BREAKING NEWS

Pulau Derawan : Keindahan Panorama Pulau Tropis di Kalimantan Timur


Pulau Derawan - Kalimantan Timur - Pulau Derawan Merupakan Gugusan Pulau Terluar di Kawasan Selatan Kalimantan.Tepatnya 575 kilometer Dari Kota Samarinda di Pulau Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.Satuan morfologi  Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 Meter

Pulau Derawan

adalah surga tropis yang sempurna. Suasana di sini hangat dengan pemandangan pasir pantai putih halus, pohon palem yang melambai-lambai, laut murni yang berubah warna dari hijau ke biru gelap. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung dan barakuda, ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati di dunia. Tak heran, Pulau Derawan dikenal sebagai tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Di sinilah tempat bersarangnya kura-kura hijau langka dan berbahaya, juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.

Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Pulau Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan.
Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau(hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti  penyu hijau,  penyu sisik,  paus,  lumba-lumba, kima,  ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Disinilah Anda dapat menemukan 460 jenis karang dan menempati posisi kedua setelah Raja Ampat di papua Barat dan Selat Pantar Di Nusa Tenggara Timur.Pengurus tempat konserfasi dan tim ahli internasional juga menemukan lebih dari 870 jenis ikan di sini, mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah yang banyak sekitar 50 ekor terlihat makan bersama di perairan Derawan

Terumbu karang di Kepulau Derawan tersebar luas pada seluruh pulau  yang ada di Kepulauan Derawan. Tipe terumbu karang di Kepulauan Derawan terdiri dari karang tepi, karang penghalang dan atol.

Atol inilah yang telah terbentuk menjadi pulau dan terbentuk menjadi danau air asin. Terumbu karang di Pulau Derawan memiliki tutupan rata-rata karang karang keras 17,41% dan tutupan karang hidup 27,78%. Dengan jumlah spesies 460 sampai 470 menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.

Tidak Hanya Itu,Survei ikan karang menunjukkan bahwa kepulauan ini menghasilkan 832 spesies. Selain itu, diperkirakan sedikitnya 1.051 spesies terdapat di perairan Berau dengan jenis dominan  Gobes  (Gobiidae),  Wrasses  (Labridae), dan  Damselfishes  (Pomacentridae).

Kepulauan yang menawarkan keindahan panorama pulau tropis, hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang sangat jernih, bioversitas kelautan yang memukau, koral yang terjaga, spesies penyu hijau yang masih mudah dilihat hingga keindahan Danau Kakaban yang berada di Pulau Kakaban dengan spesies khasnya yaitu ubur-ubur yang tidak beracun 

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah besar spesies yang unik dan dilindungi, di antaranya adalah kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung. Kepiting kelapa ditemukan di dekat Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan-bulan tertentu dapat Anda lihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Duyung berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama, sementara pari manta ditemukan di sekitar Sangalaki. Kuda laut kerdil ada di sekitar Semama dan Derawan. Spesies yang dilindungi lainnya adalah barakuda.
Spesies itu diantaranya  ketam kelapa  (Birgus latro), paus,  lumba-lumba (Delphinus),  penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik(Erethmochelys fimbriata), dan dugong (Dugong dugon). Ketam kelapa dapat ditemukan di Pulau Kakaban dan Maratua.

Paus dapat ditemukan di sekitar Pulau Maratua pada musim tertentu sedangkan lumba-lumba di sekitar Pulau Semama, Sangalaki, Kakaban, Maratua, dan Gosong Muaras. Penyu dapat ditemukan di sekitar Pulau Panjang, Derawan, Semama, Sangalaki dan Maratua serta Dugong di Pulau Panjang dan Semama. Spesies unik lain adalah Pari Manta (Manta birostris) yang terdapat di Pulau Sangalaki danPigmy Seahorse di Pulau Semama dan Derawan.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

A.      RUTE REGULER VIA TANJUNG REDEB - BERAU Balikpapan

Bandara Sepinggan adalah bandara domestic dan internasional. Maskapai penerbangan yang melalui bandara ini adalah Garuda Indonesia, Air Asia, Batavia Air, Lion Air, Merpati Air, City Link, Sriwijaya Air, Silk Air, Pelita Air Service, Kalstar Aviation, Airfast Indonesia, Susi Air, Trigana Air.

Jakarta – Balikpapan Rp. 600.000,-
Kuala Lumpur – Balikpapan Rp. 300.000,-
Harga tentative, peak season bisa lebih mahal

Untuk teman-teman yang berasal dari Medan, Aceh atau Padang sebaiknya melalui jalur Kuala Lumpur karena harga yang dirogoh lebih hemat. Tetapi tentu saja dengan mempelajari pergerakan harga tiket yang fluktuaktif. Ada baiknya mengaktifkan notifikasi e-mail dengan menjadi member maskapai penerbangan yang ada, agar setiap informasi promo penerbangan dapat dipantau.

Balikpapan – Berau Rp. 500.000,-
Harga tentative, peak season bisa lebih mahal

Dari Bandara Kalimarau anda masih harus menempuh perjalanan darat  sejauh + 80 kilometer untuk menuju kecamatan Tanjung Batu. Moda transportasi yang melayani rute ini adalah kendaraan roda empat sejenis mini bus berplat nomor kendaraan hitam. Tarif rute ini adalah :

Bandara Soekarno Hatta Jakarta – Bandara Juwata Tarakan Rp. 600.000,-
Harga tentative, peak season bisa lebih mahal

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Disini Seluruh Fasilitas Sudahlah Lengkap,Mulai dari Hotel Hingga Sebuah Bungalow pribadi dapat anda singgahi.mulai dari fasilitas seadanya Sampai Meeting Room juga Tersedia Disini.Untuk Harga Penginapan Disini Relatif Murah Mulai Dari 60.000 Hingga Yang paling Mahal 935.000 Untuk Kamar Executif Suite Disana

Resot Derawan menyediakan transportasi dan peralatan menyelam. Untuk akomodasi, resot menyediakan juga bungalow yang rumah bergaya kalimantan dan menghadap pemandangan laut yang indah.

Anda bisa menyewa rumah kapal yang didesain untuk tempat tinggal bila ingin tinggal di kapal, biasanya untuk perjalanan jauh.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Derawan adalah April sampai Juni atau Oktober hingga Desember setiap tahunnya.Umumnya penyelaman di perairan Pulau Derawan dilakukan berkelompok. Manfaatkan untuk berkenalan mencari teman baru.

Know Before You Go

  • Sangat bijak bila Anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa.
  • Krim pelindung atau tabir surya hendaknya selalu dibawa dan dipakai sesuai kebutuhan karena di daerah ini udara sangat panas walau angin berhembus cukup menyegarkan.
  • Anda perlu juga membawa pelindung anti nyamuk.
  • Bila hendak berpetualang ke pedalaman, sangat bijak apabila Anda menggunakan jasa pemandu dari hotel atau tempat Anda menginap. Sediakan uang secukupnya karena di tempat ini keberadaan ATM cukup jarang.  
  • Bagi Anda Yang Berada Di Medan Untuk menuju Derawa, dapat dituju melalui penerbangan dari Singapura ke Balikpapan di Kalimantan Timur.Dikarenakan Biaya Jauh Lebih Murah
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk Mengunjungi Keindahan Panorama Pulau Tropis di Pulau Derawan Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur Jadikanlah Pulau Derawan sebagai destinasi wisata anda.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg