BREAKING NEWS

Gunung Sibuatan : Minim Informasi Namun Tak Minim Keindahan


Gunung Sibuatan - Sumatera Utara - Paket Pendakian Gunung Sibuatan 2 hari 1 Malam - Gunung (Deleng) Sibuaten adalah Gunung tertinggi di Sumatera Utara.salah satu gunung yang berada di sekitar Danau Toba, dan termasuk ke dalam Tumor Toba. Terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, gunung ini memiliki ketinggian 2.457 meter dari permukaan laut (mdpl).

 Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan

berada dalam ruang lingkup Bukit Barisan yang memiliki ekosistem hutan yang masih terjaga. Curah hujan cukup tinggi di wilayah ini, rata-rata 2000 mm per tahunnya, dan musim penghujan terjadi pada bulan September hingga Desember dan musim kemarau pada bulan Januari hingga Agustus. 

Jalan setapak dengan kemiringan hampir 80 derajat menjadi tantangan terbesar bagi para pendaki yang hendak meraih puncak Gunung Sibuatan. Tidak ada jalur rata dan sumber mata air, daya tahan fisik dan semangat sebagai modal utama dalam menapaki puncaknya.  

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Gunung Sibuatan Tergolong Unik,Dikarenakan Minimnya Informasi Mengenai Lokasi Sesungguhnya,Banyaknya Para Pendaki Yang Urung menemukan Lokasi Gunung Tersebut Menambah Ketertarikan Mereka Yang Ingin Menaklukan Puncaknya.Gunung Sibuatan.Gunung Ini Sendiri Memiliki Dua Puncak Yaitu Puncak Timur dan Puncak barat.

 Gunung Sibuatan
Pintu rimba Deleng Sibuaten berada pada kaki sebuah bukit kecil yang akan menghantar pendaki ke puncak gunung. Sebuah anak sungai akan menyambut anda dengan air yang bening. Altimeter menunjukkan ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. 

Menuju pintu rimba, Anda Akan Di Buat terkesan dengan bentang alam yang terhampar, dengan Deleng Sipiso-piso di belakang dan Deleng Sibuaten di depan Anda. Deleng adalah sebutan masyarakat sekitar untuk sebuah gunung.  

Vegetasi Hutan Perawan Merupakan Ciri Khas dari Gunung Sibuatan yang menambah keindahan selama anda menapaki jalurnya,tidak hanya itu,anda juga akan disuguhkan jenis tanaman kantung semar (Nepenthes) yang tumbuh di sembarang tempat. Ada yang tumbuh dan tetap di permukaan tanah, tetapi ada juga yang hidup merambat pada pepohonan

 Gunung Sibuatan
Selain tanaman kantung semar (Nephentes) sang pemangsa serangga, Anda juga dapat menemui beberapa jenis anggrek dengan berbagai ukuran dan warna. Kebanyakan tanaman ini tumbuh menempel pada tanaman lain, tetapi ada juga yang tumbuh di tanah.

Yang Paling Menarik dari Tumbuhan dan Vegetasi Gunung Sibuatan Terdapat Jenis katung Semar Yang Sangat langka yaitu Nepenthes xiphioides atau yang akrab di sebut katung semar toba,mengapa disebut langka karena bentuk tubuhnya yang berbeda dengan tanaman kantung semar (Nephentes) lainnya.

Pada ketinggian sekitar 2.250 mdpl medan yang sangat curam dengan vegetasi yang sangat rapat. Sangat sukar menembus jalur yang kadang tidak jelas justru membuat anda yang memiliki jiwa petualang semakin tertantang.Anda Akan menemukan perubahan pada tumbuhan sekitarnya. Vegetasi mulai terlihat sedikit seragam, baik dari segi jenis maupun ukurannya.

Hanya terdapat beberapa pohon berukuran kecil dengan tanaman perdu-perduan. Walaupun demikian, semua tumbuhan tersebut masih dihiasi lumut pada hampir setiap bagian tubuhnya.

Dari tempat yang sedikit terbuka, Anda dapat menyaksikan lampu-lampu Desa Merek yang mengabarkan senja. Tak banyak waktu yang Anda luangkan untuk istirahat. Selain menghemat waktu pendakian, terlalu lama berdiam di hutan lumut ini bisa membuat Anda membeku.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

 Gunung Sibuatan
Dari Medan, Anda Dapat menuju Desa Naga Lingga, Kecamatan Merek, dengan menumpang sebuah angkutan umum jurusan Medan-Sidikalang. Butuh waktu sekitar 3 jam untuk tiba di desa ini. Setelah membayar ongkos Rp 15.000 per orang, Anda pun tiba di Naga Lingga. Tentu saja NusaPedia tak perlu menggambarkan lagi pada Anda pemandangan yang sejuk sejak memasuki Kota Berastagi.

Desa Naga Lingga adalah desa terdekat dengan rute pendakian. Ada sekitar 200 kepala keluarga menetap di pemukiman yang berada di sebelah timur laut Gunung Sibuaten ini. Desa Naga Lingga dihuni oleh campuran suku Karo dan Toba yang pada umumnya adalah petani. Dari tatapan mata penduduk, Anda Akan yakin kalau mereka belum terbiasa dengan pendaki yang melintasi desanya. 

 Gunung Sibuatan
Dari Desa Naga Lingga, Anda berjalan sekitar 30 menit menuju pintu rimba dengan menyusuri jalur pedati. Kendaraan tradisional pedati memang alat pengangkutan yang paling efektif untuk lokasi yang Akan Anda lewati. Sepanjang jalan menuju pintu rimba, Anda dapat menyaksikan dari dekat aktivitas masyarakat di ladangnya. Di antara hamparan kebun sayur-mayur, sesekali terlihat tanaman jeruk dan kopi.

Pintu rimba Deleng Sibuaten berada pada kaki sebuah bukit kecil yang akan menghantar pendaki ke puncak gunung. Sebuah anak sungai menyambut Anda dengan air yang bening. Altimeter menunjukkan ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut.

Bagaimana Dengan Rute Pendakiannya ?

Untuk Lokasi Gunung Ini Berada Pada Titik Kordinat Latitude : 2° 56' 00" N dan Longitude : 98° 24' 00"E atau Bisa juga menggunakan Military Grid Reference System coordinates yang berada pada : 47NMD3332124242

RUTE TREKKING DESA LINGGA MENUJU PINTU RIMBA
Perjalan trekking desa lingga menuju pintu rimba sekitar 30 Menit dengan menyusuri jalur pedati.Sepanjang jalur ini Anda Akan Disuguhkan hamparan kebun sayur-mayur, sesekali terlihat tanaman jeruk dan kopi.

RUTE TREKKING PINTU RIMBA MENUJU LOKASI CAMP 1

Setelah satu jam berjalan, Anda Akan tiba pada ketinggian 1.700 mdpl. Jalan setapak sampai titik ini masih sangat jelas karena sering dilalui penduduk untuk mencari rotan dan berburu. Anda Akan melihat sebuah tempat yang cukup lapang untuk mendirikan tenda dengan anak sungai kecil di sebelahnya. Anak sungai ini adalah sumber air terakhir sebelum ke puncak.Artinya Anda harus membawa persediaan air dari tempat yang biasanya dijadikan camp I ini. di camp I. Dari sumber air terakhir, jalur pendakian mulai samar. Dikarenakan, aktivitas hiking ke gunung ini masih terhitung jarang

RUTE TREKKING CAMP 1 MENUJU LOKASI CAMP 2

 Gunung SibuatanSekitar 1,5 jam berjalan, Anda Akan tiba pada ketinggian sekitar 1.900 mdpl. Di sini, Anda Dapat menyempatkan diri beristirtahat sejenak, menghimpun tenaga untuk melalui jalur yang semakin sulit di depan. Tempat ini terasa sangat lembab. Banyak tanaman lumut menempel pada pepohonan .

Pada Camp 2 Anda Akan  menikmati berbagai jenis tanaman kantung semar (Nepenthes) yang tumbuh di sembarang tempat. Ada yang tumbuh dan tetap di permukaan tanah, tetapi ada juga yang hidup merambat pada pepohonan. Berbagai jenis serangga kecil terjebak pada kantungnya

RUTE TREKKING CAMP 2 MENUJU CAMP 3

 Gunung SibuatanPendakian Membutuhkan waktu Sekitar 2 jam.Pada ketinggian sekitar 2.250 mdpl, tim pendaki kembali harus berhenti untuk mengumpulkan tenaga. Kali ini di sebuah tempat yang sedikit terbuka setelah melewati punggungan yang tipis. Anda telah menempuh medan yang sangat curam dengan vegetasi yang sangat rapat. Sangat sukar menembus jalur yang kadang tidak jelas. 

Tapi di lokasi peristirahatan ini.Anda menemukan perubahan pada tumbuhan sekitarnya. Vegetasi mulai terlihat seragam, baik dari segi jenis maupun ukurannya. Hanya terdapat beberapa pohon berukuran kecil dengan tanaman perdu-perduan. Walaupun demikian, semua tumbuhan tersebut masih dihiasi lumut pada hampir setiap bagian tubuhnya. 

 Gunung Sibuatan
Dari tempat yang terbuka, Anda dapat menyaksikan lampu-lampu Desa Merek yang mengabarkan senja. Tak banyak waktu yang Anda luangkan untuk istirahat. Selain menghemat waktu pendakian, terlalu lama berdiam di hutan lumut ini bisa membuat Anda membeku

RUTE TREKKING CAMP 3 MENUJU PUNCAK TIMUR

Pendakian Membutuhkan waktu Sekitar 2 jam.tiba pada ketinggian sekitar 2.380 mdpl. Ini berarti enam jam sudah Anda berjalan menyusuri gunung. Kini pemandangan didominasi oleh perdu-perduan rendah yang kadang hanya setinggi orang dewasa. Kini Anda semakin dekat dengan puncak Timur.

Biasanya, sebuah pendakian selalu di akhiri antara pukul 17.00-18.00 WIB untuk menjaga stamina fisik dan kenyamanan perjalanan., kondisi medan sangat curam. Hal ini membuat sulit mencari tempat yang datar  Selain itu, vegetasinya sangat rapat. Bila Anda memaksakan diri membuka tenda, maka beberapa tanaman harus ditebas untuk melapangkan lokasi. Bayangkan bila setiap pendakian melakukan hal ini. Keasrian Deleng Sibuaten akan terganggu. 

 Gunung Sibuatan
Dari ketinggian 2.380 mdpl, tim pendakian akan  merangkak berlahan menembus rimbunnya tanaman perdu. Semakin lama, perdu-perduan makin kerdil sampai hanya sebatas lutut orang dewasa.

Sekitar 20 menit berjalan, Anda akhirnya tiba di sebuah hamparan tanaman perdu yang cukup luas. Di tempat terbuka ini, perdu tak lebih tinggi dari batas pinggang. Altimeter menunjukkan ketinggian 2.439 mdpl. Ini berarti anda sudah sampai di puncak timur Deleng Sibuaten. 

Menurut perhitungan, hanya butuh sekitar 45 menit dari sini ke puncak 2.457 mdpl. Sebaiknya Anda memutuskan menginap di sini, mengingat kondisi fisik yang sangat letih. Udara dingin segera saja menusuk tulang.

RUTE TREKKING PUNCAK TIMUR MENUJU MENARA PEMANTAU

Tidak ada pendaki yang mau kehilangan indahnya sunrise di Deleng Sibuaten. Apalagi cuaca cukup baik . Nun jauh di ufuk timur, di balik pegunungan yang membalut Danau Toba, matahari pagi muncul perlahan-lahan seperti kehadiran maharaja menuju tahta. Kicauan burung menyambut seperti ritual bumi yang paling kekal. Terasa sangat dramatis di sini.

 Gunung Sibuatan
Ekosistem Gunung Sibuatan memang masih asri. Harus diakui. Di sebelah timur, sisi barat Danau Toba dan Pulau Samosir meremang di sela-sela kabut pagi. Di sebelah utara, Gunung Sinabung dan Sibayak menyapa siang seperti dua raksasa buncit yang malas. Sementara di sisi selatan, lampu-lampu Kota Sidikalang tampak semakin redup sampai akhirnya padam sama sekali. Kehidupan dimulai lagi.

Hanya pemandangan ke sisi barat gunung yang tidak dapat disaksikan dari Puncak Timur. Di sana, Puncak Barat memblok mata seraya menyembunyikan satu lagi panorama yang akan menjadi tujuan akhir Anda

RUTE TREKKING MENARA PEMANTAU MENUJU PUNCAK BARAT

 Gunung Sibuatan
Meninggalkan Puncak Timur. Lalu menyusuri sebuah punggungan kecil menuju Puncak Barat. Jalan menuju puncak ini melalui sedikit hutan lumut dengan pepohonan yang tidak terlalu tinggi. 

Sepanjang itu, Anda kembali menjumpai berbagai jenis kantung semar dan anggrek liar. 

Dan menjelang Puncak Barat, setelah sekitar 30 menit berjalan, tanaman perdu yang cukup rendah kembali menggantikan vegetasi sebelumnya. 


Panorama dari tempat ini tak kalah menarik, ditambah jurang di sebelah kiri kanan.Sahabat TravelEsia merasa seperti berada di atas kehidupan beralaskan permadani hijau. 

 Gunung Sibuatan
Sekitar 45 menit berjalan turun naik, akhirnya Anda Akan tiba di puncak Deleng Sibuaten yang sebenarnya. Sebuah pilar beton bertuliskan SEC TRIANG No. 191 setinggi kurang lebih 1,5 meter menyambut siapa saja yang menjejakkan kaki di sini.

Pilar ini merupakan tanda triangulasi dengan ketinggian 2.457 mdpl.

Vegetasi di sekitar pilar hanya pepohonan kecil yang cenderung homogen. Dari tempat ini, Anda dapat menyaksikan bentangan hutan yang masih sangat hijau di bawah sana. Entah sampai kapan bentangan itu bertahan sebagai permadani hijau. 

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Gunung Sibuatan terletak di wilayah pedalaman, sehingga fasilitas dan akomodasi untuk wisatawan nyaris tidak ada, kecuali hanya beberapa rumah adat penduduk yang disediakan untuk menginap para pendaki gunung yang bermalam.

Untuk Pendaki silakan mencoba dan rasakan Tracknya.Mungkin Homestay Adalah pilihan terbaik disana.selain menghemat biaya perjalanan anda juga dapat memperlajari kehidupan masyarakat di wilayah pedalaman Gunung Sibuatan

Know Before You Go...!!!!

  • Paket Pendakian Gunung Sibuatana.Pendakian dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (September - Desember), Anda tidak disarankan melakukan pendakian disini
  • b.Tidak ada ATM di sekitar Gunung Sibuatan jadi siapkan uang tunai sebelum mengunjungi Gunung Sibuatan ini. Sangat disarankan untuk menyimpan uang Anda di tempat yang aman, terutama saat berada di sekitar Terminal Brastagi Dan Terminal Kabanjahe.
  • c.Telekomunikasi terbatas untuk provider Seluler. Anda dapat mengisi pulsa di desa merek
  • d.Pendaki pemula dianjurkan lebih berhati-hati untuk keselamatan.karena tidak adanya Rute pendakian,terakhir pendakian dilakukan pada tahun 2011 Oleh Peneliti Asal Negera German Yang Melakukan Pendakian Bersama team NusaPedia.jalur pendakian yang terkadang jalur tersebut juga tertimbun rumput dan lumpur serta tidak adanya petunjuk arah disana.di disarankan silahkan menggunakan Tour Guide Yang Sangat memahami kondisi alam Gunung
  • e.Kondisi Udara Yang Sangat Dingin Bisa Mencapai 16 Derejat Celcius.jadi anda disarankan bawalah tenda,sleaping bad dan sarung tangan yang tebal guna terhindar dari penyakit ketinggian.Kedinginan Udara di gunung ini bukan karena ketinggiannya,namun vegetasi hutan perawan dan ekosistem hutan yang tidak terjamah membuat kondisi cuaca disini menjadi begitu dingin
  • f.Masyarakat sumatera utara dan khususnya kota Berastagi,kabanjahe juga tidak mengetahui keberadaan gunung tersebut
Jadi Bagaimana Sahabat NusaPedia,Apakah Anda tertarik Untuk mendaki dan menjajakan kaki di  Gunung Sibuatan,jika anda tertarik untuk mendaki gunung sibuatan kini TravelEsia Menyediakan layanan Super Adventure Pendakian gunung Sibuatan akses Disini mengunjungi sumatera utara jadikanlah Gunung Sibuatan,Desa Tongging ,Kebun Teh Sidamanik ,gunung sinabung , Gunung Sibayak, air terjun dwi warna, air Terjun Sipiso-piso ,danau toba dan bukit lawang sebagai destinasi wisata anda.mari kita dukung indonesia sebagai destinasi wisata dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg