BREAKING NEWS

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona


Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

Pandemi Virus Corona (Covid-19) belum juga mereda. Tercatat hingga hari ini (30/3), sebanyak 721.412 orang di seluruh dunia telah terinfeksi Covid-19, dan 33.956 orang dinyatakan meninggal dunia. 

Masyarakat dituntut untuk menerapkan hidup bersih dengan rajin cuci tangan agar terhindar dari Covid-19 yang mematikan. 

Benda-benda yang digunakan sehari-hari juga harus dipastikan kebersihannya supaya tidak menjadi sarang penyakit, salah satunya adalah samrtphone dan kamera. 

Smartphone dan kamera yang sering digunakan sehari-hari mengandung kuman penyakit 10 kali lebih banyak dari dudukan toilet. 

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 menemukan bahwa Virus Corona mampu bertahan di permukaan kaca dan plastik hingga sembilan hari lamanya. 

Oleh karena itu, penting kiranya untuk membersihkan smartphone dan kamera setiap hari. Berikut ini disajikan beberapa cara untuk membersihkan smartphone dan kamera agar terhindar dari Virus Corona menurut para ahli. 

1. Gunakan Air dan Sabun 


Melansir dari BBC News, seorang ahli mikrobiologi bernama Dr. Lena Ciric mengungkapkan bahwa smartphone dan kamera dapat dibersihkan hanya dengan air dan sabun saja. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. 

    1. Matikan smartphone 
    2. Lepas casing smartphone 
    3. Basahi kain microfiber dengan air dan sabun. 
    4. Usap seluruh bagian smartphone secara
        merata 
    5. Usahakan air tidak mengenai bsgisn terbuka 
        smartphone (port charger/headset) 
    6. Usap kembali dengan kain microfiber kering 

2. Bersihkan Layar dengan Alkohol 

Sumber Gambar : Google

Membersihkan layar smartphone dapat dilakukan dengan menggunakan alkohol isopropyl 70% yang disemprotkan ke kain microfiber. 

Selanjutnya bersihkan dengan kain microfiber kering hingga bersih. 

3. Gunakan Tisu Basah dan Cotton Bud 

Tisu basah yang mengandung cairan antiseptik juga dapat berguna untuk membersihkan smartphone. Cotton Bud digunakan untuk membantu membersihkan bagian yang sulit dijangkau. 

Melalui cara ini, debu dan bakteri dapat dihilangkan secara lebih ampuh. Setelah selesai keringkan dengan kain microfiber kering. 

4. Cara Membersihkan dengan Sinar UV 

Sumber Gambar :  Google.com

Sebuah penelitian di tahun 2018 oleh seorang peneliti dari Massachusetts Institute of Technology mengungkapkan bahwa membersihkan smartphone menggunakan UV Smartphone Sanitizer adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman. 

Alat ini telah banyak dijual secara komersil dengan kisaran harga mulai dari Rp 400-800 ribu per unit. Kuman dapat dibunuh dengan lebih efektif dengan alat ini, namun tidak menjamin membunuh setiap jenis kuman di setiap celah tunggal di smarphone. 

5. Antisipasi dengan Pelindung Antimikroba 

Sumber Gambar : Google.com

Di pasaran, tersedia pelindung antimikroba yang dapat melindungi smartphone dari serangan kuman. Meskipun tidak sepenuhnya bersih, setidaknya kuantitasnya jauh lebih banyak berkurang. 

Pelindung antimikroba ini difungsikan melapisi anti gores pada smartphone agar terhindar dari kerusakan fisik. 

6. Jangan Pakai Pemutih 

Jessica Samsons, seorang manager komunikasi di The Maids International menjelaskan bahwa barang elektronik adalah magnet untuk debu, kotoran, serta kuman. 

Untuk membersihkannya, hindari penggunaan aerosol spray atau pemutih. Sebab cairan ini dapat merusak permukaan smartphone. Gunakan saja tisu etanol yang lebih efektif dan tidak merusak. 

7. Pakai Cuka Putih 

Cuka putih yang ada di dapur juga efektif membersihkan layar smartphone dari bakteri. Caranya, larutkan cuka putih dengan air, perbandingannya adalah 50:50. 

Selanjutnya basahi pada kain mikrofiber dan cotton bud untuk membersihkan smartphone dari kuman dan penyakit.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg