BREAKING NEWS

Menu

8 Hal Tentang Gunung Rinjani Yang Sebaiknya Kamu Tahu


Gunung Rinjani - NusaPedia - Gunung Rinjani - merupakan salah satu gunung paling “diburu” oleh setiap pendaki di Indonesia. Tentu ada alasan yang melatar belakanginya. Gunung ini mempunyai keindahan alam yang sungguh mempesona. Banyak yang bilang bahwa Rinjani merupakan gunung dengan jalur pendakian terindah di Indonesia. 

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani 

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya. Gunung, laut, persawahan, semuanya memperlihatkan betapa indahnya
Indonesia. Salah satu pesona alam Indonesia adalah Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, memang merupakan salah satu pilihan bagi para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagaimana tidak, cerita yang tersebar tentang keindahannya, membuat setiap pendaki pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Mendaki Gunung Rinjani tentu akan menjadi sebuah pengalaman menyenangkan dan tak akan pernah terlupakan. Namun, ada baiknya untuk mempelajari lebih jauh tentang gunung ini terlebih dahulu supaya chemistry pendakian menjadi semakin kuat. Berikut ini adalah 8 hal tentang Gunung Rinjani yang sebaiknya kamu tahu.

1. Merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia 

Gunung Rinjani
Selain pemandangannya yang indah, salah satu hal yang membuat pendakian ke Gunung Rinjani semakin greget adalah statusnya sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini merupakan salah satu anggota dari Seven Summits Indonesia, sebuah istilah untuk menyebut tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Tinggi Gunung Rinjani sendiri mencapai 3.726 mdpl. Khusus untuk gunung berapi, tinggi Gunung Rinjani menempati urutan kedua setelah Kerinci di Sumatra. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para pendaki jika sukses menaklukkan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. 

Gunung ini merupakan bagian dari cincin api yang terkenal dan memegang peranan penting dalam aspek kehidupan spiritual masyarakat setempat. Diperkirakan bahwa nama Rinjani berasal dari istilah jawa kuno yaitu tuhan. Di sekitar lereng gunung Rinjani terdapat hutan lebat yang terperciki air terjun yang dikelilingi pemandangan yang luar biasa indahnya. Di dalam kawasan gunung terdapat danau berbentuk sabit yaitu Danau Segara Anak yang luar biasa berjarak sekitar 6 km bersebrangan dengan titik terlebarnya.  Danau sulfur ini berada 600 m di bawah lereng kawah. 

Gunung Rinjani terbentang di Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman dengan luas 41.330 ha dan di dalamnya terdapat zona transisi garis wallacea. Di tempat inilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan flora dan fauna Australia. Taman nasional ini didirikan tahun 1997 dan merupakan salah satu dari 40 taman nasioanl yang ada di Indonesia.

2. Punya “anak” yang aktif

Gunung Rinjani
Gunung di atas gunung. Terdengar seperti hal yang aneh namun hal itu akan kita temukan di Rinjani. Gunung Rinjani memiliki kaldera yang sangat luas. Kaldera tersebut membentuk sebuah danau yang sangat cantik dipandang dari mana saja. Nah, persis di tepi danau ini ada sebuah gunung api aktif. Gunung ini sering disebut sebagai Gunung Barujari. 

Gunung Barujari memang disebut sebagai anak Gunung Rinjani lantaran posisinya yang menyatu dengan Gunung Rinjani. Barujari terletak di sisi timur kaldera Rinjani.

Beberapa orang juga menyebutnya sebagai anak Gunung Rinjani. Meski tidak tinggi, efek letusan yang diakibatkan oleh Gunung Barujari juga cukup besar. Seperti beberapa waktu lalu misalnya. Akibat erupsi Gunung Barujari, beberapa jadwal penerbangan di Lombok, Bali dan Jawa Timur terpaksa ditunda. Meski ganas, Gunung Barujari ini terlihat sangat cantik dilihat dari puncak Rinjani serta tepi danau.

3. Danau Segara Anak yang cantik

Gunung Rinjani
Inilah danau yang dimaksud, Segara Anak. Segara Anak adalah salah satu alasan kenapa banyak orang ingin sekali mendaki Gunung Rinjani. 

Meski harus menempuh perjalanan yang sangat jauh dan melelahkan, rasanya akan plong jika sudah berada di tepi danau ini. Rasa lelah terbayar sudah. Danau Segara Anak sendiri berada di ketinggian 2.010 mdpl, membuatnya masuk daftar salah satu danau tertinggi di Indonesia. Di sekitar danau ini terdapat area lapang yang biasa digunakan para pendaki untuk bermalam. Dibutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan untuk sampai ke danau ini, baik dari jalur Senaru maupun Sembalun.

4. Punya dua jalur pendakian resmi

Gunung Rinjani
Hal Tentang Gunung Rinjani Yang Sebaiknya Kamu Tahu Gunung Rinjani punya dua jalur pendakian resmi yakni Senaru dan Sembalun. Jalur Senaru berada di Kabupaten Lombok Utara sedangkan jalur Sembalun berada di Kabupaten Lombok Timur. 

Mendaki dari mana saja kita akan mendapatkan pemandangan yang sama indahnya. Namun, sebagian besar pendaki biasanya melakukan perjalanan naik melalui salah satu dari dua jalur tersebut lalu turun melalui jalur yang lainnya. Alasannya, supaya bisa merasakan sensasi keduanya.

5. Puncaknya dikenal dengan nama Puncak Dewi Anjani 

Gunung Rinjani
Setiap gunung di Indonesia punya puncak dengan namanya masing-masing. Puncak Gunung Kerinci dikenal dengan nama Puncak Indrapura, Puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Puncak Mahemeru. Lalu, apa nama puncak dari Gunung Rinjani? Puncak Dewi Anjani. Begitulah orang-orang menyebut nama puncak Gunung Rinjani. Dewi Anjani sendiri merupakan salah satu tokoh dewi dalam cerita pewayangan. Namanya juga dewi, ya sudah pasti cantik. Sama seperti Gunung Rinjani yang juga cantik. 

Masyarakat setempat begitu percaya jika Gunung Rinjani memiliki kekuatan mistis. Konon, di gunung itulah terdapat komunitas makhluk gaib. Orang-orang juga percaya jika Dewi Anjani juga bersemayam di gunung tersebut.

Dari arah puncak ke arah tenggara terdapat sebuah kaldera lautan debu yang dinamakan Segara Muncar, dipercaya pada saat-saat tertentu istana ratu jin akan terlihat. Beberapa kali dalam setahun, orang-orang bahkan melakukan perjalanan menuju air terjun kokok putih dan juga air panas untuk tujuan pengobatan.

6. Sedang dalam proses menuju Global Geopark

Gunung Rinjani
Saat ini Indonesia baru punya dua Global Geopark yakni Gunung Batur di Bali serta serta Gunung Sewu di Jawa. Dalam waktu dekat, kemungkinan besar Gunung Rinjani akan masuk dalam daftar Global Geopark. Apa itu Global Geopark? Global Geopak merupakan jaringan UNESCO yang terdiri atas situs serta bentang alam tertentu. Untuk bisa masuk dalam daftar ini sebuah kawasan harus memenuhi beberapa kualifikasi tertentu, termasuk di antaranya adalah kebudayaan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Jika berhasil menjadi Global Geopark, nama Gunung Rinjani tentu akan semakin dikenal oleh masyarakat dunia. 

Hendak mendapatkan pengakuan sebagai geopark dunia, Gunung Rinjani disyaratkan harus memiliki perbedaan dari Gunung Batur yang berada di Bali. Sebab keduanya sama-sama memiliki karakteristik gunung berapi aktif. Sementara Gunung Batur telah mendapatkan predikat geopark dunia lebih dulu dari Rinjani.

Pemprov NTB diberi rentang waktu dua tahun untuk menyelesaikan sepuluh rekomendasi yang diajukan UNESCO. Untuk menjadikan Rinjani masuk dalam jaringan UNESCO Global Geopark (UGG). Dan selain rekomendasi pertama itu, beberapa rekomendasi lain juga telah dipenuhi, meski tidak berperan signifikan dalam kelulusan Rinjani sebagai geopark dunia.

7. Wacana pembangunan kereta gantung 

Gunung Rinjani
Wacana pembangunan kereta gantung sesungguhnya sudah lama terdengar. Tak cuma Rinjani, beberapa gunung populer di Pulau Jawa juga diwacanakan akan dibangun Kereta Gantung. Wacana ini tentu membuat jengkel para pendaki. Di sisi lain, pembangunan kereta gantung akan memudahkan wisatawan non-pendaki untuk turut bisa menikmati keindahan alam Gunung Rinjani. 

Merealisasikan wacana kereta gantung tentu tak semudah yang dibayangkan. Setiap gunung sesungguhnya punya kearifan lokal tersendiri. Penentangan dari masyarakat yang tinggal di sekitarnya pasti akan ada. Perdebatan tentang kereta gantung tak akan pernah ada habisnya bahkan jika pada akhirnya rencana itu benar-benar direalisasikan. Kalau kamu bagaimana, setuju atau tidak?.

8. Merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia 

Gunung Rinjani
Untuk penegasan saja. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung dengan jalur pendakian terindah di Indonesia. Bahkan ada yang berpendapat bahwa gunung ini punya jalur pendakian terindah di kawasan Asia Tenggara. Tentu saja kita hanya bisa membuktikan pendapat-pendapat itu ketika kita sudah melihat sendiri seperti apa sebenarnya keindahan itu. Satu-satunya cara adalah mendaki. So, let’s go to Rinjani.

Taman Nasional Gunung Rinjani membingkai keunikan Gunung Rinjani yang berdiri sejak 1997. Taman ini memiliki luas mencapai 41.330 ha yang menyimpan Garis Wallacea sebagai zona transisi. Di kawasan ini hidup flora dan fauna khas Asia Tengara dan Australia.
Pendaki akan melalui rute pendakian selama empat sampai lima hari, dimulai dari Senaru menuju lereng kawah, turun ke kawah danau, kemudian dilanjutkan ke Sembalun Lawang yang populer sebagai tempat penjelajahan paling baik di kawasan Asia Tenggara. Bagi trekker sejati akan melanjutkan petualangan menuju puncak gunung api.

Bagaimana Sahabat NusaPedia 8 Hal Tentang Gunung Rinjani Yang Sebaiknya Kamu Tahu sudah membuat kamu ingin menapaki keindahannya.Jadikan NusaPedia sebagai reperensi wisata mu

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg