BREAKING NEWS
 Kini Aplikasi NusaPedia Hadir Di Android Kamu

Ikuti Aturannya, Ini 7 Hal yang Dilarang Saat di Pantai


IMAGES SOURCE (UNSPLASH. COM/THOUGHTCATALOG)

Pantai merupakan tempat terbaik untuk menyegarkan diri dari rutinitas. Mungkin saking nyaman dann bahagianya, terkadang kamu lupa untuk tahu aturan-aturan saat di pantai. Bisa saja kamu mengganggu kenyamanan orang lain. kecuali kamu ada di pulau pribadi yang hanya kamu dan kelompokmu sendiri yang ada di sana.

Ikuti aturannya, ini hal yang dilarang saat kamu ada di pantai. Apa saja? Simak yuk.

1. Jangan memainkan musik dengan keras

IMAGES SOURCE (PEXEL. COM/ KINDEL MEDIA)

Orang datang ke pantai tentu mempunyai tujuan untuk bersantai dan melepaskan diri dari rutinitas. Namun, hal itu nggak termasuk mendengarkan musik favoritmu. Kamu mungkin berpikir bahwa mendengarkan musik di pantai dapat menghibur, namun jika bukan memang dalam kondisi pesta, perhatikan juga pengunjung yang lain, ya.

Memutar musik terlalu keras terkesan nggak sopan dan egois untuk pengunjung lain. Jadi jangan keras-keras ya, Bela.

2. Simpan ponselmu

IMAGES SOURCE (UNSPLASH. COM/TIMOTHYMEINBERG)

Hindari terlaku sering menggunakan ponsel selama berjam-jam selama ada di pantai. Termasuk membuat konten terlalu lama, swafoto ataupun membuka media sosial. Ponselmu akan bisa berhenti beroperasi jika terlalu panas. Begitu juga dengan air asin laut yang bisa menimbulkan korosi pada komponen ponsel.

3. Hindari mengibaskan handuk atau kain di dekat orang lain

IMAGES SOURCE (SHUTTELSTOCK. COM)

Di pantai sangat banyak angin yang datang padamu di segala arah. Nah, saat kamu ingin membersihkan handuk atau alas kain dari pasir dengan mengibaskannya, kamu harus perhatikan apakah ada orang di sekelilingmu atau tidak.

Jangan-jangan ada orang yang sedang bersantai di sekitarmu dan mengenai mereka. Hal yang paling benar adalah menyeret dan mengibaskan handuk atau kain ke area yang kosong.

4. Jangan merokok di area pantai

IMAGES SOURCE (PEXEL. COM/ MEGAN FORBES)

Jika kamu adalah perokok aktif, kamu harus memperhatikan hal-hal penting saat ada di pantai. Mungkin menurutmu pantai adalah tempat yang aman untuk merokok di ruang terbuka. Akan tetapi, angin yang datang dari segala arah akan meniupkan udara beracun dari asap rokok ke wajah orang di sekitarmu. Apalagi jika ada anak-anak yang ada di sana.

Usahakan untuk menahan merokok dulu ya, Bela.

5. Jangan bermain air terlalu jauh dan dalam

IMAGES SOURCE (PEXEL. COM/ KINDEL MEDIA)

Jika kamu seorang perenang yang berpengalaman pun, kamu nggak akan pernah tahu kapan kamu akan terjebak dalam arus pasang surut laut.

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, lebih dari 100 orang tenggelam setiap tahun karena arus air laut.

Wah, nggak mau kan ingin liburan, malah jadi petaka untukmu?

6. Hindari meminum alkohol di pantai

IMAGES SOURCE (PEXEL. COM/ KINDEL MEDIA)

Hindari terlalu banyak mengonsumsi alkohol ketika berada di pantai. Selain ilegal di beberapa lokasi pantai, ada beberapa risiko yang bisa kamu terima ketika mabuk di pantai. Di antaranya tertidur dan terbawa ombak dari air laut yang pasang, terjatuh dan terluka terkena batu atau karang, hingga membuat keributan yang bisa mengganggu ketenangan pengunjung lain.

7. Jangan buang sampah sembarangan

IMAGES SOURCE (UNSPLASH. COM/DUSTANWOODHOUSE)

Inilah poin paling penting dalam berwisata ke pantai. Jangan pernah meninggalkan sampah, membuang sampah sembarangan, atau mengubur sampah di pantai, baik itu puntung rokok, botol minuman, hingga bungkus makanan.

Sudah terlalu banyak peringatan dari lokasi pantai itu sendiri hingga berbagai aktivis lingkungan mengenai bahaya plastik di lautan. Sehingga kalau kita tidak peduli, rasanya bukan tindakan yang terpuji, ya, Bela. Lagipula, bukankah berada di pantai yang banyak sampah membuatmu tak nyaman?

Nah, mari kita turut disiplin, agar sama-sama bisa menikmati pantai, ya.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg