BREAKING NEWS

10 Fakta Mengejutkan Tentang Beberapa Keajaiban Buatan Manusia di Dunia


10 Fakta Mengejutkan Tentang Beberapa Keajaiban Buatan Manusia di Dunia

Setiap orang dengan rasa penasaran yang tak terpuaskan cukup akrab dengan sebagian besar keajaiban dunia. Ada tujuh keajaiban dunia berdasarkan popularitas dari survei yang dilakukan di antara 100 juta orang. Daftar itu termasuk Tembok Besar Cina (Cina), Christ the Redeemer (Brasil), Machu Picchu (Peru), Chichen Itza (Meksiko), Taj Mahal (India), Petra (Yordania), dan Colosseum Romawi (Roma). 

Terlepas dari para pemenang, ada 14 keajaiban lagi yang berhasil masuk ke babak final. Namun demikian, semua 21 monumen dan arsitektur di babak final menarik. Dari bangunan yang dibangun lebih dari 2.000 tahun yang lalu dengan rekayasa rumit hingga bangunan yang dibangun dengan arsitektur indah di abad pertengahan, keajaiban dunia ini mencakup segala sesuatu yang sangat indah yang diciptakan oleh manusia. Banyak dari kita lebih dari terbiasa dengan semua fakta utama yang membuat keajaiban dunia menjadi istimewa. 

Namun, ada beberapa fakta yang sebagian besar dari kita tidak sadari. Di bawah ini adalah beberapa fakta yang kurang diketahui tentang beberapa keajaiban yang pasti akan memukau Anda.

1. Memotret Menara Eiffel di Paris adalah ilegal saat lampunya menyala.

Image credits: Pixabay

Menara Eiffel adalah perwujudan hidup dari teknik yang indah. Pada malam hari, ketika lampu Menara Eiffel menyala, orang hampir tidak bisa menahan diri untuk mengambil gambar. Namun, memotret keajaiban ini di malam hari merupakan pelanggaran terhadap hak cipta artis. Lembaga yang melayani menara tersebut, Société d 'Exploitation de la Tour Eiffel (SETE), secara resmi menyatakan bahwa lampu-lampu di menara adalah karya artistik. Lampu dilindungi oleh hukum hak cipta Eropa. 

Dengan kata lain, semua variasi lampu di Menara Eiffel seperti iluminasi emas, kelap-kelip, suar, dan bahkan pencahayaan selama acara khusus dilindungi.Selain itu, menurut Undang-Undang Uni Eropa, hak cipta artis mana pun berakhir 70 tahun setelah kematian artis. Lampu dipasang oleh seniman Pierre Bideau, yang hidup, jadi aman untuk mengasumsikan bahwa undang-undang hak cipta mungkin ada selama satu dekade lagi. Penggunaan gambar Menara Eiffel dengan lampu menyala hanya dapat diterima dengan otorisasi yang sesuai dari SETE. Meskipun, setiap gambar yang diambil dari atas menara ini bebas hak cipta. (source)

2. Menara Miring Pisa telah selamat setidaknya dari empat gempa kuat.

Image credits: Pixabay

Beberapa pertanyaan yang muncul pada pandangan pertama dari keajaiban ini adalah, "Mengapa itu condong?" Dan "Akankah jatuh?" Namun, akan sangat mengejutkan Anda mengetahui bahwa menara miring ini telah berhasil melewati setidaknya empat, gempa bumi yang kuat. Meskipun dirancang untuk dibangun dengan vertikal sempurna, Menara Miring Pisa mulai bersandar bahkan selama konstruksi. 

Alasan untuk lean adalah tanah yang lunak dan fondasi menara yang tidak stabil. Sejak pembangunannya dimulai sekitar 1173, setidaknya empat gempa kuat telah menghantam kota Pisa. Yang mengejutkan, menara yang terlihat rapuh ini selamat dari semuanya.Rahasia kekuatan menara ini adalah interaksi tanah-struktur yang dinamis. Tanah lunak di bawah menara tidak membiarkan menara di atas bergetar dengan gerakan tanah yang disebabkan oleh gempa bumi. Ajaibnya, tanah yang sangat lunak yang menyebabkan lean inilah yang membuat menara ini aman dari gempa bumi.(source)

3. Sampai saat ini, kami tidak begitu yakin tentang bagaimana Piramida Agung Giza dibangun.


Image credits: Jack Versloot/Flickr

Piramida Agung Giza adalah yang tertua dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Selain itu, itu juga satu-satunya keajaiban kuno yang tetap utuh. Dibangun sekitar tahun 2560 SM, Piramida Agung Giza adalah bangunan tertinggi selama lebih dari 3.800 tahun. Sekitar 2,3 juta blok batu digunakan dalam pembangunan piramida ini. Ketika memandangi keindahannya, orang tidak bisa tidak bertanya-tanya bagaimana keajaiban ini dibangun. 

Namun demikian, sejauh ini kami tidak memiliki bukti konklusif tentang bagaimana itu dibangun.Banyak ilmuwan memiliki teori mereka, tetapi semuanya tetap tidak terbukti. Beberapa ahli memiliki teori yang melibatkan sistem landai. 

Banyak yang lain mengklaim bahwa sistem tersebut melibatkan tangga linier. Kepercayaan yang paling diterima adalah bahwa batu-batu besar dipindahkan dari tambang dan diangkat ke tempatnya secara manual. Semua teori yang disebutkan di atas didasarkan pada dugaan. Akibatnya, bagaimana Piramida Agung Giza dibangun masih menjadi misteri.(1)

4. Hampir 30% Tembok Besar Tiongkok telah menghilang sejak dibangun.

Image credits: Severin.stalder/Wikimedia

Tembok Besar terbuat dari batu bata dan merupakan struktur yang membentang bermil-mil. Selama bertahun-tahun, 30% tembok telah lenyap karena kondisi cuaca buruk, kerusakan yang disebabkan oleh kegiatan wisata, dan perampokan batu bata oleh penduduk setempat untuk membangun rumah mereka. Dari tembok sepanjang 6.300 km yang dibangun pada masa Dinasti Ming, hanya sekitar 4.338 km tembok yang masih berdiri hingga hari ini.Selain itu, survei oleh Great Wall Society juga melaporkan bagaimana tanaman yang tumbuh di dinding merusaknya. 

Beberapa ahli mengklaim bahwa paparan angin dan hujan terus menerus yang terus menerus juga membuat dinding menjadi lemah. Beberapa menara menjadi sangat goyah sehingga mungkin runtuh dalam satu hujan badai. Diperkirakan bahwa lebih dari 37 mil dinding akan hilang dalam 20 tahun ke depan karena badai pasir. Sayangnya, semua hal ini menyebabkan kerusakan pada artefak konstruksi manusia terpanjang di dunia.(1, 2)

5. Colosseum besar di Roma pernah digunakan sebagai kuburan dan bahkan sebuah kastil.

Image credits: Pixabay

Amfiteater terbesar di dunia ini terletak di pusat kota Roma. Itu memiliki kapasitas 50.000 hingga 80.000 penonton. Bangunan ini digunakan untuk hiburan di awal abad pertengahan. Yang paling penting, itu digunakan untuk kontes gladiator, perburuan hewan, pertempuran laut tiruan, peragaan kembali pertempuran terkenal, dan drama mitologi klasik.Meskipun monumen ini secara substansial hancur, masih terdaftar dalam daftar The New Seven Wonders of the World. 

Pada akhir abad ke-6, amfiteater ini diubah menjadi kuburan, dan ruang berkubah Colosseum disewakan sebagai toko. Tidak sampai 1200 ketika keluarga Frangipani mengambil alih Colosseum untuk menggunakannya sebagai istana mereka. Amfiteater yang indah yang kita kenal sekarang digunakan selama berabad-abad dalam berbagai kapasitas. Saat ini, hanya sepertiga dari stan Colosseum asli yang merupakan daya tarik wisata tetapi juga digunakan untuk berbagai upacara Katolik Roma.(1, 2)

6. Tanah tempat Chichen Itza dibangun, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia, dimiliki secara pribadi hingga 2010.

Image credits: Pixabay

Chichen Itza, kota yang dibangun oleh orang-orang Maya, terletak di Negara Bagian Yucatan, Meksiko. Ini adalah salah satu kota Maya terbesar di masa lalu. Selain itu, beberapa data mengklaim bahwa ini juga salah satu kota mitos yang dirujuk dalam literatur Mesoamerika. Bangunan-bangunan kota ini memiliki arsitektur yang sangat unik yang merupakan hasil dari populasi yang beragam.Anehnya, tanah, di mana kota yang indah ini dibangun dimiliki secara pribadi hingga 29 Maret 2010. 

Barbachanos telah membeli tanah ini pada tahun 1944 dari seorang arkeolog Amerika, Edward H. Thompson, dan telah memilikinya sejak saat itu. Namun, konstitusi selalu mengklaim bahwa monumen arkeologi selamanya milik bangsa. Tanah kota Chichen Itza dimiliki secara pribadi selama sekitar 500 tahun. Namun demikian, pada 2010, tanah itu dijual ke Negara Bagian Yucatan, Meksiko.(source)

7. Sebuah benda yang lebih besar dari rata-rata paus biru baru-baru ini ditemukan terkubur di pasir dekat gua Petra

Image credits: Dennis Jarvis/Flickr

Petra adalah kota bersejarah yang terletak di Yordania selatan. Kota ini diyakini telah dihuni sekitar 9000 SM. Selama bertahun-tahun, banyak peradaban yang tak terhitung jumlahnya telah mendiami Petra atau berinteraksi dengan peradaban yang mendiami Petra.

Overview of the monumental platform. Image credits: G al Faqeer, I LaBianca via The Guardian

Sebuah monumen besar yang berasal dari hampir 2.150 tahun telah ditemukan terkubur di bawah tanah dekat Petra. Monumen ini hampir 184 kaki x 161 kaki. Karena terkubur di bawah tanah, struktur ini tersembunyi dan sulit dijangkau. Monumen ini dimakamkan hampir di pusat kota.

Fakta yang paling mengejutkan adalah bahwa struktur ini terlewatkan oleh survei sebelumnya dan tidak disebutkan di manapun dalam sejarah. Monumen tidak terhubung ke Petra dan secara misterius tersembunyi di luar jangkauan. Monumen baru ini menambah misteri keberadaan gua-gua ini.(1, 2)

8. Stonehenge yang misterius membutuhkan waktu sekitar 1.500 tahun untuk diselesaikan.

Image credits: Lawrie Cate/Flickr

Mereka mungkin terlihat seperti sepasang batu yang diletakkan di dataran, tetapi mereka lebih dari itu. Stonehenge, monumen prasejarah di Inggris, terdiri dari cincin batu yang berdiri. Setiap batu memiliki berat sekitar 25 ton dan panjang hingga 15 kaki. Para arkeolog percaya bahwa itu dibangun secara bertahap di suatu tempat antara 3000 dan 2000 SM.

Menurut fakta yang diberikan oleh penanggalan radiokarbon, banyak ahli percaya bahwa situs tersebut membutuhkan waktu sekitar 1.500 tahun untuk menyelesaikannya. Dua jenis batu digunakan untuk membuat monumen ini - batu sarsen besar dan batu permata kecil. Transportasi adalah salah satu dari beberapa tahap konstruksi Stonehenge. Beberapa dari batu-batu ini diangkut dari jarak lebih dari 250 km. Sementara itu, sarana transportasi mereka masih menjadi misteri.(1, 2)

9. Tidak seperti bangunan konvensional, bangunan di kota Machu Picchu dibangun tanpa menggunakan semen.


Image credits: Pixabay

Terletak 7.970 kaki (2.430 meter) di atas permukaan laut, Machu Picchu memang merupakan prestasi teknik yang tak tertandingi. Kota Inca ini terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia pada tahun 2007. Inca, peradaban yang membuat struktur ini, membuatnya tanpa menggunakan mortar.Orang-orang yang membangun struktur ini adalah ahli teknik bangunan yang disebut "ashlar." Batu-batu yang digunakan diukir dengan sempurna dan cocok satu sama lain seperti potongan-potongan puzzle. Semua batu sangat cocok bersama. Suku Inca juga membangun teras dan potongan batu yang sesuai untuk mengalirkan air secara efisien. 

Selain itu, banyak kanal yang menghubungkan kota ini bertanggung jawab untuk irigasi dan mencegah erosi. Bangunan-bangunan ini telah berdiri kokoh sepanjang ratusan tahun meskipun hujan deras, erosi, tanah longsor, tanah longsor, dan banjir. Bahkan pada ketinggian yang tidak dapat dipercaya dan dengan cuaca yang keras, bangunan-bangunan di kota ini telah berdiri kokoh selama 500 tahun.(source)

10.Borobudur Candi Buddha terbesar dunia memiliki Total 2672 relief yang terdiri dari 1212 relief dekoratif dan 1460 relief kisah

Image credits: borobudurpark

Candi Borobudur berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 123 x 123 meter. Terdapat 504 arca Buddha yang terletak dalam 432 relung di teras bujursangkar dan 72 stupa berlubang di teras lingkar. Total 2672 pahatan relief yang terdiri dari 1212 relief dekoratif dan 1460 relief kisah Buddha.

Bagi kamu yang sudah ke sana, pasti tahu benar bahwa Candi Borobudur dibangun dari susunan balok vulkanik. Uniknya, meski balok tersebut tersusun tanpa perekat, namun candi ini tetap berdiri kokoh. Pertanyaanya, darimana asal balok vulkanik tersebut? Siapa yang menyusunnya?
Entahlah, sampai sekarang hal tersebut masih mejadi misteri karena belum ada penelitian yang menyebutkan asal muasal batuan vulkanik tersebut.

Banyak ahli yang mencoba mengintepretasikan nama Borobudur. Raffles sendiri mengartikan Borobudur dalam 3 versi nama, yaitu Borobudur yang bermakna Buddha Agung (Boro= Agung, Budur= Buddha), tempat yang kuno (Boro= nama daerah, Budur= kuno), dan banyak Buddha (Boro= Banyak, Buddur= Buddha).

Sedangkan dalam situs Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Borobudur berarti pohon kehidupan yang tumbuh subur di sekitar candi.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg