BREAKING NEWS

Kepulauan Anambas : Menapaki Keindahan Di Pulau Terluar Indonesia


Kepulauan Anambas - Kepulauan Anambas - Sahabat TravelEsia,Indonesia Memiliki 17.508 Pulau Yang Tersebar Di Seluruh Belahan Negara Indonesia 5.707 Diantaranya Telah Memiliki Nama, termasuk 337 nama pulau di sungai.pada tahun 2004 Kepulauan Di Indonesia Mulai Di data Dan Di Survei Kembali Hingga menyatakan bahwa 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tak bernama.
Kepulauan AnambasSahabat TravelEsia Perlu Anda Ketahui Bahwa Keindahan Gugus Pulau Indonesia Yang Tersebar Dari Sabang Hingga marauke memiliki Keunikan dan Ciri Khas masing-masing.Kali ini Sahabat TravelEsia Mencoba mengajak Anda Untuk mengenal keindahan Dari pulau Terluar Di Pulau Sumatera

Kepulauan Anambas

Merupakan Kepulaun tropis yang dipilih menjadi yang pertama sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.com. Seperti dilansir laman website media internasional tersebut pada Sabtu 14 April 2012, Kepulauan Anambas berada di peringkat teratas diikuti kemudian oleh Koh Chang (Thailand), Langwaki (Malaysia), Halong Bay (Vietnam), dan Similan (Thailand). 

Pulau-pulau tropis terbaik tersebut merupakan hasil pilihan dari Herman Ho yang merupakan Managing Director Boat Asia 2012 dan juga Stuart McDonald, yaitu pendiri dan editor salah satu website perjalanan Asia, Travelfish.org. Keduanya secara langsung diminta oleh CNN.com untuk memilih pulau tropis terbaik di Asia berdasarkan keindahan hamparan laut biru yang luas, lokasi menyelam terpencil, biota laut yang beraneka ragam, dan kealamian pulaunya. 

Mengapa Saya Harus Kesana ?

 Kepulauan AnambasKepulauan Anambas berlokasi di Pulau Batam, dimana sangat terkenal di kalangan pecinta snorkeling dan diving. Seperti diungkapkan Herman Ho, Pulau Bawah yang merupakan pulau utama di Kepulauan Anambas, adalah pulau yang tidak berpenghuni dengan laguna alami dikelilingi hamparan air biru jernih serta karang yang indah. Lebih jauh ke pedalamannya, ada air terjun raksasa dan tempat rekreasi terpencil yang luar biasa indahnya. Selain itu, ada juga bangkai kapal "Tujuh Langit" dan "Igara" yang karam di perairan ini sehingga menjadi magnetbagi para penyelam sekaligus istana bagi berbagai biota laut. 

Kawasan wisata yang mendunia di Kepulauan Anambas adalah berupa laguna atau danau air laut yang terpisah dari lautan lepas karena bentang alam yang membentuknya. Di Pulau Bawah, laguna tersebut dibentuk oleh gugusan pulau di tengah lautan lepas. Saat air laut sedang surut maka gugusan pulau akan tersambung punggungan pasir membentuk pembatas antara air laut di dalam dan di luar gugusan pulaunya. Air laut di kawasan ini sangat jernih dimana dari atas permukaan air dapat terlihat jelas sampai ke dasar laguna, termasuk ikan-ikan karang. Dasar laguna ini berupa pasir putih dengan 

sebaran terumbu karang di sejumlah titik.  Kepulauan AnambasSaat ini Laguna Pulau Bawah telah dikunjungi wisatawan meski jumlahnya masih belum banyak. Mereka umumnya wisatawan luar negeri yang menggunakan yacht atau kapal layar berukuran kecil. Pemerintah setempat menempatkan Kepulauan Anambas sebagai orientasi pengembangan kabupaten dan Laguna Pulau Bawah dipersiapkan untuk menjadi pionir yang akan mengangkat potensi wisata bahari kawasan tersebut.

Pulau-pulau di Anambas memiliki pasir pantainya yang putih berkilau dan semakin indah dengan air laut yang jernih diisi terumbu karang. Ada pula pantai dengan barisan vegetasi pohon kelapa sepanjang 8 kilometer. Selain itu, sejumlah pulau di sini seperti di Pulau Keramut dan Pulau Mangkai menjadi habitat bagi penyu. 

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

 Kepulauan Anambas
Kepulauan Anambas secara administratif adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, dengan ibukotanya adalah Terempa. Wilayah tersebut merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna.Kepulauan Anambas berupa 98,73 persennya adalah wilayahnya lautan dengan 238 pulau. Kebanyakan pulau-pulau tersebut memiliki pantai yang sangat indah, alami, dan tidak berpenghuni. Pulau terbesar dalam gugusan, yakni Pulau Bawah yang berpantai pasir putih.

Posisi Kepulauan Anambas sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Potensi inilah yang harus dimanfaatkan dengan menyediakan infrastruktur dan akomodasi yang memadai agar lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Namun jangan sampai tempat-tempat tersebut malah dikuasai oleh pihak-pihak asing seperti yang terjadi di beberapa tempat wisata favorit di bagian timur Indonesia. Dan jangan lupa untuk melibatkan penduduk lokal dalam mengembangkan pariwisata disini.

 Kepulauan AnambasKabupaten Kepulauan Anambas ini masih sangat baru, masih berumur 3 tahun. Kepulauan Anambas ini dulu berada di kabupaten Natuna namun dari 3 tahun lalu anambas ini telah menjadi kabupaten sendiri.  Penduduk dari kabupaten ini adalah yang penduduknya tersebar di pulau Siantan, Mubur, Kiabu, Jemaja dan beberapa pulau yang lainnya. Pulau Anambas ini terletak di tengah laut Cina selatan, yang menjadi salah satu garis terluar Indonesia.

Saat anda menempuh perjalanan udara, setelah 1 jam perjalanan anda akan mendarat di bandara Matak yang di miliki oleh salah satu perusahaan tambang swasta. Bandara ini terletak di gugusan pulau palmatak.  Di sini ada penginapan di daerah tarempa, ibukota dari kabupaten Kepulauan Anambas. Untuk kesana sebaiknya menggunakan kapal cepat berukuran kecil selama 15 menit.

Jika anda ingin berkunjung ke air terjun temburun bisa melewati jalur laut dengan menggunakan speed boat sewaan karena jalan darat masih sulit untuk ditempuh. Perjalanannya sekitar 20 menit. Dan anda akan menemui sebuah air terjun yang mendarat langsung kelaut.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

 Kepulauan AnambasSahabat TravelEsia Tidak Perlu Khawatir Disini banyak tersedia kedai kopi, makanan khas daerah ini adalah mie tarempa. Disana ada jalan yang dibangun diatas laut dan diberi nama jalan semen panjang, diberi nama tersebut karena pembangunan menggunakan bahan dasar semen beton.

Banyaknya wisatawan asing yang berkunjung dibandingkan wisatawan lokal membuktikan bahwa pulau bawah ini cukup terkenal bagi wisatawan asing. Surga yang belum terjamah ini masih kurang begitu dikenal di dalam negeri. 

Know Before You Go...!!!!



  • Tidak ada ATM di sekitar Kepulauan Anambas jadi siapkan uang tunai sebelum mengunjungi Kepulauan Anambas
  • Terempa ini ada di sebuah teluk, yang mempunyai air laut yang jernih. Disini anda akan diberikan begitu banyak keindahan alam. Batu besar dengan ornamen-ornamen tersebar di pesisir pantai dan air terjun temburun yang mengalir dari atas tebing langsung jatuh kelaut. Sungguh cantik!
  • Sangat bijak bila Anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa.
  • Krim pelindung atau tabir surya hendaknya selalu dibawa dan dipakai sesuai kebutuhan karena di daerah ini udara sangat panas walau angin berhembus cukup menyegarkan.
  • Anda perlu juga membawa pelindung anti nyamuk.
  • Jelasnya di sini tak cukup sinyal handphone Anda untuk aktif, tak pula terjangkau jaringan televisi, serta tidak ada pula pedagang kaki lima. Semua itu telah menjadikannya Plengkung sebagai kawasan paling ideal untuk Anda yang ingin berselancar dan benar-benar menjauh sejenak dari peradaban kota.
  • Di tempat inilah Anda bisa mengenyam sensasi lain, yakni, kicauan burung, perilaku hewan, dan gemerisik gesekan dedaunan.  
  • Hamparan pantai berpasir putih di kawasan ini diselimuti kawasan hutan yang masih alami dan jauh dari kebisingan hiruk pikuk perkotaan
  • Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk Menapaki Keindahan Di Pulau Terluar Indonesia.Jika Anda berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau Jadikanlah Kepulauan Anambas sebagai destinasi wisata anda.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

    Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg