BREAKING NEWS

Anggrek Hitam Papua, Si Eksotis yang Mendunia Dengan Harga Fantastis


anggrek hitam papua - Jika Anda seorang pecinta tanaman hias tentunya tidak asing lagi dengan tanaman anggrek. Jenis tumbuhan bunga ini adalah salah satu tanaman yang biasa dijadikan tanaman hias. Anggrek biasanya diletakkan pada teras ataupun halaman rumah. Di Indonesia ada banyak berbagai jenis macam anggrek yang hidup. Salah satunya yang paling terkenal adalah anggrek hitam papua.
Sangat langka dan susah dibiakkan [Image Souce]
anggrek hitam papua adalah jenis tanaman hias langkah yang tumbuh dan berkembang di habitat aslinya yaitu daerah Papua Indonesia. Selain di Papua, anggrek hitam juga dapat Anda temui di kepulauan Kalimantan dan sekitarnya. Anggrek hitam tersebut telah menjadi maskot untuk masing – masing daerahnya, Papua dan Kalimantan. Hal ini karena tanaman anggrek hitam papua dan anggrek hitam borneo hanya dapat Anda temui pada daerah tersebut

Berbicara lebih dalam soal anggrek hitam, tanaman ini memang luar biasa. tidak hanya indah dan menampilkan estetika maksimum dari sebuah bunga, Anggrek Hitam juga jadi komoditi dagang yang bagus sekali. Tahu nggak, harga bunga ini begitu mahal. Per bijinya kadang dihargai sampai ratusan juta. Kelangkaan serta sulitnya mencari bunga ini di alam jadi sedikit dari banyak alasan kenapa si anggrek hitam berharga fantastis. 

Meskipun mahal luar biasa, faktanya bunga ini masih sangat diminati. tidak hanya orang-orang Indonesia sendiri, tapi juga para kolektor anggrek manca negara. Masih tentang si hitam manis yang mahal, berikut beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui soal Anggrek hitam papua.

Ciri Khas Unik Anggrek Hitam yang Luar Biasa

Secara fisik, bunga satu ini sangat berbeda dari jenis anggrek yang lain, terutama soal warna. Ya, seperti namanya, anggrek hitam ini warnanya memang benar-benar gelap. Hampir seluruh kelopaknya berwarna hitam di dalam dan luarnya. Tapi, di bagian tengah, bunga ini memiliki warna yang berbeda. Kadang ungu, kadang agak merah terang. Alhasil, perpaduan warna ini menimbulkan kombinasi yang elegan sekali.
Satu-satunya di dunia [Image Souce]
Kata para pecinta anggrek nih, bunga satu ini menimbulkan kesan tersendiri ketika melihatnya. Nggak hanya sekedar memberikan keindahan, Anggrek hitam papua juga seolah menawarkan kesan elegan yang luar biasa. Nggak hanya warna dan bentuk khas, bunga satu ini juga punya aroma yang unik.

Bunga Hitam Elegan yang Super Langka dan Tidak Bisa Dibiakkan

Tidak seperti jenis anggrek pada umumnya, si mahkota hitam Papua ini begitu susah untuk ditemui. Bukan hal yang mustahil sebenarnya, tapi untuk bisa berjumpa dengan bunga ini kita harus menjelajahi kedalaman hutan Papua karena habitatnya memang di situ. Itu pun nggak selalu berhasil, karena jumlah anggrek hitam sendiri sangat terbatas.
Satu-satunya di dunia [Image Souce]
Mungkin kamu berpikir kenapa anggrek ini nggak dikembangbiakkan saja ya biar seperti yang lain? Kan bisa jadi lebih banyak tuh jumlahnya? Memang betul demikian, tapi anggrek hitam ini sungguh berbeda. Ya, anggrek hitam sangat susah untuk dibiakkan. Untuk bisa menghasilkan bibit ia harus ditempatkan dalam kondisi dan lingkungan seperti habitat aslinya. Bahkan meskipun sudah ditempatkan sedemikian rupa, kemungkinan berhasilnya hanya 20-30 persen saja.

Harga Anggrek Hitam yang Bikin Nangis

Hal yang unik soal anggrek ini selain bentuknya yang luar biasa juga adalah harganya yang nggak karuan. Jangan kaget ya, bunga ini dihargai setidak-tidaknya seratus juta rupiah per satu tanamannya. Harga ini kisaran minimun lho. Anggrek hitam bisa makin menggila ketika ia memiliki ciri unik lainnya.

 Tentu bukan hal yang mengherankan kenapa si anggrek hitam bisa semahal ini. Ya, alasannya jelas karena kelangkaannya yang luar biasa. Bunga ini hanya bisa didapatkan dengan masuk ke dalamnya hutan Papua. Nggak hanya karena kemasan dan fisik, yang bikin bunga ini mahal adalah usaha untuk mencarinya.

Satu-Satunya di Dunia

Memang benar sih Anggrek hitam papua ini bukan satu-satunya anggrek yang bunganya berwarna hitam. Tapi, untuk ciri khusus yang dimiliki si anggrek Papua, dipastikan nggak ada yang menyamainya. Jadi, kita bisa katakan kalau anggrek hitam ini adalah satu-satunya di dunia.

Kalau berbicara anggrek berwarna hitam yang ada di Indonesia, Anggrek hitam papua pun bukanlah satu-satunya. Ya, di Kalimantan juga ada tuh anggrek berwarna hitam tapi ia memiliki ciri yang berbeda. Sayangnya, si anggrek hitam Kalimantan itu katanya juga mulai langka. Kalau ini penyebabnya adalah karena pembalakan hutan.

Lantaran jumlahnya yang makin sedikit, maka sepertinya pemerintah harus menegaskan peraturan tentang perburuan bunga ini. Alasannya tentu saja demi eksistensi bunga itu sendiri. Jangan sampai pada akhirnya bunga ini raib karena keserakahan. Akan jadi hal yang memalukan tentu saja kalau sampai bunga yang jadi khasnya Papua ini benar-benar lenyap untuk selamanya.

5 Tips Cara Merawat Tanaman Anggrek Hitam Papua

Letakkan Anggrek Hitam Papua Pada Tempat Yang Cukup Sinar Matahari

Langkah pertama dalam merawat anggrek hitam papua adalah Anda cukup meletakkan tanaman anggrek pada tempat yang mudah terkena paparan sinar matahari yang cukup. Hal ini dikarenakan sinar matahari mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman, khususnya pada tanaman anggrek hitam papua.

Sinar matahari yang dibutuhkan tanaman anggrek hitam ini juga tidak boleh berlebihan. Selain akan menyebabkan tanaman anggrek mudah menjadi layu, akibat lainnya adalah tanaman akan menghasilkan warna daun yang cenderung lebih gelap.

Meletakkan Anggrek Hitam Papua Di Dalam Ruangan

Apabila Anda khawatir anggrek hitam kesayangan menjadi rusak jika diletakkan pada halaman atau pekarangan rumah, Anda dapat meletakkan tanaman ini di dalam rumah. Berikanlah pencahayaan yang cukup agar proses fotosintesis daun bisa berjalan dengan normal.
Tunas anggrek sudah berumur sekitar 3 bulan, ditanam di dalam toples yang telah disterilisasi. Dari toples ini akan diaklimitisasi atau ditanam di sebuah wadah di dalam green house. Foto: Walhu Chandra. [ Image Source ]
Jangan lupa untuk sekali – kali mengeluarkan tanaman anggrek kesayangan Anda ke luar ruangan. Tempatkan tanaman pada tempat yang teduh dengan mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. Hal ini dilakukan agar proses regenerasi sel – sel batang,daun dan akar dapat maksimal karena adanya sinar matahari langsung.

Dalam penempatan tanaman di dalam ruangan sebaiknya Anda memilih di sudut – sudut atau tempat yang masih terkena sinar matahari tidak langsung.

Menambahkan Pupuk Sebagai Asupan Nutrisi

Penambahan pupuk sebagai asupan nutrisi bermanfaat sebagai tambahan nutrisi bagi tanaman anggrek hitam papua. Apabila Anda tidak memberikan pupuk sebagai asupan nutrisi tambahan maka tanaman anggrek hitam akan “merana” karena kekurangan zat yang diperlukan untuk tumbuh dengan maksimal. Jenis pupuk yang bisa Anda gunakan adalah pupuk daun dengan kandungan unsur N dan pupuk bunga untuk merangsang pertumbuhan bunga pada anggrek.
Memupuk anggrek dengan penyemprotan [ Image Source ]
Untuk membeli pupuk khusus yang digunakan pada tanaman tropis ini Anda dapat membelinya di toko – toko pertanian atau pada toko khusus pupuk bagi tanaman anggrek.

Memilih Media Tanam Untuk Anggrek Hitam

Memilih media tanam adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Jenis media tanam yang sering digunakan sebagai media tanam Anggrek adalah potongan pakis, sabut kelapa dan sekam padi dicampur dengan serbuk gergaji. 
Proses Penempelan Inang Tanaman Anggrek [ Image Source ]
Media yang terbaik bagi tanaman anggrek hitam adalah media yang cukup mengandung pori dan dapat mengikat air sehingga kelembaban media selalu terjaga. Jika Anda berniat untuk melakukan pergantian media tanam, selalu tambahkan fungisida pada perakaran agar anggrek terhindari dari serangan jamur.

Jaga Media Agar Tetap Lembab

Tanaman Anggrek hitam papua adalah salah satu jenis tanaman tropis. Tidak hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup saja tetapi juga membutuhkan kelembaban yang cukup. Untuk mendapatkan media yang lembab, lakukan penyiraman secara rutin setiap 1 kali perharinya.

Jika tanaman anggrek papua Anda masih berumur muda maka penyiraman dapat dilakukan dengan dosis 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Untuk penyiraman Anda dapat menggunakan air biasa atau air bekas cucian beras. Kenapa menggunakan air cucian beras? Air cucian beras mengandung mineral dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman anggrek.

Demikian tips perawatan tanaman anggrek hitam papua dari kami. Cara di atas adalah cara yang sangat sederhana. Sebagai catatan tambahan, bunga anggrek papua hitam dapat Anda nikmati kecantikannya ketika memasuki bulan oktober sampai dengan bulan desember. Pada saat itulah semua hasil kerja keras Anda dalam merawat anggrek hitam kesayangan Anda akan terbayar dengan lunas, karena bunga yang dihasilkan sangat indah dikala mekar

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg