BREAKING NEWS

Aplikasi BBM Resmi Berhenti Beroperasi.Blackberry Siapkan Penggantinya Yang Lebih Canggih


Salah satu pelopor aplikasi pesan singkat Blackberry Messenger atau BBM, mengumumkan rencananya untuk berhenti beroperasi pada akhir Mei 2019 lewat media sosial. (Ilustrasi: BBM)

Kabar sedih bagi pengguna aplikasi perpesanan instan, BBM, resmi per hari ini Kamis (18/4), mengumumkan akan berhenti beroperasi mulai tanggal 31 Mei 2019.

Dalam blog resmi mereka, pihak BBM menjelaskan, bawah tiga tahun lalu, BBM mengawali perjalanan untuk memperbarui platform menjadi sebuah layanan lintas-platform yang memungkinkan pengguna untuk tak hanya berkirim pesan dan berbagi cerita, tetapi juga menikmati berbagai konten dan bahkan membayar aneka tagihan. Namun hasilnya di luar ekspektasi.

"Time to Say GOOD BYE. BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia," tulis pesan tersebut kepada pengguna BBM.

Emtek memastikan layanan BBM yang diakhiri merupakan versi konsumer. Seiring dengan pengumuman ini, BlackBerry mengumumkan bahwa platform pesan singkat BBM Enterprise (BBMe) tetap tersedia untuk kalangan konsumen dan bisa diunduh dalam waktu dekat untuk pengguna Android dan iOS.

"Kami menghormati keputusan Emtek, kendati kami kecewa karena platform tidak bisa tumbuh seperti yang diharapkan," terang Chief Marketing Officer BlackBerry Mark Wilson seperti dikutip Crackberry.

"Kami telah mencurahkan hati dan tenaga kami untuk mewujudkannya, dan kami bangga atas apa yang telah berhasil kami capai hingga saat ini. Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat," tulis pihak BBM. 

Sumber Gambar : antaranews.com


"Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak. Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami." 

Lebih lanjut, pihak BBM menuliskan, diharapkan penggunanya bisa terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini. 

BlackBerry  Massenger Melalui Masa-Masa Sulit

BBM menyerah dan mengumumkan bakal segera berhenti beroperasi setelah tidak mampu bersaing dengan layanan pesan singkat besar lain yang kini menguasai pasar.

"Instant messaging adalah pasar yang sangat fleksibel dan kompetitif. Sejak 2016 kami telah mencoba yang terbaik untuk bersaing di pasar ini dan meluncurkan banyak fitur dan konten baru yang kami harapkan akan menumbuhkan basis pengguna BBM," kata mereka dalam situs resmi BBM.
Pengumuman juga diunggah melalui berbagai media sosial milik mereka pada Kamis malam, 18 April 2019. Mereka menyatakan pamit dan bakal undur diri pertanggal 31 Mei 2019.

Sumber Gambar : sinarharapan.co
Ucapan terima kasih pun mereka haturkan kepada seluruh warganet yang pernah menjadi bagian dari pengguna teknologi percakapan digital yang populer pada awal tahun 2000an itu.

"Hari ini kami mengumumkan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM!," Tulis mereka di media sosial resminya.

"Hari ini kami mengumumkan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019.

Tiga tahun lalu, kami mengawali perjalanan untuk memperbaharui BBM, salah satu aplikasi pesan instan yang paling dicintai. Kami berambisi menghadirkan sebuah layanan lintas-platform yang memungkinkan pengguna untuk tak hanya berkirim pesan dan berbagi cerita, tetapi juga menikmati berbagai konten dan bahkan membayar aneka tagihan.


Kami telah mencurahkan hati dan tenaga kami untuk mewujudkannya, dan kami bangga atas apa yang telah berhasil kami capai hingga saat ini.
Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat.

Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak.
Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami.

Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini," jelas mereka.

BlackBerry  Massenger Bertransformasi Menjadi BBM Enterprise (BBMe)

BlackBerry Limited (BB) bakal meluncurkan BBM Enterprise (BBMe) sebagai pengganti BlackBerry Messenger yang ditutup pada 31 Mei 2019 mendatang. Lantas, apa itu BBMe?


Image Source : CrackBerry

Chief Marketing Officer BlackBerry, Mark Wilson dalam keterangan resmi yang dikutip CNBC Indonesia pada Jumat (19/4/2019), menjelaskan, BBMe adalah platform pengiriman pesan terenkrispsi end to end mutakhir untuk keperluan percakapan pribadi para pelanggan perusahaan.
BBMe menyediakan layanan percakapan pribadi, suara, video, dan group chat yang aman dan gratis selama 12 bulan. Saat ini, pengguna sudah bisa mengunduh BBMe dari Google Play Store di Android.

Selanjutnya, aplikasi ini akan segera hadir di Apple App Store. BBMe akan tersedia secara gratis untuk satu tahun pertama. Setelah itu, pengguna akan dikenakan biaya berlangganan selama 6 bulan sebesar USD $ 2,49 atau sekitar Rp 35.000.
Dari perspektif fitur, pengguna BBMe dapat melakukan percakapan grup, panggilan suara dan video, serta menyunting, menarik kembali, atau mengatur waktu kedaluwarsa suatu pesan.

Image Source : mobilityarena.com
 
"Mereka juga akan tahu kapan pesan diterima dan dibaca, dan memiliki kemampuan untuk berbagi file, catatan suara, dan lokasi mereka. BBMe untuk penggunaan individu dapat digunakan pada lima perangkat yang berbeda secara bersamaan," papar Mark Wilson.



Bahkan Mark Wilson mengklaim, BBMe adalah sebuah platform pengiriman pesan yang aman dan melindungi privasi pengguna. Dia menegaskan, BlackBerry tidak memonetisasi data sehingga layanan tidak akan meminta nomor telepon, menyarankan kontak ke pengguna, dan juga tidak melacak lokasi pengguna ataupun mengetahui konten yang dikirimkan kepada pengguna lainnya.
"Layanan ini hanya memerlukan alamat email untuk mendaftar, tidak seperti aplikasi lain," katanya.

Fitur Canggih Yang Di Miliki BBM Enterprise (BBMe)


Pengirim dan penerima masing-masing memiliki enkripsi publik/pribadi dan signing keys (kata kunci) yang unik. Kata kunci ini akan diproduksi oleh pustaka kriptografi bersertifikasi FIPS (Federal Information Processing Standard) 140-2 pada perangkat yang digunakan oleh pengguna dan kata kunci ini tidak dikontrol oleh BlackBerry.


Images Source : docs.blackberry.com



Setiap pesan menggunakan kata kunci simetris yang baru untuk mengenkripsi pesan.

Selain itu, enkripsi TLS (Transport Layer Security) antara perangkat dan infrastruktur BlackBerry dapat melindungi pesan BBMe dari penyadapan atau manipulasi.

Images Source : itworldcanada

"Setelah melalui banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa pengguna setia BBM harus tetap memiliki platform pengiriman pesanan yang aman dan dapat dipercaya," pungkasnya.  

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg