BREAKING NEWS

Menu

5 Masjid Indah Menawan di Inggris, Rekomendasi Wisata Ramah Muslim!


Negara Inggris tak hanya terkenal dengan berbagai gereja atau katedral yang memukau. Sebab negara ini juga mempunyai beberapa masjid dengan arsitektur unik dan menarik. 

Masjid-masjid ini tak hanya tersebar di London yang merupakan ibu kota negara, melainkan tersebar di seluruh penjuru negeri. Berikut lima masjid paling indah di Inggris yang bisa menjadi rekomendasi wisata ramah muslim!

1. Masjid Brick Lane Jamme, London

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Setelah itu, bangunan ini sempat berubah menjadi tempat menampung London Society for Propagating Christian di antara orang-orang Yahudi. Bahkan setelahnya bangunan ini menjadi sinagog. 

Pada tahun 1976, setelah komunitas Yahudi setempat pindah dari daerah tersebut. Bangunan ini dibuka sebagai masjid. Bangunan ini juga telah mengalami banyak perubahan. Salah satunya yang paling baru yaitu pembangunan menara 29 meter di Brick Lane itu sendiri.

2. Masjid Fazl, Southfields, London

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Masjid Fazl merupakan masjid yang terletak di pinggiran kota London yang rimbun. Masjid ini dibuat oleh yayasan pos misionaris pertama di luar India dari komunitas Muslim Ahmadiyah. Masjid yang selesai pada tahun 1925 ini didesain oleh Mawson dan anak-anaknya.

Mereka terinspirasi dari Mughal untuk kubah, tetapi mengadopsi pendekatan modernis.

3. Masjid Shah Jahan, Woking

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Masjid Shah Jahan merupakan masjid pertama yang dibangun khusus di Inggris. Masjid ini adalah mahakarya Orientalisme Victoria yang ditemukan di Woking.

Masjid yang dirancang oleh l William Chambers pada tahun 1889 ini adalah pusat dari Institut Oriental yang dibuat oleh Dr Leitner. Beliau merupakan seorang ahli bahasa Hungaria-Yahudi yang masuk Islam setelah bekerja di British India. 

4. Masjid Regent's Park, London

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Masjid Regent's Park merupakan masjid yang mempunyai banyak acara keagamaan, seperti khutbah online dan kursus keagamaan. Selain itu, masjid ini juga menyediakan fasilitas nasihat agama, panduan waktu salat, serta artikel keagamaan.

5. Masjid Central Birmingham

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Masjid Central Birmingham merupakan salah satu masjid terbesar di Eropa Barat. Masjid ini juga menjadi masjid kedua yang dibangun di negara ini. Masjid yang didirikan pada tahun 1969 ini dibuka untuk masyarakat pada awal tahun 1970-an.

Masjid ini juga menjadi salah satu bangunan religius yang diakui dikota ini.

Nah, saat liburan ke Inggris, pastikan kamu mengunjungi masjid-masjid dengan arsitektur menarik di atas ya!

Disclaimer: artikel ini dengan judul "5 Masjid Indah Menawan di Inggris, Rekomendasi Wisata Ramah Muslim!" ditulis oleh Ratna Herlina


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg