BREAKING NEWS

Taman Wisata Alam Holiday Resort : Menyingkap Pelatihan Gajah Desa Aek Raso


Taman Wisata Alam Holiday Resort - NusaPedia - Taman Wisata Alam Holiday Resort merupakan pembahasan NusaPedia Magazine Kali ini.Taman Wisata Alam Holiday Resort merupakan salah satu pusat pelatihan gajah di sumatera utara setelah tangkahan dan aras napal yang keduanya berada pada wilayah Taman Nasional Gunung Leuser.
Taman Wisata Alam Holiday Resort

Taman Wisata Alam Holiday Resort

Yang terletak di Desa Aek Raso, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan merupakan satu objek wisata andalan di Labuhanbatu Selatan. Kawasan wisata dan penangkaran Gajah Sumatera ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 695/Kpts-II/1990 tanggal 27 Nopember 1990 dengan luas 4.963,75 Ha.
 
Secara geografis Taman Wisata Alam Holiday Resort terletak pada 137′-140 Lintang Utara dan 10015’50″-10012’30″ Bujur Timur. Sedangkan secara administratif termasuk Desa Persiapan Aek Raso. Konfigurasi lapangan Taman Wisata Alam Holiday Resort di bagian Utara bergelombang sampai berbukit ringan dan bagian Selatan relatif datar. terdapat daerah genangan berupa rawa-rawa atau air payau, yaitu di bagian tengah dan Selatan,dengan ketinggian antara 100 – 160 m dari permukaan laut.

Sejarah

Sebelumnya kawasan hutan Holiday Resort termasuk dalam Register 2/Kp. Torgamba dengan fungsi Hutan Produksi. Kemudian sebagian dari kawasan tersebut telah dikonversi menjadi areal perkebunan.Untuk menyelamatkan keberadaan sebahagian dari kawasan tersebut, pada tanggal 27 Nopember 1990 Menteri Kehutanan mengeluarkan Surat Keputusan No. 695/Kpts-II/1990 yang menetapkan peralihan fungsi menjadi Taman Wisata Holiday Resort. 

Kawasan ini diapit oleh perkebunan-perkebunan besar (perkebunan kelapa sawit), seperti PNP dan PT. Torgamba. Didalam kawasan juga terdapat koridor yang menghubungkan lokasi perkebunan dimaksud.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Taman Wisata Alam Holiday Resort
Flora yang terdapat dalam kawasan ini merupakan vegetasi hutan sekunder yang terdiri dari anakan pohon asli seperti Meranti (Shoerea sp), Kapur (Dryobalanops aromatica), Jabon (Antocephalus cadamba), Sungkai (Peronema canescens), Perdu (Eupathorium sp), Bambu (Bambusa sp), Medang (Litsea sp), Laban (Vitex sp), serta rumput-rumputan.

Hutan ini pada musim kemarau seringkali mengalami kebakaran, yang mengacam kegiatan Reboisasi. Usaha reboisasi telah berkali-kali dilakukan dengan berbagai jenis tanaman antara lain : Eukaliptus, Kayu manis, Mahoni, Akasia, jenis-jenis buah-buahan Durian, Kemiri, Nangka dll. Dengan adanya PLG saat ini ditanaman berbagai jenis tanaman makanan gajah a.1 : Kelapa, Tebu, Rumput gajah, bambu dan Pisang.

taman wisata alam holiday resortKawasan hutan Taman Wisata Alam Holiday Resort, benrbentuk segitiga yang dipagari oleh kebun sawit. Namun demikian jenis fauna cukup banyak terdapat terutama jenis burung seperti Perkutut (Geopelia striata), Murai batu (Copsychus delivutia), Jalak (Acridoteres fuscus) dll. Jenis mamalia yang terdapat adalah seperti Rusa (Cervus timorensis), Babi hutan (Sus vittatus), Kijang (Muntiacus muntjak), Monyet (Macaca fascicularis), Musang (Viveridae), Gajah (Elephas maximus).

Rencana jangka panjang pengelolaan Taman Wisata Alam Holiday Resort terdapat pemilihan kawasan untuk berbagai peruntukan, seperti : Lokasi Pusat Latihan Gajah, lokasi penangkapan satwa, arboretum dan lokasi wisata.Pusat Latihan Gajah ini dimaksudkan untuk mendidik/melatih gajah-gajah yang menggangu menjadi gajah jinak/latih agar dapat dimanfaatkan dalam menunjang kegiatan-kegiatan, seperti : pengangkutan kayu-kayu di perusahaan-perusahaan HPH yang membutuhkan, juga untuk kegiatan atraksi/hiburan dan pariwisata.

Pada hari-hari libur lokasi Taman Wisata Alam Holiday Resort ini ramai dikunjungi masyarakat baik sekedar untuk menyaksikan gajah-gajah yang sedang beraktraksi atau bahkan ada juga yang berfoto sambil menaiki gajah

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Untuk memncapai lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi sejauh lebih kurang 390 km selama 9 jam dengan rute perjalanan : Medan – Rantau Prapat – Kota Pinang – Cikampak – Aek Raso. Hanya saja kalau menggunakan kendaraan umum tidak dapat langsung ke tujuan melainkan harus menyambung menggunakan kenderaan umum yang menuju langsung ke lokasi Taman Wisata Alam Holiday Resort.

Bagaimana Dengan Akomodasinya..??

Taman Wisata Alam Holiday Resort
Taman Wisata Alam Holiday Resort merupakan wilayah yang menjadi naungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sumatera Utara,sehingga bagi Sahabat NusaPedia Yang ingin menginap di Taman Wisata Alam Holiday Resort dapat menghubungi petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sumatera Utara di Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 No 14 Marindal-Medan  untuk menginap Dan Berkemah Dapat menjadi Alternatif Untuk Anda yang Ingin Menikmati Keindahannya.

Untuk Sahabat NusaPedia silakan mencoba dan rasakan Tracknya.Mungkin Homestay atau tinggal di kantor resort Taman Wisata Alam Holiday Resort Adalah pilihan terbaik disana.selain menghemat biaya perjalanan anda juga dapat memperlajari kehidupan masyarakat di wilayah Taman Wisata Alam Holiday Resort.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Bila Sahabat NusaPedia tertarik mengunjungi Taman Wisata Alam Holiday Resort januari-hingga agustus adalah bulan kunjungan terbaik.dikarenakan wilayah sumatera utara pada bulan-bulan tersebut masuk kedalam musim kemarau sehingga kondisi jalan menuju lokasi wisata dapat di akses dengan mudah.

Know Before You Go...!!!!

  • Sangat bijak bila Anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa
  • Jas Hujan, Topi,Sleeping Bad Dan Sediakan Sepatu Boots
  • Disekitar lokasi, sesekali kita ada melihat papan peringatan yang menghimbau para pengunjung untuk tidak merusak lingkungan 
  • siapkan uang tunai sebelum mengunjungi Taman Wisata Alam Holiday Resort.
Jadi bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Anda tertarik Untuk Menyingkap Pelatihan Gajah Desa Aek Raso Jika Anda Berkunjung ke Sumatera Utara ,Sempatkanlah mengunjungi Taman Wisata Alam Holiday Resort , Taman Wisata Alam Sicike-cike , Gunung Sibuatan, Wisata Alam Tinggi Raja sebagai destinasi wisata anda,Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg