BREAKING NEWS

Menu

Menyusuri 21 Destinasi Wisata Labuan Bajo Terindah!


Objek Wisata di Labuan Bajo – Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang keindahan ragam objek wisatanya telah tersohor hingga ke manca negara. Tak heran karena memang objek wisata Labuan Bajo kaya akan bentang alam yang sangat asri dan eksotis.
Tertarik untuk menyusuri keindahan berbagai destinasi wisata di Labuan Bajo? Berikut rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo yang wajib Sahabat NusaPedia kunjungi saat berlibur ke Labuan Bajo!

Rekomendasi Tempat Wisata di Labuan Bajo

1. Gili Laba


Sumber gambar: Indonesia Tourism
Berada di kawasan Taman Nasional Komodo, pulau kecil yang dikenal dengan nama Gili Laba ini merupakan salah satu objek wisata Labuan Bajo yang terkenal akan keindahannya.

Bentang alam yang dimiliki Gili Laba seperti eksotisme perbukitan yang dibingkai dengan birunya hamparan laut membuat destinasi wisata Labuan Wajo satu ini menjadi salah satu spot perburuan foto karena panoramanya yang sangat memukau.

Saat kemarau, Sahabat NusaPedia bisa melihat Gili Laba berwarna kecokelatan layaknya Savana di Afrika. Namun, kala musim penghujan tiba, tempat wisata di Labuan Bajo ini akan terlihat asri kehijauan dan menyegarkan.

2. Pulau Rinca

Sumber gambar: Indonesia Kaya

Tak hanya Gili Laba, Labuan Bajo masih memiliki banyak sekali pulau indah dan menarik yang cocok dijadikan tujuan wisata saat ke Labuan Bajo. Salah satunya Pulau Rinca.

Tak hanya bisa melihat hewan endemik Komodo, di objek wisata Labuan Bajo satu ini Sahabat NusaPedia bisa aktif mengikuti aktivitas penanaman bakau untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan, lho.

3. Pulau Komodo


Sumber gambar: Tribunnews
Berbicara soal melihat Komodo, tentu Pulau Komodo merupakan destinasi wisata Labuan Bajo paling tepat untuk dikunjungi! Bahkan, UNESCO telah mengakui pulau komodo merupakan situs warisan dunia dan termasuk ke salah satu tujuh keajaiban dunia.
Tak hanya eksotisme satwa Komodo, destinasi tujuan wisata Labuan Bajo satu ini juga menyimpan keindahan alam yang akan memanjakan setiap orang yang mengunjunginya. Mulai dari pantai-pantai yang indah hingga spot-spot diving yang menakjubkan.



4. Pulau Kanawa


Sumber gambar: Lifestyle Okezone

Tak hanya pulau Komodo, traveling ke Labuan Bajo, pulau Kanawa bisa jadi destinasi wisata pulau di kawasan Labuan Bajo untuk Sahabat NusaPedia berburu pemandangan indah.

Tak hanya alam yang masih asri, daya tarik utama dari tempat wisata di Labuan Bajo ini adalah hamparan pantai yang masih sangat alami serta panorama alam bawah laut yang menakjubkan.

Sahabat NusaPedia bahkan bisa melihat indahnya terumbu karang dan biota laut dari jernihnya permukaan air di objek wisata Labuan Bajo satu ini. Tak salah jika destinasi wisata Labuan Bajo ini jadi salah satu spot snorkeling yang populer.

5. Pulau Padar

Sumber gambar: Padar News

Destinasi wisata pulau di Labuan Bajo selanjutnya adalah Pulau Padar. Di tujuan wisata Labuan Bajo satu ini, Sahabat NusaPedia akan disuguhkan keindahan gugusan pulau yang eksotis dan perbukitan cantik yang hanya dipenuhi hijaunya rerumputan tanpa lebatnya hutan dan pepohonan yang tinggi.
Panorama unik inilah yang menjadikan Pulau Padar sebagai tujuan wisata favorit wisatawan saat berlibur ke Labuan Bajo.

6. Desa Adat Wae Rebo

Sumber gambar: Tribunnews

Tak hanya keindahan alam, di Labuan Bajo Sahabat NusaPedia juga bisa menemukan kekayaan budaya. Salah satunya bisa di temukan di Wae Rebo.
Berkunjung ke Wae Rebo, daya tarik utama dari wisata Labuan Bajo satu ini adalah keberadaan rumah-rumah adat yang memiliki arsitektur tradisional yang sangat unik dan menarik. Selain itu, objek wisata di Labuan Bajo ini juga menawarkan keunikan dari kehidupan adat suku Manggarai yang mendiami desa ini.

7. Sawah Lingko

Sumber gambar: Tribunnews

Desa selanjutnya yang bisa Sahabat NusaPedia kunjungi saat berada di Labuan Bajo adalah Desa Cangar yang berada di Kabupaten Manggarai. Berbeda dengan Wae Rebo, daya tarik wisata dari Desa ini adalah keberadaan persawahan yang memiliki tata ruang dan komposisi unik yaitu melingkar layaknya rangkaian jaring laba-laba.

Singgah untuk melihat sawah Lingko, Sahabat NusaPedia bisa merasakan keasrian alam pedesaan yang tentu akan menyegarkan pikiranmu yang penat.

8. Pulau Kelor

Sumber gambar: Super Adventure

Pilihan tujuan wisata di Labuan Bajo yang cocok untuk Sahabat NusaPedia yang mencari ketenangan selanjutnya adalah Pulau Kelor. Objek wisata Labuan Bajo ini berupa sebuah pulau kecil dengan alam yang masih sangat alami.

Pasir putih yang halus, pepohonan rindang, ditambah ombak yang tenang membuat Pulau Kelor bisa jadi destinasi wisata untuk menenangkan pikiran di Labuan Bajo.

9. Danau Kelimutu


Sumber gambar: Tribunnews
Ikon pariwisata dari kawasan Labuan Bajo satu ini sudah sangat tersohor keindahannya. Menaiki puncak Gunung Kelimutu, Sahabat NusaPedia bisa menemukan tiga buah danau besar yang warnanya bisa berubah-ubah pada waktu-waktu tertentu.


Tak cuma keunikan dan keindahan alamnya, destinasi wisata Labuan Bajo ini juga menyimpan banyak kisah legenda, mitos, dan sejarah-sejarah terkait kepercayaan masyarakat lokal.

10. Gua Ranko

Sumber gambar: Super Adventure

Keluarkan jiwa petualangmu dengan mengunjungi tujuan wisata Labuan Bajo satu ini. Berada di ceruk bumi, Goa Ranko menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis dan bak surga tersembunyi.

Diairi air asin jernih kebiruan, Sahabat NusaPedia bisa menyusuri keindahan gugusan stalaktit dengan berenang di dalam objek wisata yang juga dikenal dengan nama Goa Buaya.

11. Cunca Lawang


Sumber gambar: Kompasiana
Alternatif destinasi wisata Labuan Bajo dengan pemandangan eksotis selanjutnya adalah Cunca Lawang, dimana Sahabat NusaPedia bisa menyusuri indahnya lembah dan tebing-tebing bebatuan terjal yang sangat memukau.

Tak hanya itu, di kawasan wisata ini kamu juga bisa melihat air terjun yang semakin menyegarkan atmosfer dari objek wisata Labuan Bajo satu ini.

12. Desa Adat Bena, Bajawa



Sumber gambar: Wikipedia

Jika Sahabat NusaPedia masih ingin menyusuri keindahan adat dan budaya dari Labuan Bajo, selain Wae Rebo kamu juga bisa mengunjungi Kampung Bena.

Objek wisata Labuan Bajo satu ini sendiri merupakan perkampungan megalitikum yang berada di puncak bukit dengan latar belakang gunung Inerie yang memukau. Sama seperti halnya Wae Rebo, di kawasan wisata adat Labuan Bajo ini Sahabat NusaPedia bisa menemukan arsitektur perkampungan yang masih sangat tradisional dan mengagumkan.

13. Manta Point


Sumber gambar: Liputan 6
Sudah bukan rahasia jika Labuan Bajo merupakan surga bagi para pecinta diving. Salah satu titik penyelaman terkenal di Labuan Bajo yang wajib Sahabat NusaPedia coba adalah Manta Point.


Sesuai dengan namanya, daya tarik utama dari tempat wisata Labuan Bajo ini adalah pengalaman berenang bersama ikan Manta atau Pari raksasa yang tentu akan memberikanmu sensasi diving yang berbeda. Untuk itu, berkunjung ke Manta Point wajib hukumnya untuk membawa underwater camera untuk abadikan pengalaman berenang bersama ikan Manta.

14. Goa Batu Cermin


Sumber gambar: Flores Gateway
Membahas tentang keeksotisan alam yang ada di Labuan Bajo memang takkan ada habisnya. Goa Batu Cermin adalah salah satunya.
Waktu terbaik untuk bertualang di objek wisata Labuan Bajo satu ini adalah siang menjelang sore hari dimana cahaya matahari terbenam yang masuk di celah bebatuan dan mematul ke air akan memberikan refleksi yang sangat cantik.

15. Pink Beach

Destinasi Wisata Labuan Bajo
Sumber gambar: Archipelagos Indonesia

Sesuai dengan namanya, objek wisata pantai di Labuan Bajo satu ini terkenal karena hamparan pasir halus yang berwarna merah muda. Namun, keindahan dari destinasi wisata Labuan Bajo ini tak hanya berhenti disana.


Pink Beach juga memiliki keindahan alam bawah laut yang memukai di balik permukaan air laut yang sangat jernih. Jadi, Sahabat NusaPedia bisa memilih untuk bersantai di pinggir pantai atau snorkeling dan mengamati indahnya biota laut yang berada di sekitar Pink Beach.

16. Pulau Bidadari

Destinasi Wisata Labuan Bajo
Sumber gambar: Sportourism

Titik snorkeling terbaik lainnya yang ada di Labuan Bajo berada di perairan sekitar dari Pulau Bidadari. Tak cuma snorkeling, objek wisata Pulau Bidadari ini juga memiliki keindahan alam yang masih sangat natural sehingga Sahabat NusaPedia juga bisa bertualang menyusuri asrinya alam dari objek wisata di Labuan Bajo satu ini.



17. Pulau Seraya

Destinasi wisata pulau cantik lainnya yang bisa jadi alternatif untuk Sahabat NusaPedia yang tengah liburan ke Labuan Bajo adalah Pulau Seraya. Tak kalah dari pulau-pulau lainnya yang berada di Labuan Bajo, Pulau Seraya juga menawarkan indahnya pantai-pantai serta panorama alam bawah laut yang tak kalah menarik.

18. Pulau Kalong

Destinasi Wisata Labuan Bajo
Sumber gambar: Pulau Komodo

Jika berkunjung ke pulau Komodo Sahabat NusaPedia bisa melihat Komodo, maka di pulau Kalong Sahabat NusaPedia bisa melihat Kalong atau Kelelawar Flores yang menjadikan pulau ini sebagai rumah mereka.

Berkunjung ke destinasi wisata Labuan Bajo satu ini, ada baiknya pada saat sore hari ketika para Kalong yang menghuni pulau ini keluar dan kamu bisa memandang pemandangan unik dimana langit sore hari akan dipenuhi kelelawar yang beterbangan bebas.

19. Kampung Melo


Destinasi Wisata Labuan Bajo
Sumber gambar: Tabloid Bintang

Satu lagi destinasi wisata di Labuan Bajo yang menawarkan keunikan budaya dari masyaraktnya adalah Kampung Melo. Berkunjung ke objek wisata Labuan Bajo satu ini, Sahabat NusaPedia akan disambut dengan pertunjukkan budaya berupa tarian tradisional.



20. Pantai Pede

Diapit Bukit Pramuka dan Bukit Gorontalo, Pantai Pede merupakan salah satu tempat wisata di Labuan Bajo yang cukup direkomendasikan. Objek wisata pantai di Labuan Bajo ini terkenal sebagai salah satu tempat untuk menyaksikan panorama matahari terbenam terbaik di Nusa Tenggara.

21. Danau Sano Nggoang


Destinasi Wisata Labuan Bajo
Sumber gambar: Indonesia Koran

Objek wisata di Labuan Bajo selanjutnya adalah Danau Sano Nggoang yang merupakan danau vulkanik terbesar di bagian timur Indonesia. Untuk mendapatkan pemandangan Danau Sano Nggoang terbaik, Sahabat NusaPedia bisa mengunjungi Puncak Golo Dewa.

Kawasan wisata alam ini juga merupakan habitat bagi puluhan species burung yang beberapa di antaranya merupakan satwa endemik Flores.
Dengan ragam objek wisata memukau tersebut, tak heran rasanya Labuan Bajo menjadi destinasi wisata favorit hingga ke manca negara, bukan? Objek wisata Laboan Bajo mana yang jadi pilihan favoritmu?

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg