BREAKING NEWS

Tahan Tawa! Ini 20 Pelayanan Konyol Hotel Dunia untuk Para Tamunya


Dalam bisnis seperti perhotelan, kepuasan tamu atau konsumen menjadi prioritas utama. Ketika tamu merasa mendapatkan pelayanan yang baik, ia akan mendapatkan pengalaman berkesan dan menjadi konsumen tetap. Lebih jauh lagi di era digital ini, mereka dapat membuat ulasan baik yang dapat meningkatkan citra baik hotel itu. Tentunya, semua akan berdampak baik pada perkembangan bisnis hotel itu.

Karena itu, setiap hotel mencoba menjadi lebih kreatif dalam memberikan pelayanan terbaik pada para tamu yang menginap di tempatnya. Lebih dari sekadar memuaskan para tamunya, beberapa hotel ini mencoba memberikan pelayanan unik yang membuat tamunya terkejut, bahkan terkagum-tagum dengan keunikan yang mereka temui saat menginap! Seperti apa pelayanan itu?
Melansir dari BoredPanda, tengok foto-foto di bawah ini.

1. Benteng bantal yang perlu dilindungi


Images Source : imgur.com/NoYolo4Jesus
Seorang tamu hotel bercerita ketika ia mengingap di hotel bernama Fort Hampton, dirinya dikejutkan dengan adanya sebuah benteng bantal yang tersusun di kamarnya. Rupanya, hotel itu memiliki peraturan pada setiap tamunya untuk bermain dan melindungi benteng tersebut dalam segala kondisi! Wah, jadi ingat masa kecil, nih. Siapa yang suka bermain menyusun benteng bantal di kamarnya?

2. Bawa sabun batang ini pulang


Images Source : Reddit.com/TroutingAround
Sebuah hotel memiliki imbauan pada tamunya untuk membawa sisa sabun batang yang telah digunakan selama menginap. Imbauan ini dilengkapi dengan alasan kalau sabun batang tersisa itu akan menjadi limbah sia-sia karena nggak akan dapat dipakai lagi oleh tamu selanjutnya. Jadi dengan membawanya, para tamu turut menjaga lingkungan dan hemat produk.

3. Kartu untuk kembali pulang

Images Source : Reddit.com/why_im_single

Sebuah hotel di China memberikan kartu pada setiap tamunya. Rupanya, kartu tersebut berisikan peta jalan menuju hotel itu, lengkap dengan kalimat "Please Take Me To (nama hotel)". Kartu ini sangat berguna bagi turis asing yang sulit berbahasa China, mengingat warga negara lokal juga lebih bisa membaca dengan huruf kanji.

4. Koneksi laptop ke televisi di hotel

Images Source : Reddit.com/4kVHS

Sebuah hotel menyediakan akses koneksi berbagai perangkat ke televisi dalam setiap kamarnya. Akses koneksi ini sangat berguna pada tamu yang ingin menyambungkan laptopnya ke televisi untuk mendapatkan tampilan layar yang lebih lebar. Menarik, ya?

5. Pemakaian ulang handuk lama menjadi lap

Images Source : Reddit.com/SlipperyPockets

Handuk nggak selalu selama terlihat bersih seperti pertama kali dipakai, bukan? Alih-alih dibuang, salah satu hotel menjadikan handuk lamanya yang terlihat usang sebagai lap. Handuk itu ditempatkan di masing-masing kamar dengan imbauan kalau handuk lama itu bersih, namun sudah nggak terlihat seperti baru. Tapi, tamu dapat menggunakannya sebagai lap untuk membersihkan noda yang didapat selama menginap.

6. Ada buku Fifty Shade of Grey yang ditinggalkan seorang tamu

Images Source : Reddit.com/Jonathan3240

Kali ini, ada seorang staf hotel yang menemukan buku berjudul Fifity Shade of Grey yang tertinggal di salah satu kamar. Alih-alih mendiamkan atau menyimpannya, staf ini justru membuat sesuatu yang kreatif dengan buku tersebut. Hasilnya? Cek foto ini!

7. Bebek plastik untuk menemanimu mandi

Images Source : Reddit.com/Shark Farts

Sebuah hotel menempatkan bebek plastik berwarna kuning yang menggemaskan di setiap kamarnya. Bebek ini menjadi salah satu toiletries yang akan menemanimu saat mandi. Sebagian pengunjung hotel mengaku sangat senang dengan kejutan kecil ini.

8. Kelapa pemantau cuaca


Images Source : Reddit.com/petilon
Sebagian hotel memiliki kolam renang luar ruangan dan tamu dapat menikmatinya. Namun jika kondisi cuaca nggak mendukung, niat bersenang-senang itu harus tertunda sejenak. Sebuah hotel mencoba memudahkan pemantauan cuaca agar para tamu dapat berenang dengan nyaman. Namun nggak disangka-sangka, pemantauan cuaca itu dilakukan dengan kelapa!

9. Jam sarapan dan check-out yang diperpanjang

Images Source : Reddit.com/mjomark

Sebuah hotel memberlakukan jam sarapan dan jam check-out yang lebih panjang di hari Minggu. Peraturan ini dibuat mengingat ada banyak pengunjung di hotel sehingga menyulitkan tamu untuk sarapan dengan tenang, dan keluar menjadi tergesa-gesa. Peraturan seperti mendapat apresiasi dari banyak tamu dan mereka berharap semua hotel memberlakukan hal yang sama!

10. Kamar hotel berupa mobil RV dalam ruangan

Images Source : Reddit.com/Proteon

Ingin tinggal di hotel yang unik? Kamu harus coba datang ke Jerman. Ada salah satu hotel yang membuat desain dengan menjadikan mobil van RV sebagai kamar hotel. Namun, jangan khawatir jika kamu takut outdoor. Hotel ini menempatkan seluruh kamar van-nya di dalam ruangan. Pemiliki hotel juga mendesain seluruh dinding dan atap dengan lukisan alam sehingga nampak seperti outdoor. Mau coba ke sini?

11. Hotel bekas stasiun kereta api

Images Source : Reddit.com/spongecandybandit

Ada sebuah hotel yang dibangun dari bekas stasiun kereta, dengan kereta api di dalamnya. Alih-alih membuang kereta itu, pemilik hotel justru menjadikan kendaraan lama itu sebagai salah satu kamar. Tiap-tiap gerbong kereta dijadikan kamar tempat menginap para tamu. Keren, ya!

12. Menu untuk anak-anak yang bingung

Images Source : Reddit.com/graveyaardvark

Anak-anak terkadang sulit diajak makan. Mereka sering kali bingung untuk menentukan menu makanan yang ingin disantap. Mengerti akan hal ini, sebuah hotel menyiapkan menu makanan dengan nama yang unik untuk memudahkan orang dewasa dalam memilih. Rasanya, menu seperti ini juga dapat berguna jika sedang menginap dengan pasangan, ya? Karena pasangan seringkali bilang "Terserah" kalau ditanya makanan. Ups!

13. Handuk khusus membersihkan makeup

Images Source : Reddit.com/Jackinmybox

Seakan mengerti kalau perempuan sering menggunakan handuk hotel saat membersihkan makeup. Sebuah hotel menyediakan hantuk berwarna hitam dengan tulisan "Makeup remover". Dengan begitu, tamu yang ingin membersihkan makeup dapat menggunakan handuk itu dan nggak mengotori handuk putih yang dipakai untuk mandi.

14. Stop kontak beragam untuk tamu dari luar negeri

Images Source : Reddit.com/bide1

Jika bepergian ke luar negeri, satu hal yang sering terlupakan adalah membawa extender atau adaptable charger untuk mencolokkan gawai ke stop kontak. Sebab, masing-masing negara memiliki bentuk stop kontak yang berbeda. Namun, beberapa hotel sudah menyediakan beragam variasi stop kontak dalam kamarnya sehingga memudahkan turis luar negeri untuk mengisi daya perangkatnya tanpa memerlukan adaptable charger.

15. Handphone gratis saat menginap

Images Source : Reddit.com/the_irrelevant_fox

Sebuah hotel menyediakan handphone Android yang dapat digunakan tamunya ketika menginap. Handphone ini sudah memiliki data internet dan pulsa yang dapat digunakan oleh tamu secara gratis. Wow, hotel manakah ini?

16. Rak buku di sebuah hotel

Images Source : Reddit.com/sesame3246

Suka membaca? Ada sebuah hotel yang menempatkan rak buku dalam salah satu ruangan di hotelnya. Nggak hanya sekadar tempat menyimpan buku, rak itu memiliki tulisan kasat mata yang berkata, "Take A Book, Leave  A Book". Keren banget!

17. Lemari pinjam benda

Images Source : Reddit.com/queefpro

Sebuah hotel memiliki lending locker yang berisikan barang-barang berguna untuk menginap. Barang-barang ini dapat tamu pinjam untuk kebutuhannya. Namun, jangan lupa mengembalikannya agar dapat dipakai oleh tamu lainnya, ya!

18. Gradasi warna karpet yang mengelabui mata

Images Source : Reddit.com/TwineTime

Sebuah hotel menggunakan karpet dan lampu dengan warna gradasi yang menimbulkan efek menarik. Ruangan seperti koridor ini terkesan terpisah karena permainan warna lampu dan karpet. Efek ini juga dapat mengelabui mata dan membuatmu jadi salah langkah atau mengira ada ruang di kanan dan kiri.

19. Mesin pembuat pancake yang mudah

Images Source : Reddit.com/Strangepowers

Membuat pancake terlihat mudah, padahak kenyataan cukup sulit. Sebuah hotel memiliki mesin pembuat pancake yang memudahkan tamu dapat membuat sarapannya sendiri secara otomatis. Kira-kira, alat seperti ini dapat dibeli di mana, ya?

20. Hotel bekas penjara

Images Source : Reddit.com/pistrel

Sebagian hotel dibangun dari bekas tempat tertentu, salah satunya penjara. Terkadang, sejarah ini menjadikan hotel tersebut terlihat seram. Namun, salah satu hotel bekas penjara di Inggris akan membuatmu terkagum-kagum. Pasalnya, tanpa membongkar ulang desain bangunan, pemilik hotel menjadikan ruangan penjara ini menjadi lebih menawan dan elegan. Tertarik menginap di sini, Bela?

Inilah sebagian hotel yang memiliki pelayanan unik dan menarik untuk para tamunya. Ada yang membuat peraturan tertentu, ada yang menyuguhkan desain yang menawan, serta ada pula hotel yang memberikan pelayanan lucu untuk para tamunya. Apa kamu pernah mendapatkan pelayanan berkesan dari hotel tempatmu menginap?

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg