BREAKING NEWS

10 Pemain Catur Terbaik Dunia Kebanyakan Orang Uni Soviet, Siapa Saja Yuk Simak


Turnamen dunia catur pertama kali mulai digelar pada abad ke-19, dan pada tahun 1924 Federasi Catur Internasional / Fédération Internationale des Échecs(FIDE) didirikan di Prancis. 

Organisasi FIDE ini menyelenggarakan sebagian besar turnamen catur dunia, pada tahun 1993 Kasparov dan Short mengumumkan keinginan mereka untuk mengadakan pertandingan perebutan gelar juara dunia tanpa partisipasi dari FIDE. 

Akibatnya, organisasi pun mencabut gelar pemain catur pertama dunia Kasparov. Kemudian Kasparov mendirikan Asosiasi Catur Profesional (PCA) dan mulai mengadakan turnamen beruntun. Setelah 3 tahun perusahaan prosesor ternama yaitu Intel memutuskan untuk berhenti mensponsori kegiatan PCA. 

Karena tidak ada sponsor yang mendanai turnamen yang diselenggarakan PCA, Kasparov tetap mengadakan kejuaraan meskipun tidak menggunakan sponsor. Berikut 10 daftar nama pecatur dunia versi FIDE dan PCA. 

10. Robert Fischer 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (chess-db. com)

Robert lahir pada tahun 1943 di Amerika Serikat. Robert memiliki talenta bermain catur sejak usia dini, pada usia 14 tahun dia sudah memenangkan Kejuaraan Catur kategori Senior AS, Robert pun dinobatkan sebagai grandmaster termuda di dunia. 

Pada tahun 1972, Robert berhasil mengalahkan Boris Spassky dan menjadi pecatur nomor satu dan menyandang Juara Dunia baru. Setelah itu Robert tidak mengikuti kompetisi internasional apapun kemudian pada tahun 1975, 

FIDE menawarkan Fischer untuk mengadakan pertemuan dengan Anatoly Karpov, tetapi grandmaster Amerika itu mengajukan sejumlah syarat yang tidak dapat diterima oleh organisasi kemudian FIDE mencabut gelar Robert dan menyerahkannya kepada pemain catur Soviet Anatoly Karpov. 

9. Garry Kasparov 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (wiwe. de)

Garry Kasparov lahir pada tahun 1963 orang tua Kasparov sangat menyukai permainan catur dan sering memecahkan problem berbagai masalah yang diterbitkan di surat kabar. Melihat bakat Kasparov ayahnya pun mengirimnya ke salah satu sekolah catur terbaik di Baku. 

Setelah 10 tahun di Moskow ia mulai belajar di bawah bimbingan Botvinnik. Kemudian Kasparov ikuti turnamen catur dan keluar menjadi pemenang juara dunia pada tahun 1985 setelah mengalahkan Kramnik. Kasparov mendirikan Asosiasi Catur Profesional (PCA). 

8. Anatoly Karpov 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (chess-db. com)

Pada usia 14 tahun ia menjadi master catur junior di Uni Soviet. Karpov mendapatkan gelar juara pertamanya lewat FIDE dan kemudian Karpov memenangkan gelar Juara Dunia untuk kedua kalinya pada tahun 1993 ketika mengalahkan Jan Timman (1993) dan Gata Kamsky (1996). 

Pada tahun 1998 Anatoly memenangkan turnamen FIDE, yang diselenggarakan Olimpiade 4 tahun sekali, di final Karpov bertemu Anand. Kemudian Karpov memulai karier politik Karpov dari tahun 1989 hingga 1991. 

Karpov menjadi wakil petinggi Uni Soviet. Ia menjadi anggota Partai Komunis Federasi Rusia, tetapi kemudian bergabung dengan Rusia Bersatu setelah Uni Soviet pecah. 

7. Alexander Khalifman 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (goodreads. com)

Alexander Khalifman lahir pada tahun 1966 di Leningrad, Rusia. Dia menunjukkan ketertarikan pada permainan catur dan matematika sejak kecil. 

Khalifman pernah belajar di Leningrad State University, namun akhirnya dia harus drop out (DO) Khalifman menerima gelar grandmaster pada tahun 1990. Ketika memenangkan Kejuaraan Uni Soviet pada tahun 1982, kemudian menjadi juara Eropa antara junior pada tahun 1986. 

Khalifman menjadi juara dunia pada 1999. Turnamen diadakan dengan sistem knockout tetapi karena sistem juara dunia sebelumnya Anand dan Kasparov menolak untuk ikut dalam turnamen. Jadi jika Anand dan Kasparov ikut mungkin Khalifman tidak akan menyandang gelar dunianya. 

6. Ruslan Ponomarev 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (chess-news. ru)

Ruslan lahir pada tahun 1983 di Ukraina, ia mulai bermain catur di kota kecil Horlivka wilayah Donetsk. Ruslan dikenal karena kepintarannya membuat literatur strategi catur atau karya tulis yang dapat dijadikan rujukan. 

Dedikasi ini pun telah terbayar, pada tahun 1998 Ponomarev diakui sebagai grandmaster termuda di dunia. Pada tahun 2002 is memenangkan gelar juara dunia versi FIDE. 

Saat itu Podomorev masih berusia 18 tahun ia juga sebagai atlet catur di ajang Olimpiade untuk tim nasional Ukraina. 

5. Rustam Kasimdzhanov 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (bestofchess. com)

Rustam lahir di SSR Uzbek pada tahun 1979. Akan tetapi ia sekarang tinggal di Jerman. Kasimdzhanov menikah dan memiliki dua putra, prestasi besar pertama Rustam pada tahun 1994 ketika itu ia memenangkan Kejuaraan catur kategori Pemuda di benua Asia. 

Pada tahun 1997 Kasimdzhanov dianugerahi gelar grandmaster dan 1 tahun kemudian dia memenangkan Kejuaraan Asia. Pada turnamen tahun 2004 ia berhasil meraih gelar juara dunia versi FIDE. 

4. Veselin Topalov 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (chess24. com)

Veselin Topalov lahir di Bulgaria pada tahun 1975, pada usia 13 tahun Topalov sudah menjadi Juara Dunia tingkat Junior, kemudian mendapatkan gelar grandmaster pada tahun 1992. Veselin menjadi juara dunia pada tahun 2005, mengambil tempat pertama dalam turnamen catur di Argentina. 

3. Vladimir Kramnik 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (chess24. com)

Vladimir Kramnik lahir pada tahun 1975 di Tuapse, Rusia. Pada usia 11 tahun Vladimir memasuki Sekolah Catur Botvinnik milik Kasparov. 

Kramnik berhasil menerima gelar grandmaster pada tahun 1991. Pada tahun 2000, Vladimir mengalahkan Kasparov dan menjadi Juara Dunia versi PCA. 

Kemudian, Kramnik memenangkan gelar dunia versi organisasi FIDE, Kramnik merupakan pecatur pertama yang berhasil menggabungkan kedua gelar FIDE dan PCA. Gaya permainan Kramnik keras kepala dan pragmatis. 

Garry Kasparov bahkan membandingkannya dengan strategi Anatoly Karpov. Kramnik lebih sering menang ketika memegang warna Putih. 

2. Viswanathan Anand 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (chess. com)

Pemain catur India lahir pada tahun 1969. Ia menerima gelar grandmaster pada tahun 1988. Di usia 14 tahun Anand menjadi juara catur muda di India, setelah 2 tahun ia memenangkan kejuaraan catur kategori dewasa di India. 

Pada tahun 1980-an Anand mulai bermain di level tertinggi dunia, dalam keterampilannya menyusun taktik membuat ia disegani para pemain pro catur dunia. 

Pertemuan antara Anand dan Karpov berlangsung sengit dan akhirnya Anand memenangkan pertandingan. Pada tahun 1995 Anand bertemu dengan Kasparov untuk memperebutkan gelar Juara Dunia versi PCA tetapi ia kalah dari Kasparov, pertandingan menegangkan itu menghibur penonton hingga delapan ronde, ronde pertama berakhir seri. 

Pada tahun 2000 Anand mengalahkan Shirov di Teheran dan menjadi Juara Dunia. Viswanathan Anand adalah satu-satunya pecatur di dunia yang meraih kejuaraan dalam 3 format dan menjadi satu-satunya orang India yang memecahkan rekor 3 kejuaraan serentak. 

1. Magnus Carlsen 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat LautanImages Source: (dw. com)

Magnus Carlsen lahir pada tahun 1990 di Norwegia. Magnus berhasil merebut gelar juara dunia pada usia 22 tahun. Pada tahun 2004 Magnus menjadi salah satu grandmaster termuda di dunia di usia 19 tahun, saat ini Magnus menduduki peringkat teratas versi FIDE. 

Bakat Magnus dibidang catur sangat bagus hingga ia di sponsori Microsoft pada tahun 2003 dan pada tahun 2004. Demikianlah ulasan dari 10 pemain catur dunia versi FIDE dan PCA yang saya rangkum menjadi satu artikel, terimakasih telah membaca.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg