BREAKING NEWS

Menu

Pulau Jemur : Mengarungi Gugusan Pulau Indah Di Bumi Lancang Kuning


Pulau Jemur - NusaPedia - Pulau Jemur memiliki luas sekitar 250 hektar, merupakan sebuah pulau milik indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir Provinsi Riau Indonesia. 

pulau jemur

Pulau Jemur

terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir Bagan Siapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya.

Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.

Pulau Jemur yang secara teritorial merupakan bagian dari Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir tersebut merupakan pulau terbesar dari gususan Kepulauan Arwah. Kawasan ini berada di antara Pulau Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik.

Dengan menempuh perjalanan selama dua jam dari Kota Bagan Siapiapi dengan menggunakan kapal nelayan maupun speedboat, semua mata takjub akan keindahan alam yang terbentang di antara buih ombak yang menyeret pelan pasir putih di hamparan pantai Pulau Jemur.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

pulau jemur
Pulau Jemur merupakan satu-satunya habitat penyu hijau yang masih lestari. Penyu hijau juga dikenal sebagai spesies penyu langka dan terancam punah. Kiranya inilah alasan kenapa masyarakat menyebutnya demikian.

Di kawasan ini pernah dicanangkan penangkaran penyu hijau. Namun belakangan diketahui program tersebut terhenti. Untungnya, wisatawan tetap bisa menyaksikan satwa unik ini meski harus memilih waktu yang tepat, terutama di malam hari. Hanya saja Anda tak akan menemukan keramaian di sini.

Pulau Jemur bukanlah kawasan yang ditinggali manusia. Hanya terdapat satu pos TNI Angkatan Laut dan puluhan personil yang sibuk memantau dan mengatur navigasi, selebihnya keindahan alam, nuansa tenang dan aliran angin laut yang menari-nari.

pulau jemur
Beningnya air laut juga menjadi daya tarik tak terelakkan. Di sisi pantai, kita dapat menyaksikan pasir putih menjadi dasar laut yang diikuti terumbu karang warna-warni. Namun kiranya Anda harus meninggalkan papan selancar saat berjalan di sekitar pantai. Akan sulit menemukan sisi pulau yang jauh dari batu karang terjal.

Gejolak laut (gelombang) di Pulau Jemur memang tak seganas di Selat Malaka. Dengan gugusan pulau berbentuk lingkaran, sisi pantai Pulau Jemur sangat tenang bahkan saat badai menerjang wilayah itu. Hal ini juga kiranya yang membuat aktivitas berselancar tak direkomendasikan di lokasi ini.

Diatas tanah Pulau Jemur, terdapat tanaman yang tumbuh subur seperti pohon mangga, ketapang dan pohon kelapa. Padahal ditahun 1980 an, Pulau Jemur  pernah dijadikan daerah tertutup untuk menghindari tempat bermukimnya para penyamun. Seluruh tanaman diratakan dengan tujuan agar tidak ada lagi tempat persembunyian.

Bagi pecinta kehidupan bawah laut dan pendamba keheningan nampaknya wajib datang ke Pulau ini. Pulau Jemur adalah tempat favorite bagi pemburu pantai pasir yang warnanya sedikit kemerah merahan. Bagi yang ingin kabur dari penatnya rutinitas pekerjaan, disini juga bisa melihat kehidupan bawah laut dengan bersnorkling maupun diving.

Bagi pemerintah setempat, potensi laut yang besar di Pulau Jemur telah menyumbang banyak pemasukan, terutama di sektor perikanan. Di sisi lain potensi wisata yang sangat besar siap menjadikan Pulau Jemur sebagai destinasi unggulan di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

pulau jemur
Untuk sampai ke lokasi ini, jika kita wisatawan dari pekanbaru, atau dari daerah lain yang melintasi kota Pekanbaru, rute perjalanannya yaitu dari kota pekanbaru kita bisa langusng menuju bagan siapi-api, tepatnya di pelabuhan bagan siapi-api.
Setelah itu, kita menyewa speedboat atau perahu untuk menuju ke pulau jemur. Dengan biaya Transposrtasi menuju Pulau Jemur, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) saat ini terus dipersiapkan. Pemkab Rohil sudah memutuskan bersama pihak ketiga pemilik kapal tarif ongkos kepulau itu sebesar Rp350 ribu perorang.Waktu tempuh menggunakan Speedboat sekitar dua jam perjalanan.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Untuk Sahabat NusaPedia Yang Ingin Berkunjung Pulau Jemur Musim kunjungan terbaik: bulan januari s/d agustus setiap tahunnya.

Know Before You Go...!!!!

  • Pulau Jemur belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan jadi suasananya masih terjaga dan perawan. Suasana alami benar-benar terasa di pulau ini
  • Gejolak laut (gelombang) di Pulau Jemur memang tak seganas di Selat Malaka. Dengan gugusan pulau berbentuk lingkaran, sisi pantai Pulau Jemur sangat tenang bahkan saat badai menerjang wilayah itu. Hal ini juga kiranya yang membuat aktivitas berselancar tak direkomendasikan di lokasi ini.
  • Konon nelayan yang mencari ikan di sekitar Selat Malaka akan kesulitan dengan terjangan ombak besar yang muncul saat badai. Mereka biasanya berlindung di perairan Pulau Jemur sembari menunggu cuaca kembali norma
Bagaimana Sahabat NusaPedia.Apabila anda mengunjungi provinsi riau.Sempatkanlah untuk mengunjungi Pulau Jemur

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg