BREAKING NEWS

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia


Melihat matahari terbenam atau sunset adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Lalu, apakah kita dapat menikmati pemandangan matahari terbenam ini di Indonesia? Jawabannya tentu saja bisa. 

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang dapat kamu sambangi untuk melihat sunset terbaik. Ya, Indonesia yang terkenal dengan banyak pantai cantiknya tentu saja mampu menawarkan pemandangan matahari terbenam yang cantik. 

Sahabat nusapedia, Wilayah Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa yang menyebabkan Indonesia beriklim tropis, memiliki curah hujan tinggi dan memiliki sinar matahari tinggi sepanjang tahun.

Dengan paparan sinar matahari tinggi sepanjang tahun, Indonesia berpotensi menggunakannya untuk menghasilkan energi listrik. Wilayah terpencil yang belum terjangkau jaringan listrik dapat menggunakan panel surya sebagai alternatif untuk menghasilkan energi untuk penerangan dan kegiatan lainnya.

Bila dibahas dari segi pariwisata,indonesia yang notabene selalu saja memiliki sinar matahari tinggi sepanjang tahun justru dapat menarik para pengunjung dari luar negeri untuk menikmati suasana dan cuaca trofis ala indonesia.

Wilayah tropis membuat adanya pantai tropis dan terumbu karang yang merupakan obyek wisata populer. Misalnya adalah pantai di Bali dan Lombok serta terumbu karang di Raja Ampat, Derawan, Bunaken dan Wakato

Wah ternyata, bukan hanya pantai namun juga ada destinasi wisata lainnya yang mampu menawarkan pemandangan pantai cantik yang indah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam pantai terbaik untuk melihat sunset di Indonesia. 

Nah, daftar kali ini akan dibuat secara acak. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1.Danau Toba - Sumatera Utara

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk menyaksikan sunset terbaik. Ya, destinasi wisata ini adalah Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara.Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik indah yang dimiliki oleh Indonesia. Danau ini memiliki luas yang mencapai hingga 1.145 kilometer persegi. 

Selain itu, danau ini juga terlihat seperti lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.Selain disebut sebagai danau terluas, Danau Toba ini sendiri merupakan danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai sekitar 450 meter. Nah, di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. 

Pulau Samosir ini memiliki dua danau kecil yang bernama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.Pulau Samosir sendiri bukanlah merupakan pulau yang kosong. Ya, di dalamnya ditinggali oleh suku Batak Samosir. Selain itu, Suku Batak yang tinggal di Pulau Samosir ini masih memegang teguh kepercayaan leluhur.

Bagi masyarakat Batak yang tinggal di sekitar Danau Toba ini, danau ini bukan hanya merupakan tempat wisata alam yang memiliki kecantikan luar biasa. Mereka percaya bahwa Danau Toba merupakan tempat bersemayamnya tujuh dewi suku Batak yang biasa disebut dengan Namborru.

Setiap kali akan melakukan kegiatan di sekitar danau, biasanya masyarakat akan berdoa terlebih dahulu agar kegiatan tersebut diberikan kelancaran.Keunikan dan keindahan Danau Toba tentu dapat membuatmu merasa tertarik dan ingin mengunjunginya. Nah, untuk melengkapi keseruan perjalanan wisatamu ketika mengunjungi Sumatera Utara, jangan lupa untuk mengunjungi danau cantik yang satu ini.

Danau Toba juga rupanya memiliki keindahan lain dalam bentuk panorama matahari terbenam. Ya, bagi kamu yang ingin menyaksikan pemandangan sunset terbaik, kamu tentunya dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata indah yang satu ini.

2.Gili Trawangan

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk melihat sunset terbaik di Indonesia. Destinasi wisata yang satu ini adalah Gili Trawangan. Pulau Gili sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang paling wajib dikunjungi di Lombok. Aktivitas yang wajib kamu coba di Gili Islands adalah snorkeling.

Kamu dapat mengambil paket snorkeling ke 3 Gili yang dibimbing oleh seorang tour guide yang berpengalaman. Guide tersebut akan menjemputmu dan mengantarmu berkunjung ke titik-titik snorkeling terbaik di Pulau Gili.Di Gili Trawangan, kamu akan diajarkan cara menggunakan perlengkapan snorkeling hingga akhirnya kamu akan merasa terbiasa. Kemudian, barulah guide tersebut mengantarmu mengunjungi spot-spot snorkeling terbaik.

Di Gili Trawangan, kamu dapat melihat karang biru serta ikan hias beraneka ragam yang cantik. Setelah puas mengelilingi Gili Trawangan, kamu dapat melihat Gili Meno dan Gili Air yang terkenal dengan ikan hias, penyu dan karang biru.Paket snorkeling yang ditawarkan adalah sekitar Rp 100.000,00 hingga Rp 200.000,00 lengkap dengan guide dan menyewa peralatan snorkeling. Selain snorkeling, aktivitas lain yang dapat kamu coba di Pulau Gili adalah berenang bersama penyu.

Kamu juga dapat memesan makan siang dan melanjutkan snorkeling setelah selesai makan siang. Jika kamu ingin bersantai sejenak, kamu dapat mencoba untuk sunbathing di pantai sambil menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang indah.Gili Trawangan juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset. Hal ini karena kamu akan dapat menyaksikan keindahan langit yang berwarna jingga ketika kamu melihat destinasi wisata yang satu ini.

3.Pantai Tanah Lot

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Salah satu destinasi wisata terbaik yang dapat kamu kunjungi untuk melihat sunset adalah Pantai Tanah Lot. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Bali. Objek wisata ini sangat terkenal dengan pura yang terletak di atas tebing. Nah, rupanya keindahan ini juga yang membuat potret matahari terbenam di Tanah Lot juga sangat indah.Pura Tanah Lot sendiri merupakan bagian dari Pura Kahyangan di Bali. 

Pura ini memiliki tujuan untuk memuja dewa penjaga laut. Pura Tanah Lot juga akan dikelilingi oleh air ketika air laut sedang pasang.Dari tempat parkir menuju Pura Tanah Lot biasanya terdapat banyak toko yang menjual kerajinan khas Bali. Kerajinan itu misalnya adalah patung, lukisan, kain pantai serta berbagai aksesoris.

Setiap hari, sekitar menjelang pukul 6 sore biasanya banyak wisatawan telah datang dan mengunjungi pantai yang cantik ini. Mereka akan menanti-nanti keindahan panorama matahari terbenam yang disajikan oleh Pantai Tanah Lot yang satu ini.Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu dalam mencari destinasi wisata yang mampu menyajikan pemandangan matahari terbenam yang cantik, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

4.Pantai Kuta

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu sambangi untuk menyaksikan sunset. Destinasi wisata ini adalah Pantai Kuta yang juga terkenal dan terletak di Bali.Pantai Kuta adalah sebuah pantai yang terletak di kawasan Kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar di Bali. 

Daerah ini memang telah menjadi salah satu wisata andalan Bali sejak tahun 1970-an.Pantai ini memiliki pasir putih dan terkenal dengan tempat yang baik untuk melihat sunset. Tentu, jika kamu memiliki waktu, kamu dapat mengunjunginya kembali di waktu-waktu menjelang matahari terbenam dan menyaksikan keindahan panoramanya.

Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan jika kamu memiliki kesempatan untuk menyambangi Pantai Kuta adalah berjemur atau berselancar. Di sekitar pantai ini juga terdapat banyak pertokoan dan restoran.Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki kawasan Pantai Kuta. Namun, jika kamu membawa mobil, kamu dapat membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,00. 

Pantai ini juga terkenal dengan sebutan Sunset Beach, sehingga memang merupakan salah satu pantai terindah yang menawarkan pemandangan sunset yang menyenangkan. 

5.Pantai Losari

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Selanjutnya, kamu dapat mencoba mengunjungi pantai cantik yang satu ini. Ya, pantai ini merupakan salah satu tempat yang tepat bagimu jika kamu ingin menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Destinasi wisata ini merupakan Pantai Losari yang terletak di sekitar daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Destinasi ini mampu menyajikan pemandangan sunset yang sangat indah. Pantai Losari merupakan salah satu icon Kota Makassar, sehingga belum lengkap rasanya perjalanan wisatamu jika belum mengunjungi Pantai Losari.Pantai ini terletak di sebelah barat kota Makassar. 

Pantai ini juga seringkali dipenuhi oleh para penduduk Kota Makassar pada waktu pagi, siang serta sore hari. Aktivitas terbaik yang dapat kamu coba nikmati ketika menyambangi Pantai Losari adalah menikmati proses matahari terbenam di sore hari.

Nah, salah satu ciri khas Pantai Losari adalah kamu dapat melihat proses matahari terbit dan matahari terbenam di posisi yang sama di pantai yang satu ini. 

Kamu juga dapat menyaksikan deburan ombak serta kesejukan anginnya yang sepoi-sepoi ketika kamu mengunjungi Pantai Losari.Yang paling menarik dari pantai ini adalah kamu dapat menikmati fasilitas free wifi ketika kamu mengunjungi pantai ini. Di sepanjang Pantai Losari, kamu dapat memanfaatkan fasilitas free wifi secara gratis.

6.Candi Prambanan

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk menyaksikan peristiwa matahari terbenam. Ya, destinasi wisata yang satu ini adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan memiliki nama lain Candi Loro Jonggrang. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. 

Candi ini dibangun pada masa dua raja yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.Candi ini memiliki tinggi yang mencapai hingga 47 meter, sekitar 5 meter lebih tinggi daripada Candi Borobudur. Candi ini terletak sekitar 17 meter dari pusat kota Jogjakarta dan saat ini dibangun taman pula yang bertujuan untuk menambah keindahan kawasan kompleks candi.Candi ini dibuka setiap hari dari pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB. 

Nah, biaya masuk yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki kawasan candi yang cantik ini adalah sekitar Rp 30.000,00.Candi ini menampilkan panorama pemandangan matahari terbenam yang begitu indah. Nah, untuk itu, tidak mengherankan rasanya jika kamu memasukkan destinasi wisata yang satu ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

7.Pantai Senggigi

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Selanjutnya, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata pantai yang satu ini. Pantai Senggigi mampu menghadirkan suasana panorama sunset yang magis dan sayang untuk kamu lewatkan.Jangan lewatkan serunya berwisata dan bersantai di Pantai Senggigi. Pantai ini adalah objek wisata yang paling terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, dan terlihat menakjubkan jika disaksikan dari kejauhan atau ketinggian.

Dengan latar belakang Gunung Agung yang tampak begitu mungil di pulau sebrang, keindahan panorama sunset di Pantai Senggigi menjadi semakin tak terbantahkan. Dipadu dengan pendar-pendar oranye yang memantul di lautan. Benar-benar spektakuler yang menyenangkan.Pasir di Pantai Senggigi memiliki gradasi dari hitam ke putih. 

Air laut di Pantai Senggigi memiliki ombak yang tidak besar, jernih dan bersih. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini antara lain adalah berjemur, berenang, snorkeling dan lain-lain.Jangan lewatkan indahnya sunset di Pantai Senggigi di hari keduamu ini. Setelah itu, kamu juga dapat mencoba untuk berwisata kuliner di sekitar Pantai Senggigi karena terdapat banyak café dan restoran yang dapat kamu coba di pantai ini.

8.Raja Ampat

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan keindahan panorama matahari terbenam di ujung Indonesia. Destinasi wisata yang satu ini adalah Raja Ampat di Papua.Eksotisme alam Papua selalu menarik untuk kamu jelajahi. Nah, salah satunya adalah destinasi wisata satu ini yang saat ini sudah menjadi semakin populer. Ya, destinasi wisata yang satu ini adalah Pantai Raja Ampat.Secara geografis, pantai ini terletak di kawasan Kabupaten Manokwari, Papua Barat. 

Kawasan ini memiliki luas yang mencapai sekitar 4,5 juta hektar dengan luas total perairan mencapai 85%-nya. Sebagian kecil lainnya berupa daratan dan pulau.Raja Ampat sangat terkenal di telinga para traveler yang menyukai kegiatan wisata bahari. 

Nah, pantai ini memiliki 4 pulau yang berukuran besar. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Batanta, Waigeo, Misool dan Salawti.Raja Ampat memiliki kekayaan yang menyimpan mutiara berharga yang langka keberadaannya. Spesies yang terdapat di Raja Ampat, antara lain adalah ikan pari manta, hiu abu-abu, kuda laut, penyu, ikan duyung, ikan barkuda, ikan tuna, dan lain-lain.

Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan ketika kamu datang menyambangi Raja Ampat adalah menyelam, bersantai di pesisir pantai, menggunakan pinisi Raja Ampat, dan lain-lain. 

Nah, kamu juga dapat merasakan sejuta pesona lain di Raja Ampat, seperti kuliner setempat, melihat burung Cendrawasih, mendaki bukit karang dan memancing.Ketika mengunjungi Pantai Raja Ampat, kamu dapat menyaksikan pemandangan indah berupa pasir putih serta air laut yang berwarna biru jernih. Ya, ketika mengunjungi Papua jangan lupa untuk menyempatkan waktumu agar kamu dapat berkunjung ke Pantai Raja Ampat ini.Sunset yang dimiliki oleh Raja Ampat pun tidak kalah menariknya. 

Kamu akan menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan langit yang berwarna jingga. Sungguh merupakan pemandangan indah yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

9.Pantai Lampuuk

Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan panorama matahari terbenam yang indah. Destinasi wisata yang satu ini adalah Pantai Lampuuk di Aceh.Jauh dari daerah ujung barat Indonesia, kamu dapat menemukan pantai cantik yang satu ini. Pantai ini adalah Pantai Lampuuk yang terletak di Provinsi Aceh. Pantai ini terletak di kawasan Lhoknga, Aceh Barat. 

Di Pantai Lampuuk ini, kamu dapat menemukan pemandangan indah berupa pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih.Untuk kamu yang menyukai kegiatan berselancar, dapat pula mencoba untuk melakukan aktivitas wisata tersebut di pantai ini. Ya, Pantai Lampuuk memiliki ombak yang cukup tinggi dan menghadap ke Samudera Hindia sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot surfing.

Di sekitar pantai cantik ini kamu dapat menemukan deretan pepohonan pinus. Selain itu, agak jauh lagi kamu dapat menemukan pemandangan berupa pegunungan yang hijau.Selain surfing, beberapa aktivitas wisata lainnya yang dapat kamu lakukan di pantai ini adalah berenang sembari bermain ombak, membuat istana pasir, bermain banana boat hingga bersantai dan menikmati suasana yang ditawarkan oleh Pantai Lampuuk.Suasana yang ditawarkan oleh Pantai Lampuuk sendiri cenderung tenang. 

Sehingga bagi kamu yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuknya tengah kota, tentu saja mengunjungi pantai ini adalah salah satu pilihan yang tepat.Selain itu, akses untuk mengunjungi pantai ini juga tergolong tidak begitu sulit. Ya, kamu dapat menempuh perjalanan sejauh belasan kilometer dari pusat kota Banda Aceh untuk mencapai pantai ini. Kamu sangat direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai pantai ini.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai tempat wisata terbaik untuk melihat sunset di Indonesia. Wah, ternyata Indonesia memang memiliki segudang destinasi wisata cantik yang dapat kamu sambangi pada kesempatan liburanmu selanjutnya.Happy traveling!

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg