BREAKING NEWS

5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara


5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara - Sumatera Utara - Sahabat NusaPedia Kali Ini NusaPedia Magazine Akan menyuguhkan informasi menerik kepada anda mengenai 5 destinasi Pulau Eksotis Di Sumatera Utara.Sumatera Utara memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik seperti danau toba,pulau nias dan destinasi wisata lainnya yang akan NusaPedia suguhkan kepada anda.
5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara

5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara

Versi NusaPedia ini dirangkum dari berbagai sumber dengan tujuan menambah khasanah ilmu pengetahuan anda mengenai destinasi-destinasi wisata yang terdapat di sumatera utara.Inilah tempat yang menampilkan kebudayaan yang berbeda dan kaleidescope menarik kehidupan masyarakat Indonesia. Sumatera Utara memiliki keajaiban yang bisa mewujudkan dambaan wisata Anda.

Keindahan alam Sumatera Utara sangat menakjubkan terbentang dari Danau Toba yang indah, danau terbesar di Asia Tenggara, sampai ke sebuah hutan di Bukit Lawang yang dihuni oleh sekelompok orangutan. Keindahan alam dan kebudayaan di daerah ini menarik untuk di kunjungi sanggup menyediakan tempat untuk jiwa petualang yang menantang.

Medan adalah ibu kotanya dan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Penduduk kota ini beragam sehingga Anda dapat menemukan beragam etnis di sini. Anda juga bisa menemukan perkampungan India di Medan yang dihuni oleh mayoritas bangsa India. Medan memegang  peranan penting dalam hubungan ekonomi, memberikan lahan bisnis seperti perusahaan minyak dan ekspor perkebunan yang beroperasi secara produktif.Berikut 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara Versi NusaPedia.

1.Pulau Nias

Pulau Nias
Diurutan Pertama Dari 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara adalah Pulau Nias terletak di Samudera Hindia sebelah Barat Pulau Sumatera. Pulau indah dan mengagumkan ini dikelilingi sekira 27 pulau-pulau kecil dimana baru 11 pulau di antaranya yang sudah berpenghuni termasuk Pulau Nias, Pulau Simeuleu, Pulau Mentawai dan Pulau Enggano. Lokasi persis Pulau Nias berada sekira 125 km dari pantai barat Sumatera.

Memiliki luas sekira 5.000 km², Pulau Nias merupakan yang terbesar di antara pulau-pulau di sekitarnya. Gunungsitoli  adalah ibu kota Nias dimana di sini tersedia fasilitas bagi Anda yang ingin menjelajahi kemegahan alam dan budaya Nias. Di kota ini pula ada Museum Pusaka Nias yang menyimpan sekira 6500 koleksi benda budaya peninggalan Masyarakat Nias.

Pulau Nias
Nias terkenal di dunia dengan budaya batu dan selancarnya. Salah satu yang tersohor dari atraksi budaya batu ini adalah lompat batu, yaitu pemuda lokal setempat melompati sebuah dinding batu setinggi 2 meter. Sebagai lokasi selancar dunia, Pulau Nias sebanding dengan Hawaii dengan kepemilikan ombak besar yang memikat penghobinya. Pulau Nias juga sempat menjadi tuan rumah Indonesian Open Surfing Championship yang berlokasi di Pantai Lagundri.

Kebudayaan masyarakat Nias yang nampak misterius justru akan menarik untuk Anda kenali. Beragam jejak budaya megalitikum kuno dan arsitektur tradisional di pulau ini telah memikat banyak peneliti budaya sekaligus menjadi daya tarik pariwisata.

Persiapkan diri Anda untuk terkesima saat berkunjung ke Bawomatauo dengan melihat pertunjukan lompat batu. Atraksi ini telah menjadi ciri khas kebudayaan masyarakat Pulau Nias. Beranikah diri Anda untuk mencoba sendiri melompati batu dengan setinggi 2 meter. Menakjubkan bukan! Lompat batu sendiri awalnya adalah latihan perang kuno bagi para pemuda lokal di Pulau Nias.  

Di Desa Bawatomataluo dan Desa Hilisimae ada juga pertunjukan tari perang tradisional dimana para penarinya mengenakan kostum tradisional dengan bulu burung berwarna cerah yang diikatkan di kepala mereka. Kedua desa ini dapat dikatakan sebagai desa adat yang paling fenomenal di Nias selatan.

Tidak Hanya Itu,Ada alasan mengapa para peselancar mancanegara menyebut Nias sebagai  ‘surga selancar di Bumi’. Hal itu karena ombak di tempat ini begitu spektakuler dibonusi pantai berpasir indah berwarna merah keputihan. Peselancar yang sudah berpengalaman akan berkerumun untuk bertarung memecah ombak besar di Pantai Lagundri. Di sini pemandangan pantainya juga begitu menakjubkan. Matahari terbenam pelan-pelan seolah jatuh ke dalam laut dengan warna merah kekuningan yang memukau.

2.Pulau Pini

Pulau Pini Diurutan Kedua Dari 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara adalah Pulau Pini Secara administratif pemerintahan, Taman Buru Pulau Pini berada di Kecamatan Pulau-Pulau Batu Timur, Kabupaten Nias Selatan. Kawasan ini berada pada dataran rendah Pulau Pini dengan ketinggian antara 0 – 80 meter dpl dan berada di sisi Timur Pulau Pini. Sehingga kawasan ini pada sisi Timur berbatasan dengan garis pantai Pulai Pini.

Kawasan Taman Buru Pulau Pini yang berada pada pantai Pulau Pini dan berbatasan langsung dengan kawasan hutan produksi eks HPH (Hak Pengusahaan Hutan) memiliki panorama pantai yang landai dan indah, dengan luas total 8.350 Ha yang terletak antara 00°04’ - 00°11’ Lintang Utara dan 98°40’ - 98°51’ Bujur Timur.

Posisi  Taman Buru Pulau Pini yang berada pada ketinggian 0 – 80 meter di atas permukaan laut dan berbatasan langsung dengan laut Samudera Indonesia, menjadikan kawasan ini sangat istimewa. Kawasan Taman Buru Pulau Pini memiliki formasi hutan dataran rendah dan formasi hutan pantai yang sangat mempengaruhi karakteristik flora  dan fauna yang ada di dalamnya. Kawasan ini memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri atas tipe ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah, hutan rawa, hutan mangrove dan hutan pantai. 

Kawasan yang berbatasan langsung dengan daratan didominasi oleh tipe ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah, pada kawasan yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia di bagian selatan dan timur didominasi oleh tipe ekosistem  hutan pantai, sementara bagian utara kawasan yang berbatasan dengan laut merupakan tipe ekosistem hutan rawa dan hutan mangrove. Sementara di perairannya terdapat ekosistem laut dan ekosistem padang lamun.


Pulau Batu
Tumbuhan yang banyak ditemukan di kawasan hutan Taman Buru. Pulau Pini adalah Keruing (Dipterocarpus sp.), Meranti (Shorea sp.), Malutua (Gurcinia picrorhi), beberapa jenis palem, cakar ayam, pandan, pakis dan jenis-jenis bakau seperti Rhizophora, Avicenia dan Bruguiera. Jenis yang paling mendominasi adalah Keruing.  Kayu ini merupakan jenis yang bernilai ekonomis tinggi dan potensial untuk diperdagangkan sehingga upaya pengamanan kawasan dalam rangka perlindungan, penting untuk dilakukan demi menjaga kelestarian fungsi kawasan ini.

Sementara ekosistem laut di sekitar pantai di sepanjang timur – selatan kawasan, terdapat populasi ikan yang melimpah, merupakan komoditas andalan bagi penduduk Pulau Pini dan dan bahkan sampai ke daratan Pulau Sumatera. Letak geografis Pulau Pini yang mendekati garis khatulistiwa menghasilkan lingkungan laut yang nyaman sebagai habitat berbagai jenis plankton. Plankton berfungsi sebagai produsen makanan bagi berbagai jenis hewan-hewan laut. 

Kelimpahan populasi plankton berdampak pula pada kelimpahan berbagai jenis ikan sehingga kawasan ini banyak dimanfaatkan untuk tempat memancing dan menangkap ikan baik dalam skala kecil maupun besar. Terumbu karang juga menjadi penghuni tetap di sepanjang ekosistem laut
Taman Buru Pulau Pini. Pada beberapa titik, ditemui kondisi terumbu karang terlihat sudah mati, namun pada titik-titik lainnya masih bagus. 

3.Pulau Samosir 

Pulau Samosir
Diurutan Ketiga Dari 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara adalah Pulau Samosir,Siapa yang tidak mengenal Pulau Samosir yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini, tentunya anda telah mendengar banyak informasi mengenai Pulau Samosir yang sangat indah dan kaya akan budaya batak ini. Pulau Samosir sudah sangat famous / terkenal bukan hanya di Indonesia saja, melainkan sudah mendunia dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Pulau Samosir biasa disebut pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, sehingga menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis.

Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Dari Parapat, Tuktuk dapat dihubungkan dengan feri penyeberangan. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.

 Danau Sido doniPulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba-Samosir.Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau di atas danau".

Pulau Samosir merupakan sebuah pulau besar di Danau Toba dimana di Pulau Samosir sendiri terdiri dari enam kecamatan dari sembilan kecamatan yang terdapat di Kabupaten Samosir.  Danau Toba sendiri memiliki panjang 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman bisa mencapai 505 m yang berada di ketinggian 900 meter. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanologi terbesar di dunia. Pulau Samosir sendiri memiliki luas 640 km2 dan merupakan pulau tengah danau kelima terbesar di dunia.

Danau Toba dan Pulau Samosir terbentuk dari letusan gunung berapi maha dahsyat sekitar 69000 sampai 77000 tahun yang lalu dengan skala 8.0 Volcanic Explosivity Index (VEI) . Skala 8.0 VEI dideskripsikan sebagai letusan supervulkanologi sangat dahsyat yang memuntahkan >1000 km3 material letusan dengan ketinggian letusan mencapai 50km dan mempengaruhi suhu dan kondisi di lapisan toposphere dan stratosphere bumi.
 
Keindahan pemandangan di Pulau Samosir Sumatera Utara akan membius Anda sejenak. Bagaimana tidak? Sebuah pulau vulkanik nan indah terbentang di tengah Danau Toba, yang juga merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Anda akan menemukan udara sejuk dan segar selama berada di tempat wisata Sumatera Utara ini.

Tidak hanya wisata alam saja yang ditawarkan, Anda juga akan disuguhkan wisata sejarah yang masih terasa nuansa kebudayaannya. Beberapa diantaranya seperti menyaksikan pertunjukan Sigale-gale (di Tomok), berkeliling Museum Huta Bolon, mengunjungi Makam Raja Sidabutar, serta keunikan Batu Parsidangan.

Apabila Anda melihat sekeliling, akan tampak seolah tiap jengkal tepi pulau Samosir Sumatera dipagari oleh jernihnya perairan Danau Toba yang begitu luas. Sungguh menakjubkan! Masih belum cukup? Anda bisa berkelana sejenak di Goa Marlakkop, bersantai di pemandian air panas, dan masih banyak lagi.

Pesona pulau di tengah danau dengan ketinggian 1000 mdpl ini membuatnya menjadi kunjungan ‘wajib’ bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Jangan heran bila Anda ingin kembali lagi ke tempat ini, saat Anda sudah berada di rumah.

4.Pulau Mursala

Pulau Mursala
Diurutan Ke Empat Dari 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara adalah Pulau Mursala atau sering juga disebut sebagai Mansalaar Island. Pulau dengan luas 8000 ha tersebut dihuni oleh puluhan kepala keluarga. Selain menikmati panorama alam, kehidupan penduduk setempat juga menarik untuk diselami. Pesona Pulau Mursala pernah diangkat ke film layar lebar “King Kong” tahun 1933 dan film nasional berjudul "Mursala" pada 2013.

Keunikan air terjun di sini adalah air dari ketinggian 35 m itu langsung jatuh dari tebing pulau ke permukaan laut. Air terjun di Pulau Mursala memang berada pada bagian pulau yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Air mengalir dari sungai hanya sepanjang 700 meter (terpendek di Indonesia) kemudian mengaliri batuan granit kemerahan di tebing pulau. Berikutnya, air tercurah jatuh dalam volume yang besar ke permukaan laut dengan bunyi keras, apalagi saat musim penghujan.

Secara administratif, Pulau Mursala bernaung di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, tepatnya di sebelah Barat Daya Kota Sibolga. Jika menelaah keberadaannya di dalam peta, Pulau Mursala terletak di antara Kota Sibolga dan Pulau Nias.

Pulau MursalaDi sekitar Pulau Mursala terdapat beberapa titik yang cocok untuk kegiatan menyelam dan snorkeling, salah satunya adalah Teluk Labuah Hunik. Jika ingin berenang dengan pemandangan bawah laut yang menarik, raihlah daerah sekitar Pulau Jambe yang memiliki perairan dangkal dan ikan laut yang cantik.

Bagi yang gemar memancing, di sinilah surganya. Para petualang pun bisa membawa peralatan kemah dan membangun tenda di pesisir pulau ini. Rasakan tenangnya bermalam di pinggir pantai sambil ditemani suara desiran ombak.

Di pulau ini ada beberapa tempat menarik untuk disambangi, seperti Batu Garuda, berupa batu yang menjorok berbentuk burung di ketinggian 70 m di pantai curam Pulau Silabu Na Menek, gugusan komposisi batu curam di sekitar Pulau Silabu-labu Na Godang, dan Bonsai Pinang Merah alam di atas bebatuan curam sekitar Pulau Silabu Na Menek. Ada pula laguna dengan hamparan pantai pasir putih yang menyatu antara Pulau Silabulabu Na Godang dengan Pulau Kalimantung Na Menek, serta hamparan pantai pasir putih di Pulau Puti yang berdekatan dengan Pulau Mursala.

5.Pulau Tello

Pulau Tello
Diurutan Ke Lima Dari 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara adalah Pulau Tello berada dalam wilayah kecataman Nias Selatan. Untuk mencapai pulau ini ditempuh dengan kapal boat atau ferry dari Pelabuhan Nias Selatan dengan membayar tiket kapal seharga Rp 100.000. Jika kamu mabuk laut atau ingin segera tiba ke Pulau Tello tanpa harus kecipratan air laut jika naik boat, tersedia pesawat yang akan menerbangkan kamu dari Bandara Binaka, Nias. Pulau kecil yang berada di Samudra Hindia ini memiliki keindahan alam yang membuatnya selalu masuk dalam destinasi traveling para wisatawan luar negeri, khususnya para surfer. 

Karena pada bulan-bulan tertentu, saat ombak sedang tinggi, Pulau Tello akan ramai sekali dikunjungi. Seperti pantai-pantai di pulau-pulau kecil lainnya di Indonesia, pantai-pantai di Pulau Tello juga memiliki karakteristik yang sama. Ekspresi orang yang pertama kali melihatnya pasti akan mengatakan indah, memukau, atau keren banget dan puji-puji bernada serupa lainnya ketika melihat pantai pasir putih yang landai dan birunya laut. 

Tidak hanya pantai, alam bawah lautnya juga sangat menarik untuk diselami. Beberapa spot snorkeling terdapat di sekitar pantai di pulau ini. Agar menghemat waktu, carilah penginapan yang berada dekat dengan spot snorkeling. Jadi sebelum kamu booking kamar, sebaiknya cari tau dulu apakah spot snorkelingnya berada dekat dengan penginapan.

Jadi Bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah artikel mengenai 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara ini sudah menambah khasanah ilmu pengetahuan anda mengenai destinasi-destinasi wisata yang terdapat di sumatera.Jika Anda Berkunjung Ke Sumatera Utara Belum Lengkap Rasanya bila tidak berkunjung ke 5 Pulau Eksotis Di Sumatera Utara ini.Nantikan Artikel NusaPedia Lainya.Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Dunia.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg