BREAKING NEWS

10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia


Masakan China Yang Populer Di Indonesia - Wisata Kuliner - Sahabat NusaPedia Kali Ini NusaPedia Akan Mengajak Anda Untuk Mengenal 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia.Masakan Khas China ini kerap kita temukan di tepat pusat-pusat makanan atau tempat-tempat Wisata Kuliner di berbagai kota-kota di indonesia

10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia

Masakan China Yang Populer Di Indonesia

ini tidak ada bedanya dengan yang aslinya,namun letak perbedaanya adalah.anda tidak perlu jauh-jauh ke negeri china untuk menikmatinya.cukup di indonesia,di kota anda juga banyak menjual aneka Masakan China Yang Populer Di Indonesia ini.

Tidak Tahu Pasti Kapan Aneka Makanan Ini Masuk Ke Indonesia.Tapi Jenis makanan Ini Kerap kita Temui Di Berbagai daerah yang Ada Di indonesia.Walaupun Jenis Makanan Ini Berasal Dari Negara China,Namun Di Indonesia kerap Kita Jumpai jenis makanan Yang sama bahkan Di Ubah dengan Aneka Ragam bumbu-bumbu khas nusantara

Mau Tahu 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia.Berikut NusaPedia Rangkum Untuk Anda Dengan Tujuan Menambah wawasan anda mengenai aneka kuliner indonesia.Berikut 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia versi NusaPedia.

10.Ifu Mie

Masakan China Yang Populer Di Indonesia
Siapa Yang Tidak Kenal dengan Aneka makanan Yang satu ini,Menu Makanan Yang Asli Dari Negeri China Ini masuk Ke Indonesia di perkirakan Tahun 2002 dan kemudian Populer Pada tahun 2004.Awalnya Ifu Mie di perkenalkan pertama Kali Di Kota Medan,Kemudian Di Ikuti Oleh Kota-kota lain.Untuk Penyajiannya Pun Unik Ada Penyajian Ifu Mie Kering Dan Ada Pula Yang Disajikan Bersama Kuah Dan Dipadu Dengan Sayur lalapan Seperti Timun,wortel dan Bawang Merah Menambah Cita Rasa Ifu Mie Tersebut.Namun Ada Baiknya NusaPedia Mengajak Kamu Semua Untuk Mengenal Asal Muasal Ifu Mie Tersebut.

Ifu mie adalah sejenis makanan Tionghoa. Makanan ini berbentuk bakmie yang telah direbus lalu digoreng lagi sampai garing berbentuk sarang. Kemudian di atasnya disiram dengan tumisan sayuran, biasanya cap cay.Bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah anda Pernah memakan masakan Yang satu Ini.Bagaimana rasanya.Tentu Enak Rasanya sahabat NusaPedia.

9.Bakpao

Masakan China Yang Populer Di Indonesia
Bakpao Adalah salah Jenis pangan Yang Aslinya berasal Dari Negeri China Yang kemudian Populer Di Indonesia karena Kenikmatannya.Di Indonesia Bakpao Sudah Banyak dan Beraneka Jenis.Mulai dari Bakpao Dengan daging Sapi Atau Abon Sapi Didalamnya.Atau Bakpao Dengan Kacang Hijau atau Kelapa Manis Dan Coklat Di Dalamnya.Bakpao Dengan Capuran tadi Kerap Kita temukan Di Indonesia.Disajikan Secara Panas Justru Membuat Bakpao Semakin Nikmat untuk Di Santap.

Sahabat NusaPedia Bakpau merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berati “bungkusan”, dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti “bungkusan (berisi) daging”. Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi. Akan tetapi bakpao sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, srikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera.

Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu diberi ragi untuk mengembangkan adonan, setelah diberikan isian, adonan dibiarkan sampai mengembang lalu dikukus sampai matang.Kota Sibolga yang Berada Di Sumatera Utara Adalah salah Satu Wisata kuliner Untuk Jajanan yang satu Ini.Sahabat NusaPedia Tidak Perlu Khawatir Menemukan jajanan Ini Di Sibolga.Penjual Bakpao Akan Hilir Mudik Disana Menawarkan Aneka rasa bakpao Mereka Mulai dari Bakpao daging babi. daging ayam, sayur-sayuran, srikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera Sahabat NusaPedia Semua.

8.Siomay

Masakan china Yang Populer Di Indonesia
Pada Urutan Ke 8 Pada 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia Terdapat jajanan Yang Bernama Siomay.Pasti Sahabat NusaPedia Sudah Kenal dengan Masakan Yang Satu Ini.adalah salah satu jenis dim sum. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang.

Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Dalam resep masakan China, siomai diisi daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu. Walaupun demikian, siomai juga dibuat dari udang, daging kepiting, atau daging sapi. Siomai dibuat berbentuk silinder, dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel, atau kacang polong. Setelah dimatangkan dengan cara dikukus, siomai dimakan dengan cuka atau kecap asin.

Bagaimana Sahabat NusaPedia,Apakah Anda Pernah Memakan Siomay,Bagaimana Dengan Rasanya.Penyajian Siomay sangat Enak Bila Disajikan Dengan minuman Seperti teh Dan Aneka Juice Buah Segar.Contohnya sahabat NusaPedia dapat memakan siomay di temanin dengan Juice Buah Naga.Pasti sahabat NusaPedia Ketagihan di Buatnya

7. Cap-Cay

Masakan China Yang Populer Di Indonesia
Di Urutan Ke 7 Mengenai 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia Adalah Cap-Cay.Cap-cay Kerap Kita temui Di berbagai Jajanan Nusantara Di Indonesia.Cap-cay tidak ada yang tahu pasti kapan masuknya pertama kali ke indonesia.Bila Kita Artikan dalam dialek Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Cap cay adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa cap cay harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”.

Sebelum Sahabat NusaPedia Kami Ajak Untuk Mengenal Aneka Masakan dan Penyajian Cap-cay Ada Baiknya.Anda Mengenal Sejarah Masakan Yang Satu Ini. Sejarah “cap-cay” goreng memang rancu, namun Ada satu versi yang terasa lebih masuk akal, yaitu masakan ini diciptakan oleh kaum Imigran China yang berkelana kemana-mana. Masakan ini dikatakan sebagai masakan yang ditentukan oleh nasib yang artinya apapun sayur yang didapat hari ini, dipotong semua dan dimasak jadi satu.

Kalau cuma ada 2 sayur, maka cap-cai-nya cuma terdiri 2 sayur itu. Tapi kalau nasib baik hari ini dan punya sayur lebih, maka cap-canya lebih mewah. Sederhana dan praktis. Masalahnya kapan masakan cap-cai ini ditemukan ? Karena di China sendiri, masakan ini tidak dikenal. Hanya di Taishan, China yang mayoritas penduduknya berkelana dan menjadi kaum imigran, masakan cap-cai dikenal.

Di Indonesia, khususnya di Medan, menu cap cai merupakan menu andalan yang memang sangat digandrungi oleh pelanggannya, dihidangkan dengan porsi yang lumayan besar yang kalau diperkirakan cocok untuk porsi 4 orang. Di dalam cap cai ini berpadu sayur-sayuran seperti brokoli, kol, sayur putih, sawi, bakso, udang, usus dan sebagainya dengan kuah yang kental.

Rasa menu ini sunguh manis, dengan rasa yang sangat meriah, lengkap rasa gurih bakso, usus, juga rasa segar sayur-sayur kol dan sawi. Telur Bawang Besar dihidangkan seperti layaknya sebuah martabak, dimana telur dijadikan telur dadar dan dicampur dengan bawang sehingga di dalam telur dadar terdapat rasa dan wangi bawang, telur dadar ini berukuran cukup besar, sebesar sebuah piring.

6.Kwetiau

Masakan China Yang Populer Di Indonesia
Kwetiau Merupakan Jenis Masakan China Yang Populer Di Indonesia yang Berada Di urutan 7.Kwetiau Merupakan Mie pipih berwarna putih yang dibuat dari beras. Kwetiau biasa digoreng atau dimasak kuah. Di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura, kwetiau yang dimasak dengan cara digoreng inilah yang popular. Singapura dan Malaysia menyebutnya Char Kway Teow. Sementar di Indonesia makanan itu terkenal dengan sebutan kwetiau goreng.

Di Indonesia kwetiau goreng diperkenalkan oleh etnis Hokkian dan Tio Ciu. Dua etnis yang memiliki cara berbeda dalam mengolah kwetiau. Etnis Tio Ciu, yang banyak berdiam di Kalimantan, umumnya membuat kwetiau goreng dengan memberi daging sapi, jeroan, dan babat sapi sebagai pelengkapnya. Itulah sebabnya mengapa di Kalimantan terkenal makanan Kwetiau Sapi. Sementara etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera, terbiasa mengolah kwetiau dengan campuran baso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek.

Bila di kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi,maka Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera terkenal dengan kwetiau Medan yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek.

5.Fu Yung Hai

Masakan China Yang Populer Di Indonesia
Fu Yung Hai Berada Di Posisi 5 Pada Urutan 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia.Apakah Sahabat NusaPedia Pernah memakan masakan yang Satu Ini.Bagaimana Dengan Rasanya.Mari Kita bahas Aneka Penyajian Fu Yung Hai Berikut Aneka Campurannya.Fu yong hai atau Fu yung hai (Hanzi: 芙蓉蛋, hanyu pinyin: fú róng dàn) Fu Yung Hai adalah masakan Tionghoa yang dibuat dari telur yang didadar dengan campuran berupa sayuran, daging, atau makanan laut.

Isi campuran bisa berupa daging babi, daging ayam, daging sapi, daging kepiting, dan sebagainya yang dicincang halus. Fu yong hai dimakan bersama saus asam manis yang biasanya terbuat dari tomat dan kacang polong tetapi ada juga saus yang disertai dengan potongan nanas di dalamnya. Nama Fu yung hai berarti potongan telur fu yung, yang berasal dari resep penduduk China daratan dari Shanghai.

Tidak Ada Yang Tahu Pasti Kapan masakan ini Mulai Masuk Kei Indonesia,Namun Masakan Yang Satu ini Merupakan salah satu Masakan Terpopuler Di Indonesia,Karena Rasanya Yang Enak Di Padu Dengan Kuah Asam Manisnya,Menambah Cita Rasa Nikmat bagi Siapa Saja yang Memakannya.Bagaimana Sahabat NusaPedia,Enak Bukan?.Tapi Tunggu Dulu Masih Ada 5 Lagi Masakan China Yang Populer Di Indonesia.

4.Cahkwe

masakan china yang populer di indonesia
Cahkwe Berada Di Urutan 4 dalam 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia.Cahkwe adalah salah satu penganan tradisional Tionghoa. Di Indonesia, cahkwe dijual di toko atau dijajakan oleh pedagang kaki lima di beberapa daerah di tanah air. Cara penyajian pun beragam seperti di daerah Solo, Jawa Tengah, penyajiannya disertai susu kedelai. Sedangkan di daerah lain, Cakhwe disajikan dengan sambal asam cair. Cakhwe di China sendiri dimakan dengan cara mencelupkannya ke dalam bubur panas atau dimakan bersama susu kedelai manis maupun asin.

Cahkwe (Hanzi: 油條, hanyu pinyin: you tiao, chinese long bread) adalah makanan asal Tiongkok yang dibuat dari tepung trigu, ragi, soda, ammonium bicarbonat dan garam. Adonan kalau sudah “mekar” dibuat seperti tongkat yang panjangnya kira kira 15-20 cm, lalu dua tongkat dilekatkan menjadi satu.

Kalau digoreng panjangnya menjadi kira kira 25 cm dan berwarna coklat.
Salah satu varian dari cahkwe adalah odading (kue bantal karena bentuknya mirip bantal ukuran mini) yang banyak dijual di daerah jawa barat sampai jakarta. Bedanya kalau cahkwe berasa gurih, odading manis. kalau di jawa tengah namanya kue bolang baling. orang bule bilangnya Chinese Doughnut.

Sahabat NusaPedia kalau Di China, cahkwe ini populer sebagai makanan untuk sarapan pagi bersama-sama susu kedelai. Sementara di indonesia biasa dimakan dengan saus (asem-pedes-manis) atau dalam bentuk irisan sebagai pelengkap dalam bubur ayam.

3.Bihun Atau Mihun

Masakan china yang populer di indonesia
Pasti Sahabat NusaPedia Tidak Asing lagi Dengan Jenis Masakan yang satu Ini.Bihun Atau Mihun Kerap Di konsumsi Oleh Masyarakat indonesia sebagai Pengganti makanan Pokok seperti Beras.Bihun Atau Mihun Biasanya Di sajikan dengan Aneka Campuran sayuran seperti timun,wortel dan cabe hijau yang di acar. merupakan nama salah satu jenis makanan dari Tiongkok, bentuknya seperti mie namun lebih tipis.

Bihun Atau Mihun berasal dari bahasa Tionghoa, yaitu “Bi” artinya beras dan “hun” artinya tepung. Bahan baku bihun sendiri terbuat dari tepung beras. Makanan tersebut sangat terkenal dari negara China dan Asia Selatan, seperti India.

Kota Medan Merupakan Surga Wisata Kuliner Untuk Aneka Masakan China.Di Kota Medan Anda akan dengan sangat mudah menemukan aneka masakan chinnes.Contohnya Di Jalan Mandala By Pass dan Jalan Pagaruyung,Ada Belasan Rumah Makan yang Berjejer siap menemani Sahabat NusaPedia Berwisata Kuliner Disana.

2.Bakmi

masakan china yang populer di indonesia
Bakmi atau mie adalah makanan sehari-hari yang sering kita makan. Bakmi merupakan sejenis makanan yang mempunyai sejarah yang sangat kuno. Pada mulanya makanan sejenis ini dikonsumsi oleh rakyat Tiongkok semenjak jaman Dinasti Han yaitu pada tahun 206 Sebelum Masehi (2214 tahun lampau).

Pada waktu itu bakmi masih berupa adonan gandum yang berbentuk persegi/lembaran sedikit lebih tebal dari kulit pangsit saat ini, atau berbentuk lonjoran. Bakmi atau mie, pada mulanya disebut “Pia”, atau dalam bahasa Mandarin disebut “Bing” (baca: Ping).

Cara memasaknya sama dengan masa sekarang yaitu dicelupakan ke dalam air mendidih, dan dimakan bersama kuah yang telah dibumbui. Sampai pada masa kini, di daratan negeri Tiongkok, masih terdapat berbagai macam cara pembuatan bakmi, cara memasak bakmi serta cara meramu bumbu – bumbunya yang jumlahnya hampir mencapai ribuan jenis masakan yang di sebut bakmi ini.

Pada saat ini anda dapat menjumpai aneka masakan bakmi di seluruh propinsi di daratan Tiongkok, misalnya :
* Di kota Bei Jing ada “Da Lu Mian” (Bakmi dengan cairan bumbu kental yang asin)
* Di kota Hang Zhou ada “Xia Bao Shan Mian” (Bakmi udang dan irisan ikan belut)
* Di kota Shang Hai ada “Kai Yang Cong You Mian” (Bakmi dengan bumbu gorengan daun brambang) dan “Yang Chun Mien” (Bakmi matahari musim semi)
* Di kota Xi An ada “Sao Zi Mian” (Bakmi anak malu)
* Di propinsi Shan Xi ada “Dao Xiao Mian” (Bakmi Bentuk Gepeng)
* Di propinsi Shan Dong ada “Fu Shan La Mian” (Bakmi Lo Mie / Bakmi olor dari gunung Fu Shan) * Di kota Wu Han (Propinsi Hu Bei) ada “Re Ga Mian” (Bakmi kering panas)
* Di propinsi Si Chuan ada “Dan Dan Mian” (Bakmi pikulan)
* Di kota Lan Zhou (Propinsi Gan Su) ada “Qing Tan Niu Ruo Mian” (Bakmi daging sapi kuah bening)
* Di kota Yang Zhou (Propinsi Jiang Su) ada bakmi ikan pisau
* Di kota Guang Zhou (Propinsi Guang Dong) ada “Yun Tun Mian” (Bakmi pangsit besar)
* Di propinsi Tai Wan ada “Du Xiao Yue Dan Zi Mian” (Bakmi spesial resep Du Xiao Yue) dan “Shan Yu Yi Mian” (Bakmi campur daging ikan belut) Semua jenis tersebut di atas merupakan bakmi paling enak di seluruh propinsi masing-masing.

Bakmi adalah makanan yang enak dikonsumsi untuk segala musim. Namun ada sebagian kecil wilayah di daratan Tiongkok hanya suka mengkonsumsi bakmi dari musim semi sampai akhir musim panas saja, karena sudah merupakan kebiasaan cara makan setempat saja, yang konon merupakan sejenis tradisi turun-temurun.

sebagai makanan yang harus dikonsumsi seusai sembahyangan perayaan musim semi sampai akhir musim panas (lazimnya seperti kita makan kue keranjang). Meskipun demikian masih terdapat sebagian besar rakyat di daratan Tiongkok yang suka makan bakmi, bahkan pada setiap hari ulang tahunnya harus makan bakmi yang maknanya supaya panjang umur. Menurut catatan sejarah, makanan bakmi yang berasal dari daratan Tiongkok ini sudah dari jaman kuno, berturut-turut “masuk” ke negeri Italia, Jepang, Korea, dan lain-lainnya. Para pakar ahli masakan di seluruh dunia pun mengakui bahwa “akar” dari resep masakan bakmi yang tercipta di seluruh dunia, semuanya berasal dari Tiongkok.

1.Lumpia

masakan china yang populer di indonesia
Lumpia Merupakan Masakan China Di Urutan 1 Dari 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia Versi NusaPedia.atau terkadang dieja sebagai lun pia adalah sejenis penganan tradisional Tionghoa. Lumpia adalah lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit lalu digunakan sebagai pembungkus isian yang biasanya terdiri atas rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut. Di Indonesia, lumpia dikenal sebagai makanan khas Semarang dengan tata cara pembuatan dan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan tradisi setempat.

Di Indonesia Lumpia memiliki Beragam cara Penyajiannya.Salah satu Contohnya Adalah Lumpia Semarang semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Artikel Mengenai 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia Sudah Menambah Wawasan Anda Mengenai Aneka Masakan Nusantara.Jika Anda Berencana Untuk Berwisata Kuliner.Mungkin Daftar 10 Masakan China Yang Populer Di Indonesia Tersebut Dapat mejadi Referensi Untuk sahabat NusaPedia Semua.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi destinasi Wisata Dunia.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg