BREAKING NEWS

7 Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru yang Perlu Anda Coba


Liburan Natal dan Tahun Baru sudah tiba. Aneka pernak pernik liburan menghiasi berbagai sudut rencana yang akan mempermanis akhir tahun. Bagi pelajar dan karyawan liburan ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena tidak jarang juga menjadi momen kebersamaan keluarga. Namun, budget liburan Natal dan Tahun Baru juga harus direncanakan sebaik mungkin. Jika tidak, berbagai kesalahan mungkin terjadi dan akan menurunkan kualitas liburan Anda.

Cara Hemat Liburan Natal dan Tahun Baru
Tak heran banyak orang yang menanti-nantikan momen ini. Agar liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak. Istilah ‘ada harga, ada barang’ biasanya menjadi pokok pemikiran ketika akan berlibur. Namun tidak selamanya pikiran itu benar. 

Liburan Natal dan Tahun Baru juga bisa dilakukan secara hemat dan tetap menyenangkan.Liburan yang menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Lokasi berlibur di Indonesia sangat luas dan ada sangat banyak tempat-tempat indah disini yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin hemat, menyenangkan, dan pastinya semakin dekat dengan keluargamu. Jadi, buat kamu yang ingin Liburan Natal dan Tahun Baru hemat dan menyenangkan, ayo baca tips berikut ini.

Liburan selain sebagai momen untuk refreshing dan bersenang-senang, liburan bisa menjadi sarana pembelajaran bagi sebagian orang. Banyak hal yang akan kita lihat, yang akan kita temukan yang sangat mungkin membawa kita pada instrospeksi diri, menemukan nilai-nilai kehidupan luhur yang mungkin belum pernah kita kenal. Selain itu, liburan bisa menjadi sarana pembelajaran yang berguna untuk ‘menggembleng’ kita menjadi manusia yang lebih tangguh dari hari ke hari.

#1 Mengunjungi Keluarga

Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru
Momen akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga. Ketika Anda bekerja dan sudah berkeluarga mungkin sulit untuk selalu bersilaturahmi dengan keluarga besar. Anda dapat memanfaatkan liburan akhir tahun untuk mengunjungi keluarga besar baik yang tinggal di dalam maupun luar kota. Meskipun domisilinya tidak terlalu jauh, tetapi bertemu dengan keluarga besar akan memberi suasana yang berbeda dan kesenangan tersendiri bagi Anda dan keluarga. Selain menjalin silaturahmi, Anda juga mendapatkan keuntungan lain yaitu menghemat biaya. 

Biaya penginapan merupakan pengeluaran yang besar dalam setiap liburan. Ketika mengunjungi keluarga, Anda bisa menginap di rumah keluarga dan tidak perlu membayar biaya penginapan. Ada baiknya Anda membawa oleh-oleh untuk keluarga yang akan dikunjungi sebagai ucapan terima kasih, tentunya biaya untuk oleh-oleh tidak akan sama mahalnya dengan biaya yang seharusnya Anda keluarkan untuk penginapan.

#2 Memasak Bersama

Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru
Undanglah orangtua, kakak atau adik Anda ke rumah untuk mengadakan acara masak bersama. Acara ini dapat dibuat dengan sederhana dan tidak memakan banyak biaya tetapi dapat menjadikan liburan Anda sangat berkesan. Soal jenis makanan, hal-hal sederhana seperti barbeque, sate, minuman dingin dan olahan seafood akan menjadi pilihan yang tepat. 

Selain karena cepat dimasak, bahan-bahan di atas merupakan bahan yang harganya cukup murah jika dibandingkan dengan makan bersama di restoran. Cara ini dapat membantu meminimalisir pengeluaran liburan Natal dan Tahun Baru Anda.

Pilihan untuk menghabiskan liburan dengan keluarga di rumah tidak kalah menyenangkan daripada berlibur ke tempat wisata. Itu semua tergantung pada cara Anda membangun suasana kedekatan dalam acara sederhana yang Anda buat.

#3. Bertamasya di Dalam Kota

Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru
Meskipun banyak orang yang menghabiskan waktu liburan dengan berbagai acara diluar kota, sebenarnya bertamasya di dalam kota bukanlah suatu ide buruk. Warga kota besar berlibur ke daerah lain sehingga umumnya jalanan menjadi lenggang dan dapat menghemat jumlah pengeluaran bahan bakar. Selain itu, jika Anda tetap bertahan untuk bertamasya di dalam kota, akan banyak hal yang ditawarkan karena setiap kota memilliki keistimewaan masing-masing.

Ajaklah teman-teman terdekat untuk menjelajahi tiap sudut kota dalam keadaan yang berbeda: sepi. Banyak hal yang dapat Anda lakukan, contohnya membuat beberapa tantangan untuk dilakukan bersama atau berfoto-foto di tempat-tempat ikonik di kota Anda. 

Banyak pengetahuan baru yang bisa didapatkan dan rasa penat pun akan hilang meskipun dengan biaya minim. Kelebihan dana yang dimiliki dapat dipergunakan sebagai bekal untuk berwisata kuliner yang akan menambah keceriaan liburan Anda.

Berlibur ke kota-kota besar, berbelanja dan berwisata kuliner sama menariknya dengan berwisata ke tempat-tempat terpencil, kota kecil atau destinasi yang kurang populer seperti yang sering kita lakukan. Malah di tempat yang tidak biasa kamu lebih banyak belajar, mengerti hal-hal baru bahkan lebih banyak bersyukur akan nikmat yang sudah diberikan oleh Sang Pencipta. Sangat disayangkan jika momen-momen liburan tidak bisa ‘disarikan’ menjadi sebuah pengalaman yang berharga, bahkan kita bisa bilang rugi sekali apabila kita tidak menjumpai pengalaman-pengalaman baru yang dapat memberi hikmah dalam kehidupan kita.

#4 Perencanaan Matang dalam List

Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru
Perencanaan yang matang akan meningkatkan tingkat ketelitian Anda. Terkadang euforia Natal dan Tahun Baru yang hanya terjadi satu tahun sekali membuat Anda sembarangan memilih akomodasi liburan yang di luar kemampuan ekonomi Anda. 

Jangan sampai keinginan untuk melepas penat sesaat menjadi malapetaka baru dengan bertambahnya pengeluaran dan hutang tidak terduga.Pastikan Anda tahu persis apa saja yang dibutuhkan di tempat berlibur yang sudah ditentukan. List yang Anda buat harus mencakup tempat yang akan dikunjungi, jenis kegiatan, durasi dan yang terpenting adalah jumlah perkiraan biaya. 

Semakin detil list tersebut, maka akan semakin mudah untuk mempertimbangkan semua biaya dan mencari alternatif yang lebih sesuai dengan budget yang Anda miliki.

#5. Gunakan Jalur Darat Jika Memungkinkan

Cara Hemat Liburan Natal dan Tahun Baru
Jika Anda bepergian dari satu kota ke kota lainnya yang dapat ditempuh melalui jalur darat, maka jauh lebih murah jika Anda menempuhnya dengan melalui jalur darat. Memang perjalanan Anda akan memakan waktu lebih lama, tetapi biaya yang Anda keluarkan bisa lebih murah. Anda sebenarnya juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat.

Jika destinasi pilihan kamu untuk liburan akhir tahun kali ini berada tak jauh dari kota asal, menggunakan transportasi darat seperti bus maupun kereta api bisa jadi opsi transportasi murah yang bisa dipilih.  

Hindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan travelling Anda. Selain untuk menghemat biaya pengeluaran, Anda pun akan lebih leluasa untuk berpindah dari obyek wisata satu ke yang lain, tanpa harus memikirkan kendaraan Anda.

#6 Jangan Menginap di Hotel Berbintang

Cara Hemat Liburan Natal dan Tahun Baru
Anda tentu sudah tahu, kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat pengeluaran Anda semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah setempat yang bisa menyewakan kamar. 

Cara untuk mencari penginapan atau rumah seperti demikian di tempat wisata juga sudah semakin mudah, salah satunya lewat media online dengan memanfaatkan situs tertentu. 

Cukup dengan mendaftar di situs itu, Anda dapat menemukan penginapan atau rumah dengan membayar sejumlah biaya. Hebatnya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda menjadi lebih murah.

#7 Bawalah Bekal Makanan Saat Liburan 

Cara Hemat Liburan Natal dan Tahun Baru
Pada saat Anda melakukan perjalanan biasanya air minum adalah hal yang paling sering dibutuhkan terlebih dahulu sehingga Anda harus membelinya. Harga sebotol air minum bisa beragam, apalagi jika Anda beli di daerah tempat wisata karena Anda membutuhkan air, biasanya harganya akan lebih mahal. Oleh karena itu, membawa botol air sebagai bekal dapat menghemat pengeluaran Anda akan air minum. Anda dapat mengisi ulang air minum Anda di penginapan, sehingga Anda tidak harus membeli lagi pada saat Anda berkeliling tempat wisata.

- Pilih bekal makanan yang tidak terlalu pedas atau asam agar semua anggota keluarga atau rekan bisa mencicipinya.

- Bawalah bekal makanan dan minuman yang awet saat Liburan Natal dan Tahun Baru berlangsung untuk menghindari makan tersebut menjadi basi dan tidak layak dikonsumsi. 

- Dinginkan lebih dahulu minuman segar yang akan dibawa pergi seperti ice lemon tea, jus lemon ataupun apel.

- Bawa selalu tisu basah atau cairan anti kuman untuk digunakan sebelum makan, sebagai antisipasi tidak ada tempat cuci tangan.

- Cuci dan dinginkan buah-buahan yang akan dibawa pergi piknik. Pilih buah yang berkulit tipis dan mudah dimakan oleh semua anggota keluarga yang ikut serta. 

Rencanakan Liburan Sesuai Kemampuan Anda

Ternyata libur Natal dan Tahun Baru tidak harus selalu mengeluarkan banyak uang. Jangan memilih liburan yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Rencanakan liburan Anda dengan matang agar tidak ada biaya yang terbuang percuma.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg