BREAKING NEWS

Sejarah hidup Elon Musk dari Paypal, Spacex hingga Tesla



ELON MUSK IMAGES SOURCE : (FOXNEWS. COM)

Elon musk adalah seorang pengusaha visioner yang telah membuat pencapaian yang luar biasa. Dengan Spacex dia bercita-cita membangun koloni manusia di Mars dan mewujudkan peradaban multi-planet. 

Dengan Tesla, dia menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dan sekarang menjadi perusahaan otomatif paling bervaluasi di muka bumi. 

Dengan SolarCity (dibawah Tesla) ia ingin manusia menggunakan energi terbarukan yang tak merusak bumi, tempat tinggal tercinta.

Dan masih ada beberapa perusahaan visioner lainnya milik Elon yang tak kalah sukses hingga semua hal itu membuat dia menjadi orang terkaya di dunia pada januari 2021 dan menjadikannya sebagai salah satu orang paling berpengaruh di muka bumi.

Sejarah : Bagaimana Elon mencapai itu semua?

Elon would often be lost deep in his thoughts from a very young age IMAGES SOURCE : (substack. com)

Elon Reeve Musk adalah anak dari pasangan Maye Musk, seorang model dan Errol Musk seorang engineer. Elon lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan.

ELON MUSK BERPHOTO BERSAMA SANG IBU MAYE MUSK IMAGES SOURCE : (FOXNEWS. COM)

Elon Musk saat kanak-kanak adalah seorang yang introvert dan kutu buku yang kerap kali dibulli teman-teman sekolahnya. 

Saat Elon menginjak usia 10 tahun, orang tua Elon bercerai dan diperiode itu Elon kecil sudah mulai tertarik dengan komputer dan berhasil menjual software game pertamanya bernama Blastar seharga 500 dollar saat usianya masih 12 tahun.

Pindah ke Kanada dan Amerika Serikat

ELON MUSK IMAGES SOURCE : (QUORA. COM)

Di tahun 1989, saat usianya menginjak 17 tahun, Elon pindah ke Kanada dan belajar di Queens University dan 3 tahun kemudian melanjutkan studinya ke Amerika Serikat di university of Pennsylvania pada tahun 1992. 

Setalah lulus, Elon melanjutkan studi Phd nya di bidang fisika di Stanford University dan memutuskan keluar setelah dua hari kuliah disana karena ingin mendalami komputer.

Itu didukung dengan kondisi Amerika Serikat yang pada saat itu sedang terjadi fenomena "internet hype" dimana perusahaan-perusahaan raksasa mulai investasi gila-gilaan di internet, hingga akhirnya terjadi gelembung internet atau istilah populernya "dot com bubble".

Disini, Elon sangat pandai melihat peluang, bukan asal keluar dari kampus tanpa alasan.

Mendirikan perusahaan pertama : Zip2

LOGO ZIP2 IMAGES SOURCE : (GOOGLE. COM)

Dan setelahnya,ia meluncurkan perusahaan pertamanya Zip2 corporation pada 1995 yang kemudian dibeli oleh perusahaan Compaq senilai $307 juta USD. 

Perusahaan yang dibeli dengan harga fantastis disebabkan oleh salah satu apa yang paparkan sebelumnya--dot com bubble.

Perusahaan kedua : x. com yang kemudian jadi PayPal

LOGO PAYPAL IMAGES SOURCE : (GOOGLE. COM)

Elon tidak puas sampai disitu, dengan uang sebanyak itu ia bisa membeli pulau pribadi tetapi ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan keduanya X.com yang kemudian menjadi PayPal Bersama saudaranya. 

PayPal kemudian dibeli oleh eBay senilai $ 1,5 miliar di tahun 2002.

Perusahaan ketiga : Spacex

ELON MUSK PADA PERUSAHAAN SPACEX IMAGES SOURCE : (GOOGLE. COM)

Dengan uang sebanyak itu, ia bisa hidup mewah dengan jet dan pulau pribadi, namun alih-alih melakukannya ia memutuskan mendirikan perusahaan ketiganya Spacex, perusahaan transportasi luar angkasa yang awalnya sempat ditertawakan dan diragukan banyak orang hingga pada tahun 2008 mereka berhasil menjalankan kontrak dengan NASA. 

Dan 15 tahun setelah didirikan, pada 2017 Spacex membuat sejarah melalui roket Falcon 9 yang dapat digunakan berulang kali dan di momen itu, Spacex telah merubah wajah transportasi luar angkasa.

Pada 2018, Spacex melalui divisinya Starlink mendapatkan izin pemerintah Amerika Serikat untuk mengorbitkan satelit di orbit rendah bumi dengan visi menghadirkan internet cepat ke seluruh pelosok bumi.

Perusahaan keempat : Tesla

ELON MUSK MELUNCURKAN MOBIL TERBARUNYA IMAGES SOURCE : (CARADVISE. COM)

Pada 2003, dengan visi ingin menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, Elon ingin memproduksi mobil listrik melalui perusahaan Tesla, Elon adalah seorang co-founder yang jenius dan visioner. 

Awalnya Tesla memakai chasis Lotus Elise dengan motor listrik buatannya.Sama seperti Spacex, Tesla juga sempat diragukan namun nyatanya Elon Membawa Tesla menjadi perusahaan mobil paling bervaluasi di dunia mengalahkan raksasa Toyota hingga VW.

Dan selain perusahaan tadi, masih ada perusahaan visioner lainnya baik yang sudah diluncurkan maupun prototypeseperti SolarCity (diakuisisi dari saudaranya) yang bergerak dibidang energi surya, perusahaan neuroteknologi Neuralink, perusahaan transportasi hyperloop, perusahaan infrastruktur dan tunneling Boring Company, hingga perusahaan AI, OpenAI.

Dengan segala pencapaiannya, Elon Musk telah berkontribusi menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik dan sukses menjadi orang terkaya di dunia mengalahkan Jeff Bezoss dan Bill Gates pada awal 2021.

Sekarang Elon Musk masih menjalani proses mewujudkan visinya membangun koloni di Mars, dan visi-visi lainnya. Elon Musk juga disukai banyak orang dan menjadi anak meme yang sering ngelawak di twitter.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg