BREAKING NEWS

Taman Nasional Lorentz : Surga Keanekaragaman Hayati Di Bumi Papua


Taman Nasional Lorentz - Taman Nasional Lorentz Bumi Papua Selalu Saja Menjadi Destinasi wisata Terfavorit di bagian indonesia bagian timur.Banyak sekali Tempat Wisata di Papua Barat yang dapat menjadi alternatif tujuan. Keindahan alamnya seringkali terlupakan karena lokasinya yang berada di kawasan paling timur Indonesia. Namun, jangan salah, karena keindahannya justru memikat para wisatawan, termasuk para turis mancanegara.

Taman Nasional Lorentz

dan Wisata alam di Papua Barat sangat beragam, namun yang paling dikenal ialah wisata pantai dan baharinya di sana. Berbagai pantai dengan suasana yang sangat eksotis menjadi andalan kawasan ini. Bahkan para turis manca Negara pun Rela jauh-jauh ke sana untuk menikmati wisata alam yang ada di Papua Barat tersebut.Salah Satunya adalah Kepulauan Raja Ampat dan Pulau Misool
 
Taman Nasional Lorentz terletak di 2 Propinsi yaitu Propinsi Papua tepatnya di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai dan Kabupaten Merauke serta Propinsi Papua Barat di Kabupaten Fak-Fak. Kawasan ini dahulunya masih berstatus Cagar Alam, baru setelah dikeluarkannya SK Menteri Pertanian pada tahun 1978 , kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional seluas 2.150.000 hektar yang kemudian diperluas lagi pada tahun 1997 sehingga luasnya menjadi 2.505.600 hektar.

Pada tahun 1999, Taman Nasional ini ditetapkan menjadi situs warisan dunia di Indonesia selain Taman Nasional Pulau Komodo dan Taman Nasional Ujung Kulon. Letak Taman Nasional ini membentang dari puncak gunung Jayawijaya dengan ketinggian 5.030 mdpl yang diselimuti oleh salju abadi hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakaunya di laut Arafura.

Oleh karena itu tidak salah bila taman nasional ini merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik.

Balai Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu diantara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

 Letak Taman Nasional Lorentz yang membentang dari puncak Gunung Jayawijaya (5.030m dpl) yang diselimuti salju, hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakau, membuat kawasan ini memiliki perwakilan ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik.

Dalam bentangan tersebut, terdapat spektrum ekologis yang menakjubkan dari kawasan vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah.

Sebagian besar dari kawasan ini merupakan hutan perawan yang memiliki beragam rupa keindahan alam. Mulai dari hutan bakau dan nipah yang berada di kawasan pantai, hingga hutan perawan di zona ekosistem sub-alpin dan alpin. Hutan bakau dan nipah, yang terletak di sisi selatan

Taman Nasional Lorentz memiliki akar-akar bakau yang tersusun rapi di atas permukaan laut. Akar-akar ini, seakan menjadi hiasan tepi pantai yang mengelilingi Taman Nasional Lorentz. Sementara itu, bagian barat, timur, dan utara, dipenuhi dengan pepohonan rimbun, yang diselingi dengan sungai-sungai, baik besar maupun kecil.

Aliran sungai ini, selain mampu menghiasi tepian gunung, juga membentuk air terjun di beberapa titik di kawasan taman nasional ini. Sebagian dari sungai-sungai ini, mengalir memasuki bumi Papua, dan membentuk sungai bawah tanah.

Keragaman flora di kawasan ini, diikuti dengan keragaman fauna juga. Dipaparkan, di kawasan ini terdapat sekitar 42 spesies mamalia, yang sebagian besar merupakan hewan langka, dan dua di antaranya merupakan spesies baru.

Mamalia yang ada di kawasan ini antara lain, kangguru pohon, landak irian, tikus air, walabi coklat, dan kuskus totol. Selain itu, kawasan ini juga dihuni oleh sekitar 45 jenis burung, salah satu yang paling terkenal dan langka adalah cendrawasih.

Sementara itu, diperkirakan terdapat lebih dari 1.000 spesies ikan, di antaranya adalah ikan kaloso atau yang populer dengan nama ikan arwana.Balai Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO dan Warisan Alam 

ASEAN oleh negara-negara ASEAN Selain memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, keunikan lain dari Taman Nasional Lorentz adalah keberadaan gletser di puncak Gunung Jayawijaya. Di Indonesia, gletser seperti ini hanya terdapat di Taman Nasional Lorentz.

Di sekitar kawasan gunung Jayawijaya ini pula, terdapat tiga buah danau besar, yakni Danau Larson, Danau Dyscovery, dan Danau Hoguyugu. Wisatawan yang mengunjungi kawasan taman nasional ini, tidak hanya dapat menikmati keindahan alam saja, namun juga dapat menikmati wisata budaya.

Kawasan ini, juga merupakan tempat bermukim suku Nduga, suku Dani Barat, suku Asmat, suku Sempan, dan suku Amungme. Kebudayaan masyarakat yang bermukim di kawasan ini telah ada sejak sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Kawasan Taman Nasional Lorentz sendiri, secara administratif meliputi tiga kabupaten di Provinsi Papua yakni, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai, dan Kabupaten Merauke. Sementara pada bagian barat kawasan ini, merupakan bagian dari Kabupaten Fak-fak, Provinsi Papua Barat, Indonesia.

Untuk mencapai Taman Nasional Lorentz, pengunjung dapat menggunakan pesawat perintis dari Kota Timika menuju bagian utara Taman Nasional Lorentz yang terletak di Kabupaten Paniai. Selain itu, dengan menggunakan pesawat perintis, pengunjung juga dapat terbang ke bagian selatan, tepatnya ke Kabupaten Merauke.

Dari kabupaten ini, pengunjung dapat menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma, dan dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi.

Harga tiket masih dalam konfirmasi. Namun, bagi pengunjung yang hendak mengujungi Taman Nasional Lorentz, dapat menghubungi terlebih dulu Balai Taman Nasional Lorentz, untuk konfirmasi cara mengunjungi kawasan taman nasional ini. Balai Taman Nasional Lorentz terletak di Jl. Raya Abepura, Kotaraja, PO BOX 1217, Jayapura, Papua Barat

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Di Taman Nasional Lorentz belum tersedia berbagai akomodasi dan fasilitas yang menunjang. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini disarankan untuk membawa peralatan berkemah yang memadai. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh alam untuk beristirahat, seperti gua, dataran rendah, danau, dan sebagainya.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Untuk menikmati keindahan Taman Nasional Lorentz dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (Desember-Maret) Lokasi Ini Sangatlah Dingin Dan Berkabut.Bahkan Di bagian tertentu anda kana menemukan salju abadi seperti di puncak jayawijaya

Know Before You Go

Sebagian besar kawasan ini merupakan hutan yang belum terjamah oleh manusia alias masih alami. Sebanyak 34 tipe vegetasi berada di kawasan ini diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan, hutan pegunungan dan lainnya. Tanaman bakau dan juga nipah menghiasi sebagian besar sisi selatan kawasan ini.
  • Karena masih alami untuk akomodasi,Jadi sangat disarankan membawa perbekalan yang cukup seperti tenda ataupun peralatan lainnya. Pengunjung bisa menggunakan gua ataupun dataran rendah untuk beristirahat.
  • Lokasi  Taman Nasional Lorentz sangatlah jauh dari pemukiman warga,jadi disarankan bawalah Peta Handy Talky,GPS yang mendukung barometer dan altimeter serta petunjuk arah seperti kompas agar anda tidak tersesat disana
  • Hampir 87 % vegetasi disana adalah hutan hujan,hutan daratan rendah hingga tinggi dan juga hutan bakau yang memiliki curah hujan yang sangat tinggi setiap tahunnya,jadi persipkanlah perlengkapan yang memadai seperti baju hangat,sleaping bed,anti serangga,sepatu tracking dan tentunya obat-obatan yang memadai untuk penanggulang pertama bila terjadi hal yang tidak di inginkan
  • Tidak Adanya ATM di sekitar Taman Nasional Lorentz,Jadi Disarankan Bawalah Uang Yang Cukup,agar perjalanan anda lebih menarik
  • Terbatasnya Komunikasi Seluler Di Taman Nasional Lorentz jadi anda disarankankan bawa lah Handy Talky yang berguna memantau informasi terkini dari  Balai Taman Nasional Lorentz

Menarik Bukan Sahabat NusaPedia. bagi Sahabat NusaPedia yang penasaran dan ingin merasakan keindahan dan keragaman Taman Nasional Lorentz jangan lupa berlaku jujurlah kepada pemandu wisata anda,karena pendapatan mereka sehari-hari hanyalah melalui Taman Nasional Lorentz ini.mari kita dukung indonesia menjadi destinasi wisata dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg