BREAKING NEWS

Tips Menikmati Perjalanan Wisata dengan Aman dan Nyaman


Tips Wisata Aman - Kontributor NusaPediaTips Wisata Aman - Waktu libur merupakan saat yang ditunggu-tunggu, baik oleh anak-anak hingga orang dewasa. Namun, liburan saat peak season seperti saat libur Natal, libur Lebaran, Tahun Baru, dan sebagainya, dimana suasana sangat ramai dan padat pengunjung membuat orang kesulitan untuk menikmati waktu liburan. Apakah Ladies pernah mengalami pengalaman serupa?

Tips Wisata Aman
Semua orang tentu menyukai kegiatan wisata. Namun terkadang, alasan keamanan seringkali membuat kita merasa tidak nyaman jika harus pergi menikmati perjalanan wisata.Nah, jangan sampai kekhawatiranmu itu menjadikanmu enggan untuk mengunjungi suatu destinasi wisata yang cantik.

Traveling merupakan kegiatan yang paling menyenangkan, di mana Anda bisa melihat dunia yang sesungguhnya dengan cara Anda sendiri.
Namun, setiap berencana melakukan sebuah perjalanan, alangkah baiknya Anda memiliki perencanaan yang matang. Apalagi jika Anda termasuk orang yang pertama kali mencoba bepergian ke tempat yang baru dan sendirian.
Berbaur dengan orang lokal itu memang penting namun di sisi lain, kamu memang sebaiknya juga memperhatikan faktor keamanan untuk kebaikanmu sendiri.Tentu saja ada berbagai tips yang dapat kamu praktekkan agar kamu tetap dapat menikmati perjalanan wisata dengan aman. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam sekarang kamu dapat menikmati perjalanan wisata dengan aman dan nyaman.

1. Memisahkan Sumber Keuanganmu

Tips Wisata Aman Nah, Tips Wisata Aman pertama yang harus kamu lakukan agar kamu dapat menjaga keamananmu selama berada dalam perjalanan adalah dengan memisahkan sumber keuanganmu.Ya, jangan pernah menaruh semua uang yang kamu miliki berikut juga dengan kartu kredit, atm dan lain-lain hanya di dompetmu. Sebarkanlah uang-uangmu di berbagai tempat yang berbeda agar tidak hanya terdapat di dompet.

Sebagai contoh, kamu dapat menaruh uang dengan nominal yang tidak terlalu besar di dalam saku tasmu yang paling depan. Sehingga ketika kamu membutuhkan uang receh untuk membayar kendaraan umum, kamu dapat langsung mengeluarkan uang recehmu tersebut dan tidak perlu repot mengeluarkan dompet.Selain itu, hal lain yang harus kamu perhatikan saat kamu sedang dalam perjalanan wisata terutama jika kamu pergi ke luar negeri adalah kamu sebaiknya memperhatikan kondisi dari mata uang asing negara yang kamu kunjungi tersebut.

2. Jangan Menaruh Dompetmu di Dalam Saku Celanamu

Tips Wisata Aman
Tips Wisata Aman lain yang dapat kamu lakukan agar mendapatkan perjalanan wisata yang aman adalah jangan menaruh dompetmu di dalam saku celanamu. Hal ini sangat penting agar kamu dapat meminimalisir resiko kecopetan.

Intinya jangan pernah membiarkan dompetmu terlihat dengan sangat mudah di saku celanamu. Lebih baik kamu mengenakan tas kecil atau tas pinggang agar lebih mudah.Daripada menaruh dompet di saku celana, sebaiknya kamu menaruh dompetmu di saku bagian dalam jaketmu. Kamu juga bisa mengenakan money belts atau juga memasukkannya dalam bajumu. Pada dasarnya, jangan sampai terlihat terlalu mencolok.

3. Scan Semua Dokumen Penting

Untuk alasan keamanan, sangat penting bagimu agar kamu melakukan scanning terhadap semua dokumen pentingmu. Setelah di scan, kamu dapat langsung mengirim email kepada alamat emailmu sendiri.Selain melakukan scan terhadap semua dokumen yang penting, kamu juga dapat memfotokopi semua dokumen yang kamu butuhkan tersebut.

Beberapa contoh dokumen perjalanan yang penting, antara lain paspor, visa, asuransi perjalanan dan lain-lain.Namun, sebaiknya kamu menyimpan semua dokumen ini dalam tas jinjingmu. Jangan sampai kamu menaruh dokumen perjalanan yang penting tersebut ke dalam bagasimu karena hal ini tentu akan menyusahkanmu.

4. Jangan Mudah Percaya pada Orang Asing

Tips Wisata Aman berikutnya yaitu Sangat penting untuk berbaur dengan orang lokal, namun jika kamu merasa curiga dan tidak begitu dapat mempercayai orang lokal yang baru saja kamu kenal, sebaiknya kamu menghindarinyaNah, selain itu kamu juga dapat melakukan riset sederhana terlebih dahulu agar kamu dapat mengetahui seperti apa kondisi lingkungan di destinasi wisatamu. Lakukanlah riset dari NusaPedia atau TravelEsia.Us.

5. Mendaftar Asuransi Perjalanan

Tips Wisata Aman Tips Wisata Aman berikutnya Jangan pernah menyepelekan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan ini juga sebaiknya memang kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum kamu mendaftar asuransi perjalanan.Memang tidak ada yang menginginkan hal-hal buruk dapat terjadi, namun tidak ada salahnya apabila kamu mendaftarkan asuransi perjalanan pada waktu kamu akan pergi menjelajahi suatu tempat.

Asuransi perjalanan adalah asuransi perlindungan yang diperlukan oleh traveler ke luar negeri untuk melindungi mereka dari risiko selama perjalanan. Asuransi perjalanan untuk traveler saat liburan sangat penting, apalagi ke eropa. Asuransi perjalanan bermanfaat untuk melindungi nasabah Anda selama melakukan perjalanan domestik maupun internasional, baik untuk keperluan bisnis maupun liburan, sepanjang tahun.

6. Melakukan Vaksinasi

Tips Wisata Aman berikutnya Jika kamu berencana untuk pergi ke suatu tempat, jangan lupa untuk bertanya terlebih dahulu pada doktermu. Tanyakanlah apakah kamu membutuhkan vaksinasi terlebih dahulu sebelum kamu pergi ke tempat tersebut.Dengarkanlah apa saran dari doktermu dan lakukanlah apa yang diminta oleh doktermu. Dengan demikian, hal ini akan membuatmu dapat melakukan perjalanan wisata secara lebih aman.

7. Jika Merasa Ragu, Sebaiknya Tidak Menyetir di Negara Lain

Tips Wisata Aman
Tips Wisata Aman berikutnya Menikmati Perjalanan Wisata dengan Aman dan Nyaman Hindari Menyetir Beberapa hal sebaiknya akan terasa lebih baik jika kamu tidak melakukan banyak hal yang biasanya kamu lakukan di rumahmu. Sebagai contoh, sebaiknya kamu tidak menyetir ketika sedang melakukan kegiatan wisata di negara lain terutama jika kamu berwisata dalam waktu yang tidak cukup lama.Selain itu, alasan lain adalah karena akan cukup sulit untuk mengurus SIM internasional. 

Di beberapa negara berkembang, resiko kecelakaan karena kendaraan bermotor tergolong sangat tinggi sehingga sebaiknya kamu tidak mengambil resiko berat ini.Ya, kamu juga harus memperhatikan deskripsi detail tentang asuransi perjalanan yang akan kamu gunakan. Nah, pastikan bahwa asuransi perjalananmu meng-cover banyak hal termasuk kecelakaan yang sangat berat.

8. Cek Sertifikasi Instruktur

Tips Wisata Aman berikutnya Ketika kamu berencana untuk mengunjungi suatu destinasi wisata dengan tujuan untuk kursus spesifik (scuba diving) atau sesuatu yang beresiko (bungee jumping), sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu apakah operator atau instrukturmu sudah memiliki kualifikasi yang bagus dan catatan keamanan yang baik.Jangan tertipu dengan kursus yang mengeluarkan biaya yang murah. Kamu sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang kualitas keamanan dari kursus yang akan kamu lakukan. Ingatlah bahwa keamanan tetap harus menjadi yang nomor utama.

9. Jangan Tinggalkan Barang Bawaanmu

Tips Wisata Aman
Tips Wisata Aman berikutnya Tanpa Ada yang Mengawasi Tetap bersikap hati-hati memang harus kamu lakukan ketika kamu sedang melakukan perjalanan. Salah satunya adalah jangan meninggalkan barang bawaanmu tanpa ada yang mengawasi.Hal ini terutama jika kamu berada di tempat-tempat umum yang ramai. Tips ini memang merupakan tips yang klasik namun sebaiknya tidak kamu anggap enteng. 

Tetaplah jaga agar kamu dapat mengawasi terus barang bawaan yang kamu bawa.Atau, kamu dapat terus menerus membawa barang bawaanmu. Jika terasa memberatkan dan kamu akan berada di satu tempat umum dalam waktu yang lama, kamu dapat mencari tahu dimana loker berada.Ya, carilah loker yang berbentuk besar agar kamu dapat menaruh barang bawaanmu yang besar. Namun, sebaiknya hindari menaruh barang-barang berharga dalam kopermu. Sebaiknya kamu menaruh barang-barang berhargamu di dalam tas jinjing yang kamu bawa.

10. Jangan Beri Apapun pada Pengemis

Tips Wisata Aman berikutnya Sebaiknya kamu tidak memberi uang atau apapun kepada pengemis yang terdapat di destinasi wisata tujuanmu tersebut. Mungkin dapat terjadi pengecualian jika ada banyak orang dari agama tertentu yang meminta sumbangan seikhlasnya.Namun, secara umum sebaiknya kamu tidak memberikan apapun pada pengemis. Jika kamu memang berminat untuk membantu dan melakukan kegiatan sosial, kamu dapat mendominasikan sejumlah uang pada badan sosial untuk tunawisma, atau lembaga-lembaga resmi yang membutuhkan agar kamu yakin bahwa uangmu tidak disalah gunakan.

11. Hati-hati Dalam Menggunakan Kartu Kredit pada Internet Cafe

Tips Wisata AmanTips Wisata Aman berikutnya Hal lain yang sebaiknya kamu waspadai adalah ketika kamu ingin menggunakan kartu kredit pada internet cafe. Di tempat tersebut, biasanya kamu dapat memanfaatkan fasilitas internet sepuas yang kamu inginkan.

Berhati-hatilah dalam menyerahkan data yang kartu kreditmu pada waktu kamu sedang membayar di internet cafe ini. Jika ada orang yang jahat, mereka bisa saja mengambil username dan password untuk mengakses online account milikmu (yang didapat dari banking, email, dan lain-lain).Salah satu trik yang dapat kamu terapkan adalah bukalah beberapa browser kemudian ketiklah password dan informasi kartu kredit yang salah pada browser yang kamu gunakan ini.atau hindarilah segala penggunaan transaksi online kamu menggunakan akses internet public sepertinya akses WIFI gratis di Cafe Atau dimanapun anda berada.

12. Selalu Pastikan Kamu Tidak Memberi Tahu Rencana Perjalananmu

Tips Wisata Aman berikutnya Jika terasa tidak begitu penting, sebaiknya kamu tidak memberi tahu rencana perjalananmu pada orang lokal yang baru saja kamu kenal. Sebaiknya simpanlah informasi tersebut hanya pada dirimu sendiri.Nah, selain itu, sebaiknya kamu hanya memberi tahu orang-orang terdekatmu mengenai rencana perjalanan wisatamu ini. Hal ini terlebih untuk alasan keamanan sehingga kamu dapat menjelajahi destinasi wisatamu dengan merasa nyaman.

13. Hindari Perjalanan Wisata di Malam Hari

Tips Wisata Aman berikutnya Minimalisir Melakukan Perjalanan di Malam Hari Ketika kamu sedang pergi ke suatu tempat, maka sebaiknya kamu menghindari perjalanan wisata di malam hari. Hal ini karena kejahatan rawan terjadi di malam hari.Jika dihadapkan kepada pilihan traveling di waktu malam hari atau siang hari, maka sebaiknya kamu lebih memproritaskan untuk melakukan perjalanan di waktu siang hari.Pada waktu siang hari biasanya lebih ramai. Selain itu, jika kamu melakukan perjalanan wisata di waktu siang hari adalah kamu akan merasa lebih nyaman dan aman karena terdapat banyak orang yang juga melakukan perjalanan wisata sepertimu.

14. Tanyakanlah Masalah Keamanan pada Manager Penginapanmu

Tips Wisata Aman
Ketika sedang melakukan perjalanan wisata, sebaiknya kamu mempertanyakan masalah keamanan pada manajer peginapanmu. Tanyalah mengenai saran-saran yang harus kamu lakukan agar kamu merasa aman melakukan perjalanan di sekitar penginapanmu.Selain itu, kamu juga bisa menanyakan saran mengenai hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika sedang melakukan perjalanan wisata di tempat tersebut. 

Kamu juga dapat bertanya mengenai jenis-jenis kasus scam di tempat tersebut. Dengan demikian, kamu dapat menjadi lebih waspada.Jangan lupa untuk mencatat pula alamat lengkap dan kontak penginapanmu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencatat nomor pribadi si manager penginapanmu jika kamu merasa membutuhkannya.

15. Jika Ingin Menggunakan ATM, Pergilah pada Siang Hari

Aturan lain yang dapat kamu lakukan adalah jika kamu merasa sangat ingin menggunakan ATM, maka sebaiknya kamu pergi untuk mengambil uangmu pada waktu siang hari.Pergilah menuju ATM yang terletak di dekat pusat keramaian. Hindarilah mengunjungi ATM yang terlihat sepi. Jika kamu mengunjungi ATM yang terletak di pusat keramaian, kamu juga akan merasa aman karena merasa tidak sendirian di sana.Jika kamu memohon pertolongan pun orang-orang di sekitarmu tentu akan dengan serta merta bersedia membantumu. Ambillah uang dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan agar kamu tidak terlihat begitu mencolok.

16. Gunakanlah Kartu Kredit

Tips Wisata Aman
Untuk merasa lebih aman ketika sedang melakukan perjalanan wisata ke sebuah tempat, kamu sangat direkomendasikan untuk menggunakan kartu kredit dalam membuat transaksi.Jika memang toko yang kamu kunjungi menyediakan layanan untuk kartu kredit, maka tentu saja kamu dapat memanfaatkannya. 

Kartu kredit sendiri dewasa ini sudah tergolong sangat praktis.Pilihlah kartu kredit yang dapat diterima di skala internasional agar kamu dapat menggunakannya dimanapun kamu membutuhkannya. Dengan memanfaatkan kartu kredit, kamu tidak harus pusing mencari money changer untuk menukarkan uangmu.Selain itu, dengan menggunakan kartu kredit kamu juga akan meminimalisir resiko karena mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. 

Nah, pembayaran kartu kredit sendiri dapat kamu lakukan ketika tagihan kartu kredit tersebut telah jatuh tempo. Dengan kata lain, kamu dapat membayarnya di kemudian hari ketika kamu sudah kembali ke rumah setelah melalui perjalanan wisata.

17. Mencatat Kontak Kedutaan Besar

Trik lain yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keamanan selama berada di destinasi wisata tujuanmu adalah dengan mencatat kontak Kedutaan Besar Indonesia di destinasi wisata tujuanmu tersebut. Nah, pastikan kontak ini terletak di tempat yang mudah kamu jangkau.Dengan mencatat nomor Kedutaan Besar ini, maka kamu dapat langsung menelefon pihak Kedutaan Besar jika terdapat sesuatu hal yang tidak diinginkan.

18. Tidak Melakukan Penukaran Uang Ketika Sedang Berada di Airport

Tips Wisata Aman berikutnya Ketika kamu sedang berada di airport, usahakanlah sebisa mungkin untuk menghindari penukaran uang. Sebaiknya, kamu melakukan penukaran uang selama beberapa hari sebelum berangkat menuju sebuah destinasi wisata.Tukarlah uangmu di tempat tertentu di sekitar lokasi rumah atau tempat kerjamu. Ya, yang paling penting hindarilah menukar uang di airport terutama dalam jumlah yang besar. Hal ini karena dikhawatirkan pencuri akan mengawasi kegiatanmu ini. Untuk itu, cobalah agar kamu tidak harus melakukan penukaran uang pada waktu kamu sedang berada di bandara.

19. Jangan Melakukan Share Taksi Bersama dengan orang yang Tidak Kamu Kenal

Tips Wisata Aman berikutnya Jika kamu merasa ingin menggunakan taksi untuk menuju penginapanmu, atau tempat-tempat wisata sebaiknya hindari melakukan share dengan orang yang tidak kamu kenal.Ya, sebaiknya kamu tidak melakukan share taksi bersama orang yang tidak kamu kenal untuk alasan keamanan. Bersabarlah sedikit agar kamu dapat mendapatkan taksi yang dapat kamu gunakan tanpa harus melakukan share dengan orang lain.Hal ini juga sangat penting untuk alasan keamanan karena kamu tidak dapat mengetahui asal-usul dari orang asing tersebut. Sehingga sebaiknya kamu menghindari share ini.

20. Berhati-hatilah dengan Semua Jenis Scam

Tips Wisata Aman
Sangat penting untukmu mengetahui jenis-jenis scam yang biasanya menjadi modus bagi para penjahat untuk melancarkan aksi jahatnya. Ya, usahakanlah untuk bersikap waspada terhadap banyak jenis scam.Beberapa jenis scam yang harus kamu waspadai adalah berpose menjadi tour guide dan menawarkanmu untuk memberi tahu banyak tempat wisata terbaik di destinasi wisata tujuanmu tersebut. 

Selain itu, ada juga scam yang berupa memberikan obat di dalam makanan atau minumanmu. Nah, inilah sebabnya sebaiknya kamu menghindar dan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang ditawarkan oleh orang asing yang baru kamu kenal.Selain itu, ada juga scam yang berupa berpura-pura menjadi polisi yang bertugas untuk mengecek jumlah uangmu dengan alasan keamanan. Namun, kamu sebaiknya berhati-hati karena biasanya semuanya hanya rekayasa belaka.

Nah, kamu juga sebaiknya mulai bertanya kepada manajer penginapanmu atau juga kepada warga lokal mengenai jenis scam yang biasa terdapat di tempat tersebut. Dengan demikian kamu menjadi dapat meningkatkan kewaspadaanmu.Itulah dia pembahasan mengenai Tips Wisata Aman berikutnya sekarang kamu dapat menikmati perjalanan wisata dengan aman dan nyaman. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam mempersiapkan perjalanan terbaik dengan seaman mungkin menuju ke suatu tempat.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg