BREAKING NEWS

Berwisata Di Bekasi : Jangan Lewatkan Mengunjungi 5 Destinasi Wisata ini


wisata Bekasi - Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Kota Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. 

Wisata Bekasi
Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.Kota Bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan/ Kota Pejuang.

Jumlah Penduduk Kota Bekasi saat ini lebih dari 2,2 juta jiwa yang tersebar di 12 kecamatan, yaitu Kecamatan Pondok Gede, Jati Sampurna, Jati Asih, Bantar Gebang, Bekasi Timur, Rawa Lumbu, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, Medan Satria, Bekasi Utara, Mustika Jaya, Pondok Melati.[3]Dari total luas wilayahnya, lebih dari 50% sudah menjadi kawasan efektif perkotaan dengan 90% kawasan perumahan, 4% kawasan industri, 3% kawasan perdagangan, dan sisanya untuk bangunan lainnya.

Namun dibalik padatnya penduduk di kota tersebut,ternyata bekasi menyimpan keindahan alamnya,Wilayah Kota Bekasi dialiri 3 (tiga) sungai utama yaitu Sungai Cakung, Sungai Bekasi dan Sungai Sunter, beserta anak-anak sungainya. Sungai Bekasi mempunyai hulu di Sungai Cikeas yang berasal dari gunung pada ketinggian kurang lebih 1.500 meter dari permukaan air.

Tidak hanya itu,berikut 5 Destinasi Wisata yang dapat kamu kunjungi saat berada di bekasi.

1.Hutan Bakau Muara Gembong

Hutan Bakau Muara Gembong

Anda juga dapat berjalan-jalan ke hutan bakau di Kecamatan Muara Gembong. Sesuai namanya, di lokasi ini pepohonan bakau tumbuh di sepanjang 17 kilometer area hutan.Berjarak 70 kilometer dari pusat kota, hutan bakau yang pernah mengalami kerusakan karena digunakan sebagai tambak nelayan ini telah berangsur membaik.

Kini, Anda tak hanya bisa berfoto di hutan ini, tetapi juga belajar tentang hutan bakau. Untuk menjelajahi hutan, bisa keliling naik sampan."Banyak wisatawan yang sudah ke sini dan kaget, kalau ada hutan mangrove seluas dan selebat ini di Jawa Barat. Apalagi, kita juga mengenalkan cara budi daya mangrove dari cara menanam dan bagaimana merawatnya," kata Ucie, pendiri Muara Gembongku, komunitas pencinta lingkungan dari Muara Gembong yang peduli akan kelestarian hutan bakau.

Bila tertarik mengunjungi hutan bakau ini ditemani Muara Gembongku, bisa membayar Rp70 ribu per orang, termasuk menjelajahi hutan naik sampan dan bakar ikan. Anda juga akan diajak ke Desa Pantai Bahagia untuk melihat sisi lain hutan bakau sekaligus menyaksikan lutung Jawa.

2.Gedung Juang 45

Museum Juang 45 Bekasi
Untuk yang tertarik wisata sejarah, bisa datang ke Gedung Juang 45. Gedung yang berada di Jalan Sultan Hasanudin, Tambun Selatan, ini merupakan tempat bagi para pahlawan dahulu mempertahankan negara ini dari penjajah Belanda.

Di sebelahnya, ada Museum Bekasi yang berisi peninggalan pusaka seperti keris, plakat tembaga, foto prasasti Tarumanegara, bebatuan, serta foto-foto bersejarah sejak zaman penjajahan dahulu, seperti foto suasana Desa Kebalen, foto serah terima APWI di Stasiun Bekasi, dan foto Stasiun Kranji zaman dahulu.

Gedung tersebut telah menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Bekasi menghadapi penjajah. Dulunya, gedung tersebut menjadi markas bagi pejuang khususnya pada masa mempertahankan kemerdekaan RI.etelah Jepang berhasil menduduki Hindia-Belanda (sebutan Indonesia pada zaman kolonial) gedung tersebut dijadikan sebagai tempat untuk menunjang keperluan perang seperti menyimpan perlengkapan senjata. Setelah Indonesia merdeka gedung tinggi kemudian ditempati oleh pejuang Indonesia. "Pertama gedung tinggi ini ditempati oleh Batalion 5, Resimen 6, Brigade 3 Divisi Siliwangi, laskar rakyat, Hisbullah, dan lain-lain,

3.Situ Cibeureum

Situ Cibeureum
Sepintas kawasan wisata alam Situ Cibeureum di Tambun Selatan ini terlihat seperti danau yang tenang dengan panorama alam yang eksotis di kala senja. Namun, dibalik keindahan alam yang dimiliki di tempat wisata yang berlokasi di kawasan perumahan Grand Wisata ini menyimpan kisah cerita legenda masyarakat yang menarik.

Namun, bukan kisah legendanya yang menarik perhatian Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke Situ Cibeureum ini tapi sisi keindahan alam yang disajikan di setiap sisi sudut wilayah yang bisa dinikmati dari balik lensa kamera. Bahkan bagi para pecinta komunitas photographer, kawasan ini menjadi obyek photo yang sempurna untuk melakukan kegiatan hunting foto di alam terbuka yang menjanjikan pemandangan unik dan indah.

beberapa komunitas remaja sering menjadikan kawasan ini sebagai tempat ajang santai dan bersilturahmi. Bahkan beberapa komunitas yang kami temukan di lokasi yang diprakarsai oleh pemuda-pemuda kreatif di sekitar Tambun, Bekasi sengaja singgah untuk mempromosikan kawasan ini untuk memperkenalkan obyek wisata alam di Kabupaten Bekasi yang satu ini ke dunia melalui aktivitas komunitas mereka di internet.

4.Curug Parigi 

Curug Parigi
Curug Parigi merupakan salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi ketika ke Bekasi. Berlokasi di dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, kehadiran beberapa curug, termasuk Parigi membuat area tersebut tak lagi hanya dikenal sebagai wilayah penuh sampah.Lokasi Curug Parigi atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Bantargebang ini terletak di perbatasan antara Bekasi dan Bogor, tepatnya di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang.

Air terjun ini terbentuk akibat patahan Sungai Cileungsi.Orang bilang air terjun ini bak Air Terjun Niagara, versi jauh lebih kecil. Tingginya diperkirakan hanya dua meter.Untuk bermain air di Curug Parigi, sebaiknya datang pada musim kemarau. Bila musim hujan datang, debit air makin tinggi. Agar bisa menikmati air terjun ini dengan nyaman, pilih waktu pagi atau sore hari.Selain Curug Parigi, masih ada objek wisata lain di Bekasi, seperti Go! Wet Waterpark di Grand Wisata Bekasi.

Terdapat berbagai wahana seperti seluncur spiral raksasa, lorong, ember air raksasa, kolam ombak, seluncur dari ketinggian 12 meter, dan kolam arus yang menenangkan untuk bermalas-malasan.

5.Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay Kiong
wisata Klenteng Hok Lay Kiong di Margahayu Bekasi Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa margahayu, kabupaten bekasi, provinsi jawa barat, negara indonesia.  wisata Klenteng Hok Lay Kiong di Margahayu Bekasi Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Klenteng didirikan abad ke-18 M, dan hingga sekarang tetap digunakan sebagai tempat peribadatan oleh masyarakat Cina yang ada di daerah Kota Bekasi. Klenteng sejak dibangun sampai sekarang masih dimanfaatkan sebagai rumah ibadah masyarakat Cina secara terus-menerus, yang dalam ilmu arkeologi dikenal istilah live monument. Lingkungan klenteng terletak di daerah pemukiman yang relatif padat dengan batas-batasnya di sebelah utara Jalan Kenari, sebelah selatan, barat dan timurnya  rumah penduduk. Klenteng memiliki luas areal ± 700 m² dan bangunan klenteng sendiri luasnya 650 m²,  dan dikelola oleh Yayasan Tri Dharma.

Bangunan Klenteng Hok Lay Kiong Kota Bekasi, telah banyak mengalami perubahan maupun pengembangan, hal ini sesuai dengan perkembangan zaman. Namun pintu masuk utama tetap dipertahankan dan belum pernah diganti, dengan warna cat sesuai aslinya. Di bagian atas, samping kanan dan kiri pintu masuk utama terlihat papan bertulis. Selain itu ada hiasan yang menggambarkan perjalanan Hian Thian Siang Te mulai dari bertapa, mempelajari dan mendalami ajaran Tao dari ajaran Lou Tze.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg