BREAKING NEWS

Kelenteng Kwan Sing Bio : Menapaki Keindahan Salah Satu Kelenteng Terindah Di Indonesia


Kelenteng Kwan Sing Bio /Images Source : (reresepan. com )

Kelenteng Kwan Sing Bio merupakan salah satu klenteng terindah di indonesia yang berada di daerah Tuban Jawa Timur, terdapat sebuah kelenteng terbesar di Asia Tenggara. Kelenteng ini bernama Kelenteng Kwan Sing Bio. Luas kelenteng ini berkisar antara 4 hingga 5 hektar. 

Lokasi kelenteng ini berada di pinggir jalan raya pantura. Kelenteng ini biasanya digunakan sebagai tempat ibadah oleh penganut Budha, Tao, dan Konghucu atau yang dikenal dengan sebutan Tridharma.

Jelajahi Keindahan Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio ini memang sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga dan ingin mencoba berlibur dengan nuansa Tionghoa, Sahabat NusaPedia dapat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. 

Klenteng Kwan Sing Bio sendiri memang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, dan tempat wisata yang satu ini memang sudah terkenal karena memiliki arsitektur yang unik dan indah. 

Di Klenteng Kwan Sing Bio kamu bisa melihat benda-benda atau peralatan ibadah milik orang Tionghoa di kawasan tempat wisata tersebut karena masih disimpan dengan rapi, bagi kamu yang penasaran, langsung aja deh pergi ke tempat wisata yang satu ini. 

Dijamin liburanmu akan semakin berkesan dan akan menambah ilmu pengetahuanmu.

Ayo Jelajahi Keindahan Bangunannya

Kelenteng Kwan Sing Bio ini merupakan sebuah bangunan yang dipersembahkan untuk Dewa Kwan Kong. Tanggal 24 bulan 6 pada sistem penanggalan Tionghoa biasanya diadakan perayaan ulang tahun Dewa Kwan Kong, Hal tersebut menjadikan banyaknya peziarah yang datang ke Kelenteng Kwan Sing Bio.

Selain luasnya, kelenteng ini juga memiliki sesuatu yang menarik perhatian khalayak. Sebuah patung Dewa Kwan Kong berdiri tegak di kelenteng ini. 

Patung Dewa Kwan Kong yang berada di Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban ini memiliki tinggi sekitar 30 meter. 

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariImages Source : (genpii. co)

Dibangun pada tahun 2015, dan baru diresmikan pada tahun 2017. Selain itu, pada tahun 2017, patung ini telah dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung dewa tertinggi se-Asia Tenggara. 

Patung Dewa Kwan Kong ini merupakan patung yang berbentuk panglima perang yang hidup pada zaman Sam Kok sekitar 221-269 Masehi. 

Panglima perang tersebut dikenal sebagai sosok yang sangat dipuja akan kesetiaan dan kejujurannya.

Selain terdapat patung yang tinggi, di area kelenteng ini juga terdapat taman bermain yang lokasinya bersebelahan dengan lokasi patung tersebut. 

Taman bermain ini dilengkapi dengan gua harimau dan naga. Pada bagian tengah kelenteng, terdapat bangunan megah yang tampak seperti istana Kaisar Tiongkok. 

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariImages Source : (Dok: Youtube/Kristina Yuli)

Pada bangunan ini juga terdapat gerbang, kolam, jembatan kelok sembilan, gazebo dan ornamen-ornamen lain. Nuansa khas yang dibentuk membuat para pengujung seolah sedang berada di negeri China.

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariImages Source : (Dok: Youtube/Kristina Yuli)

Pada bagian pintu gerbang kelenteng, terdapat sesuatu yang unik. Kepiting besar yang menjadi hiasan pada pintu gerbang tersebut bukan tanpa alasan. 

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariImages Source : (Kwan Sing Bio. Dok: Laman Kwan Sing Bio)

Keberadaan kepiting tersebut digunakan untuk mengenal asal mula lokasi yang saat ini digunakan sebagai kelenteng. Lokasi tersebut awalnya merupakan sebuah tambak yang terdapat banyak kepiting.

Patung Dewa 4 Muka Kelenteng Kwan Sing Bio Simbol Kerukunan Umat

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariImages Source : (genpii. co)

Ketua Penilik Domisioner TITD Kwan Sing Bio, Alim Sugiantoro, mengatakan"Patung Dewa empat muka yang berdiri megah di halaman belakang Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban, Jawa Timur, langsung didatangkan dari Bangkok, Thailand."

rencananya Patung Buddha empat muka setinggi 129 centimeter akan diresmikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Se Mien Fo yang jatuh pada tanggal 9 November 2020.

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariImages Source : (surabaya.tribunnews. com/m sudarsono)

pembangunan itu sebagai bentuk kerukunan umat dan melengkapi unsur agama yang ada di kelenteng yakni Tri Dharma (Buddha, Tao, dan Khonghucu). “Kita tetap memperhatikan agama lain Buddha, karena Kelenteng Kwan Sing Bio itu sudah baku adalah tri dharma sejak dulu. 

Itu sudah harga mati,” tegas Alim. Menurutnya, peresmian patung dewa empat muka itu sebagai bentuk untuk menghormati sesama agama dan menjaga perdamaian serta persatuan umat di Kelenteng Tuban. 

“Perbedaan umat yang ada di Kelenteng Tuban harus dihormati, dan kelenteng ini tidak boleh dijadikan tempat ibadah Wihara atau di Buddha kan,” terang Alim.

Bagaimana Cara Sahabat Nusa Kesana..??

Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke Kelenteng Kwan Sing Bio Kiong ini tentunya harus tahu akses jalan menuju tempat wisata tersebut. 

Jika kamu belum tahu tapi nekat untuk pergi kesana, bisa-bisa kamu bukannya liburan kamu malah nyasar ketempat lain nantinya. 

Bagi kamu yang ingin pergi ke klenteng yang satu ini, kamu harus mengetahui akses jalan kesana, untuk akses jalan ke klenteng tersebut kamu cukup melewati jalur utama dari dari Tuban, yaitu :

Jl. Diponegoro lalu menuju Jl. Jendral Sudirman, untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat di peta berikut ini :Selain melewati jalur utama, kamu juga bisa melewati jalur alternatif bila jalan utama macet. 

Dan untuk mencapai tempat wisata tersebut dari Tuban akan memakan waktu sekitar 7 menit lebih lebih bila tidak macet, dan jika macet maka waktu yang ditempuh pastinya akan lebih lama. 

Dan jika macet kamu bisa melewati jalur alternatif tersebut untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Maka dari itu kamu harus pintar mencari jalur dan melihat info lalu lintas terkini.

Jam Buka Dan Harga Tiket Untuk Masuk ke Klenteng Kwan Sing Bio

Untuk jam bukanya sendiri, klenteng yang satu ini buka selama 24 jam alias tidak pernah tutup. Jadi, bagi kamu yang berasal dari luar kota dan ingin pergi kesini, bebas mau berangkat pukul berapapun, dan diusahakan jangan terlalu siang ya, karena sudah terlalu ramai jika siang hari dan untuk harga tiketnya sendiri kamu tidak perlu membayar alias gratis

Jadi bagi kamu yang kesini sudah tahu kan biaya yang harus dikeluarkan berapa?

Dan jangan sampai lupa membawa dompet ya untuk keperluan lainnya.

Tips Berlibur ke Klenteng Kwan Sing Bio

Bagi kamu yang ingin berlibur ke tempat wisata yang satu ini ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum berlibur kesana. 

Yang pertama kamu harus membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga, dan pastinya liburanmu akan sia-sia bila tidak membawa kamera. 

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba berbagai spot foto yang bagus di klenteng yang satu ini. Dan yang paling penting jangan buang sampah sembarangan dan jaga etika selama disana.

Itulah ulasan singkat mengenai Klenteng Kwan Sing Bio yang sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan nuansa Tionghoa, bagi kamu yang tertarik untuk berlibur ke tempat wisata yang satu ini bersama keluarga, 

kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas supaya liburanmu ke Kelenteng Kwan Sing Bio menjadi lancar dan menyenangkan. Semoga artikel ini dapat membantu liburanmu dan selamat berlibur ya Sahabat Nusapedia.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg