BREAKING NEWS

Firefox 83 dirilis dengan 'HTTPS-Only Mode' yang hanya memuat situs HTTPS



Firefox 83, dijadwalkan untuk rilis hari ini, akan dikirimkan dengan fitur keamanan baru bernama "HTTPS-Only Mode" yang akan mencoba memuat semua situs web melalui HTTPS atau menampilkan pesan kesalahan di situs yang hanya mendukung protokol HTTP yang lebih lama dan tidak aman.

Secara default, fitur baru dinonaktifkan, tetapi pengguna dapat mengaktifkannya dengan membuka halaman Opsi Firefox, ke bagian Privasi & Keamanan, lalu mencari pengaturan Mode Hanya HTTPS.

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan

Images Source (Mozilla )

Menurut Mozilla, fitur baru ini bekerja dengan mencoba menemukan versi HTTPS dari situs web mana pun, meskipun pengguna telah mengakses situs tersebut dengan mengetik atau mengklik tautan HTTP.

Jika Firefox tidak dapat meningkatkan versi situs secara otomatis ke koneksi HTTPS, browser akan menampilkan kesalahan kepada pengguna dan meminta mereka untuk mengklik tombol untuk mengonfirmasi bahwa mereka ingin mengakses situs web melalui koneksi HTTP yang lebih lama.

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan

Images Source (Mozilla )

Fitur Mode HTTPS Only baru juga dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mengklik ikon kunci di bilah alamat dan memilihnya dari panel tarik-turun yang muncul.

Saat ini, protokol HTTP dianggap tidak aman karena semua lalu lintas terjadi melalui pesan teks biasa yang dapat disadap dan mengekspos lalu lintas web pengguna.

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan

Images Source (Mozilla )

Protokol HTTPS adalah evolusi alami dari protokol HTTP, dengan koneksi yang dibuat dan berlangsung melalui saluran terenkripsi.

Mozilla berharap sepenuhnya bahwa HTTPS akan menjadi cara standar untuk menavigasi web. Karena lebih banyak situs web akan bermigrasi ke HTTPS, Mozilla mengatakan akan segera mungkin bagi pembuat browser untuk menghentikan koneksi HTTP sama sekali, secara efektif menjadikan Mode Hanya HTTPS sebagai status penjelajahan default ke depannya.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg