BREAKING NEWS

Festival Bakar Tongkang-Festival Unik Di Bagan Siapi api


 

Festival Bakar Tongkang - Festival Bakar Tongkang Bagansiapiapi ada festival Go Cap Lak (kalendar imlek tanggal 16 bulan 5 yg jatuh di 8 juni setiap tahunnya). Acara ini merupakan acara tahunan dan menjadi acara pariwisata terbesar riau saat ini.
 
Festival Bakar Tongkang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa dalam memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke tanah Bagansiapiapi tahun 1820. Pembakaran tongkang menandakan tekad mereka untuk tidak kembali ke tanah leluhur dan mengembangkan diri di Bagansiapiapi.

Festival Bakar Tongkang

Pemerintah Provinsi Riau, Malaysia, dan Singapura melaksanakan program kerjasama di sektor pariwisata dengan saling mentransfer wisatawan untuk menikmati sisi kebudayaan dan alam bahari di masing-masing negara.

"Kerjasama ini tanpa ada kesepahaman tertulis atau MoU, namun telah terjalin dengan sendirinya sejak lama," kata Wakil Gubernur Riau, Mambang Mit, di Pekanbaru

Ilustrasi: Festival Bakar Tongkang di RiauDisebutnya sangat banyak warga Riau yang memang selalu berkunjung ke sejumlah lokasi wisata di Malaysia dan Singapura pada hari-hari libur. Begitu juga dengan warga Malaysia dan Singapura juga banyak yang kerap berkunjung ke Riau dan bahkan kemudian berkelanjutan menjadi hubungan kerjasama bidang industri dan perkebunan.

Baik Riau, Malaysia dan Singapura merupakan negara dan negeri serumpun dengan adat kebudayaan yang tidak jauh berbeda, sehingga membuat hubungan kerjasama bisa terjalin dengan baik dan saling memberikan keuntungan.

Mambang menyebut untuk membangun dan memajukan pariwisata di wilayahnya sangat dibutuhkan sinergitas antar-negara.

"Indonesia dengan Riau-nya, dan Malaysia dengan Selangor-nya. Begitu juga dengan Singapura, juga bisa bersinergi dengan Riau lewat sektor pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan rakyat di masing-masing negara," katanya.

Riau memang bukan tujuan utama pariwisata nasional. Bahkan provinsi dengan penghasil minyak bumi terbesar di Tanah Air ini juga masih kalah jauh terkenal dari provinsi tetangga, Sumatera Barat.

Tertarik melihat  Festival Bakar Tongkang yang unik ini datanglah Bagansiapiapi Provinsi Riau
 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg