BREAKING NEWS

Menu

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara


Tradisi Unik Ramadhan Di berbagai Negara - NusaPedia - Tradisi Unik Ramadhan Di berbagai Negara - Seperti yang kita tahu, bulan Ramadhan akan menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Biasanya nih, akan banyak sekali hal- hal yang hanya akan muncul saat bulan Ramadhan. Seperti di Indonesia, kita akan melihat adanya pasar tumpah yang ada di pinggir-pinggir jalan yang biasanya menjual makanan, ada juga kelompok yang membagikan takjil gratis, ataupun yang membangunkan sahur. Sama sepertinya di Indonesia, penduduk muslim yang berada di negara lain pun memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Biar agan ngga penasaran, NusaPedia sudah mengumpulkan 10 tradisi Ramadhan yang terdapat di berbagai negara di dunia.

1.Arab saudi

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Kita mulai dari pusatnya umat muslim dunia ya, yaitu Arab Saudi.Arab Saudi memiliki sebuah meriam Ramadhan yang digunakan sebagai tanda masuknya bulan suci Ramadhan di Makkah Al-Mukarramah. Saat sudah memasuki bulan Ramadhan, meriam ini juga akan dibunyikan sebagai tanda berbuka puasa, waktunya sahur, waktu Imsak, dan juga akan dibunyikan pada akhir masa Ramadhan sebagai tanda masuknya tanggal 1 Syawal.

Wah, kebayang nggak sih, meriahnya kalau ada suara-suara meriam gitu,?Selama Ramadhan, meriam ini akan diletakkan di salah sebuah gunung yang juga bernama Gunung Meriam. Setelah Ramadhan berlalu, meriam tersebut akan dikembalikan lagi ke Aziziyah, disimpan hingga bulan Ramadhan berikutnya tiba.Tradisi unik lain saat Ramadhan di Arab Saudi adalah digelarnya taplak meja sepanjang 12.000 meter di areal Masjidil Haram untuk berbuka bersama warga Arab Saudi. Tak kurang setengah juta riyal Arab Saudi, atau setara dengan Rp 1.2 miliar, dikeluarkan oleh kerajaan Arab Saudi dan juga para donatur tetap untuk menggelar acara berbuka bersama ini setiap harinya.Wah!

2.Jepang 

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Seperti yang kita tahu jika Jepang merupakan negara yang mayoritas warganya beragama Shinto dan umat Muslim menjadi minoritas. Walaupun sebagai warna minoritas, tapi kaum Muslim di negara ini menyambut Ramadhan dengan penuh kebahagiaan yaitu dengan menyusun kegiatan selama Ramadhan. Mereka juga menerbitkan jadwal puasa dan menyebarkannya ke rumah-rumah jamaahnya, restoran halal, dan juga masjid-masjid di Jepang.

3.Inggris

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Tradisi Ramadhan di Inggris Raya juga hampir sama dengan Jepang,Mereka akan siap-siap untuk berbagi dengan sesama, terutama mereka yang kurang beruntun gUmat muslim di Inggris akan bersama-sama memberikan santunan berupa penyediaan makanan-makanan gratis untuk berbuka bagi para tuna wisma serta berbagai kegiatan sosial lainnya. 

Selain itu, mereka juga biasanya mengadakan lomba membaca Al Quran, yang boleh diikuti baik oleh orang dewasa hingga anak-anak. Di bulan Ramadhan, kita akan makin sering mendengar lantunan ayat suci Al Quran dari segala penjuru negara yang penduduknya mayoritas bukan muslim ini.

4. Rusia

  10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Jika lama waktu berpuasa di Indonesia rata-rata 13 jam dalam satu hari, berbeda halnya dengan Rusia. Umat muslim di Rusia harus menempuh 17 jam setiap hari. Meskipun lebih lama, umat Muslim di Rusia mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan dan makanan khas. Lebih dari 20 juta muslim di Rusia biasa berkumpul di 8000 masjid dan menyantap khingalsh atau galnash saat adzan magrib tiba. Khingals adalah roti yang diisi dengan keju. Sedangkan Galnash adalah Roti yang terbuat dari gandum. Muslim di Rusia Selatan mempunyai minuman hasil fermentasi tapi tidak mengandung alcohol. Minuman wajib bulan Ramadhan ala Rusia ini disebut kvass.

5.India

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Warga negara India memang tidak mayoritas beragama Islam, namun suasana Ramadhan tetap kental terasa di beberapa daerah. Mereka menyebut Ramadhan dengan Ramazan.Penduduk muslim India punya tradisi untuk membersihkan rumah menjelang Ramadhan. Hmmm, hampir sama ya dengan Indonesia. Acara bersih-bersih rumah ini tentu saja punya tujuan agar saat bulan Ramadhan tiba, mereka bisa beribadah dengan khidmat,Tradisi unik lain menjelang Ramadhan adalah tradisi para pria yang menghias mata mereka dengan celak, atau yang sering disebut kohl.

Selama Ramadhan, penduduk muslim India akan berbuka puasa dengan mengonsumsi minuman khusus yang terbuat dari kacang-kacangan di saat sahur,Minuman ini disebut harir. Untuk berbuka, mereka akan mengonsumsi buah-buahan, kurma ataupun jus. Tak ketinggalan ada hidangan khas yang disebut ganghui, yaitu sejenis sup yang dibuat dari terigu, beras, dan potongan-potongan daging. Menu favorit orang-orang India juga ada,yaitu bihun.

6.Mesir

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Saat Ramadhan menjelang tiba, para penduduk Mesir memasang lampu fanous, yang sering disebut sebagai lentera Ramadhan, yaitu lampu gantung yang indah sekali di dinding luar rumah mereka. Karena itu, kalau di sini orang berbondong-bondong beli sirup menjelang Ramadhan, di Mesir orang akan berbelanja lampu fanous saat Ramadhan hampir tiba.

Lampu fanous ini ternyata mempunyai arti tersendiri lho, yaitu selain sebagai ungkapan kegembiraan menyambut Ramadhan, lampu ini juga merupakan simbol bulan Ramadhan itu sendiri yang merupakan sumber cahaya kehidupan kita.Setelah setahun kita selalu sibuk dengan urusan-urusan duniawi, datanglah bulan Ramadhan dengan lampu-lampunya yang bakal mengawal langkah kita menuju jalan yang lebih terang, yang dalam bahasa Al Quran disebut dengan nama “Taqwa”.

7.Austria

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Untuk menentukan jatuhnya awal Ramadhan, Austria sepakat mengikuti jadwal Arab Saudi. Sebelum memasuki bulan suci, Muslim di Austria biasanya menggelar kampanye pengumpulan paket lebaran untuk keluarga miskin dan hadiah lebaran untuk anak-anak yatim piatu di Palestina. 
Kampanye yang diberi nama Feeding Fasting Palestinians itu diatur oleh berbagai organisasi kemanusiaan Palestina yang ada di Austria. Bahkan, kampanyenya mendapatkan sambutan positif dari umat Muslim Austria.

8.Palestina


10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Di Palestina, ada iftar atar, yaitu buka puasa massal yang dihadiri oleh tak kurang dari 3.000 orang penduduk Palestina. Mereka berkumpul dan kemudian bersama-sama menikmati hidangan berbuka dengan falafel, yaitu sejenis kudapan yang terbuat dari sejenis kacang-kacangan yang disebut chickpea yang rasanya manis.Selama bulan Ramadhan pula, para penduduk menambahkan lampu-lampu di rumah dan di sepanjang jalanan kota, hingga membuat suasana begitu indah dan syahdu.

9.Yordania


10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara
Selama bulan puasa, warga muslim di Yordania biasa menghias jalan dengan berbagai lampu warna-warni. Selain itu, mereka juga mempunyai peraturan untuk makan dalam satu meja saat berbuka puasa, baik dengan orang yan dikenal atau tidak. 
Untuk hidangan, masyarakat Yordania biasa mengonsumsi Mansaf dan Qatayef. Mansaf merupakan olahan daging domba dengan rempah-rempah. Sedangkan Qatayef merupakan kudapan sejenis pancake dengan kayu manis yang diisi kenari atau gula.

10.United State Of America

10 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Budaya warga muslim di USA saat Ramadhan tidak kalah uniknya. Mereka terbiasa untuk berbuka puasa dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan datang ke masjid untuk potluck. Potluck merupakan anjuran untuk membawa makanan bagi siapapun yang datang. Cara ke dua lebih mirip dengan makan bersama tetangga. 

Entah tetangga mereka muslim atau non muslim, mereka sering berkumpul di satu rumah untuk makan besar saat waktu berbuka tiba.Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikanya. Setiap Negara mempunyai caranya masing-masing untuk menyambut bulan suci. Tidak ada yang paling benar dan tidak ada yang salah. Bersama dalam perbedaan masih menjadi hal yang paling utama. 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg