BREAKING NEWS

Taman Nasional Berbak : Menjelajahi Hutan Rawa Terluas di Asia Tenggara


Taman Nasional Berbak - Jambi - Taman Nasional Berbak Merupakan Pembahasan NusaPedia Megazine Kali Ini.Taman Nasional Berbak Merupakan Taman Nasional yang Berfungsi Sebagai kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi tangan manusia.sehingga kelestarian dan kealamian alam Taman Nasional Berbak sangat luar biasa

Taman Nasional Berbak

Taman Nasional Berbak

tidak saja dilindungi secara nasional, tetapi juga secara internasional yaitu dengan ditetapkan sebagai Lahan Basah Internasional dalam Konvensi RAMSAR pada tahun 1992.Keunikannya berupa gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatera.

Formasi geologi Taman Nasional Berbak termasuk formasi deposit alluvial. Jenis tanah organosol (gambut) yang tergenang sepanjang tahun, bersifat masam sehingga merupakan kendala besar bagi penggunaan lahan untuk kegiatan pertanian.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Taman Nasional Berbak
Taman Nasional Berbak Memiliki Jenis tumbuhan di taman nasional antara lain meranti (Shorea sp.), dan berbagai jenis palem. Taman Nasional Berbak terkenal memiliki paling banyak jenis palem tanaman hias di Indonesia. Jenis palem tanaman hias yang tergolong langka antara lain jenis daun payung (Johanesteijmannia altifrons) serta jenis yang baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii (Lorantaceae) yang berbunga besar dengan warna merah/ungu.

Ratusan bahkan ribuan burung migran dapat dilihat di taman nasional ini, yang dapat menimbulkan kekaguman apabila burung-burung tersebut terbang secara berkelompok.Pintu masuk bagian Barat taman nasional ini ditempuh dengan menyelusuri sungai Air Hitam Dalam. Dinamakan Air Hitam Dalam karena warna airnya hitam seperti kopi. Pada waktu air laut surut, kotoran satwa, serasah daun dan lain-lain dari dalam hutan bakau dibawa air sungai tersebut menuju Sungai Batanghari dan terus ke laut.

Fauna
Taman Nasional Berbak
Mamalia; Kawasan Berbak merupakan habitat badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), harimau Sumatera (Panthera  tigris sumatrae), tapir ( Tapirus indicus ), dan kancil ( Tragulus javanicus  ).

Burung; kurang lebih terdapat 300 jenis burung diantaranya kuntul cina ( Egretta eulophotes ), bangau tong-tong ( Leptoptilos javanicus ), raja udang-merah api ( Ceyx erithacus erithacus ), dan bebek hutan bersayap putih ( Cairina scutulata ). Ratusan bahkan ribuan burung migran dapat dilihat di taman nasional ini.

Reptil ;  Ditemukan juga kura-kura gading ( Orlitia borneensis ), dan tuntong ( Batagur baska ).

Taman Nasional Berbak tidak saja dilindungi secara nasional, tetapi juga secara internasional yaitu dengan ditetapkan sebagai Lahan Basah Internasional dalam Konvensi RAMSAR pada tahun 1992.

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:
  • Air Hitam dalam : Wisatawan dapat bermalam di pondok-pondok yang ada. Pada pagi atau sore hari dapat dilakukan beberapa kegiatan diantaranya berjalan menyusuri jalan trail dalam hutan, bersampan menyusuri Sungai Air Hitam Dalam (sambil melihat-lihat satwa yang ada dikiri dan kanan sungai), memancing pada tempat yang telah disediakan (shelter/dermaga), dan melihat-lihat arboretum yaitu tempat koleksi aneka jenis tumbuhan yang ada di TN Berbak yang sengaja ditanam.
  • Taman Nasional BerbakAir Hitam Laut : Wisatawan dapat bermalam dipondok yang telah disedia-kan. Pada pagi atau sore hari dapat berjalan menyusuri jalan trail dalam hutan, bersampan menyusuri sungai air hitam laut, memancing pada tem- pat- tempat yang telah disediakan, dan melihat-lihat arboretum.
  • Sei Cemara : Merupakan pantai tempat burung-burung mencari makan. Di lokasi ini telah disediakan pondok pengamatan burung yang dilengkapi dengan teropong/binokuler serta buku referensi mengenai burung-burung pantai 
    Atraksi budaya di luar taman nasional: Parade Budaya pada bulan April di Sungai Batanghari-Muara Bulian, Jambi.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

  • Air Hitam Dalam.  Dapat ditempuh dari Jambi menuju Suak Kandis dengan jalan darat (1.5 jam), dilanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju Air Hitam Dalam (1/2 jam), bisa juga dari Jambi menggunakan Speed Boat menuju Air Hitam Dalam (2.5 jam).
  • Taman Nasional Berbak
    Air Hitam Laut. Menggunakan jalan darat dari jambi ke Suak Kandis (1.5 jam). Dilanjutkan dengan speed boat  menyusuri sungai Batanghari menuju ke Nipah panjang (1.5 jam). Dari Nipah Panjang melalui laut menggunakan speed boat (khusus untuk dilaut) menuju Air Hitam Laut (2 jam).
  • Sie Cemara. Dari Air Hitam Laut menggunakan jalan darat (sepeda motor) menuju Sie Cemara (1 jam).
    Dari Jambi menyelusuri sungai Batanghari dengan menggunakan speed boat berbelok ke kanan menyelusuri sungai Air Hitam Dalam selama 2,5 – 3 jam, atau langsung ke Nipah Panjang selama 4-5 jam. Dari Nipah Panjang dilanjutkan ke Desa Air Hitam Laut selama 5-8 jam melalui Laut Cina Selatan (perjalanan ke Air Hitam Laut harus melihat cuaca ombak Laut Cina Selatan yang terkenal ganas).

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Di Taman Nasional Berbak tersedia fasilitas dan sarana akomodasi seperti pusat informasi, wisma tamu, WC umum, shelter, sarana peribadatan (mushola), warung makan, dan lain-lain. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat tenaga pemandu yang akan membantu pengunjung mengeksplorasi lebih jauh keistimewaan taman nasional ini.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Musim kunjungan terbaik: bulan Januari s/d Agustus setiap tahunnya.

PENGELOLAAN
Sejak tahun 1997 Taman Nasinal berbak dikelola oleh Balai Taman Nasional Berbak sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan konservasi Alam, Departemen Kehutanan

Alamat Pengelola
Kantor Balai Taman Nasional Berbak
Jl. Prof. Dr. Sri Sudewi M. Sofyan No. 4 JAMBI
Telp. (0741) 667983

Know Before You Go...!!!! 

  • Formasi geologi Taman Nasional Berbak termasuk formasi deposit alluvial. Jenis tanah organosol (gambut) yang tergenang sepanjang tahun, bersifat masam sehingga merupakan kendala besar bagi penggunaan lahan untuk kegiatan pertanian.
  • Topografi datar sampai agak landai.
  • ketinggian antara 0 -12,5 m di atas permukaan laut.
  • Curah hujan rata-rata 2.300 mm per tahun atau rata-rata lebih dari 200 mm per bulan dalam 5-6 bulan dan kurang dari 2 bulan rata-rata curah hujannya 100 mm per bulan.
  • Temperatur udara 25º – 28º C.
Jadi bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Anda tertarik Untuk Menjelajahi Hutan Rawa Terluas di Asia Tenggara ini.Jika Anda Berkunjung ke provinsi jambi,Jadikanlah Taman Nasional Berbak Danau Gunung Tujuh , Taman Nasional Kerinci Seblat Sebagai Destinasi Wisata Anda.Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg