BREAKING NEWS

Menu

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia : Mengenal Kedigjayaan Armada Langit Nusantara


Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia - NusaPedia - Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia - Sahabat NusaPedia,Indonesia saat boleh berbangga Hati,disebabkan Sejang Tahun 2013 Kepresidenan republik indonesia telah memiliki Pesawat Kepresidenan Khusus yang menjadi media transportasi kenegaraan untuk mengantar presiden Republik Indonesia menuju lawatan baik dalam maupun luar negeri.

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

ini Dengan kedatangan Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia yang diberi nama “Indonesia One” pada awal april 2014, bisa dipastikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih bisa menggunakan pesawat tersebut di ujung masa jabatannya.

Dengan Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia yang dipesan khusus oleh Sekretariat Negara seharga Rp. 847 Milyar ini, diharapkan dapat menghemat anggaran perjalanan dinas Presiden dan tidak menganggu jadwal penerbangan komersial Garuda jika Presiden tiba-tiba membutuhkan pesawat.Standar keamanan dan kenyamanan pesawat  baru ini pun dibuat layak untuk seorang presiden. Pesawat akan dimiliki oleh Sekretariat Negara RI dan operasional serta perawatannya akan diserahkan kepada TNI AU.

TNI AU telah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun mengoperasikan berbagai jenis pesawat terbang  dengan misi mengangkut dan melayani penerbangan VIP/VVIP. Kemampuannya untuk tugas-tugas tersebut tidak perlu diragukan lagi.   Oleh sebab itu pesawat  Boeing 737-800 yang telah dibeli pemerintah Republik Indonesia sebagai Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia untuk melayani kegiatan presiden baik di dalam maupun di luar negeri,  sangat  tepat apabila dioperasikan oleh TNI AU.

Sejarah Dari Masa ke Masa

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia menggunakan pesawat angkut TNI AU telah dimulai sejak tahun 1960-an dimana saat itu Presiden Soekarno mengintruksikan agar memodifiksi interior sebuah pesawat angkut ringan  IL-14 Avia menjadi Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia.   Sejak saat itu Presiden Soekarno selalu menggunakan pesawat IL-14 Avia  yang diberi nama “Dolok Martimbang”, setiap kali beliau mengadakan perjalanan dinas ke daerah-daerah diseluruh pelosok Nusantara.

Kelahiran “Dolok Martimbang” sebagai Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia tercatat sebagai tonggak sejarah perkembangan TNI AU karena sekaligus merupakan embrio lahirnya Skadron Udara 17 / VIP, yang kemudian ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Men/Pangau Nomor 34 Tahun 1963, tanggal 1 Agustus 1963.   

Ketika itu Angkatan Udara mulai berbenah diri menuju terbentuknya Skadron Angkut Khusus yang mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan dan melayani penerbangan-penerbangan VIP/VVIP termasuk penerbangan kepresidenan dengan pesawat khusus.

Sewaktu indonesia berdiri dan memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, sudah ada rencana membentuk sebuah moda transportasi udara kepresidenan yang cepat dan praktis .mengingat wilayah Indonesia sangat luas dan berbentuk kepulauan. Usaha pertama yang dilakukan adalah memodifikasi beberapa pesawat pengebom peninggalan Jepang menjadi pesawat angkut kepresidenan dan pejabat negara. Sayangnya, pesawat tersebut hancur ketika Agresi Militer Belanda I berlangsung.
Usaha berikutnya adalah membeli pesawat angkut. pada akhir tahun 1948, pemerintah Indonesia membeli Douglas DC-3 Dakota Bernama "Seulawah" yang uangnya merupakan sumbangan dari saudagar Aceh. Direktorat Penerbangan Sipil AURI memberikan registrasi RI-001 pada pesawat tersebut sebagai identitas Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia.
Bahkan setelah Agresi Militer Belanda II, RI-001 batal menjadi Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia. Meski demikian,  pesawat ini menjadi modal bagi Indonesia dalam perjuangan melawan Belanda dengan membentuk pesawat charter bernama Indonesia Airways di Burma.sahabat TravelEsia Berikut Sejarah Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa Ke masa

I. Presiden Soekarno (1945-1967)

1. DC-3 Dakota

pesawat-kepresidenan-republik-indonesia
Pemerintah Indonesia membeli Douglas DC-3 Dakota Bernama “Seulawah” yang uangnya merupakan sumbangan dari saudagar Aceh. Direktorat Penerbangan Sipil AURI memberikan registrasi RI-001 pada pesawat tersebut sebagai identitas Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia.

Ironisnya, RI-001 tidak pernah tidak pernah sekalipun mengangkut Presiden Soekarno. yang sempat diterbangkan hanya Wakil Presiden Mohammad Hatta untuk acara kunjungan ke wilayah Sumatera selama sebulan. Meski demikian,  pesawat ini menjadi modal bagi Indonesia dalam perjuangan melawan Belanda dengan membentuk pesawat charter bernama Indonesia Airways di Burma

2. DC-8 PANAM

Pesawat yang disewa Pemerintah RI dari Pan American World Airways (PanAm) Amerika Serikat (AS) untuk keperluan pejalanan Presiden Soekarno ke luar negeri.Kisah menarik terjadi ketika melawat ke Moskow pada Oktober 1960, Soekarno memilih menggunakan pesawat DC-8 PANAM. Nikita Khrushchev (Sekjen Partai Komunis Uni Soviet) sempat berang karena tidak ada satupun pesawat komersial AS memiliki route ke Uni SOviet.

Usul menjemput Soekarno dengan pesawat buatan Uni Soviet ditolak mentah-mentah karena pesawatnya dianggap kurang nyaman  oleh Presiden RI yang pertama itu. Uni Soviet akhirnya menyerah. Tapi, agar tak kehilangan muka, DC-8 PANAM yang diparkir sengaja diapit oleh dua unit Tupolev Tu-114, milik Aeroflot yang waktu itu menjadi pesawat komersial terbesar di dunia

3. Boeing 707 PanAm

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Pada April 1961, ketika berkunjung ke AS dan bertemu dengan presiden Kennedy, Soekarno  menyewa pesawat Boeing 707 milik Pan American World Airways (PANAM), lengkap dengan crew-nya. Sebab, pada waktu itu Garuda belum memiliki pesawat komersial untuk penerbangan jarak jauh.

4. Lockheed C-140 Jetstar

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Sekembali Presiden Soekarno dari AS, pemerintah negara tersebut menghadiahi Indonesia dengan pesawat Lockheed C-140 Jetstar yang diberi nama Saptamarga, Irian, dan Pancasila.

Salah satu pesawat ini sempat dijadikan sebagai Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia yang stand by di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma untuk mengevakuasi presiden manakala bila terjadi ancaman.

5. Ilyushin Il-18

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Tidak mau kalah dengan AS, Presiden Uni Soviet Nikita Kruschev menghadiahi dua unit pesawat Ilyushin Il-18 untuk Presiden Soekarno. Pesawat ini kemudian menjadi salah satu Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia dan diberi nama Dolok Martimbang.

Pesawat bermesin propeller ini digunakan Presiden Soekarno untuk melakukan kunjungan di dalam negeri dan ke kawasan regional Asia Tenggara.

6. Convair 990 Garuda Indonesia Airways

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Tahun 1963 Garuda Indonesia Airways membeli Convair 990. Kehadiran pesawat jet Convair 990A menjadi Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia untuk terbang ke luar negeri, di antaranya saat kunjungan ke negara – negara Asia seperti Kamboja, Korea Utara, dan Jepang, serta saat emnghadiri konferensi Asia-Afrika di Aljazair pada tahun 1965.

II. Presiden Soeharto (1967-1998)

1. C-130 Hercules TNI AU

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Di awal pemerintahannnya di tahun 1967, Presiden Soeharto menggunakan C-130 Hercules untuk berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia. Memang Hercules untuk keperluan Presiden ini tidak sama dengan Hercules biasa. Kabinnya dibuat nyaman untuk mengangkut VVIP.

2. DC-8 Garuda Indonesia Airways

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Presiden Soeharto juga sempat menggunakan pesawat yang disewa Pemerintah RI dari maskapai Garuda Indonesia ini untuk berkunjung ke luar negeri di masa awal pemerintahannya.
Sejarah mencatat, bahwa pada 1967, pesawat Douglas DC-8 milik Garuda Indonesia Airways menjadi Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia setelah Presiden Soeharto melakukan kunjungan pertama ke luar negeri (Tokyo) untuk mengambil pinjaman dari pemerintah Jepang.

3. Avro RJ-185 dan Fokker 28 Pelita Air Service

Presiden Soeharto kerap menggunakan 2 pesawat yang disewa dari anak perusahaan Pertamina ini untuk kunjungan di dalam negeri sampai era 80-an dan 90-an awal. Avro RJ-185 kelak masih dipakai 3 presiden setelah Soeharto yaitu Habibie, Gus Dur dan Megawati untuk perjalanan di dalam negeri.

4. DC-10 Garuda Indonesia
Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Di era 80an, Presiden Soeharto menggunakan pesawat DC-10 yang disewa pemerintah dari Garuda Indonesia. Pesawat bermesin tiga buatan McDonell Douglas, AS ini sering menjadi trademark Soeharto kala berkunjung ke luar negeri.

5. MD-11 Garuda Indonesia

http://www.nusapedia.com/2014/12/pesawat-kepresidenan-republik-indonesia.html

Memasuki era 90-an, Garuda Indonesia mengganti armada DC-10 nya dengan MD-11. Masih model mesin 3 seperti halnya DC-10 namun dengan mesin yang lebih kuat dan adanya winglet di ujung-ujung sayapnya.

Tampaknya Presiden Soeharto atau pemerintah saat itu menyukai pesawat model 3 mesin untuk fasilitas presiden. Bahkan MD-11 beregistrasi PK-GIM menjadi saksi bisu bagi perjalanan terakhir Soeharo dari Mesir ke Jakarta sebagai presiden RI di tengah kerusuhan Mei 1998.

III. Presiden BJ. Habibie (1998-1999)

1. Avro RJ-185 Pelita Air
Presiden Habibie hanya sebentar menjabat presiden. Dia menggunakan pesawat milik Pelita yang pernah digunakan Soeharto saat jadi presiden.
Sebagai presiden, Habibie hampir tidak pernah ke luar negeri. Menurut catatan, saat menghadiri KTT ASEAN di Singapura, Habibie berangkat pagi dan pulang malam dengan menggunakan pesawat Avro RJ-185 Pelita Air.

IV. Presiden Abdurrahman Wahid (1999-2001)

1. Boeing 707 TNI AU
http://www.nusapedia.com/2014/12/pesawat-kepresidenan-republik-indonesia.html

Presiden yang akrab dipanggil Gus Dur ini pernah menggunakan pesawat Boeng 707 VVIP TNI AU untuk perjalanan keluar negeri.
Namun ada satu kisah saat Presiden Gus Dur hendak berkunjung ke Australia. Sampai di atas Darwin, pesawat mengalami kebocoran oli sehingga harus mendarat darurat di Pangkalan AU Australia di Darwin.

2. MD-11 Garuda Indonesia

Presiden Gus Dur masih menggunakan pesawat MD-11 yang disewa dari Garuda Indonesia untuk perjalanannya ke luar negeri.

3. Avro RJ-185
Pesawat milik Pelita Air ini sering dipergunakan Presiden Abdurrahman Wahid untuk perjalanannya di dalam negeri.

V. Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004)

1. MD-11 Garuda Indonesia
Presiden Megawati Soekarnoputri melanjutkan masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Megawati tidak terlalu sering mengadakan kunjungan ke luar negeri. MD-11 yang disewa dari Garuda Indonesia adalah pesawat yang dipergunakan.

2. Avro RJ-185
Seperti halnya Soeharto, BJ.Habibie, dan Abdurrahman Wahid, pesawat milik Pelita Air ini sering dipergunakan Presiden Megawati untuk perjalanannya di dalam negeri.

VI. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)

1. Airbus A330-300 Garuda Indonesia

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kerap menggunakan pesawat Airbus A330-300 yang disewa dari maskapai Garuda Indonesia.

2. Boeing 737 Garuda Indonesia

Untuk perjalanan di dalam negeri atau regional, Presiden yang kerap dipanggil SBY ini menggunakan Boeing 737 yang juga disewa dari Garuda Indonesia. Dimensi dan kapasitas pesawat ini memang lebih kecil daripada Airbus A330.

3. BBJ2 Indonesia One

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Dengan kedatangan Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia yang diberi nama “Indonesia One” pada awal april 2014, bisa dipastikan Presiden SBY masih bisa menggunakan pesawat tersebut di ujung masa jabatannya.

Dengan Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia yang dipesan khusus oleh Sekretariat Negara seharga Rp. 847 Milyar ini, diharapkan dapat menghemat anggaran perjalanan dinas Presiden dan tidak menganggu jadwal penerbangan komersial Garuda jika Presiden tiba-tiba membutuhkan pesawat.

Standar keamanan dan kenyamanan pesawat  baru ini pun dibuat layak untuk seorang presiden. Pesawat akan dimiliki oleh Sekretariat Negara RI dan operasional serta perawatannya akan diserahkan kepada TNI AU.

TNI AU telah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun mengoperasikan berbagai jenis pesawat terbang  dengan misi mengangkut dan melayani penerbangan VIP/VVIP. Kemampuannya untuk tugas-tugas tersebut tidak perlu diragukan lagi.   Oleh sebab itu pesawat  Boeing 737-800 yang telah dibeli pemerintah Republik Indonesia sebagai Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia untuk melayani kegiatan presiden baik di dalam maupun di luar negeri,  sangat  tepat apabila dioperasikan oleh TNI AU.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg