BREAKING NEWS

10 Kota Wisata Kuliner Terbaik Di Indonesia



Wisata Kuliner - 10 Kota Wisata Kuliner Terbaik Di Indonesia.Halo sahabat NusaPedia.Kali Ini NusaPedia ingin berbagi untuk sahabat NusaPedia semua mengenai 10 Kota Wisata Kuliner Terbaik Di Indonesia.Artikel Ini NusaPedia Rangkum Dari berbagai sumber dengan tujuan Agar menambah khasanah ilmu pengetahuan Kalian semua mengenai keanekaragaman wisata kuliner nusantara

Wisata Kuliner

Jalan-jalan ke suatu kota di Indonesia, tak lengkap kalau belum menyantap kuliner khasnya. Dari rendang di Padang hingga pisang epe di Makassar, Sahabat NusaPedia yang Suka  wisata kuliner tampaknya tidak begitu sulit menentukan kota tujuan. Hampir di tiap-tiap kota di Indonesia punya kuliner khas yang dijamin mampu menggoyang lidah Sahabat NusaPedia Semua.Berikut 10 Kota Dengan Wisata Kuliner Terbaik Di Indonesia Versi NusaPedia

10. Bandung

Wisata Kuliner indonesiaBandung dinobatkan jadi kota wisata kuliner favorit di Indonesia. Total, kota yang dijuluki Paris Van Java ini dipilih sebanyak 2.341 pembaca atau mendominasi dengan 59 persen.

Tak heran, Bandung memang punya banyak kuliner khas yang biasa jadi incaran traveler. Silakan pilih, anda mau makan mie kocok, siomay, batagor, peuyeum, karedok, atau surabi Bandung. Kalau mau menghabiskan waktu di Bandung sambil makan aneka kue di Bandung, anda bisa menuju Braga Permai di Jl Braga yang merupakan salah satu restoran tertua di Bandung.

Aneka kuliner di Bandung sangat mudah ditemui di mana saja. Baik dari penjaja makanan di pinggir jalan hingga di restoran-restoran di dalam mal. Apalagi, orang Bandung sangat kreatif dalam mengolah makanan. Mau liburan sambil berwisata kuliner? Yuk, ke Bandung!

9.Surabaya

Wisata Kuliner Indonesia
Apa yang terlintas di benak Sahabat NusaPedia saat mendengar Kata Surabaya? Selain museum dan bangunan bersejarah, Kota Pahlawan ini pun dikenal sebagai kota wisata kuliner. Surabaya ada di peringkat dua sebagai kota wisata kuliner favorit di Indonesia dan dipilih 635 pembaca atau 16 persen.

Kuliner khas Surabaya yang paling tersohor di Surabaya yakni rujak cingur. Rujak ini adalah campuran petis dan cingur. Untuk traveler yang belum tahu, cingur sebutan lain untuk hidung sapi. Rujak cingur terdiri dari beberapa bahan, seperti lontong, tahu, tempe, cingur, taoge, kangkung dan kacang panjang. Selain itu, rujak cingur juga ada yang berisi buah-buahan, seperti mangga muda, bengkoang dan nanas. Karena ada cingur, maka rujak ini baunya khas dan rasa hidung sapinya Tak hanya rujak cingur, aneka kuliner khas Surabaya yang mampu bikin anda ketagihan adalah rawon, tahu tek, nasi pecel, semanggi, lontong balap, dan sate klopo. Nyam! 

8.Padang

Wisata kuliner Indonesia
Kota mana yang jadi surga favorit bagi penikmat wisata kuliner di Sumatera? Padang adalah jawabannya. Ibukota Provinsi Sumatera Barat ini berada di peringkat tiga sebagai kota wisata kuliner favorit di Indonesia dan dipilih oleh 549 pembaca NusaPedia (14 persen).

Apa saja yang bisa anda santap di Padang? anda bisa menyantap rendang, dendeng balado, gulai ayam, gulai kepala ikan mas, dendeng batoko yang pakai minyak kelapa dan cabai hijau mentah, dan rendang paru. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler!

Tidak perlu pusing menemukan aneka makanan tersebut. Langkahkan kaki anda menyisiri pusat kota, ada banyak warung makan yang menjajakannya. Untuk oleh-oleh, jangan lupa membeli kripik sanjai, daka-daka, rendang kering atau kripik balado yang bisa anda bawa pulang sebagai camilan di rumah. Lamak bana lai!

7. Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

Wisata Kuliner Indonesia
Selain diberkahi oleh sejarah, budaya, dan peninggalan nan menawan dari kerajaan kuno, Yogya juga dikenal sebagai kota kuliner ternama di Jawa Tengah. Kuliner di kota ini punya ciri khas, yaitu rasa yang manis dan gurih yang mendominasi masakannya. Contoh paling mudah adalah gudeg, yang biasa disantap dengan aneka bacem.

Mulai dini hari hingga tengah malam menjelang, Kota Yogya akan siap menyambut Anda dengan keramahan masyarakat dan kuliner lokalnya. Gudeg biasa ditemukan di tiap sudut kota. Selain itu ada pula bakmi Jawa, gulai, tongseng, sate, nasi pecel, hingga sate klathak.

Sate klathak adalah kuliner khas Yogya. Daging sapi atau kambing dibakar dengan bumbu yang minim, dan ditusukkan pada potongan jeruji sepeda. Alih-alih disantap dengan bumbu kecap ataupun kacang, sate klathak disiram dengan kuah gulai. Nyam!

Malam harinya, angkringan yang tersebar di seluruh penjuru kota siap menjadi tempat Anda mengobrol santai dengan teman. Ada bir jawa dan kopi joss yang merupakan minuman khas lokal. Jangan lupa bawa oleh-oleh bakpia, juga aneka jenang, getuk, wajik, dan yangko yang manis dan legit.

6.Malang, Jawa Timur

Wisata Kuliner Indonesia
Satu lagi kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kulinernya. Ketika mendengar kata 'Malang', maka yang tercetus dalam pikiran Anda mungkin adalah 'bakso'. Benar sekali, kota ini memang terkenal dengan citarasa baksonya yang sangat nikmat. Percayalah, rasanya berbeda dengan 'bakso malang' yang Anda temukan di kota-kota lainnya!

Bakso tak hanya dinikmati dengan kuah seperti biasa, tapi juga dibakar. Bakso bakar ini sekarang sudah banyak penggemarnya. Selain bakso, Malang juga terkenal dengan buah apel yang punya citarasa khas. Jauhkan pikiran Anda dari rasa asam yang biasa hinggap di mulut ketika mengicip apel jenis ini. Karena apel malang yang asli, punya citarasa manis dan segar!

Apel Malang bisa dimakan langsung atau dijadikan beragam olahan. Keripik apel misalnya, merupakan buah apel yang dipotong lalu dikeringkan hingga mencapai tekstur renyah. Bahkan setelah jadi keripik pun, citarasa manis apelnya tak hilang!

Selain keripik, apel juga dijadikan beragam olahan seperti jenang dan selai. Bila berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan masakan tahu tek dan cwie mie malang. Malam harinya, semangkuk wedang ronde akan menjadi penutup yang hangat bagi hari Anda.  

5.Makasar

Wisata Kuliner Indonesia
Makassar tidak hanya punya kecantikan dari Pantai Losari atau Pulau Samalona saja. Terlepas dari wisata bahari, Makassar disematkan jadi kota wisata kuliner favorit di Indonesia dan dipilih 8 persen pembaca alias 333 suara.

Bagi traveler yang mau menyantap sop konro, datanglah ke Jalan Gunung Lompobattang, di belakang Gedung Bank Indonesia. Di sana ada Warung Sop Konro yang terkenal lezat. Sop konro dibuat dari daging sapi yang biasanya adalah iga sapi dan dicampur kuah sup, serta ditambahkan ketupat. Rasanya gurih dan bikin kenyang.

Selain sop konro, masih ada coto Makassar dan sop sodara yang jadi kuliner tersohor di Makassar. Kalau mau ngemil sambil memandangi pantai, sialakan datang ke Pantai Losari dan makan pisang epe. Pisang epe adalah pisang bakar yang punya aneka rasa, tinggal pilih mau rasa cokelat, durian, keju, atau rasa orisinil.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan di Makassar adalah es pallu butung. Es ini terbuat dari pisang kepok yang telah dikukus lalu dipotong-potong, bubur tepung beras dan disajikan dengan sirup berwarna merah. Nyam!

4.Cirebon

Wisata Kuliner Indonesia
Satu lagi kota di Jawa Barat selain Bandung yang jadi kota wisata kuliner favorit di Indonesia, adalah Cirebon. Cirebon berada di urutan lima dan dipilih oleh 112 pembaca, sekitar 3 persen saja.

Empal gentong adalah gulai khas Cirebon dan paling sering diincar traveler yang proses memasaknya memakai gentong tanah liat. Isi dari empal gentong biasanya adalah daging sapi, dan jeroan-jeroan sapi. Salah satu tempat makan yang terkenal enak menjajakan empal gentong adalah Warung Mang Darma. Namun kini banyak berjejer tempat makan empal gentong di daerah Plered, Cirebon.

Selain itu, masih ada nasi jamblang yang tak boleh Anda lewatkan saat melancong ke Cirebon. Nasi Jamblang merupakan sajian berupa nasi yang dibungkus dengan daun jati dan banyak lauk. Pilihlah lauknya sesuai selera, dari tempe goreng, tahu kuah kecap, telur dadar, paru, hingga ikan jambal goreng. Ada beberapa tempat makan nasi jamblang.

3. Palu, Sulawesi Tengah 

Wisata kuliner Indonesia
Semangkuk sup kaki sapi yang dinamakan kaledo jadi kuliner wajib turis yang berkunjung ke Palu di Sulawesi Tengah. Ini adalah makanan yang tak hanya menyuguhkan sup kaki sapi, tapi juga sumsum.Jangan ditanya soal rasa, hampir setiap orang yang mencoba pasti mengakui kelezatannya. Semangkuk kaledo paling nikmat jika disantap dengan air perasan jeruk nipis dan nasi panas. Semangkuk kaledo plus nasi dibandrol Rp 50.000, sedangkan kaledo tanpa tulang Rp 25.000. 

Wisata kuliner yang pertama yang bisa kita santap di Palu adalah Kaledo, kuliner ini terbuat dari tulang kaki sapi. Kuliner khas kota Palu ini terkenal sekali di daerah asalnya. Keistimewaan yang tercipta dari kuliner ini adalah rasa asam segar dari penggunaan bumbu asam jawa yang masih muda. Sebagai pelengkap, bawang goreng dibubuhi di atas kuliner ini. Penyajian kuliner ini biasanya disertakan garpu atau sumbit sebagai alat untuk mengorek daging yang terdapat di rongga tulang sapi. Bagi Anda pecinta masakan pedas, Anda bisa menambahkan sambal.

Uta Kelo merupakan Kuliner khas kota Palu satu ini terbuat dari daun kelor yang masih muda lalu dimasak dengan perasan santan dan beberapa rempah untuk menambahkan citra rasa. Masyarakat Palu membuat sayur ini menjadi identik karena penggunaan bahan bakunya. Tampilan dari kuliner satu ini tak jauh berbeda dengan sayur santan berbahan baku daun singkong yang sering kita temui di daerah lain. Perbedaannya adalah bumbu yang digunakan dalam sayur ini khas kota Palu.

2.Palembang

 Wisata Kuliner Indonesia
Sumatera jadi salah satu destinasi favorit kebanyakan traveler. Salah satu daerah yang menyuguhkan aneka makanan Pempek, es kacang merah, mie celor, tempoyak, dan tekwan adalah beberapa jenis makanan yang wajib Anda coba saat traveling ke Palembang.

Tak sulit untuk menemukan aneka makanan lezat di Palembang. Ada banyak toko dan rumah makan yang tersebar di kota. Anda pun bisa memilih sesuai dengan keinginan.Palembang selama ini dikenal melalui jembatan Ampera dan Sungai Musi. Selain itu, jika berbicara kuliner lezat khas Palembang, semua orang pasti akan langsung mengatakan ‘Pempek’.  Hal ini menandakan bahwa wisata kuliner di Palembang sudah menjadi ikon daerah.

Walaupun Palembang identik dengan  Pempek, di sini  ada berbagai macam jenis pempek. Ada pempek lenjer, pempek kulit, pempek adaan, pempek isi, hingga pempek jumbo yang dikenal dengan sebutan kapal selam. Semua makanan ini tentu saja tersedia di Palembang.

1.Medan - Sumatera Utara

Wisata Kuliner Indonesia
Medan adalah kota yang tepat bagi Anda untuk menyantap King of Fruit. Durian!Di kota ini, durian tak hanya bisa dinikmati sambil duduk santai di pinggir jalan. Durian juga dibuat beragam olahan yang nikmat, salah satunya pancake duren. Memang, bentuknya tidak pipih seperti 'pancake' dalam arti harfiah. Makanan ini lebih pada 'crepes' yang membungkus sebongkah besar durian tanpa biji. Bila masuk ke lidah, dijamin duriannya langsung lumer dalam mulut!

Jauh sebelum diciptakannya pancake duren, kue yang menjadi ikon Kota Medan adalah bika ambon. Kue ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman dan kerabat. Ibukota Sumatera Utara juga terkenal sebagai salah satu surga bagi pecinta wisata kuliner. Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah bolu meranti. Ini adalah kue bolu yang digulung, dengan cita rasa manis dan tekstur yang lembut.

Durian jadi kuliner lain yang wajib Anda cicipi. Daging buah yang tebal, lembut dan rasa manis jadi andalan buah khas Medan ini.

Jadi bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Anda tertarik Untuk Untuk Mengunjungi Salah Satu dari 10 Kota wisata kuliner Terbaik Di Indonesia.Mari Jadikan NusaPedia Sebagai Panduan Destinasi Wisata Anda dan Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg