BREAKING NEWS

Pernak-Pernik Imlek Tahun 2020 yang Paling Banyak Diburu


Pernak-Pernik Imlek Tahun 2020 yang Paling Banyak Diburu

Perayaan Tahun Baru China atau lebih dikenal dengan Imlek tinggal menghitung hari. Imlek identik dengan berbagai pernak-pernik dan dekorasi khas Tionghoa yang unik. 

Masyarakat Tionghoa mempercayai bahwa berbagai pernak-pernik Imlek bukanlah hiasan semata, melainkan sebuah benda yang dapat membawa pengaruh positif dan keberuntungan untuk tahun-tahun berikutnya. Berikut ini adalah beberapa pernak-pernik Imlek yang paling banyak diburu pada tahun 2020, dan makna mendalam dibaliknya. 

 1. Lampion 


Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( Istimewa )


Tak lengkap rasanya jika Imlek dirayakan tanpa adanya lampion merah yang kas. Bagi masyarakat Tionghoa, lampion adalah simbol penerangan hidup, persatuan, kebersamaan, keberuntungan, kebahagiaan, semangat, dan kelancara rejeki. 

Biasanya lampion digantung di atap-atap rumah atau sudut-sudut kota sebagai tambahan penerangan saat Imlek. 

2. Pohon Jeruk Mandarin 


Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( Istimewa )

Pohon jeruk mandarin atau disebut juga Gam Gat See memiliki makna emas dan keberuntungan. Biasanya masyarakat Tionghoa membeli pohon jeruk mandarin untuk diletakkan di sudut ruangan. 

Buah jeruk menjadi simbol untuk warna emas, uang, dan energi positif. Dengan adanya pohon ini di dalam rumah, diharapkan di tahun berikutnya akan memberikan banyak hal positif untuk keluarga yang mendiaminya.

3. Petasan 


Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( Istimewa )

Petasan dahulu digunakan sebagai alat untuk mengusir hewan buas pemakan manusia dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa. Kini bunyi riuh ramai dari petasan dipercaya memiliki kemampuan untuk mengusir makhluk halus dan segala jenis ketidakberuntungan. 

Petasan selalu dibunyikan untuk semakin menyemarakkan suasana Imlek.

4. Chunlian 
Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( Istimewa )


Chunlian adalah dekorasi berbentu tulisan kaligrafi berbahasa mandarin yang biasanya diletakkan di sisi kanan dan kiri pintu masuk rumah. 

Chunlian biasanya berupa harapan dan doa yang akan dicapai di tahun berikutnya. Chunlian dapat juga berupa puisi yang bermakna baik di atas kertas merah panjang. 

5. Kertas Gantung 

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( Istimewa )


Akan banyak sekali kertas gantung berisi tulisan berbahasa mandari saat perayaan Imlek tiba. Biasanya isi tulisan berupa ucapan Gong Xi Fa Cai, Fu, atau Chun. Fu memiliki arti bahagia, sering juga dipasang terbalik menjadi Dao yang berarti tiba. Chun bermakna musim semi, karena Imlek juga dikenal sebagai Festival Musim Semi untuk masyarakat Tionghoa.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg