BREAKING NEWS
 Kini Aplikasi NusaPedia Hadir Di Android Kamu

5 Kebiasaan Normal di Indonesia yang Dianggap Kasar di Luar Negeri


IMAGES SOURCE (ID.PINTEREST. COM/ALVA MUSA)

Setiap individu memiliki kebiasaannya masing-masing. Namun, sadarkah kamu? Sistem budaya yang berbeda di setiap negara sebenarnya memiliki peranan penting dalam memengaruhi kebiasaan hingga pola pikir seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.

Itulah kenapa, kamu akan selalu menemukan beragam etika dan tata krama yang berbeda dari satu negara dengan negara lainnya. 

Tidak jarang apa yang dianggap normal di suatu negara nyatanya dianggap sebaliknya oleh penduduk negara-negara lain.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dianggap normal di Indonesia, namun dianggap kasar di luar negeri. Apa saja, ya?

1. Tersenyum ke orang lain

IMAGES SOURCE (ILUSTRASI : GOODNET. ORG)

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keramahannya. Predikat tersebut sering kali dibuktikan melalui sikap penduduk Indonesia yang senang memberikan sambutan yang ramah kepada orang-orang asing. 

Tentu, dengan senyuman ramah, bukan?Eits, siapa yang menyangka bahwa kebiasaan tersebut dianggap cukup negatif di Rusia, lho! Yup, apabila seseorang memberikan senyuman ramah, maka kesan yang timbul akan mengarah pada godaan atau flirting yang bersifat tidak sopan.

2. Menanyakan kegiatan orang lain 

IMAGES SOURCE ( PEXELS. COM/@COTTONBRO)

Kamu pasti cukup familiar dengan pertanyaan yang paling mendasar dilakukan oleh orang Indonesia ini: "Kamu lagi ngapain?". Terkadang pertanyaan tersebut dapat bersifat basa-basi atau sekadar memulai obrolan sebagai pengganti sapaan, bukan?

Namun, pertanyaan tersebut akan tetap dianggap serius oleh orang-orang Belanda yang menilai bahwa menanyakan kegiatan seseorang berarti melanggar privasi orang lain. Itulah kenapa, pertanyaan tersebut tidak boleh dilontarkan sembarangan.

3. Menghabiskan makanan 

IMAGES SOURCE (FREEPIK. COM)

Melirik kembali momen-momen indah di masa kecil, kamu tentu teringat akan wejangan orangtua untuk senantiasa menghabiskan makanan tanpa sisa. Akan tetapi, paradigma mengenai kebiasaan menghabiskan makanan tersebut nyatanya bukanlah hal yang lumrah di Tiongkok

Tepatnya ketika mendapat suguhan makanan ketika bertamu. Jika tamu menghabiskan makanannya, maka hal tersebut dianggap tidak sopan.

4. Membunyikan klakson

IMAGES SOURCE (JULIETMCGUIRE. COM)

Kondisi jalanan di perkotaan sering kali mengundang gejolak emosi tersendiri. Mulai dari isu kemacetan hingga beberapa tindakan pengguna kendaraan yang jauh dari kata 'tertib'. Seketika kamu pun langsung membunyikan klakson. Yup, semudah itu, bukan?

Namun, kebiasaan menyembunyikan klakson seperti itu nyatanya dianggap sangat tidak sopan di Norwegia. Para penduduk setempat hanya terbiasa membunyikan klakson apabila keadaan di jalanan terbilang sangat darurat. Selain itu, jangan coba-coba, ya!

5. Duduk di bangku belakang saat menaiki taksi. 

IMAGES SOURCE (PITCHFORK. COM)

Ketika memesan taksi online atau mendapatkan taksi di pinggir jalan, biasanya penumpang otomatis membuka pintu di kursi penumpang belakang. 

Rasanya, cukup canggung dan tidak terbiasa apabila harus duduk di bangku depan, setuju?Meski begitu, kamu yang hendak mengunjungi Irlandia, Australia, Selandia Baru dan Skotlandia, harus siap-siap menanggalkan kebiasaan tersebut. 

Karena masyarakatnya memegang prinsip egalitarianisme, yaitu manusia itu ditakdirkan sederajat tanpa memandang status dan pekerjaan. Maka, duduk di belakang dapat dianggap tidak sopan.

Nah lho, kamu pasti cukup tercengang ya, dengan beberapa fakta di atas!


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg