BREAKING NEWS

7 Jenis Jajanan Cilok yang Harus Anda Ketahui


Jajanan cilok, siapa yang tak kenal dengan jajanan seperti ini? Tak di desa ataupun kota tentunya jajanan ini seringkali di temukan di mana saja. Jika dulu cilok biasanya ditemukan di pedagang keliling yang tak jarang mangkal di tempat strategis seperti sekolahan atau berkeliling kampung, maka di masa kini jajanan cilok bisa di temukan di mana saja termasuk warung atau cafe dan bertransformasi menjadi makanan yang kekinian.

Dengan berbahan dasar tepung tapioka, jajan ini sudah hadir dalam berbagai macam jenis dan inovasi dan terkadang diserbu banyak orang yang ingin merasakan enaknya makan cilok dengan tusuk cilok yang khas. Sekilas memang bulat seperti baso namun pastinya cilok ini beda dengan baso termasuk dari bahan-bahannya sendiri. Cilok memang identik dengan bentuk bulat, namun di masa kini cilok memiliki banyak jenisnya. Lalu apa saja jenis-jenis dari jajanan kuliner cilok itu sendiri? Berikut paparannya.

1.Cilok Tahu

Image Source ( kueresep.com )
Entah sejak kapan cilok tahu mulai tenar, sudah bukan hal yang aneh lagi bila cilok tahu selalu ada di setiap penjual tukang cilok terutama tukang cilok keliling pasti suka ada cilok tahu yang dijajakannya bersama jenis cilok lainnya mulai yang ukuran kecil hingga ukuran besar.

2.Cilok Biasa

Credit : resepmamalusi.files.wordpress.com
Cilok biasa bisa dibilang cilok yang klasik, bentuknya bulat dan jikapun ada isi biasanya didalamnya bawang merah kering atau abon sapi. Bumbunya sendiri kecap dan saos, namun di masa kini bumbunya bisa empat macam mulai dari saos dan kecap serta penyedap rasa dan bubuk cabe yang menambah pedasnya cilok.

3.Seblak Cilok

Credit : doyanresep.com
Siapa yang tak kenal dengan seblak? Kuliner ini terkenal dengan serba pedasnya. Bukan hanya krupuk atau ceker ayam saja yang menjadi bahan seblak, cilok pun terkadang menjadi bahan untuk seblak. Perpaduan bahan seblak lain dan cilok tentunya membuat aneka ragam bahan tersaji dalam satu porsi kuliner seblak.

umumnya adalah makan khas dari Sunda Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak adalah makanan khas Bandung, Jawa Barat. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek.

Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan. 

Sekarang ada banyak camilan yang dijual di pinggir-pinggir jalan dan enak-enak. Tapi daripada beli di luar, lebih enak lagi jika kamu bisa bikin sendiri di rumah, misalnya seblak cilok.

4.Cilok Isi Telur

Credit : scontent.cdninstagram.com
Bukan baso aja yang isi telur, cilok pun ada yang isi telur. Biasanya cilok yang isi telur itu telurnya bukanlah telur ayam, namun telur burung puyuh yang sudah di kukus sebelumnya. Sehingga saat disantap telur puyuhnya terasa banget saat disantap.

5.Cilok Goreng


Credit : recepmasta.blogspot.com
Cilok bukan hanya di kukus, tapi juga ada yang digoreng. Cilok goreng ini biasanya dicampurkan dengan telur saat di goreng yang membuat cilok enak saat disantap terlebih bila ditambah saos. Cilok goreng memang macam-macam, ada yang biasa saja, ada juga dicampur telur saat di goreng dan ada juga yang ditambahkan dengan bumbu lain seperti bumbu kacang.

6.Cilok Bumbu Kacang

Credit : cookpad.com
Sambal kacang memang enak dan gurih saat disantap, sehingga ada juga yang membuat cilok dengan bumbunya sambal kacang. Perpaduan cilok dan bumbu kacang ini tentunya membuat rasa cilok menjadi semakin mantap disantap terlebih saat bumbu kacangnya pedas.

7.Cilok Isi Daging 

Credit : global.cpcdn.com
Cilok isi daging bisa dibilang agak baru karena sebelum-sebelumnya isi cilok bukan daging. Cilok isi daging ini bentuknya memang bulat, namun isi dari ciloknya sendiri yaitu bubuk-bubuk daging ayam atau daging sapi ataupun isi jeroan ayam yang telah dihaluskan sebelumnya. Biasanya cilok seperti ini bisa lebih mahal harganya namun juga ada juga yang sama seperti harga cilok pada umumnya.

Demikian jenis-jenis dari jajanan kuliner cilok, pastinya masih banyak aneka jenis cilok lainnya yang tak dituliskan disini. Agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg