BREAKING NEWS

Menu

6 Tempat Wisata di Kota Malang yang Wajib Dikunjungi


6 Tempat Wisata di Kota Malang - Nusapedia - 6 Tempat Wisata di Kota Malang - Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah selatan Surabaya dan merupakan kota terbesar di kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Malang.

Lokasi Wisat Di Kota Malang
Karakteristik utama sejumlah tempat wisata di Malang Raya adalah pada hawa sejuk yang cenderung dingin yang dimiliki daerah ini. Kota Malang terkenal dengan buah apelnya, tanaman yang hanya tumbuh dengan baik di daerah beriklim dingin. Pada salah satu tempat wisata di Malang yang bernama Kusuma Agrowisata, Anda bahkan dapat memetik buah apel langsung dari pohonnya di sana.

Berbagai destinasi wisata di Malang Raya akan sangat cocok bagi Anda yang ingin pergi berlibur bersama dengan keluarga. Kota Malang yang dingin dengan potensi wisata yang dimilikinya akan sangat menyenangkan bagi putra-putri Anda. Di samping itu, terdapat pula destinasi fantastik lainnya di Kota Batu serta Kabupaten Malang. Secara integral, ketiga daerah ini populer disebut sebagai Malang Raya.

Malang dikenal sebagai salah satu kota tujuan pendidikan terkemuka di Indonesia karena banyak universitas yang terkenal hingga seluruh Indonesia, beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang.Selain menjadi pusat pendidikan, Malang juga dikenal memiliki segudang tempat liburan yang menarik dikunjungi. Antara lain :

1.Gunung Bromo

Gunung Bromo
Pada Urutan Pertama Dari 6 Tempat Wisata di Kota Malang terdapat Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo jadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Statusnya yang masih aktif membuat Gunung Bromo jadi lebih menarik di mata wisatawan. Ketinggian Gunung Bromo 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dan ngarai dengan di kelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar.Gunung Bromo terkenal sebagai icon wisata probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi. Kata “Bromo” berasal dari kata “Brahma”  yaitu salah satu Dewa Agama Hindu. Gunung Bromo memang tidak besar seperti gunung api lain di Indonesia tetapi pemandangan Bromo sangat menakjubkan sekali.

Keindahan Gunung Bromo yang luar biasa membuat wisatawan kagum.Dari puncak Penanjakan pada ketinggian 2.780 m, wisatawan bisa melihat matahari terbit di Wisata Bromo. Pemandangan yang indah membuat banyak wisatawan ingin mengabadikan momen berharga ini. Pada waktu matahari terbit terlihat dari puncak penanjakan yang sangat luar biasa para pengunjung bisa melihat latar depan dari Gunung Semeru yang akan mengeluarkan asap terlihat dari kejauhan dan matahari akan bersinar terang naik ke atas langit.

Masyarakat sekitar Gunung Bromo akan merayakan festival Yadnya Kasada atau Kasodo setiap tahun sekali dengan memerikan persembahan seperti sayuran, ayam, dan uang yang akan dipersembahkan pada dewa dan dibuang ke dalam kawah gunung Bromo. Sebagai wujud dari rasa syukur kepada yang maha kuasa.

2.Pantai Sipelot

Pantai Sipelot
Pada Urutan Kedua Dari 6 Tempat Wisata di Kota Malang Pantai Sipelot Malang salah satu pesona daya tarik wisata pantai di Malang, khususnya bagian selatan Jawa Timur. Perjalanan menarik bisa anda tempuh dari kota menuju ke daerah ini, dimana sepanjang perjalanan banyak pemandangan menarik dari kebun pisang, perkebuanan kopi sampai hamparan tambak udang menambah keasrian dan kealamian suasana dan pesona alam. Meskipun jalannya berkelok-kelok, bila sudah sampai di Pantai Sipelot Malang, maka semuanya terbayar dengan keindahan alam yang ada.

Akses menuju Pantai Sipelot Malang, anda bisa menuju daerah Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Dampit, dengan akses jalan sudah beraspal. Kalian bisa menggunakan mobil atau motor pribadi untuk menempuh jalan berkelok-kelok, namun tetap berhati-hati, karena jalannya lumayan curam. Rute yang cukup menantang, tapi akan mendapatkan kepuasan sendiri  melewatinya. Menurut sejarah, disini memang merupakan tempat persinggahan, sehingga sampai sekarang juga menjadi tempat yang cukup ramai di Pantai Selatan Malang.

Pantai Sipelot Malang mempunyai hamparan pasir putih yang cukup luas dan panjang. Dari atas perbukitan, kita sudah bisa melihat keindahannya ketika matahari terbit ataupun ketika terbenam. Hamparan pasir tersebut memanjang dengan lengkungan seperti danau, sehingga membuat panorama indah semakin terlihat. Selain menikmati suasana pantai, anda bisa juga menyewa sampan dari warga disana untuk mengarungi sekeliling suasana pantai, dengan air laut biru yang indah.

Selain suasana pantai, anda juga bisa melihat objek wisata lain didekat tempat ini, yaitu berupa air terjun, lebih dikenal dengan coban Sipelot. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, air terjun ini bisa menjadi pelengkap suasana wisata malang di pantai sipelot ini. Disini anda juga bisa menikmati suasana berkemah, bermalam dengan keadaan alam natural. Ditambah lagi dengan Sunrise serta sunrise, maka semakin lengkaplah keindahan Pantai Sipelot Malang.

3.Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Pada Urutan Ketiga Dari 6 Tempat Wisata di Kota Malang Pantai Balekambang Malang adalah salah satu dari deretan pantai indah yang ada di Wisata Malang, dan sudah terkenal serta melegenda sejak lama. Salah satu tujuan wisata utama, khususnya di bagian selatan Kota Malang, Jawa Timur, tepatnya di Bantur. Seringkali Paket Wisata Malang memasukkannya sebagai rangkaian perjalanan selama liburan. Indahnya pemandangan laut selatan (Samudra Indonesia) dipadu dengan sunset yang memukau, tentunya merupakan lokasi yang tempat untuk berfoto-foto atau selfie, mengabadikan kenangan indah Panorama menakjubkan di Pantai Balekambang.

Seperti namanya, Pemandangan Pantai Balekambang adalah hamparan pantai berpasir putih bersih dengan sebuah pulau kecil sekitar 100 meter dari bibir pantai, bernama Pulau Ismaya (Ismoyo). Ini mengingatkan kita dengan keindahan Tanah Lot yang berada di Bali. Sunset Pantai Balekambang merupakan salah satu keunikan dan keunggulan, rekomendasi pemandangan yang indah sebagai tujuan wisata. Seperti juga kawasan wisata lain yang terus berkembang, maka disini juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan, seperti flying fox dan ATV, untuk lebih bisa menarik dan sebagai sarana bermain bagi anggota keluarga.

Lokasi Pantai Balekambang berada di sebelah selatan Kota Malang, kurang lebih perjalanan ditempuh antara 1.5 jam sampai 2 jam. Bila ditotal perjalanan dari Surabaya, maka semuanya ditempuh antara 3-4 jam perjalanan. Rute yang ditempuh juga tidaklah terlalu sulit, karena bila dari Malang perjalanan rata-rata lurus saja menuju ke arah selatan. Atau bila anda ingin bebas bertualang, perjalanan juga bisa ditempuh dengan sepeda motor, yang tentunya bisa memberikan pengalaman dan petualangan tersendiri. Dari Malang, bisa melalui dua jalur, jalur Kepanjen, atau Gondanglegi.
Bila dulu masalah transportasi merupakan salah satu kendala bila menuju bagian selatan Tempat Wisata di Malang, namun sekarang tidaklah lagi menjadi masalah rumit, karena akses menuju ke sana sudah lebih mudah untuk dicapai. 

Selain itu akomodasi, tempat menginap juga semakin banyak pilihan, sehingga kita bisa kesana tanpa perlu repot-repot lagi mempersiapkan hal-hal kecil yang terkadang menyusahkan. Untuk para Backpacker bisa juga menginap di Malang, sedangkan perjalanan menuju dan kembali dari Pantai Balekambang bisa pulang hari. Pilihan lainnya adlah bisa menyewa penginapan, bungalow, homestay ataupun hotel yang banyak dibangun di seputarannya.

4. Coban Rondo

Coban Rondo
Pada Urutan Ke-empat Dari 6 Tempat Wisata di Kota Malang Wisata Alam Coban Rondo yang banyak terdapat di Malang dan sekitarnya adalah air terjun. Ini tidaklah mengherankan, mengingat Wisata Malang berada di daerah pegunungan yan mengelilingi seputaran daerah di kawasan ini. Salah satu yang terkenal adalah Air Terjun Coban Rondo Batu Malang yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bila dari kota Malang adalah selepas keluar dari gerbang Kota Wisata Batu, menuju arah Barat, ke Kota Kediri. Bila ditempuh dari kota Malang jaraknya adalah kurang lebih 2 jam, apalagi dengan banyaknya kendaraan umum menuju kesana, maka tempat ini tidaklah sulit untuk dijangkau.

Coban Rondo adalah bagian dari beberapa air terjun yang bertingkat-tingkat, berada di daerah kawasan pengunungan disana. Di daerah yang sama ada Coban Manten, Coban Dudo yang membentuk air terjun bertingkat, namun dari kesemuanya, Air Terjun Coban Rondo boleh dikatakan yang paling terkenal, karena selain paling besar, akses jalan, transportasi ke arah objek wisata malang tersebut juga paling mudah. Berada di pegunungan sebelah barat kota malang yang menghubungkan Kota Malang dengan Kota Kediri, Pujon, Ngantang.

Tempat Wisata Malang Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian curahnya 84 meter, berada pada ketinggian 1135 m dpl. Sesuai dengan perkembangan tempat wisata modern, sudah ditambah dengan berbagai permainan menarik serta hiburan pelengkap disamping obyek wisata utamanya yaitu air terjun. Ada berbagai wahana tempat bermain rekreasi yang menyenangkan dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Berbagai paket wisata malang paket yang bisa dipilih dengan harga sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk Coban Rondo weekday Rp10.000 weekend Rp12.000. Wahana Labirin Rp7.500; Bermain naik Berkuda Rp12.000; wisata alam Treewalk Rp40.000; Flying Fox dengan tempat menantang Rp30.000; Api Unggun Rp 200.000; Kereta Kelinci Rp5.000; Shooting Target Rp15.000; Bersepeda Gunung Rp5.000. Masih ada lagi Tubing, Rafting, Paralayang dan masih banyak lagi.

Air Terjun Coban Rondo Batu Malang juga sudah dilengkapi dengan penginapan-penginapan di seputaran tempat wisata tersebut. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai akomodasi selama berwisata disini. Atau karena jaraknya dekat dengan Kota Batu, maka bisa menginap/ bermalam Di berbagai hotel di Batu dari yang bertarif murah sampai pilihan hotel eksklusif berkelas. Semuanya bisa membuat anda nyaman selama berwiata malang di Air Terjun Coban Rondo.

Kawasan wisata air terjun Coban Rondo semakin lengkap dengan adanya wahana Taman Labirin. Taman hijau ditata begitu rupa menjadi games menarik, sekaligus membikin penasaran untuk mencobanya. Hati-hati tersesat ketika masuk taman labirin, karena dengan jalan yang berkelok-kelok, tentunya membuat kesulitan terentu untuk menemukan jalan keluarnya. Inilah menariknya mencoba Wisata Taman Labirin Coban Rondo, Batu, Malang ini. Wahana wisata ini tiket masuknya Rp 7.500,- anda sudah bisa menikmati taman labirin malang dengan sepuasnya.

5.Pantai Ngeliyep

Pantai Ngeliyep
Pada Urutan Ke - Lima Dari 6 Tempat Wisata di Kota Malang Panta Ngeliyep Jika kita ingin mengunjungi pantai yang bagus di daerah malang selatan, maka pantai Ngliyep adalah salah satu pantai yang sangat eksotis. Pantai ini sangat terkenal dengan pasir putihnya yang halus, tingginya tebing ada di sekitar pantai, dan juga ombak yang tidak begitu besar. Ngliyep sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Malang sejak lama. Namun, akses yang jauh membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang jarang dikunjungi sehingga memiliki kealamian yang masih terjaga. Pasir yang ada di pantai ini memang berupa pasir halus dan putih, namun jika gelombang sudah naik maka pasir akan berubah menjadi coklat. Namun hal ini tidak mengurangi tingkat keeksotiasan dari pantai ini.

Di pantai Ngliyep, kita bisa menemukan keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing tebing yang curam, dan juga hutan lindung yang teretak di sekeliling pantai. Pantainya yang alami dengan pasir putihnya yang eksotis, membuat pantai ini menjadi salah satu tempat yang cocok sebagai tempat destinasi wisata di Kota malang. Pasir putihnya yang masih alami dan juga ombak yang serasa bermai di sela sela tebing membuat pantai ini memiliki keindahan yang menakjubkan yang tidak dimiliki oleh pantai lainya.

Hal yang membuat pantai Ngliyep berbeda dari pantai yang lain adalah pantai Ngliyep memiliki tebing yang besar sehingga saat sore hari akan terlihat pemandangan sore yang sangat eksotis dengan bayangan tebing yang sangat memukau mata kita.

Pada setiap tahunya, di bulan Jawa tepatnya bulan Maulud, Pantai Ngliyep akan lebih ramai dengan pengunjung daripada biasanya karena di pantai ini akan digelar Upacara Labuhan yang di gelar pada saat pas tanggal 15 Maulud. Upacara ini adalah bentuk dari upacara pengorbanan, dimana kepala hewan ternak seperti kambing atau sapi akan dikorbankan ke tengah laut sebagai sesaji. Ritual inibersifat wajib bagi para penduduk sekitar pantai Ngliyep agar pantai aman dari gangguan magis, seperti bencana alam. Para pengunjung yang berkunjung juga harus mengikuti acara dan tidak boleh membuat gaduh agar acara ritual bisa berlangsung dengan lancar.

Secara geografis, pantai ini terletak di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, sekitar 62 KM dari arah selatan kota Malang. Jika kita ingin mengunjungi pantai ini, maka kita harus melewati Kepanjen dan jalan lurus ke arah selatan. Jaraknya memang sangat jauh dan medan yang harus dilalui juga sangat berliku sehingga para pengemudi diharapkan membawa kendaraan dalam kondisi bagus. Kondisi jalan yang tidak bagus ini membuat para pengunjung pantai ini sedikit sulit dan lama. Itulah penjelasan singkat mengenai Wisata Pantai Ngliyep di Kota Malang yang bisa kita peroleh dan semoga saja bermanfaat.

6.Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari
Pada Urutan Ke - Enam Dari 6 Tempat Wisata di Kota Malang Kebun Teh Wonosari adalah alternatif lain bila anda ingin mencari tempat wisata di Malang selain di Batu atau pantai-pantai di selatan daerah Malang. Bertempat di lereng Gunung Arjuno, Kebun Teh Wonosari Lawang adalah daerah sejuk dengan hamparan hijau kebun teh yang sedang ranum-ranumnya membawa iklim dan udara segar ketika anda berada disana. Disini tersedia juga penginapan yang siap menjadi tempat beristirahat segar dan menyenangkan bagi anda dan keluarga.
Agrowisata Kebun Teh Wonosari adalah wisata malang yang dikelola oleh ptpn XII. 

Letaknya berada di Kabupaten Malang, arah masuk tepatnya masuk area Kota Lawang, perjalanan kurang lebih ditempuh sekitar 6km dari jalan utama Surabaya-Malang. Kebun Teh Wonosari berada di ketinggian antara 950 s/d 1250 dpl, yang mana memang cocok iklimnya untuk tumbuhnya tanaman teh di perkebunan yang luas dan asri. Selain kebun teh disini juga tersedia fasilitas berlibur lainnya seperti kolam renang, villa dan cottage untuk kebutuhan serta kenyamanan anda.

Untuk mencapai Kebun Teh Wonosari sangat mudah, bila anda dari Surabaya , cukup mengikuti jalur utama Surabaya-Malang, kurang lebih 80km sudah sampai di kota lawang. Selanjutnya ada petunjuk untuk berbelok ke arah kanan menuju kebun teh wonosari. Sebaliknya bila dari arah kota malang, tinggal menuju ke utara kurang lebih 30km dan selanjutnya berbelok ke arah kiri menuju ke lokasi.

Bagaimana sahabat Nusapedia apakah anda tertarik untuk melihat 6 Tempat Wisata di Kota Malan.Jika anda berkunjung ke kota malang belum lengkap rasanya bila tidak datang ke 6 Tempat Wisata di Kota Malan ini.Mari dukung indonesia sebagai destinasi wisata dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg