pulau-pulau Raja Ampat, Anda bisa menyewa perahu penduduk asli. Di Sorong terdapat banyak hotel bagus berbintang dua dan tiga yang menyediakan makanan dengan nasi dan lauk-pauk beragam. Para wisatawan domestik yang ingin tetap menginap di Sorong karena fasilitas tersebut bisa melakukan perjalanan satu hari tanpa perlu menginap di Waisai. 

Untuk melakukan hal ini, Anda perlu menyewa speedboat sekitar Rp 8 juta per hari dengan kapasitas 20 orang per kapal. Anda harus mengumpulkan 20 orang sehingga cukup patungan Rp 400 ribu per orang sudah bisa berlayar ke Raja Ampat selama 12 jam penuh pada siang hari.

Bila Anda menginap di Sorong, baik seafood, seperti ikan, kepiting, dan udang bakar, maupunfastfood banyak dijumpai di restaurant dan warung-warung tenda di Sorong. Ikan khas Sorong adalah ikan budara. Ikan ini memiliki banyak sekali daging dan tulangnya besar sehingga jarang ada duri kecil yang bisa tersangkut di tenggorokan.

Oleh-oleh khas Sorong adalah keripik talas atau keladi, roti abon gulung dari ikan tuna, dan ikan budara bakar. Untuk suvenir, di Kampung Baru, Sorong, banyak dijumpai toko yang menjual batik khas Papua, seperti corak panah, burung cendrawasih, dan tifa. Suvernir berupa koteka dan ukir-ukiran Asmat juga dapat Anda jumpai di beberapa toko suvenir di Sorong. 

Terdapat banyak penginapan berupa rumah-rumah kecil di sekitar pantai. Anda pun dapat berlama-lama menikmati sajian alam yang menawan ini. Selain pondok, juga terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan hidangan laut khas papua

Mulai pukul 07.00 WIT sampai petang Anda bisa berlayar ke empat sampai lima pulau yang berdekatan. Mulai dari Selat Dampir, Pulau Pensil, Gua Karang yang ada tengkorak makam leluhur Raja Ampat, sampai ke Resor Sorido atau langsung ke Kepulauan Wayag.

Kepulauan Wayag merupakan ikon Raja Ampat yang terdiri dari beberapa pulau kecil yang indah apabila dilihat dari atas.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Suhu udara terendah sebesar 23,5°C dan suhu udara tertinggi sebesar 31,2°C dengan suhu rata-rata 27,4°C. Curah hujan di wilayah ini sebesar 2.000 mm/tahun, dengan variasi antara musim kemarau dan musim penghujan tidak begitu jelas seperti daerah Papua pada umumnya. Wilayah Raja Ampat dipengaruhi oleh angin muson; antara Bulan Mei-November bertiup angin Pasat Tenggara dan antara Bulan Desember-April bertiup angin Barat Laut.

Know Before You Go

  • Sebelum melakukan perjalanan lebih jauh ke bagian-bagian menarik di Kepulauan Wayag, Anda diwajibkan membeli pin masuk Kepulauan Wayag seharga Rp 250.000.di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong.  Dengan pin ini, yang merupakan bagian dari system tag konservasi alam Raja Ampat, Anda dapat memasuki kawasan Raja Ampat bebas selama satu tahun tanpa harus membelinya lagi.
Namun TravelEsia Sangat Menyayangkan Dengan Hal Seperti Ini,Banyaknya Pihak yang menarik keuntungan sepihak,justru akan membuat keindahan Kepulauan Wayag dan kepulauan raja ampat mati akan sendirinya oleh oknum-oknum seperti ini
  • Selalu kenakan tabir surya sebelum berpetualang, baik di perairan maupun daratan Kepulauan Wayag.Walau tidak merupakan bagian Papua pedalaman, sebaiknya Anda tetap memakan pil kina sebelum datang ke Raja Ampat.
  • Transportasi dapat menjadi komponen biaya perjalanan yang paling tinggi bila Anda bepergian di Raja Ampat.Maka dari itu, mengunjungi Kepulauan Wayag lebih murah bila semua biaya ditanggung bersama-sama dengan teman perjalanan. Perjalanan berkelompok akan menekan biaya perjalanan sangat signifikan. 
Jadi Bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik untuk menikmati keindahan bawah laut kepulauan wayag ini,jika papua barat menjadi destinasi wisata anda,maka sempatkanlah berkunjung ke Kepulauan Wayag , pulau misool, kepulauan raja ampat,taman nasional lorentz , dan taman nasional teluk cendrawasi.mari kita dukung indonesia sebagai destinasi wisata dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg