BREAKING NEWS

Menu

14 Festival Unik yang wajib di dicoba Di tahun 2018


festival budaya sebagai salah satu sarana komunikasi yang merupakan salah satu sarana penting yang dapat digunakan sebagai media pelestarian budaya. Sebagai sebuah peristiwa budaya, festival memiliki warna-warni ragam dan intensitas dramatik dari berbagai aspek dinamika.

Festival Unik 2018Daerah-daerah yang sedang berkembang biasanya menggunakan festival untuk tujuan tersebut. Karakteristik setiap festival adalah unik, dan karenanya tak ada satu model standar yang dapat digunakan untuk mengelola semua jenis festival. Festival memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang bertujuan untuk hiburan dan edukasi, ada yang bertujuan untuk menyatukan berbagai komunitas di dalam masyarakat, ada pula yang bertujuan untuk promosi usaha. Festival juga bisa hanya berskala kecil, seperti pesta rakyat lokal, hingga yang berskala internasional.

Apapun alasan yang ada di balik suatu festival budaya , di sana pasti ada pendukung, peserta, dan pengunjung yang memiliki harapan yang berbeda pada setiap festival, dan hal ini juga mempengaruhi proses pengelolaan yang unik bagi setiap festival budaya . Model pengelolaan masing-masing festival haruslah memperhatikan keunikan dari setiap kesenian atau tradisi yang diangkat.

Kali ini NusaPedia ingin memberitahu kamu mengenai 14 Festival Unik yang wajib di dicoba Di tahun 2018

1.Albuquerque International Balloon Festival — Albuquerque, Meksiko

Festival Unik 2018
Ratusan balon udara akan terbang sepanjang hari dalam festival ini. Memandang alam Meksiko dari ketinggian menjadi magnet bagi pengunjung yang naik di atasnya. Tahun ini, Albuquerque International Balloon Festival akan diselenggarakan pada 6 sampai 14 Oktober 2018.

2. Running of the Bulls — Pamplona, Spanyol

Festival Unik 2018

Banteng merupakan ikon Spanyol. Jual beli dan pertandingan adu banteng pun sudah menjadi tradisi di sana. Festival ini berawal dari aksi nekat sekelompok anak muda yang berusaha menaiki banteng lewat yang akan dibawa untuk dijual atau diadu oleh pemiliknya. Tahun ini, Running of the Bulls akan diselenggarakan pada 6 sampai 14 Juli 2018.

3.Dia de los Muertos — Meksiko

Festival Unik 2018

Festival Kematian adalah sebutan untuk festival ini. Selama seharian, ratusan penduduk dan turis bakal berbaur di jalanan sambil mengenakan kostum bersimbol tengkorak, untuk mengenang kerabat yang telah meninggal dunia. Tahun ini, Dia de los Muertos akan digelar pada 2 November 2018.

 4.La Tomatina — Buñol, Spanyol

Festival Unik 2018

Festival telah diselenggarakan sejak tahun 1945, yang berawal dari pertikaian antar sekelompok anak muda sebelum akhirnya berakhir dengan damai. Karena dianggap seru, pemerintah Spanyol mempromosikannya sebagai atraksi wisata. Hanya pengunjung yang memiliki tiket masuk yang bisa ikut aksi melempar tomat di sini.Tahun ini, La Tomatina digelar pada 29 Agustus 2018.

5. Up Helly Aa Fire Festival — Lerwick, Skotlandia

Festival Unik 2018

Digelar sejak tahun 1880, festival ini sekaligus perayaan hari jadi negara Skotlandia. Di festival ini, arak-arakan dengan kostum prajurit Skotlandia akan mengelilingi kota sambil membawa banyak simbol api. Tahun ini, Up Helly Aa Fire Festival diselenggarakan pada 30 Januari 2018.

6.Carnevale — Venice, Italia

Festival Unik 2018

Disebut sebagai pesta kostum terbesar di dunia, festival ini diselenggarakan 40 hari sebelum hari Paskah. Tahun ini Carnevale digelar mulai dari 28 Januari sampai 14 Februari 2018.Dikatakan bahwa Karnaval Venesia dimulai dari kemenangan Republik Venesia melawan Patriark Aquileia, Ulrico di Treven di tahun 1162. Untuk menghormati kemenangan ini, orang-orang mulai berdansa dan berkumpul di San Marco Square. Rupanya, festival ini dimulai pada periode itu dan menjadi resmi di Renaisans.Pada abad ketujuhbelas, karnaval baroque adalah cara untuk menyelamatkan citra bergengsi Venesia di dunia.
Itu sangat terkenal pada abad kedelapan belas.Ini mendorong lisensi dan kesenangan, tapi juga digunakan untuk melindungi orang-orang Venesia dari penderitaan saat ini dan masa depan.Namun, di bawah pemerintahan Kaisar Romawi Suci dan kemudian Kaisar Austria, Francis II, festival tersebut dilarang seluruhnya pada tahun 1797 dan penggunaan masker dilarang keras. Ini muncul secara bertahap pada abad kesembilan belas, tapi hanya untuk periode singkat dan terutama untuk pesta pribadi, di mana ia menjadi kesempatan untuk kreasi artistik

7.Snow & Ice Festival — Harbin, China

Festival Unik 2018
Dalam lahan seluas 600 ribu meter persegi, pengunjung bisa menyaksikan beragam pahatan es berbagai ukuran. Instalasi tersebut juga dipercantik dengan permainan cahaya yang memukau. Tahun ini, Snow & Ice Festival diselenggarakan mulai dari 5 Januari sampai 28 Februari 2018.

8.Jember Fashion Carnaval - Jember

Festival Unik 2018
Pesta kostum bukan hanya milik Brazil atau Italia. Indonesia, tepatnya di Jember, juga punya festival serupa. Selama seminggu, jalanan di pusat kota akan dimeriahkan oleh pawai kostum dari berbagai daerah. Tahun ini, Jember Fashion Carnaval akan digelar pada 7 sampai 12 Agustus 2018.

9. Waisak di Candi Borobudur - Magelang

Festival Unik 2018
Candi Borobudur di Magelang selalu menjadi perayaan hari Waisak di Indonesia.Ada banyak kegiatan di sana selama seminggu menjelang Waisak. Pengunjung bisa ikut berdoa juga mendengarkan ceramah dari para biksu yang datang dari dalam dan luar negeri. Yang paling meriah ialah aksi menerbangkan lampion dan menatap matahari terbit dari tengah candi. Tahun ini, hari Waisak di Candi Borobudur akan digelar pada 29 Mei 2018.

10. Bali Spirit Festival - Bali

Festival Unik 2018

Selain India dan Thailand, Bali juga kerap dikunjungi turis yang ingin berwisata kesehatan. Yoga dan meditasi jadi kegiatan utama dalam festival ini. Tahun ini, Bali Spirit Festival akan diselenggarakan pada 2 sampai 8 April 2018.

11. Upacara Kasada - Gunung Bromo

Festival Unik 2018
Setiap tahunnya, Suku Tengger yang hidup di Gunung Bromo melakukan ritual melempar sesajeh ke kawah gunung sebagai tanda syukur.Tahun ini, Upacara Kasada akan digelar pada bulan Juli 2018.

12. Ritual Potong Rambut Gimbal - Dataran Tinggi Dieng

Festival Unik 2018

Masyarakat yang lahir dan besar di kawasan Dataran Tinggi Dieng pasti mengenal istilah anak gimbal, yakni anak dengan rambut gimbal yang tumbuh secara misterius.Setiap tahunnya, ada ritual memotong rambut anak gimbal di sana, yang juga ramai dihadiri turis dalam dan luar negeri. Tahun ini, Ritual Potong Rambut Gimbal akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2018. 

13. Festival Kuda Sumba - Sumba

Festival Unik 2018

Semakin banyak alasan untuk mengunjungi Sumba, salah satunya ialah untuk mengenal tradisi memiliki Kuda Sandelwool yang dimiliki masyarakatnya. Tahun ini, Festival Kuda Sumba akan digelar pada Juli 2018.

14. Festival Cap Go Meh - Singkawang

Festival Unik 2018

Tahun Baru China dirayakan dengan festival meriah di Singkawang. Pawai Tatung yang dilakukan Suku Dayak yang menyayat diri untuk mengusir roh jahat bakal menjadi atraksi menarik yang bisa disaksikan di sana.Tahun ini, Festival Cap Go Meh akan diselenggarakan pada 2 Maret 2018.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg