BREAKING NEWS

Tips mengurangi rasa cemas Di tengah pandemik Covid -19


Tips mengurangi rasa cemas Di tengah pandemik Covid -19 ( Sumber Gambar : kalbaronline.com )

Virus Corona (Covid-19) yang mewabah sejak akhir tahun 2019 lalu telah menjadi momok menakutkan setelah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). 

Covid-19 merupakan virus sudah menyebar ke penjuru dunia, termasuk di Indonesia. 

Virus ini menyebar melalui cairan yang berasal dari hidung dan mulut, dan untuk itu kita diwajibkan untuk memakai masker agar terhindar dari cairan tersebut. 

Di Indonesia, pandemik covid-19 semakin hari semakin mengkhawatirkan dan membuat masyarakat khawatir dan cemas akan keselamatan. Kekhawatiran ini akan mengganggu psikologis setiap orang. 

Secara psikologis gangguan kecemasan adalah rasa cemas secara berlebihan terhadap ancaman yang belum tentu nyata. 

Agar kita tidak terlalu cemas terhadap Pandemi Covid-19 ini, kita bisa melakukan 5 Tips ini : 


1.Kurangi mengupdate berita buruk mengenai pandemik ini

Images Source : (suara.com )

Kegiatan ini sangat perlu dilakukan setiap orang. Jika kita selalu membaca berita yang baik seperti kesumbuhan pasien, akan membuat diri kita tenang dan gembiran. 

Sebaliknya jika kita sering membaca berita mengenai kematian pasien, ini akan membuat masyarakat akan cemas dan khawatir akan pandemik ini.

2. Berpikir positif dan berpikir sehat
Logo Baru kemenkraf
Images Source : (brta.in )

DJika kita berpikir postif, akan memperkuat sistem imun lohh. Karena, Hubungan antara pikiran, jiwa dan tubuh ini juga mampu mempengaruhi tubuh sampai tingkat sel. 

Dimana sel tubuh kita juga mampu bekerja lebih baik ketika pikiran kita tidak stress. Sistem pertahanan tubuh atau imun tubuh juga meningkat dan memperkecil kemungkinan untuk jatuh sakit. Berpikir positif ini bisa terhindar dari stress lohh.


3. Tetaplah berdoa kepada Sang Maha Pencipta

Logo Baru kemenkraf
Images Source : (Google)

DBerdoa ini merupakan hal yang sangat penting, selain mendakatkan diri dengan Sang Pencipta,  kita bisa melakukan ibadah lainnya agar diri kita menjadi lebih tenang ketika menghadapi masalah.

4.Lakukanlah kegiatan positif

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( goodnewsfromindonesia.id )

Selain berpikir positif, melakukan kegiatan positif juga perlu lohh, agar kita tetap senang dan tidak terlalu cemas menghadapi pandemik ini. 

Seperti : membuat kue, olahraga bersama, memasak,menonton film yang gembira contoh Film India dan kegiatan lainnya.

5.Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri


Logo Baru kemenkraf
Images Source : (goodnewsfromindonesia.id )

Setelah melakukan segala aktivitas baik di luar rumah maupun di dalam rumah, jangan lupa membersihkan diri kita dan lingkungan kita. 

Karena kebersihan itu penting lohh, agar lingkungan kita terhindar dari kuman-kuman. Dan jangan lupa berjemur di waktu pagi.

tulah tips - tips untuk mengurangi cemas di tengah pandemi Covid -19 yang kepada kalian semua semoga bermanfaat dan pandemi Covid - 19 ini segera berakhir Amin

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg