BREAKING NEWS

Taman Nasional Kutai : Melihat Dari Dekat Kekayaan Kalimantan Timur Yang Sesungguhnya


Taman Nasional Kutai - Kalimantan Timur - Taman Nasional Kutai Adalah Pembahasan NusaPedia Magazine Kali Ini.Taman Nasional Kutai Memiliki potensi sumberdaya alam hayati yang memiliki sejarah panjang status hukum sebelum ditetapkan sebagai kawasan konservasi.
Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai

terletak di kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur (yakni Kecamatan Bontang Utara, Bontang Selatan, Muara Badak, dan Marang). yakni 0 – 400 m diatas permukaan laut. Secara administrartif sebelumnya berada Kabupaten Kutai dan Kota Bontang, secara geografis berada diantara 0º 7 ’ 54 ” - 0º 33 ” 53 ” LU dan 116 º 58 ”48 ”-117 º 35 ’ 29 ” BT. Luasan TNK berdasarkan surat Menteri Kehutanan No. 997/Menhut-II/1997 luasan Taman Nasional Kutai menjadi 198.604 Ha, merupakan hasil dari pengurangan kawasan Taman Nasional Kutai sejak penunjukan tahun 1995, untuk perluasan Kota Bontang sekitar 25 Ha.
Sebelum kawasan tersebut ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1995. Ketika Indonesia merdeka, status kawasan secara yuridis tidak berubah, hal ini didasarkan pada ketentuan yang terdapat dalam Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945 yang menyatakan bahwa: “Segala badan negara dan peraturan yang ada masih langsung berlaku, selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini.

” Dalam perjalanannya, melalui SK Mentan No. 110/UN/1957, tanggal 14 Juni 1957, kawasan tersebut kembali ditetapkan sebagai Kawasan Suaka Margasatwa Kutai. Status kawasan juga tidak mengalami perubahan, karena dalam Pasal 20 UUPK ditegaskan bahwa “hutan yang telah ditetapkan sebagai Hutan Tetap, Cagar Alam dan Suaka Margasatwa, berdasarkan Peraturan Perundangan yang berlaku sebelum berlakunya Undang-undang ini, dianggap telah ditetapkan sebagai Kawasan Hutan dengan peruntukkan dan fungsi sesuai dengan penetapannya.”

Sejarah Pembentukan Kawasan

taman nasional kutai
Ditunjuk dan ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi sejak 7 Mei 1934 oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan sebutan ‘forestry reserve’ melalui SK (GB) No. 3843/z/1934, sejak itu ada berbagai status hukum untuk kawasan ini, hingga kemudian tahun 1995 melalui SK Menteri Kehutanan No. 352/1995 menjadi Taman Nasional Kutai. Taman Nasional Kutai berada dalam 4 wilayah administrative kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, yakni Kecamatan Bontang Utara, Bontang Selatan, Muara Badak, dan Marang.

Sejak ditetapkan sebagai suaka margasatwa dan kemudian sebagai Taman nasional, keutuhan kawasan banyak terkikis baik itu oleh perambahan maupun pinjam pakai kawasan untuk berbagai keperluan di luar keperluan konservasi. Selain itu, perkembangan pengelolaan kawasan Taman Nasional Kutai diikuti dengan berbagai permasalahan perubahan sistem pemerintahan dalam bentuk desentralisasi atau disebut otonomi membawa dampak pada persepsi penentuan dan pemanfaatan kawasan Taman Nasional oleh masyarakat lokal dan pemerintah daerah.

perubahan sistem pemerintahan dalam bentuk desentralisasi atau disebut otonomi daerah, membawa pemerintahan dalam bentuk desentralisasi atau disebut otonomi daerah, membawa dampak pada persepsi penentuan dan pemanfaatan kawasan Taman Nasional oleh masyarakat lokal dan pemerintah daerah.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

taman nasional kutai
Di Taman Nasional Kutai, ada banyak hidup aneka satwa seperti dari kelompok primata diantaranya orangutan, owa, bekantan, kera ekor panjang, kukang dan ribuan aneka tumbuhan diantaranya cemara laut, bakau, tancang, simpur, meranti, benung, pohon ulin yang tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia, kapur, raflesia and very interesting adalah khusus untuk para pecinta anggrek, because you will find a wide variety of beautiful orchids. 

Bukan hanya keanekaragaman tumbuhan yang Anda akan jumpai, Tapi taman ini juga memiliki keanekaragaman satwa yang tinggi, diantaranya dari kelompok primata seperti orangutan, owa kalimantan, bekantan, kera ekor panjang, beruk, dan kukang. Sementara dari kelompok ungulata diantaranya banteng , rusa sambar, kijang, dan kancil. 

Kemudian kelompok carnivora seperti beruang madu, bangau tong-tong, elang laut perut putih, pergam raja, ayam hutan, beo atau tiong emas, pecuk ular asia dan masih banyak lagi tentunya. Selain menikmati keindahan dan keanekaragaman flora, fauna dari taman ini, Anda juga dapat berkunjung ke museum mata uang kuno, untuk melihat-lihat koleksi mata uang yang dulu digunakan pada zaman pemerintahan Hindia Belanda, Jepang dan Indonesia merdeka. Jadi, ketika Anda berkunjung ke taman nasional ini akan mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu bisa melihat aneka flora dan fauna serta melihat museum mata uang kuno. 

taman nasional kutai
Beberapa tumbuhan yang ada di taman nasional seperti bakau (Rhizophora sp.), tancang (Bruguiera sp.), cemara laut (Casuarina equisetifolia), simpur (Dillenia sp.), meranti (Shorea sp.), benuang (Octomeles sumatrana), kapur (Dryobalanops sp.), ulin (Eusideroxylon zwageri), 3 jenis raflesia dan berbagai jenis anggrek. 

Pohon ulin yang terdapat di Sangkimah memiliki tinggi bebas cabang 45 m, diameter 225 cm atau keliling batang 706 cm dan volumenya 150 m3. Pohon ini tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Disamping memiliki potensi keanekaragaman tumbuhan, taman nasional ini juga memiliki potensi keanekaragaman satwa yang tinggi, yaitu dari kelompok primata seperti orangutan (Pongo satyrus), owa kalimantan (Hylobates muelleri), bekantan (Nasalis larvatus), kera ekor panjang (Macaca fascicularis fascicularis), beruk (M. nemestrina nemestrina), dan kukang (Nyticebus coucang borneanus). Kelompok ini dapat dijumpai di Teluk Kaba, Prevab-Mentoko dan Sangkimah. Kelompok ungulata seperti banteng (Bos javanicus lowi), rusa sambar (Cervus unicolor brookei), kijang (Muntiacus muntjak pleiharicus), dan kancil (Tragulus javanicus klossi).

Kelompok ini dapat dijumpai di seluruh kawasan Taman Nasional Kutai. Kelompok carnivora seperti beruang madu (Helarctos malayanus euryspilus) bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), pergam raja/hijau (Ducula aenea), ayam hutan (Gallus sp.), beo/tiong emas (Gracula religiosa), dan pecuk ular asia (Anhinga melanogaster melanogaster).

taman nasional kutai
Taman Nasional Kutai memiliki dua resor yang menjadi favorit bagi wisatawan dan peneliti yaitu Sangkima dan Prevab. Dalam Sangkima, pengunjung bisa melihat pohon kayu besi (Eusideroxylon zwageri) dengan diameter 2,47 meter. Pengunjung juga dapat menguji adrenalin mereka dengan melewati jembatan gantung yang terbuat dari kayu besi.

Sedangkan di dalam Prevab, pengunjung bisa melihat kehidupan orang utan (Pongo pygmeus) di habitat asli mereka dan proses restorasi yang saat ini berlangsung setelah kebakaran hutan pada tahun 1997-1998. Selain itu, Taman Nasional Kutai juga menyediakan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat berbagai jenis satwa langka dan berbagai tumbuhan.

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:
Teluk Kaba dan Muara Sangkimah.
Wisata bahari dan pengamatan satwa seperti orangutan, bekantan, rusa sambar, kancil, beruang madu dan burung.
Teluk Lombok dan Muara Sungai Sangata. Wisata bahari dan pengamatan hutan bakau yang masih utuh.
Prevab Mentoko. Penelitian dan pengamatan satwa seperti beruang madu, orangutan, kancil, rusa sambar, dan babi hutan.
Goa Lobang Angin. Wisata goa.
Atraksi budaya di luar taman nasional:
Festival Erau pada bulan September di Tenggarong.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

taman nasional kutai
Secara administratif,Taman Nasional Kutai terletak di Kutai Timur, kabupaten Kartanegara,  kota Bontang. Sangkima terletak di km 38 jalan Bontang-Sangatta. Prevab resor terletak di dekat desa Swarga Bara, Kompleks KPC, Sangatta, Kutai Timur.

Untuk masuk Taman Nasional Kutai, pengunjung terlebih dahulu harus melapor ke aula Taman Nasional Kutai di jalan Awang Long, Pos I, Bontang atau Divisi Pengelolaan Taman Nasional Sangatta di jalan Dr Sutomo No. S-27 Swarga Bara, Sangatta untuk mendapatkan Izin Masuk ke Kawasan Konservasi (SIMAKSI).

Resor Sangkima dapat diakses oleh mobil atau minibus dari rute Bontang-Sangatta. Untuk mengunjungi resor Prevab, bagi mereka yang menggunakan perahu motor dari Sangatta (jembatan Pinang selama 1 jam perjalanan) atau dari Pangkalan Kabo Jaya (dermaga Papa Charlie), desa Swarga Bara akan memakan waktu  20 menit melalui sungai.

Jika Anda berangkat dari Balikpapan, Anda dapat naik taksi ke Sangatta sebesar Rp 900.000-Rp 1.000.000. Dari Samarinda, bus tersedia dari Samarinda-Bontang-Sangatta. Dengan menggunakan bus ini, Anda dapat sampai di tempat wisata Sangkima. Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke Taman Nasional Kutai.

Bagaimana Dengan Akomodasinya..??

Resor Sangkiman dan Prevab di Taman Nasional Kutai menyediakan hotel bagi para pengunjung.atau dapat menghubungi :
Kantor Taman Nasional Kutai : Jl. Awang Long, Tromol Pos 1
Bontang 75311, Kalimantan Timur
Telp. (0548) 27218; Fax. (0548) 22946
E-mail : btnkutai@plasa.com

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Untuk Sahabat NusaPedia Yang Ingin Berkunjung ke Taman Nasional Kutai Musim kunjungan terbaik bulan April s/d Oktober setiap tahunnya.

Know Before You Go...!!!!

  • Jika Anda ingin mengunjungi resor Prevab di Taman Nasional Kutai, dibutuhkan lebih dari satu hari untuk melakukannya. Anda harus tinggal setidaknya dua malam di daerah tersebut. Harap membawa pakaian ekstra, senter dan persediaan makanan.
  • Kebutuhan untuk perjalanan ini termasuk lampu senter / obor, pakaian hangat, sleeping bag, sepatu trekking yang nyaman atau sepatu karet, dan sarung tangan sebagai perlindungan terhadap suhu dingin pada malam hari.
  • Sebelum mulai trekking, hiking atau mendaki, pastikan bahwa Anda makan sebelumnya, atau Anda bisa membawa beberapa makanan dan minuman dari tempat Anda tinggal.
  • Akan lebih baik untuk menyewa pemandu (biaya Rp 70.000 per hari).
  • Bawalah lotion anti nyamuk dan setidaknya dua pasang kaus kaki selutut untuk digunakan pada malam hari. Menyiapkan pil anti-malaria adalah ide yang baik.
Jadi bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Anda tertarik Untuk Melihat Dari Dekat Kekayaan Kalimantan Timur Yang Sesungguhnya,Jika Anda Berkunjung ke provinsi Kalimantan Timur jadikanlah, Taman Nasional Kutai Taman Nasional Kayan Mentarang, Pulau Kakaban , Pulau Derawan , Sebagai Destinasi Wisata Anda.mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg