5 Potret Saintifik yang Menampilkan Macam-Macam Hal Unik dalam Sains

 Dalam dunia sains, berbagai macam hal dan penemuan menarik perlahan-lahan terungkap. Sains juga berperan dalam berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu peran sains dalam kehidupan sudah tak dapat terlepaskan lagi. Berbagai penemuan sains bahkan telah menjelaskan bagaimana suatu fenomena dapat terjadi. 

Banyak hal-hal yang dulunya belum manusia ketahui bagaimana proses terjadinya, akhirnya kini dapat dijelaskan.Keunikan dari dunia sains yakni ada berbagai macam bidang studi yang tak terhitung jumlahnya dan semakin lama semakin bertambah, entah itu sains terapan atau sains murni. Jadi, berbagai macam hal menarik tentunya dapat ditemui dalam dunia sains. Seperti yang ditunjukkan oleh penemuan-penemuan dari beberapa potret berikut ini. Penasaran seperti apa penemuan-penemuan tersebut, mari kita cermati pada artikel kali ini!

1. Semut ternyata dapat membuat tepung dari kacang almond


Tepung buatan semut nampaknya menjadi topik penelitian yang menarik untuk diteliti. Hewan kecil ini rupanya memiliki kecerdasan spesifik yang mungkin dapat dimanfaatkan di masa depan. Dalam beberapa penelitian, penemuan almond yang dipecah semut menjadi tepung telah dikonfirmasi sebagai aktivitas unik dari semut dengan tujuan utama agar tepung ini bisa dimasukkan ke dalam sarang dan diedarkan ke berbagai hierarki dalam sarang semut. Mungkin di masa depan nanti kecerdasan spesifik dari semut mulai dapat dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan mikrobiologi.

2. Rubik untuk tuna netra


Tuna netra umumnya dapat membaca karena bantuan penemuan sains berupa kode braille. Namun untuk aktivitas spesifik seperti bermain permainan tertentu tentunya belum banyak yang dioptimasi untuk tuna netra. Meskipun demikian, ada beberapa contoh permainan yang kini sudah dioptimasi agar dapat dimainkan oleh tuna netra yakni permainan rubik misalnya. Pada permainan rubik kali ini, rupanya sisi-sisi rubik kini telah dioptimasi agar bisa dimainkan oleh tuna netra.

3. Telur burung kiwi memakan space yang sangat luas pada tubuhnya


Jika kamu menganggap bahwa manusia merupakan organisme yang merasa paling sakit saat melahirkan maka anggapan kamu salah. Ternyata di alam liar sana, ada organisme yang merasakan sakit lebih parah saat melahirkan dibanding manusia. Organisme tersebut adalah burung kiwi. Ukuran telur burung kiwi memakan hampir seluruh perutnya sehingga ketika binatang ini bertelur, rasa sakit yang dirasakannya jauh melebihi manusia. Jika dianalogikan sebagai manusia, maka burung kiwi bagaikan sedang mengandung bayi berumur 4 tahun.

4. Manusia mampu membuat bangunan hanya dengan memahatnya saja



Bangunan bersejarah berumur 800 tahun ini merupakan gereja yang dibangun hanya dengan memahat batuan. Gereja ini terdapat di Lalibela, Ethiopia dimana sisi-sisi sekitar gereja merupakan struktur batuan besar yang menjorok hingga ke dalam tanah. Struktur batuan ini akhirnya dipahat dari luar ke dalam. Kemudian setelah bentuk utamanya berhasil dipahat, detail-detail bagian dalam bangunan barulah dibuat. Entah mengapa saat ini sudah tidak ada lagi manusia yang memanfaatkan struktur batuan untuk dipahat menjadi rumah.

5. Manusia mampu melahirkan triplet, dengan kemungkinan 0,02%



Jika melahirkan twins merupakan kejadian yang sangat jarang maka ada kejadian lain yang jauh lebih jarang terjadi. Melahirkan triplet tanpa mengalami kejadian kembar siam merupakan fenomena langka yang memiliki kemungkinan 0,02%. Bila kejadian ini terjadi maka sang ibu harus melahirkan lebih cepat agar bayi tidak menyebabkan dampak serius pada tubuh. Jika mengandung bayi hingga melahirkan umumnya berlangsung 40 minggu, untuk triplet disarankan tak lebih dari 32 minggu.

Itu dia 5 potret saintifik yang menampilkan macam-macam hal unik dalam sains. Berbagai penemuan di atas memberikan gambaran kepada kita bahwa dunia sains begitu luas dan sangat menarik untuk dipelajari. Bahkan banyak fenomena baik itu dari biota maupun abiota yang sebelumnya belum diketahui kini akhirnya terungkap dengan peran ilmu sains. Dari 5 potret saintifik di atas, nomor berapa yang membuatmu ingin mempelajarinya lebih dalam? tulis di kolom komentar! Jangan Lupa Akses Website CCTV Lalu Lintas Online dan Website Threat Inteligence

0 Comments