BREAKING NEWS

10 Makanan Khas Sumatera Utara


Makanan Khas Sumatera Utara - NusaPedia - 10 Makanan Khas Sumatera Utara merupakan rubrik wisata kuliner NusaPedia kali ini.Sumatera Utara adalah salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di indonesia versi NusaPedia.10 Makanan Khas Sumatera Utara ini merupakan aneka olahan yang beraneka rupa.Masyarakat sumatera utara sangat mengenal 10 Makanan Khas Sumatera Utara ini.
Makanan Khas Sumatera Utara

Makanan Khas Sumatera Utara

merupakan perwakilan kebudayaan yang berbeda dan kaleidescope menarik kehidupan masyarakat Indonesia. Sumatera Utara memiliki keajaiban yang bisa mewujudkan dambaan wisata Anda. Keindahan alam Sumatera Utara sangat menakjubkan terbentang dari Danau Toba yang indah, danau terbesar di Asia Tenggara, sampai ke sebuah hutan di Bukit Lawang yang dihuni oleh sekelompok orangutan. Keindahan alam dan kebudayaan di daerah ini menarik untuk di kunjungi sanggup menyediakan tempat untuk jiwa petualang yang menantang.

Kebudayaan di Sumatera Utara sangat unik, kuno dan memesona. Penduduknya yang dikenal dengan suku Batak masih memegang teguh warisan budaya dan tradisi leluhur mereka. Kebudayaan dan tradisi suku Batak dapat Anda temui di beberapa desa adat yang menawarkan wajah asli Sumatera Utara.

Makanan Khas Sumatera Utara ini NusaPedia Rangkum Untuk anda dengan tujuan menambah khasanah dan wawasan nusantara Sahabat NusaPedia semua mengenai aneka kuliner nusantara.Berikut 10 Makanan Khas Sumatera Utara versi TravelEsia Untuk Anda.

10.Kue Ombus-ombus

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 10 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara Penganan yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika kebetulan berpergian ke wilayah Sumatera Utara. Paduan rasa legit dan gurihnya pasti membuat Anda ketagihan. Apalagi bila disantap hangat-hangat bersama secangkir teh atau kopi panas.

Ombus-ombus, kue khas dari Siborongborong, sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara. Kue ini sendiri sudah melegenda sampai-sampai diabadikan sebagai lagu daerah populer di sana. Kue tradisional khas Batak ini melekat dalam keseharian masyarakat setempat dan biasa dihidangkan pada acara-acara adat Batak bersama kopi atau teh.

Di berbagai desa dan kabupaten di Tanah Batak, kue Ombus-ombus ini banyak dijual sebagai menu sarapan pagi. Tapi kue ini juga cocok disantap pada siang atau sore hari. Soal rasa, tak perlu ditanya. Walau Anda mungkin akan memiliki pendapat yang berbeda, paduan tepung beras ataupun tepung ketan dengan gula aren dan kelapa pasti memberikan cita rasa unik di lidah. Mau namanya Ombus-ombus, Lapet, atau Pohul-pohul-kah, semuanya sama lezatnya.

Walau tak ada yang bisa memastikan dari mana Ombus-ombus berasal, kue yang satu ini memiliki hubungan erat dengan daerah Siborongborong, sehingga bisa jadi dari sanalah kue ini berasal. Hampir setiap mobil angkutan antar-kecamatan maupun antar-provinsi berhenti dulu di Siborongborong untuk memberi waktu kepada penumpangnya untuk membeli kue ini. Si penjual akan mengembus-embus tangannya setiap akan mengambil satu kue untuk dimasukkan ke kantong plastik. Kue yang panas sehingga tangan perlu diembus. Embus, bisa jadi itulah cikal bakal nama kue Ombus-ombus ini.

9.Itak Gurgur Atau Itak pohul-pohul

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 9 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara terdapat itak gurgur Salah satu makanan utama yang banyak disajikan di berbagai restoran dan warung makan di tanah Batak adalah Mi Gombak. Dinamakan begitu, karena saat dibuat dan akan disajikan, dulunya digombak (digenggam) dengan tangan langsung oleh penjualnya untuk dimasukkan ke dalam piring.yang kabarnya juga disajikan pada upacara adat Batak yang dikenal dengan ritual Hahomion Horja Bius.

Ritual tersebut adalah upacara yang dilakukan nenek moyang suku bangsa Batak untuk pemujaan kepada roh leluhur dan kekuatan gaib. Mereka percaya bahwa roh leluhur masih memiliki peran dalam kehidupan keturunannya dan senantiasa memantau kehidupan sosial kemasyarakatan. Itulah sebabnya diadakan persembahan dalam bentuk sejumlah bahan makanan, yang salah satunya adalah Itak Gurgur.

Bicara soal jajanan ini, kata "Gurgur" sering diartikan mendidih atau membara. Mungkin sepintas sedikit berbeda dengan cara pembuatannya yang sama sekali tidak dimasak, walaupun saat ini sudah ada juga Itak Gurgur yang dikukus. Tapi konon yang dimaksud mendidih atau membara itu adalah semangat yang menikmati Itak Gurgur diharapkan menjadi mendidih dan membara. Bisa jadi juga karena ada beras serta gula yang keduanya memiliki kandungan gula di dalam kue itu. Walaupun kalau berlebihan gula tidak baik bagi kesehatan, tetapi gula seperti banyak diketahui, memberi energi instan untuk orang yang mencicipinya dan membuat orang menjadi lebih bersemangat.  

Cara pembuatan Itak Gurgur sebenarnya sangat sederhana. Beras, kelapa muda yang telah diparut, gula pasir, dan air. Rendam beras dengan air selama 1 sampai 2 jam,  kemudian tiriskan sampai keringkan. Berikutnya beras itu ditumbuk dengan lesung dan alu, kemudian diayak, sehingga menjadi tepung beras.

Campur tepung beras itu dengan kelapa muda yang telah diparut serta gula pasir.Setelah tercampur dengan rata, maka tahapan berikutnya adalah memanfaatkan tangan sang pembuat untuk mengepal dan sehingga makin padat. Maka jadilah Itak Gurgur dan siap disantap. Tentu saja karena dibuat dengan mengepalkan adonan itu di tangan, maka tak ada yang bentuknya sama persis. Tetapi justru itulah keunikan Itak Gurgur.

8.Dali Ni Horbo

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 8 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara terdapat Dali ni horbo.Susu biasanya dikonsumsi daalam bentuk cair atau menjadi bahan olahan makanan lain. Tetapi ada penganan unik dari daerah Sumatera Utara, khususnya di sekitaran Danau Toba seperti di Kecamatan Porsea, anda dapat menemukan susu kerbau dijual dalam bentuk penganan setelah dibekukan dengan cara dimasak dengan cara tradisional dan tanpa bahan kimia.

Di daerah Porsea sering disebut sebagai dali ni horbo atau bagot ni horbo (bagot = susu, horbo= kerbau). Susu kerbau sendiri bisa dikonsumsi dengan hanya direbus, atau dimasak dengan diarsik yaitu memasak dengan bumbu seperti bawang Rambu (bawang Batak), cabai, daun ubi/singkong, garam dan sedikit Andaliman (merica Batak) dimasak sampai air mengering.

Susu kerbau diambil dari induk kerbau betina yang memiliki bayi kerbau berumur 1 bulan. Seekor kerbau dapat menghasilkan rata-rata 2-4 liter susu setiap harinya sampai 8 bulan pemerahan.Untuk menstrerilkan susu biasa direbus kurang lebih 10 menit kemudian menambahkan air nenas untuk membantu pengentalan/pembekuan susu serta menghilangkan aroma amis susu, sering juga ditambahkan air perasaan daun papaya untuk menambahkan rasa pada susu kerbau.

Untuk mencicipinya anda cukup mengeluarkan uang Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000,- cukup murah untuk makanan bergizi nikmat serta kaya nutrisi.

7.Dengke Mas Na Niura

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 7 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara Dekke naniura adalah salah satu makanan khas batak, berupa ikan mas yang diberi bumbu dan asam, kemudian dibiarkan menjadi lunak tanpa dimasak. Proses yang demikian memungkinkan bakteri asam laktat berkembang, contoh dari bakteri ini adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium yang juga merupakan sumber probiotik .

Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup yang secara aktif yang dapat meningkatkan kesehatan dengan memperbaiki mikroflora di usus besar, Probiotik atau bakteri baik dapat menghasilkan senyawa penghambat terhadap pertumbuhan bakteri gram positif dan gram negatif sehingga mengendalikan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di dalam saluran pencernaan.

Dengke Mas na Niura “ atau Ikan Mas Na Niura ini merupakan makanan tradisonal khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Dahulu masakan na niura dikhususkan hanya untuk raja saja, namun karena rasanya yang enak, akhirnya semua orang-orang ingin menyantap dan membuatnya. Dengke Mas na Niura atau Ikan Mas Na Niura adalah masakan khas Batak yang berbahan dasar ikan mas/fish gold.

Uniknya hidangan satu ini disajikan dan dinikmati tanpa dimasak terlebih dahulu. Arti dalam bahasa batak, naniura adalah ikan yang tidak di masak. Mungkin hidangan ini juga dapat disebut “Sushi Sumatera Utara “. Sekilas mungkin terdengar extrim. Tapi kalau udah nyoba, pasti suka. Ikan mentah tersebut disajikan dengan bumbu yang lengkap sehingga yang akan membuat ikan tersebut lebih enak dirasa tanpa dimasak, yang artinya bahwa bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan mas tersebut.

6.Manuk Napinadar

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 6 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara terdapat Ayam Napinadar adalah salah satu makanan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada saat acara-acara adat Batak. Untuk mengerjakan resep yang satu ini agak sedikit rumit, butuh waktu dan kesabaran. Pastinya inti dari masakan ini adalah di saos darah ayam itu sendiri.

Manuk Napinadar atau Ayam Napinadar adalah masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu.Untuk mengerjakan resep yang satu ini agak sedikit rumit, butuh waktu dan kesabaran. Pastinya inti dari masakan ini adalah di saos darah ayam itu sendiri.

Masak Ayam Napinadar ini, ayamnya harus dipanggang terlebih dahulu, setelah itu lalu disiram dengan saos spesial yakni darah ayam (manuk) itu sendiri, dan dicampur dengan andaliman, bawang putih bubuk (yang sudah digiling sampai halus) lalu dimasak. Sama seperti kita menuangkan saos ke atas ayam yang sudah dipanggang.

Manuk Napinadar adalah sajian makanan yang diberikan secara khusus untuk seseorang atau satu keluarga. Tujuannya agar tercapai apa yang diinginkan atau diharapkan atau sukses dalam pekerjaan. Misalnya orang tua memberikan kepada anaknya saat akan menempuh ujian, memulai usaha, mencari pekerjaan juga supaya mendapat jodoh. Agar sang suami langgeng dalam karir atau pekerjaan, biasanya isteri menyajikan ulian ni partondiaon untuk suaminya dalam waktu-waktu tertentu.

Ayam dipanggang hingga matang. Bumbu digiling atau diulek halus. Sebelumnya bumbu sudah dibakar kecuali cabai dan andaliman. Kemudian diberi atau dilumeri dengan darah ayam yang sudah dimasak dengan asam. Darah ayam boleh juga dimatangkan dengan api. Inilah yang selanjutnya ditaburkan pada daging ayam yang sudah dibakar/dipanggang dan langsung siap saji. Bumbu yang dibutuhkan antara lain bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jahe, ketumbar, andaliman, kemiri gongseng, asam, dan sedikit jintan.

5.Sambal Tuktuk

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 5 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara terdapat sambal tuktuk.Bagi anda yang suka dengan kuliner sambal tentu saja harus menyimak informasi ini. Sebab TravelEsia akan memberikan informasi mengenai kuliner sambal yang pastinya sangat enak untuk kita nikmati. Di Indonesia memang mengenal banyak sekali jenis sambal, misalnya saja sambal ijo, sambal bajak, sambal kacang dan masih banyak lagi lainnya.

Kuliner sambal memang banyak sekali, salah satu kuliner sambal yang bisa kita cicipi adalah kuliner sambal dari daerah Tapanuli. Kuliner sambal ini adalah Sambal Tuktuk. Namanya memang sedikit lucu Sambal Tuktuk, namun rasa dari sambal ini tentu saja sangat luar biasa sekali.

Sambal Tuktuk adalah makanan khas tradisional Batak, yang berasal dari Tapanuli. Masyarakat Tapanuli sangat suka dengan kuliner ini. Nah apakah anda pernah mencoba kuliner yang satu ini ? jika anda belum pernah mencoba kuliner ini silahkan anda bisa mencobanya.

Sambal Tuktuk adalah makanan khas tradisional Batak, yang berasal dari Tapanuli. Sebenarnya bahan-bahan untuk membuat sambal tuktuk tidak berbeda dengan bahan sambal-sambal lainnya, sederhana saja. Yang membuat sambal ini sedikit lebih berbeda dengan sambal yang lain adalah andalimannya. Di daerah asalnya, sambal tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan), tapi jika tidak menemukan ikan aso-aso bisa diganti dengan ikan teri tawar.

Sambal Tuk tuk merupakan olahan sambal khas dari masyarakat Batak, khususnya dari daerah Tapanuli. Bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah sambal tuk tuk ini pada dasarnya simpel dan tidak berbeda dengan bahan-bahan sambal pada umumnya. Hanya saja sambal tuk tuk ini sedikit berbeda yaitu dengan adanya andaliman. Tanaman andaliman adalah tumbuhan yang banyak sekali tumbuh di daerah Sumatera Utara, tanaman ini bentuknya hampir serupa dengan tanaman Szechwan Pepper.

Tentu saja kuliner ini sangat enak sekali untuk kita cicipi.Dari pada anda penasaran dengan kuliner ini silahkan anda bisa mencobanya. Untuk menjumpai kuliner yang satu ini memang kita harus berkunjung ke Tapanuli.

4.Saksang

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 4 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara terdapat Saksang adalah salah satu menu non halal khas Sumatera Utara. Terbuat dari daging babi yang dicampur berbagai rempah dan tidak lupa darah. Untuk yang tidak terbiasa pasti terdengar menjijikkan tapi inilah uniknya kuliner nusantara kita, bagi sebagian orang menjijikkan tapi bagi yang lain sungguh nikmat rasanya. 

Saksang atau sangsang adalah masakan khas dari tanah Batak yang terbuat dari daging babi (atau daging anjing) yang dicincang dan dimasak dengan menggunakan darah, santan dan rempah-rempah (termasuk jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman) Saksang menjadi makanan wajib dalam adat pernikahan Batak.

Sekarang, dalam berbagai pesta adat, hampir selalu ada meja terpisah yang menyajikan "masakan nasional" - artinya: dimasak dengan memperhatikan asas kehalalan. Karena itu, saksang sapi dan saksang ayam pun semakin populer. Maklum, banyak yang tidak rela bila resep selezat ini hanya dikhususkan untuk memasak babi.

Secara tradisional, salah satu elemen utama dalam memasak saksang adalah gota (darah) - baik darah babi, sapi, maupun ayam. Tetapi, khusus untuk saksang sapi/kerbau/ayam, gota justru sangat jarang dipergunakan. Bahkan untuk saksang babi pun sudah sering tidak dicampur gota karena pertimbangan kesehatan.

Ciri utama masakan saksang adalah aromanya yang harum - khususnya dihasilkan oleh bahan-bahan aromatik seperti serai, daun jeruk, dan ketumbar. Ciri yang lain adalah pedasnya yang menggigit dan sangat unik. Pedasnya dihasilkan oleh andaliman (= tuba = Szechuan pepper) yang juga menciptakan karakter sangat unik terhadap masakan saksang ini. Seringkali juga ditambah cabe keriting maupun cabe rawit untuk memperluas spektrum rasa pedasnya dengan tarikan yang khas.

Saksang dimasak dengan kelapa parut yang disangrai, kemudian ditumbuk sampai keluar minyaknya. Cara memasak seperti ini juga dikenal di Makassar untuk membuat masakan palubasa. Hasilnya adalah masakan dengan sedikit kuah kental yang amat gurih dan lemak.

3.Mie Gomak

Makanan Khas Sumatera Utara
Bagi Anda yang mempunyai rencana untuk mampir ke Sumatera Utara, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan khas Batak ini. Mi Gomak, makanan terkenal khas Batak Toba, meliputi semua daerah Batak Toba, seperti Sibolga dan Tapanuli.

Mi gomak biasa dijumpai di warung, kedai, dan pasar. Ada beragam versi untuk penyebutan mi gomak ini. Ada yang menyebutnya mi lidi karena bentuknya yang bulat panjang seperti lidi. Lalu, ada juga yang menyebutnya spaghetti Batak karena bentuknya yang mirip sekali dengan spaghetti Italia, berwarna kuning, seperti silinder kecil dan panjang.

Disebut gomak karena gomak (bahasa Batak) artinya 'dipegang'. Jadi, mi gomak artinya mi yang digomak-gomak, atau diambil langsung pakai tangan. Penjual mi gomak mengambil mi langsung dengan tangan.

Anda merasa jijik dan takut kotor? Tenang saja. Penjual sudah mencuci tangannya sebelum mengambil mi gomak itu. Namun, ada juga penjual yang mengambil mi dengan sendok nasi atau piring kecil.Mi gomak biasanya direbus terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Ada berbagai cara untuk membuat menu makanan berbahan dasar mi gomak ini. Ada mi gomak kuah, mi gomak goreng, dan mi gomak bumbu kacang.

Untuk mi gomak kuah, mi yang sudah direbus dituang dengan kuah santan dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, sereh, jahe, kemiri, kunyit, kelapa gonseng, dan andaliman. Santan bisa ditambah dengan labu siam atau buncis.Setelah itu ditaburi kerupuk, bawang goreng, dan irisan kol. Untuk mi gomak goreng, cara membuatnya sama seperti mi goreng biasanya. Bisa ditambah dengan bakso, sosis, ayam, ditambah sayur sawi atau kol.

Untuk mi gomak bumbu kacang, mi gomak yang sudah direbus dituang dengan bumbu kacang, ditambah telur rebus, lalu ditaburkan kerupuk dan bawang goreng.Ada satu bumbu khas Batak yang selalu digunakan untuk membuat masakan berbahan dasar mi gomak. Namanya andaliman, bumbu khas Batak, berbentuk seperti lada mungil kehijauan yang rasanya pedas, asam, dan menggigit. Mi gomak rasanya menjadi unik dengan tambahan bumbu yang satu ini.

Mi gomak rasanya kenyal-kenyal gurih, pedas, dan asam yang berasal dari andaliman. Wangi dan aroma pedas andaliman menambah kenikmatan mie gomak. Kalau mau mencicipi di kota Medan dan sekitarnya ada beberapa penjual mie ini.

2.Arsik

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 2 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara terdapat arsik.Masakan Indonesia selalu terkenal akan keragaman jenis dan cita rasa. Hal tersebut disebabkan oleh hidangan Indonesia yang kaya bumbu dan rempah. Kelezatan tersebut dapat dinikmati di berbagai kota di Indonesia, salah satunya di kota Medan.

Kota yang terletak di utara pulau Sumatera ini memiliki berbagai masakan khas yang memikat para wisatawan yang berkunjung. Berbagai jenis makanan baik yang tradisional hingga fusion dapat Anda jumpai di seluruh penjuru kota. Salah satunya yang menjadi hidangan favorit adalah Arsik Ikan Mas.
Kenikmatan Arsik Ikan Mas memang sudah melegenda. 

Ikan mas pilihan dari Danau Toba menjadi bahan utamanya lalu dilumuri dengan bumbu kuning khas Tapanuli yang menggugah selera. Hidangan kaya rempah ini menggunakan bahan-bahan seperti andaliman, lokio, jeruk nipis, serai, cabai merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, dan jahe.

Bagi masyarakat Batak hidangan ini bukan sekedar kuliner belaka namun memiliki nilai tradisi yang kuat. Ikan mas arsik adalah media persembahan bagi nenek moyang dan anggota keluarga yang sudah meninggal. Tidak hanya itu, ikan mas arsik juga merupakan bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam setiap upacara adat Batak, ikan mas arsik yang sudah matang  disajikan dalam bentuk memanjang seperti berenang. Jumlah ikan mas yang disajikan dalam setiap peristiwa adat berbeda-beda, satu ekor untuk untuk pasangan yang baru menikah, tiga ekor disajikan untuk pasangan yang baru memiliki anak, lima ekor disajikan untuk pasangan yang memiliki cucu, dan tujuh ekor disajikan untuk pemimpin masyarakat Batak.

Ikan mas arsik merupakan jenis ikan yang mudah ditemui di perairan air tawar. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat Batak mudah mendapatkan ikan ini karena secara geografis mereka bermukim di pinggir danau air tawar yaitu Danau Toba.

Ikan mas arsik cocok disantap dengan nasi putih hangat. Saat Anda berkunjung ke Sumatera Utara, sempatkan mencicipi kuliner legendaris ini. Apabila Anda memiliki sahabat orang batak mengapa tidak meminta untuk memasakkan ikan mas arsik saat bertandang ke rumahnya.

1.Daun Ubi Tumbuk

Makanan Khas Sumatera Utara
Di Urutan ke 1 Dari 10 Makanan Khas Sumatera Utara terdapat daun ubi tumbuk.Bagi anda yang belum pernah sama sekali menyantap menu seperti ini mungkin akan terdengar aneh dan sedikit meragukan tentang rasanya. Bisa dibayangkan, daun ubi yang ditumbuk kemudian dimasak untuk gulai, bagaimanakah rasanya? Tidak usah lama-lama untuk mengetahui bagaimana rasa masakan tersebut mari kita siap-siap untuk memasaknya.

Mungkin untuk mereka yang tidak suka akan sayuran, daun singkong ini rasanya pahit dan tidak enak. Namun taukah anda bahwa ada banyak sekali nutrisi penting yang terkandung di dalam  daun singkong?  Memang tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita.

Protein nabati juga diketahui banyak terkandung di dalam daun ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel rubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolism di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

Daun Ubi Tumbuk disajikan bersama santan,bunga kincung dan di tambah ikan teri nasi agar rasanya lebih nendang.Daun Ubi Tumbuk TravelEsia posisikan nomor 1 dalam 10 Makanan Khas Sumatera Utara.dikarenakan makanan yang satu ini sudah di kenal di nusantara karena kenikmatannya

Bagaimana Sahabat TravelEsia apakah Artikel mengenai 10 Makanan Khas Sumatera Utara, 10 Bubur Khas Indonesia , Mengenal aneka kuliner Lombok ,10 Kuliner Khas Makassar , 10 Masakan China yang populer di indonesia , dan aneka Rujak Nusantara sudah menambah khasanah dan wawasan nusantara anda mengenai keanekaragaman kuliner indonesia.Jika Sahabat NusaPedia Mengunjungi Sumatera Utara,Sempatkanlah untuk menikmati 10 Makanan Khas Sumatera Utara.Mari Kita Jadikan Indonesia sebagai destinasi wisata dunia.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg