BREAKING NEWS

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan


NusaPedia - Tips - Sahabat NusaPedia kini saat nya anda memasuki saat liburan lebaran,menikmati destinasi wisata bersama keluarga tentunya menjadi hal yang sangat anda inginkan,Namun sahabat NusaPedia sebelum anda merencanakan liburan,ada baiknya rencana perjalanan wisata anda dan keluarga sebaik mungkin.

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan
Sebelum Anda pergi, sebaiknya menyusun anggaran sehingga ketika usai liburan, Anda tidak pusing karena kehabisan uang. Berlibur memerlukan dana ekstra dan strategi perjalanan agar Anda tidak terjebak boros.

Pastinya liburan yang kerap kali ada di pikiran kita adalah destinasi-destinasi yang jauh dari tempat tinggal bahkan luar negeri untuk menikmati alam yang asri dan indah yang pasti berbeda dari apa yang sering kita lihat. Walau sebenarnya, ada banyak destinasi liburan yang tidak terlampau jauh dari area tinggal yang dapat dijadikan alternatif serta mempunyai panorama tidak kalah cantiknya dan tentu dengan biaya yang lebih murah.

Selama ini yang menjadi kendala dalam liburan hanyalah biaya dan kurangnya perencanaan dari masing-masing orang. Padahal dengan perencanaan yang matang tentu liburan akan menjadi menyenangkan dan hemat.Kunci utama liburan hemat dan menyenangkan sebenaranya ada tiga yakni, penentuan lokasi, ketelitian mempersiapkan biaya serta rencana rute liburan.

Sangat menyenangkan mendengar masa liburan sebentar lagi akan datang. Apalagi jika kita berencana menghabiskannya bersama keluarga tercinta sambil menikmati suasana tempat yang berbeda dari biasanya. Tanpa terasa uang yang dikeluarkanpun selama masa liburan tidak lagi terhitung dan baru disadari besar jumlahnya di kala liburan telah usai. Bagaimana cara mensiasati liburan anda agar tidak menjadi beban di kemudian hari ? Berikut ini adalah tips-tips yang bisa anda lakukan sebelum dan selama berlibur:

1.Susun Rencana Liburan

10 Cara Menghemat Keuangan Saat LiburanKalaupun Anda melakukan liburan hanya sesekali, sebaiknya Anda menyisihkan dana sejak jauh hari sebelum berlibur. Liburan secara spontan akan mengakibatkan anggaran lebih besar dibanding liburan yang jauh terencana sebelumnya. 

Bagi sebagian orang, berlibur telah menjadi kebutuhan, apalagi mereka yang memang hobi melakukan perjalanan. Jika Anda termasuk di dalamnya, sisihkan dana liburan secara rutin dari penghasilan setiap bulan karena dalam satu tahun Anda kemungkinan besar akan melakukan perjalanan.

Yang pasti, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika Anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan Anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

2.Tujuan, Waktu Keberangkatan, dan Lama Perjalanan

Pilihlah tujuan karena Anda benar-benar ingin mengunjunginya dan akan sesuai dengan kantong Anda dengan perkiraan budget berapapun. Jangan memaksa memilih waktu keberangkatan karena euforia masa liburan. Di masa seperti ini transportasi dan akomodasi sedang di puncak harga termahalnya. Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki putra-putri yang bersekolah, hanya inilah faktor yang membuat Anda terpaksa menyesuaikan dengan masa liburan sekolah mereka.
Komponen terbesar dalam anggaran liburan adalah biaya transportasi dan akomodasi. Sebelum menyusun anggaran ini, pastikan lebih dahulu tujuan, waktu keberangkatan dan lama perjalanan. Jangan memilih tujuan karena gengsi atau pengaruh orang lain.

Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika Anda ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

3.Transportasi

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan
Makin jauh tujuannya, makin besar pula biaya transportasinya. Tapi dengan memastikan tujuan jauh hari sebelumnya, Anda akan memiliki banyak waktu mempelajari dan memilih moda transportasi yang sesuai dengan anggaran dan rencana perjalanan. Anda bisa mengkombinasikan moda transportasi tersebut. Misalnya, pergi dengan kereta api, pulang dengan pesawat terbang.

Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika Anda bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Anda dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

4.Akomodasi

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan
Bila memilih tempat menginap semacam guest house, Anda dapat menghemat biaya konsumsi. Uang dialokasikan untuk membeli bahan-bahan mentah dan bumbu masak beserta peralatan makan. Namun tetap cadangkan biaya untuk tetap dapat menikmati hidangan lokal di lokasi wisata. 

Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika Anda bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Anda dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

Pilih yang tarifnya tidak terlalu mahal. Akan lebih bagus kalau di tempat tujuan libur memiliki teman dekat atau keluarga, jadi soal biaya menginap bisa teratasi alias gratis. Sebelumnya ijin dulu jika ingin menginap di rumah mereka. Bukan hanya hemat pengeluaran, tapi anda juga akan memperoleh rekomendasi tempat wisata. 

5.Internet dan Buku Panduan

10 Cara Menghemat Keuangan Saat LiburanSelain harga, buku panduan juga sangat membantu memberikan informasi keadaan kota dan informasi lokasi-lokasi wisata. Tips-tips di buku ini banyak sekali manfaatnya untuk menyusun anggaran yang hemat.

Sering-seringlah memeriksa harga tiket transportasi dan akomodasi di internet. Siapa tahu Ada program diskon atau promosi yang menarik. Hampir semua moda tranportasi dan berjenis-jenis penginapan memiliki situs penjualan online. 

Jika Anda sudah punya pilihan, segeralah membeli/memesan secara online karena biasanya harga akan lebih murah dibanding membeli di loket atau agen perjalanan.

Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang Anda.

6.Makanan

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan
Pengeluaran untuk makan adalah paling utama saat berlibur. Dengan kreativitas dan perencanaan, Anda dapat menghemat uang dan membeli makanan yang tidak mahal tapi bukan junk food, untuk tiga kali sehari.  Saat menentukan tempat menginap, pikirkan kemungkinan menyewa tempat yang dilengkapi mini kitchen atau pantry dan microwave, kompor gas atau kompor listrik dan kulkas kecil untuk menyimpan bahan makanan. Guest house biasanya memiliki fasilitas ini. 

Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, Andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu.

7.Bekal Uang

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan
Hindari membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Semakin sedikit uang tunai yang dibawa semakin sedikit risikonya. Uang tak mesti dibawa secara tunai. Jika Anda mementingkan kenyamanan dan keamanan, ada cara lain untuk tetap bisa memiliki uang tanpa memegangnya di tangan. Keamanan pribadi semakin meningkat dengan menggunakan metode-metode pembayaran elektronik Visa seperti kartu debit, kartu kredit, atau kartu pra-bayar (prepaid card).  

Bawalah uang saku sesuai dengan budget. Dan tetap catat semua pengeluaran Anda selama perjalanan dari awal hingga akhir.

8.Memilih Lokasi Wisata

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan
Manfaatkan city tour saat yang akan membawa Anda ke semua tempat daerah wisata hanya dengan membayar satu kali saja. Jangan lupa mengunjungi tempat wisata seperti museum, atau pantai. Di tempat wisata itu, Anda biasanya tak dikenakan biaya dan tetap bisa mengetahui kebudayaan serta keindahan alam negara tersebut. 

Jika Anda dan keluarga mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season” .

Jika budget Anda saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak terutama di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan rumahpun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.

9.Asuransi Perjalanan

10 Cara Menghemat Keuangan Saat Liburan
Sangat penting memiliki pengaman saat berlibur, seperti asuransi. Namun mungkin hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah membayar asuransi dengan pertanggungan murah tapi harus membayar premi besar untuk membuat klaim. Saat memilih asuransi, lihatlah apa yang Anda butuhkan dan mempertimbangkan jenis liburan itu. Anda mungkin tidak berpikir akan melakukan kegiatan petualangan tetapi untuk beberapa perusahaan asuransi menganggap berkuda misalnya sebagai olahraga petualangan. Jadi pastikan asuransi mengamankan setiap kegiatan Anda. 

10.Oleh-oleh

Oleh-oleh biasanya membuat Anda akan gelap mata dalam berbelanja. Jika terpaksa, belilah hanya untuk keluarga inti dan benar-benar untuk orang terdekat Anda. Untuk kelompok yang besar, berika saja satu bungkus permen atau coklat untuk dimakan bersama. Persiapkan daftar nama terlebih dahulu. Jika sudah selesai berbelanja sesuai daftar nama, segera tinggalkan kios penjual oleh-oleh.

Berlibur adalah kegiatan yang menyenangkan untuk semua orang. Tetapi jangan sampai anggarannya menggerogoti biaya tabungan penting lain sehingga Anda kehabisan uang sekembalinya dari berlibur. Bahaya, kan?

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg