BREAKING NEWS

10 Bubur Khas Indonesia


Bubur Khas Indonesia - Wisata Kuliner - 10 Bubur Khas Indonesia merupakan rubrik wisata kuliner NusaPedia magazine Kali.Banyak Olahan Bubur Indonesia Yang kerap Sahabat NusaPedia Temui di pusat jajanan maupun restoran-restoran lokal di tempat anda berada,Mulai dari rasanya yang manis,asin bahkan rasa pedas juga dapat anda nikmati dari aneka Bubur Khas Indonesia.

Bubur Khas Indonesia

Bubur Khas Indonesia

merupakan olahan makanan yang menjadi makanan pengganti atau selingan oleh masyarakat indonesia.Tidak hanya manis,bubur juga dapat di padu dengan aneka olahan lainnya yang justru menambah kenikmatan bubur tersebut.Bubur juga kerap disajikan dengan campuran sambal,ayam dan aneka tambahan lainnya.

Bubur Khas Indonesia biasanya di nikmati di pagi hari sebagai pengganti sarapan pagi anda.Bubur memang sangat baik di konsumsi di pagi hari,dikarenakan bubur dengan mudah di cerna oleh perut dan juga memiliki kandungan gizi yang baik bila di padu dengan aneka olahan yang lainnya.Mau Tahu 10 Bubur Khas Indonesia versi NusaPedia.10 Bubur Khas Indonesia Versi NusaPedia ini Dirangkum dengan tujuan menambah wawasan sahabat NusaPedia mengenai Keanekaragaman Kuliner Khas Nusantara.Berikut 10Bubur Khas Indonesia.

10.Bubur Lemu – Solo 

Bubur Khas Indonesia
Pada masa lalu Kota Solo adalah ibukota Kerajaan Mataram. Sejak didirikan oleh Panembahan Senopati pada abad ke-16, ibukota Kerajaan Mataram berpindah-pindah, yang pertama di Kotagede, lalu di Kerta, lalu di Plered, lalu di Kartasura, dan kemudian di Desa Sala pada tahun 1745 yang secara resmi dinamakan Surakarta.

Sejak menjadi ibukota Mataram, di Solo dan sekitarnya berkembanglah seni musik, seni tari, seni wayang, seni batik. Tidak ketinggalan, seni kuliner pun menyertai perkembangan seni yang lain. Seni kuliner Solo ditandai secara khas dengan citarasa gurih dan manis. Citarasa gurih dipengaruhi oleh banyaknya pohon kelapa di daerah tropikal.

Demikian pula citarasa manis dipengaruhi oleh rasa buah-buahan tropikal. Secara khusus citarasa manis dalam seni kuliner Solo (dan Yogyakarta) sangat kuat terbentuk dengan keberadaan perkebunan tebu di sekitar Solo dan Yogya pada masa kolonial.

Oleh sebab itu olahan makanannya juga terpengaruh oleh banyak hal.salah satunya adalah bubur lemu khas solo.Bubur lemu adalah makanan khas kota Solo. Bubur ini juga sering dikenal dengan nama jenang lemu. Bubur ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan sehingga rasanya gurih. Bubur lemu disajikan dengan disiram kuah bumbu santan berwarna agak kemerahan ditambah dengan lauk krecek, suwiran ayam, atau telur.

9.Bubur Tinutuan - Manado

Bubur Khas Indonesia
Masakan Manado mempunyai ciri khas berbumbu ringan, aroma rempah daun dan rasanya yang pedas. Rempah yang biasa digunakan adalah daun jeruk, sereh, jahe, daun pandan dan kemangi, rempah-rempah ini biasa digunakan dengan jumlah yang banyak dan mempunyai aroma yang tajam sehingga membangkitkan aroma pada masakan Manado.

Beberapa masakan Manado diantaranya adalah, ayam masak belangga, cumi bunaken, ayam bumbu woku, sambel roa dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk dessert ada klapertart, es kacang merah dan panada. bubur manado atau yang biasa disebut Tinutuan, bubur yang bernutrisi tinggi ini tak jauh berbeda dari bubur kebanyakan.

Hal yang menjadikannya berbeda dari bubur ayam biasa adalah pada warnanya agak kekuningan dan tampak sayur-sayuran yang tercampur aduk. Nama Tinutuan sendiri dalam bahasa Manado yang berarti semrawut atau campur aduk. Hal ini didasarkan pada tampilan fisik bubur dan cara pengolahannya dimana semua bahan dari beragam sayuran dicampur menjadi satu.

Bubur ini cocok sekali dinikmati pas musim hujan seperti sekarang ini apalagi buat yang lagi diet. Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa, sulawesi Utara. Tinutuan berbahan utama beras dan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado.

Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya seperti ikan asin dan sambal dabu-dabu. Tinutuan di Manado bisa juga disajikan dengan perkedel nike dan sambel roa (rica roa, dabu-dabu roa), ikan cakalang fufu atau tuna asap, dan perkedel jagung. Atau tinutuan juga bisa disajikan dengan campuran mie atau sup kacang merah yang disebut brenebon. Tinutuan yang disajikan bersama mie disebut midal.

8.Bubur Ase - Betawi

Bubur Khas Indonesia
Mungkin tidak banyak yang mengenal kuliner khas Betawi yang satu ini. Bubur Ase. Memang dibandingkan dengan kuliner khas Betawi lainnya seperti kerak telor, gado-gado Betawi, Nasi Uduk, kue rangi, atau dodol Betawi yang masih bisa dinikmati,  Bubur Ase semakin terpinggirkan bahkan nyaris punah.

Bubur Ase biasanya hanya muncul di acara festival makanan khas daerah.
Bubur yang merupakan kuliner khas Betawi ini memiliki rasa yang enak, beda dan unik. Tampilanya tidak seperti bubur pada umumnya. Selain emping dan kerupuk, di permukaanya ada toge, lobak, sawi asin, serta kuah yang berwarna coklat. Yah, sesuai dengan namanya  Ase yang merupakan singkatan dari asinan semur. Bubur Ase merupakan perpaduan antara bubur, asinan sawi dan kuah semur.

Rasa manis dan gurih dari kuah semur berpadu sempurna dengan rasa asam, asin dan pedas dari asinan sawi. Hal ini yang menjadikan Bubur Ase begitu kaya rasa. Selain bubur yang lembut, dalam mangkuk bubur itu terdapat daun sawi asin, lobak, toge, timun, kacang tanah, kerupuk merah, emping, semur tahu, dan daging sapi.

7.Bubur Papeda - Papua

Bubur Khas Indonesia
Padeda atau bubur sagu merupakan bubur yang berasal dari papua. Tapi ternyata tidak hanya papua, bubur ini juga merupakan buburnya orang Maluku. Kalau masyarakat jawa menggunakan beras sebagai makanan pokoknya, lain halnya dengan di daerah timur. Karena banyak ditemukan pohon sagu, maka di sana pun banyak makanan yang terbuat dari sagu contohnya papeda.

Papeda sering juga disebut bubur ‘lem’ karena teksturnya yang lengket. Jadi butuh usaha ekstra untuk memakannya. Meski begitu rasanya sanggat menggiurkan. Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

Papeda adalah makanan khas masyarakat Papua, Maluku dan sekitarnya. Berupa bubur yang dibuat dari sagu basah dari pohon sagu. Teksturnya beda dengan tepung sagu kemasan karena belum melewati proses pengeringan pabrik. Baunya khas agak kecut. Kalau aku masak sagu ini hubby nggak berani dekat dekat dapur. Dia heran kok orang suka sama makanan yang baunya seperti itu

6.Bubur Manggul - Madura

Bubur Khas Indonesia
Bubur asli Madura, bubur manggul. Bubur yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan serundeng.Biasanya bubur ini juga disajikan dengan sambal goreng udang Kalau di Madura menyajikan bubur manggul sebagai siraman lontong lengkap dengan serundengnya.

Serundeng yang digunakan berbeda dengan serundeng yang biasanya manis. Serundeng yang digunakan untuk bubur manggul lebih gurih dan harum jeruknya terasa. Bubur manggul mempunyai cita rasa unik. Perpaduan rasa pedas dari sambel goreng udang dan ditambah dengan rasa gurih dari taburan serundeng.

Selama ini sahabat NusaPedia tidak pernah membayangkan kalau bubur sumsum dapat dipadankan dengan sambel goreng udang dan juga serundeng. Selama ini saya beranggapan bahwa bubur dengan citarasa gurih kebanyakan mirip-mirip dengan bubur ayam, yaitu cara pembuatannya dari beras dan bukan dari tepung beras seperti halnya bubur manggul ini.  

Bubur manggul sendiri merupakan bubur tradisional yang berasal dari Madura. Penampilannya sederhana, yaitu dengan ditaburi serundeng. Biasanya penjual bubur manggul di Madura menyajikan bubur manggul sebagai siraman lontong lengkap dengan serundengnya. Ada pula yang menambahkan sambel goreng udang dalam penyajiannya.

Dahulu di daerah Ampel Surabaya, masih banyak ibu-ibu asal Madura yang menjajakan bubur manggul ini, tapi sekarang sudah jarang sekali. Kalau di daerah Madura tentunya bubur manggul ini masih mudah ditemui. Naah...karena penasaran dengan rasa bubur manggul ini, terutama yang disajikan dengan sambel goreng

5.Bubur Gunting - Banjarmasin

Bubur Khas Indonesia
Ketika pertama mendengar mungkin agak sedikit bingung, gunting kok di bubur ?, Walaupun namanya bubur gunting, bubur yang satu ini berbahan dasar dari ketan. 

Minuman khas dari kalimantan tengah ini dinamakan bubur gunting mungkin karena dari adonan yang dibentuk dengan cara dipotong-potong menggunakan gunting dan juga bentuknnya yang katanya mirip gunting. 

Sedang untuk rasanya bubur gunting ini mirip dengan bubur sumsum yang biasa ada dijawa dan banyak ditemukan dipasar tradisional.

Bubur yang satu ini merupakan bubur khas kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bubur ini dinamakan bubur gunting karena adonan dibentuk dengan cara dipotong-potong menggunakan gunting dan juga bentuknya yang katanya mirip gunting(panjang-panjang). Bubur gunting dibuat dari daun pandan, tepung ketan, garam, dan santan. Cara membuatnya mirip dengan cara membuat bubur sumsum, bedanya hanya di bentuk adonan. Rasa bubur ini pun mirip dengan bubur sumsum.

Seperti jenis bubur yang lain, bubur gunting ini sangat cocok dinikmati buat orang yang sedang kurang sehat badan dan kurang nafsu makan. bubur gunting ini di daerah asalnya biasa dinikmati saat hangat dan akan dengan sangat mudah ditemui saat bulan ramadhan. bubur gunting cocok untuk hidangan berbuka, selain menyegarkan bubur gunting juga mengeyangkan.

4.Bubur Bassang - Makassar

Bubur Khas Indonesia
Makassar dikenal dengan kota Daeng, kota makassar dulunya banyak pedagang kaki lima yang sering menjajakkan makanan mulai dari dini hari sampai tengah malam. Ini dia satu lagi kuliner nusantara yang tidak kala menariknya yang memiliki rasa tersendiri, makanan ini khas dari makassar yang sudah jarang di temukan, jadi kalo teman-teman sedang berwisata di makassar kudu wajib di coba.

Nama makanannya adalah bassang atau bubur bassang makassar (BBM) Bubur Khas dari Makassar yang berbahan dasar jagung. Jagung yang digunakan bukan jagung biasa tapi jagung pulut dan sudah melewati proses pengelupasan kulit. Warna jagung ini biasanya putih. Untuk membuat bubur bassang, jagung harus dimasak sampai jagung lunak. Proses melunakan jagung bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam.

Tapi proses ini bisa disiasati menggunakan presto sehingga cuma butuh waktu 1 jam. Ciri khas bubur bassang adalah kuahnya yang sangat kental. Karena memakai jagung pulut maka hasil buburnya lebih legit, berbeda jika memakai jagung manis biasa. Bubur ini rasanya manis dan gurih, manis dari jagung dan gurih dari santan.

3.Bubur Pedas - Sambas

Bubur Khas Indonesia
Bubur pedas sebenarnya buburnya orang melayu. Jadi tidak jarang banyak daerah yang mempunyai bubur pedas sebagai makanan khasnya. Meskipun begitu, cita rasa bubur pedas tiap daerah pasti berbeda. Bubur Pedas yang paling terkenal adalah bubur pedas dari kota Sambas di Kalimantan Barat.

Dulu bubur pedas ini disajikan di kerajaan, dan merupakan cerminan budaya yang kental di kerajaan Melayu Deli. Bubur pedas juga biasa dikenal dengan nama Bubbor Paddas (Bubur Pedas). Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran. Biasanya sayuran yang digunakan adalah kangkung, pakis, daun kesum.

Daun kesum adalah tanaman asal Asia Tenggara yang memiliki aroma khas dan cita rasa pedas. Bentuk daunnya kecil memanjang, berwarna hijau tua. Bubur pedas disajikan dengan taburan kacang tanah dan ikan teri yang digoreng kering.

2.Bubur Ayam - Cianjur

Bubur Khas Indonesia
Bubur Ayam Cianjur adalah bubur yang dibumbui kecap asin dan kuah berbumbu pepes. Bumbu pepes terdiri dari kaldu ayam dengan paduan bumbu pepes dan irisan daun bawang plus hati-ampela-usus serta kentang.

Taburannya adalah kacang kedelai goreng, emping, dan kerupuk putih khas Cianjur. Rasa bubur Cianjur itu gurih, kental, dan lezat. Bubur yang paling terkenal lezatannya ada di Pasar Bojong Meron, Cianjur.

Tidak hanya di cianjur,kini bubur ayam kerap kita temui dengan mudah.rasanya yang enak dan perpaduannya membuat bubur ayam cianjur menjadi olahan bubur yang paling banyak peminatnya.

1.Bubur Ayam - Sukabumi

Bubur Khas Indonesia
Bubur Ayam Sukabumi merupakan bubur ayam yang kuahnya mengunakan kaldu ayam. Biasanya disajikan dengan pangsit dan daging ayam yang direbus buat kaldu tadi menambah cita rasa gurih dan enak dari bubur tersebut.

tidak hanya itu bubur ayam sukabumi juga di padu dengan aneka lalapan menambah meriah suasana memakan bubur yang satu ini.berbeda dengan bubur ayam cianjur,bubur ayam sukabumi ini di padu dengan daun sop dan keripik...hmmm lazisss...rasanya Sahabat NusaPedia

Bagaimana Sahabat NusaPedia Rubrik mengenai wisata kuliner kali ini.Semoga artikel 10 Bubur Khas Indonesia bisa menambah khasanah ilmu pengetahuan anda mengenai aneka kuliner khas nusantara.nantikan rubrik wisata kuliner Lainnya Hanya Di NusaPedia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg